Sunday, February 14, 2016

[Tutorial] Bagaimana Cara Menjalankan Aplikasi Android di Google Chrome


Cara Menjalankan Aplikasi Android di Google Chrome. Google Chrome adalah salah satu browser terbaik di dunia dan alasan utama untuk menggunakan Chrome daripada browser lainnya adalah ada banyaknya berbagai macam ekstensi yang tersedia. Google benar-benar memberikan servis terbaik dan terus melakukan penyempurnaan fitur dan kinerja pada chrome browser.

Google tengah menerbitkan sebuah developer tool atau alat pengembang yang disebut ARC welder. Tool tersebut akan sangat membantu bagi para pengembang aplikasi untuk menjalankan Aplikasi Android nya di Browser Google Chrome dan di sistem operasi Chrome. Jika Anda seorang pengembang, Anda dapat menggunakan aplikasi buatan Anda di peramban Chrome untuk melakukan testing, karena ARC welder telah tersedia untuk developer saat ini.

Pertama-tama, kami ingin memberitahu Anda bahwa ARC welder bukanlah sebuah Emulator untuk Android, ARC welder adalah suatu alat pengembang yang diciptakan untuk membantu pengembang dalam menguji Aplikasi Android mereka dalam peramban dan sistem operasi Chrome.

[Tutorial] Bagaimana Cara Menjalankan Aplikasi Android di Google Chrome

ARC welder adalah aplikasi gratis untuk semua orang dan siapa pun dapat menggunakan. Seperti yang kami katakan bahwa ARC welder bukanlah sebuah Emulator Android sehingga Anda tidak dapat menginstal beberapa aplikasi dan menjalankannya secara bersama atau multitasking.

Ini adalah alat yang baru dan telah diterbitkan sehingga memiliki beberapa bug seperti beberapa aplikasi Android tidak bekerja baik dengan ARC welder, namun kami yakin Google akan segera memperbaikinya. Untuk menjalankan Android Apps di ARC welder, Anda harus memiliki file APK dari aplikasi Android yang hendak Anda jalankan.

Harus Baca:

Cara Menjalankan Android Apps di Browser Chrome Menggunakan ARC welder


Pertama-tama saya anggap Anda telah men-download file APK dari aplikasi yang ingin Anda jalankan.

Catatan: Google Playstore tidak ingin penggunanya untuk dapat menggunakan file APK sehingga Anda tidak dapat men-download file APK dari Google Playstore.

Namun jangan khawatir ada banyak situs yang menyediakan untuk men-download file APK seperti AndroidAPKfree.com, downloader-apk.com. Anda tidak perlu melakukan apa-apa hanya cukup masuk ke situs di atas dan men-download APK file yang Anda inginkan.

Seperti yang saya katakan di atas Anda dapat menjalankan hanya satu aplikasi pada satu waktu dengan ARC welder. Ketika Anda menginstal beberapa aplikasi dan menjalankan beberapa aplikasi sekailgus dalam Smartphone Android Anda, Anda tidak dapat menjalankan beberapa aplikasi Android secara bersamaan pada ARC welder.

Sekarang silahkan Anda Download ARC Welder dari Chrome Webstore dan menginstalnya.

Buka ARC welder dari aplikasi Chrome, saat pertama kali dibuka ARC welder akan meminta Anda untuk memilih Folder untuk menyimpan informasi aplikasi. Buat sebuah Folder bernama ARC Welder pada  My Documents dan Pilih Folder tersebut sebagai Default folder untuk ARC Welder.

Sekarang klik pada "Add your APK", Browse dan pilih Apk File dan layar akan terbuka dalam beberapa detik, ARC welder akan menunjukkan pengaturan untuk memulai Aplikasi Anda.

Dalam pengaturan Anda dapat modus yaitu Phone mode atau Tablet mode sebagai orientasi aplikasi Anda. Karena layar komputer Anda berorientasi dalam modus landscape Anda harus menggunakan Landscape dan Tablet mode.

Setelah pengaturan disesuaikan, klik tombol Launch App. Saat Anda menekan tombol Launch. Aplikasi akan berjalan di jendela baru. Jika Anda ingin menambahkan App baru klik tombol Go Back dalam jendela utama dan Tambahkan File Apk baru yang hendak Anda jalankan.

Jangan berpikir bahwa ARC Welder untuk digunakan sebagai sebuah Emulator Android untuk menjalankan aplikasi Android pada komputer Anda. Karena memang aplikasi ini tidak dirancang untuk itu. Aplikasi ini adalah masih dalam tahap pengembangan sehingga kita tidak dapat mengandalkan pada alat tersebut saat ini.

Apa pendapat Anda tentang alat ini? Silahkan berkomentar dan terus kunjungi blog kami untuk informasi-informasi menarik lainnya...

Semoga bermanfaat.

UPDATE:
ARC tidak lagi didukung pada platform pada 32-bit x86 dan platform tersebut tidak akan lagi menerima update setelah 13 Oktober 2015. Semua platform ARM akan terus dapat menggunakan dan menerima update.

Sehingga mungkin bagi pengguna platform 32-bit x86 akan menemui No File saat mendownload ARC Welder dari link yang kami berikan diatas.


Emoticon Emoticon