Sunday, January 24, 2016

Teknik Fotografi HP Android, Cara Ampuh Membuat Foto Keren di Android


Teknik Fotografi HP Android, - Sebenarnya sangatlah mudah untuk bisa membuat foto yang bagus dengan smartphone Android kita, Kita hanya perlu sedikit keluar dari zona kenyamanan "Auto mode". Berikut adalah Teknik Fotografi HP Android, tips dan trik fotografi dengan HP agar menghasilkan gambar yang bagus menggunakan smartphone Android Anda.


Teknik Fotografi HP Android, Cara Membuat Foto yang Keren di Android

Bersihkan Lensa Kamera Anda


Membersihkan lensa kamera adalah cara agar kamera hp jernih. Seorang teman memberitahu saya, dalam Teknik Fotografi HP Android, pertama kali yang harus dilakukan jika kita akan memulai untuk mengambil foto yang baik adalah selalu untuk membersihkan lensa kamera HP Anda. Hal kecil ini seringkali kita abaikan, padahal ini sangat penting untuk membersihkan lensa kamera kita agar hasilnya tidak akan menjadi gambar yang kabur. Setiap kali Anda mau mengambil foto, luangkanlah untuk membersihkan lensa kamera anda walaupun mungkin cukup di usap menggunakan kaos Anda agar bersih dari kotoran yang menempel.


Foto teknik fotografi HP Android, Cara agar kamera hp jernih
Teknik fotografi HP Android, Cara agar kamera HP jernih



Hindari Menggunakan Lampu Kilat (pada waktu tertentu)

Dalam Teknik fotografi HP Android selanjutnya adalah untuk menghindari penggunaan dari lampu kilat atau flash. - Bahkan pada kamera DSLR, fungsi lampu kilat umumnya hanya digunakan untuk keadaan darurat. Jika Anda dapat menggunakan cahaya alami untuk menerangi gambar, Anda harus selalu matikan lampu kilat, karena Anda ingin gambar terlihat alami, bukan?

Ada waktu dan tempat tertentu kita diharuskan menggunakan LED flash pada kamera smartphone, tapi karena objek yang akan kita ambil cenderung berada sangat dekat dengan lensa, itu dapat memiliki efek mencolok yang jelek. Jika cahaya alami tidak cukup, meningkatkan nilai exposure value (EV) dan ISO boleh dilakukan pada pengaturan kamera Anda. Ingatlah bahwa peningkatan ISO juga akan meningkatkan graininess atau mengurangi 'noise' dalam foto Anda.

Foto tanpa flash - Teknik fotografi HP Android
Teknik fotografi HP Android: Cahaya alami adalah cahaya terbaik untuk foto (hindari menggunakan lampu kilat)
 
Pengecualian untuk aturan ini, adalah ketika mengambil gambar di siang hari ketika matahari berada di belakang subjek foto Anda. Tentu saja, matahari harus di belakang kamera Anda, tetapi ketika Anda tidak bisa menghindari hal ini, coba gunakan lampu kilat untuk menerangi wajah atau objek yang tertutup oleh bayangan.


Foto Dalam Mode Landscape

Teknik fotografi HP Android selanjutnya adalah usahakan foto selalu dalam mode landscape. Kita telah terbiasa dengan 16:9 media format dan sebagai konsekuensinya, gambar yang di potret hanya akan cenderung terlihat canggung / tanggung. Kecuali ada alasan penting yang membuat kita harus mengambil shot yang lebih tinggi. Beberapa hal memerlukan shot dalam mode potret, tapi biasanya lebih baik untuk menggunakan mode dalam lanscape, dari jarak jauh.

Jangan Pernah Gunakan Digital Zoom

Digital zoom terkenal untuk menghancurkan foto pada smartphone. Kecuali kamera Anda memiliki optical zoom, di mana lensa kamera sebenarnya menjorok keluar dari perangkat Anda, semua zooming pada digital zoom adalah memperbesar dan hanya akan memotong gambar.

"Bisa tidak jika saya melakukan zoom setelah foto sudah kita ambil?" Ada yang bertanya seperti itu. jawabanya, ya... Anda bisa - itu intinya! Digital zoom hanya akan mempersempit pilihan editing pada gambar. Ambil lah foto sepenuhnya tanpa zoom, kemudian potong secara manual jika anda memang menginginkanya.

Foto Digital zoom, Teknik fotografi HP Android
Hasil digital zoom - gambar kabur


Periksa Detail Pengaturan Terbaik, Terburuk atau Otomatis pada Foto Anda

Pada saat kita mengambil foto, pasti memiliki beberapa foto yang entah itu bagus ataupun jelek. Untuk Teknik fotografi HP Android. Setiap kali Anda mengambil baik foto bagus atau jelek hasilnya, periksa "Rincian foto" untuk melihat ISO, exposure time dan aperture.

Dengan cara ini, Anda perlahan-lahan akan belajar setting dan kondisi cahaya yang mana yang tepat untuk foto anda. Hal ini sangat berguna untuk foto mode 'Auto', sehingga Anda bisa mendapatkan pengaturan yang tepat pada kamera anda untuk menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

rincian foto
Memeriksa rincian foto Anda sehingga Anda dapat mengetahui pengaturan mana yang bekerja terbaik dalam kondisi pencahayaan tertentu


Gunakan Mode HDR

HDR adalah mode yang paling baik untuk mengambil foto objek statis, selama Anda memiliki tangan yang tidak bergoyang. Mode HDR (high dynamic range) memastikan pencahayaan dan bayangan dalam foto terlihat merata. Hal ini sangat berguna untuk foto dengan kontras tinggi.

Mode HDR mengambil dua atau lebih foto dari bererapa eksposur berbeda secara bersamaan, kemudian menggabungkan yang terbaik dari kedua foto menjadi satu foto. Anda perlu menjaga kamera super-stabil, jika tidak, foto Anda akan kabur.

non HDR mode - Teknik fotografi HP Android
Beberapa bunga tanpa HDR.
HDR mode, Teknik fotografi HP Android
Bunga-bunga yang sama dengan HDR - ada perbedaan?


Gunakan Filter Post-processing

Mungkin Ada beberapa orang yang mencemooh tentang filter pada foto anda, tapi pada kenyataanya penggunaan filter pada foto memang dapat meningkatkan keindahan pada foto. Gaya retro, black-and-white, Windmere, Islandia, dan filter yang lain benar-benar dapat menambahkan karakter ke foto.

Kebanyakan smartphone Android hadir dengan pilihan filter, tetapi jika Anda menginginkan yang lebih instan, cobalah Pixlr (sebelumnya Pixlr Express) untuk mencoba beberapa pilihan filter yang lain.

filter post-processing, Teknik fotografi HP Android
 Nama-nama filter mungkin sedikit nyeleneh, tetapi dapat membuat foto kita terlihat fantastis.


Trik "reflective sunglasses"

Teknik fotografi HP Android: Jika Anda memiliki sepasang kacamata hitam dengan lapisan reflektif pada lensa, Anda dapat menggunakannya untuk menangkap perspektif yang baik untuk gambar Anda, seperti pada contoh di bawah. Sumber cahaya harus terpantul ke lensa untuk membantu Anda menangkap adegan di depan pandangan Anda.


"Reflective Sunglasses" (Teknik fotografi HP Android)
Refleksi kacamata hitam/"reflective sunglasses" dapat membuat beberapa gambar perspektif yang keren.

Membuat Satu Subjek Muncul Beberapa Kali dalam Satu Shot Panorama

Aplikasi Google Camera telah tersedia di Play Store, sehingga siapapun yang menjalankan Android 4.4 / KitKat atau lebih tinggi bisa mengunduh untuk perangkat Android Anda. Dalam aplikasi ini, Anda dapat menggunakan fungsi Panorama untuk menggeser horizontal dan menangkap seluruh lanscape

Untuk efek seram, perintahkan subjek dalam foto panorama Anda untuk bergerak bersama dengan kamera sehingga mereka muncul lebih dari sekali dalam satu gambar. Kunci untuk melakukanya adalah anda harus memegang kamera dengan stabil pada saat anda juga sedang bergerak mengikuti subjek, sehingga lebih baik untuk meminta seseorang membantu Anda.



Colorify Augmented Reality

Colorify Augmented Reality adalah aplikasi yang cukup dikenal di Google Play Store. Dengan itu, Anda dapat mengubah warna pakaian atau abjek apa pun yang Anda inginkan. Semakin banyak kontras dalam foto tersebut, maka semakin baik. Aplikasi ini cukup bagus sebagai penunjang dalam Teknik fotografi HP Android yang bagus.



Perlu dicatat bahwa Colorify akan menggantikan warna pada semua objek dalam foto dari palet yang sama, seperti yang dapat dilihat dalam contoh foto di bawah ini, di mana aplikasi merubah warna sepatu serta celana

Colorify Augmented Reality - Teknik fotografi HP Android
Mengubah warna obyek, dengan sedikit bantuan dari sebuah aplikasi.


Tiny Planet

Ini adalah salah satu trik dan teknik fotografi HP Android terkeren dalam photo editing. Anda dapat mengubah foto panorama Anda menjadi bola, melalui efek yang dikenal sebagai Tiny Planet. Saya merekomendasikan dua aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan efek ini.

Yang pertama, Tiny Planet FX, tidak gratis, tapi memiliki beberapa pilihan efek yang spektakuler untuk editing. Aplikasi kedua, Small Planet, gratis. Dibutuhkan sedikit waktu untuk utak-atik supaya bisa mendapatkan efek tersebut, tetapi sekali Anda berhasil melakukannya, Anda akan mendapatkan hasil yang benar-benar spektakuler.


Tiny Planet effect
Efek Tiny Planet yang benar-benar luar biasa.


Ada ratusan Teknik fotografi HP Android ataupun cara untuk meningkatkan fotografi smartphone Anda. Yang manakah favorit Anda? Jika Anda memiliki Teknik fotografi HP Android atau tips tentang Cara Membuat Foto yang Keren di Android, silahkan berbagi melalui komentar di bawah ini.

Semoga Bermanfaat...


Emoticon Emoticon