Saturday, January 23, 2016

Menambah Free Space pada drive C tanpa Format: Windows 7


Apakah Anda kehabisan ruang kosong pada partisi drive C tempat file instalasi Windows berada...? 

Dari waktu ke waktu, pasti kita semakin banyak memasang berbagai macam aplikasi dan semakin banyak menyimpan file yang mengakibatkan ruang bebas di drive C semakin menurun. 

Mau tidak mau kita harus dihadapkan dengan pilihan apakah kita harus memformat dan menginstall ulang lagi sistem operasi windows kita. Tentunya ini akan membuat hilangnya data-data kita, dan akan cukup membuang waktu apabila kita harus menginstall ulang kembali Sistem Operasi Windows pada komputer kita dan memasang kembali perangkat lunak lainya.

Ada cara mudah untuk menambah ruang kosong pada drive C tanpa kehilangan data (dan tak perlu memformat atau menginstal Windows lagi).

Menambah Free Space pada drive C tanpa Format: Windows 7

Gunakan aplikasi Free EASEUS Partition Master Home Edition

Jika Anda memiliki multi partisi di komputer Anda, maka Anda dapat meningkatkan ukuran drive C dan mendapatkan lebih ruang bebas lagi.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki dua partisi seperti drive C dengan alokasi 20GB dan drive D dengan alokasi 80GB. Menggunakan aplikasi EASEUS Partition Master, anda dapat mengurangi ukuran drive D dan mengambil ruang bebas dari drive D tersebut. Kemudian tambahkan ruang bebas tersebut untuk drive C. Semua ini dapat dilakukan tanpa perlu khawatir data kita akan hilang atau harus instalasi ulang Windows kita.
Perhatian: Tutorial ini telah di uji dan bekerja baik pada sebagian besar komputer Windows 7. Disarankan agar membuat cadangan atau backup data dulu sebelum melakukan tutorial ini. Jika kebetulan ada korup, anda mungkin akan kehilangan data dan harus menginstal ulang lagi. Jadi, untuk aman nya - backup dulu data anda dan kemudian dilanjutkan dengan:
  • Setelah file terdownload, klik dua kali untuk memulai penginstalan program. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi EASEUS Partition Master di komputer Anda. Pada layar awal akan ditampilkan semua partisi drive meliputi total, used dan free space
  • Untuk menambah ruang bebas pada drive C, pertama Anda perlu mengambil ruang kosong dari partisi drive lain (contoh drive D). Klik kanan pada drive D dan klik klik opsi Resize/Move partition.
  • Tarik ikon kecil di sebelah kiri ke kanan untuk mengambil ruang kosong dari partisi drive D. Semakin Anda tarik ke kanan, maka lebih banyak free space yang dapat diambil. Unallocated Space Before menunjukkan berapa jumlah free space yang dapat diambil.
  • Sekarang kita perlu menambahkan free space yang kita dapatkan tadi untuk drive C. Klik kanan pada drive C dan kemudian klik Resize/Move partition lagi. Sekarang pindah sisi kanan ikon bar untuk menambah ruang bebas pada drive C.
  • Kemudian restart komputer Windows Anda. Pada saat windows boot, Anda akan melihat layar hitam dengan jendela kecil yang menunjukkan proses dari Resize partisi tersebut.
Seluruh proses dapat berlangsung dari beberapa menit sampai satu jam (tergantung pada jumlah ruang yang anda rubah ukuran nya). Pada awalnya, kemajuan proses Resize akan sangat lambat tapi setelah beberapa saat akan semakin cepat dan akan cepat selesai.
  • Komputer akan mati setelah proses Resize selesai. Maka anda perlu untuk menekan tombol start pada komputer dan anda akan melihat pesan Resize sukses di layar dan komputer akan restart lagi dan sekarang drive C anda akan memiliki lebih banyak free space atau ruang bebas.
Selamat Mencoba.


Emoticon Emoticon