Monday, January 25, 2016

Beginilah cara jitu mengembalikan SMS yang terhapus dari HP Android


Jika Anda tidak sengaja menghapus semua pesan SMS Anda - atau mungkin hanya satu pesan teks, tapi itu adalah pesan penting - Anda harus bertindak cepat. Pesan hilang dapat dipulihkan, tapi sebelum memori penyimpanan tempat SMS berada tertimpa oleh update aplikasi, download file atau yang lainya. Jadi segera ambil ponsel dan komputer Anda kemudian belajar bagaimana cara memulihkan pesan teks yang terhapus pada Android.

Tool untuk memulihkan pesan teks yang terhapus

Ada beberapa tool berbeda berbasis PC windows dan Mac yang tersedia. Dan pada dasarnya semua melakukan hal yang sama: memindai memori Android Anda, kemudian mengidentifikasi dan memulihkan pesan yang terhapus. Beberapa ada yang berbayar, ada yang gratis dan kadang ada yang lebih baik dari yang lain Tetap tenang dan lakukan apa yang perlu Anda lakukan dengan cepat.

Apapun tool yang Anda pilih, semua pasti ada panduanya untuk melalui proses tersebut, dan biasanya hanya cukup memerlukan empat langkah seperti: menghubungkan, memindai, pratinjau, memulihkan (proses yang sama juga bekerja untuk data lain selain pesan teks).
Beberapa program yang layak anda coba yaitu:
  • Wondershare Dr. Fone for Android (untuk Windows dan Mac) http://www.wondershare.com/data-recovery/android-data-recovery.html 
  • Coolmuster Android SMS+Contacts Recovery (untuk  Windows dan Mac) http://www.coolmuster.com/android-sms-contacts-recovery.html
Wondershare free trial
Wondershare memiliki free trial yang memungkinkan Anda memulihkan pesan teks yang terhapus.

Bagaimana memulihkan SMS yang terhapus pada Android

Saya menggunakan Wondershare untuk mendemonstrasikan nya, tetapi sebagian besar program memiliki langkah yang sama atau setidaknya hampir sama.
  • Aktifkan opsi Developer options di ponsel Android Anda. Untuk melakukan hal ini, silahkan ke Settings > About phone > Build number dan tekan sampai Anda melihat notifikasi bahwa pilihan Developer options atau mode pengembang telah diaktifkan.
  • Selanjutnya silahkan ke Developer options dan centang pada kotak USB debugging
mengaktifkan USB Debugging
Pertama Anda harus mengaktifkan USB Debugging

  • Download dan instal Wondershare free trial (atau alat recovery lain pilihan Anda) dan hubungkan ponsel Android ke komputer Anda.

Hubungkan telepon Anda ke PC

  • Hubungkan telepon Anda ke PC dengan  posisi USB Debugging diaktifkan.
  • Ikuti petunjuk dalam program untuk mengidentifikasi perangkat Anda dan memindai atau menganalisis memori Android Anda.
  • Setelah proses selesai Anda dapat menelusuri dan malihat data yang sudah terhapus maupun yang belum terhapus pada perangkat Android Anda. Selama bagian dari memori dimana data Anda awalnya disimpan belum tertimpa pesan baru, Anda masih bisa mengambilnya. Inilah sebabnya mengapa penting untuk bertindak cepat jika Anda telah tak sengaja menghapus pesan anda.
Anda dapat menyaring data yang ingin dipulihkan
Anda dapat menyaring data yang ingin dipulihkan: dalam hal ini, pesan teks.

  • Berikutnya, buka folder Pesan di panel kiri, pilih pesan yang ingin dipulihkan dan klik Recover di bagian kanan bawah untuk menempatkan mereka kembali pada perangkat Anda atau menyimpannya ke komputer Anda.
Catatan: jika Anda ingin menyelesaikan proses ini tanpa PC, Anda akan memerlukan akses r*ot pada perangkat Anda, dan mungkin anda membutuhkan aplikasi recovery berbayar. Jangan ragu untuk melakukannya dengan cara itu jika Anda suka, tapi lebih mudah (dan gratis) untuk menggunakan komputer.
dapat digunakan untuk memulihkan foto
Alat yang sama dapat digunakan untuk memulihkan foto, pesan WhatsApp, musik dan banyak lagi.

Bagaimana cara agar tidak pernah kehilangan SMS lagi?

Mungkin Anda telah belajar dari pengalaman sebelumnya untuk lebih berhati-hati dalam menghapus SMS, dan mungkin juga belum :) Jika Anda ingin menghindari kepanikan saat kehilangan SMS Anda dan kemudian harus repot-repot menggunakan komputer untuk memulihkan nya lagi, hal terbaik untuk dilakukan adalah untuk membackup SMS Anda secara teratur. Dan kabar baiknya adalah, Anda dapat melakukannya hanya dalam waktu 5 menit.

Saya menggunakan aplikasi gratis yaitu SMS Backup & Restore. Alat ini cukup sederhana, namun bekerja sempurna. jika nda ingin tau bagaimana cara pengoperasiannya. silahkan lihat screenshot di bawah ini:

  • Setelah Anda download dan instal aplikasi SMS Backup & Restore ini, buka aplikasi dan tekan Backup.
  • Berikutnya pilih apa yang Anda ingin cadangankan, kemudian yang terpenting tekan Local backup and upload jika Anda ingin mengirim backup Anda ke Google Drive, Dropbox atau alamat email.
  • Tentukan pilihan Anda dari daftar yang muncul, kemudian tekan OK.
SMS Backup & Restore
SMS Backup & Restore sangat mudah digunakan.
Tekan Backup dan tekan OK
Tekan Backup, buat pilihan dan tekan OK

  • Untuk mengembalikan pesan SMS yang anda backup sebelumnya, sentuh Restore di layar awal aplikasi, lalu, pada halaman restore, Anda dapat menekan pada nama backup dalam daftar untuk mengembalikannya (jika itu disimpan secara lokal).
  • Jika cadangan Anda disimpan di cloud, tekan menu (tiga titik) di bagian kanan atas, kemudian Load from dan pilih dimana anda menyimpanya

banyak opsi tambahan pada aplikasi SMS Backup & Restore
  • Ada banyak opsi tambahan pada aplikasi SMS Backup & Restore ini, termasuk penjadwalan backup dan proteksi dengan password. Anda dapat menemukan ini dengan menekan ikon menu tiga titik di bagian kanan atas layar awal aplikasi, lalu tekan Preferences.

Preferences
Apakah Anda pernah tak sengaja menghapus SMS Anda ? Apakah Anda membackupnya? Silahkan berbagi tips dan pengalaman pada komentar. :) :)


Emoticon Emoticon