Wednesday, January 20, 2016

Cara Jitu Menyembunyikan Video dan Foto dari Gallery Android Anda Tanpa Aplikasi


Sebelum kita lanjutkan membahas mengenai Cara Jitu Menyembunyikan Video dan Foto dari Gallery Android Anda, saya cuma mau bilang "Hayooo... !!! buat apa kamu mencari cara untuk menyembunyikan video? pastiiii...., " 

Hah ya sudahlah, jangan ngeres dulu, barangkali kamu punya Gambar atau Video yang bersifat pribadi, nggak melulu "gituan" ah. hehehe malah jadi ngaco...

Pada tutorial kali ini saya akan membagi trik bagaimana supaya gambar atau video tidak muncul dan terlihat digaleri kamu, bahkan file dan folder pun bisa kita sembunyikan, dan hebatnya lagi kita tidak perlu aplikasi khusus untuk menyembunyikan nya. yang dibutuhkan hanya aplikasi semacam file explorer saja, saya sendiri disini memakai R*ot Explorer, tapi jangan takut bagi yang Android nya belum di r*ot, tak masalah pakai saja pokoknya aplikasi file manager, ada banyak aplikasi file manager yang bisa kamu dapatkan di playstore secara gratis, kamu juga bisa menggunakan file manager bawaan handphone kamu.

Cara Jitu Menyembunyikan Video dan Foto dari Gallery Android Anda Tanpa Aplikasi

Memang sudah begitu banyak aplikasi di PlayStore yang dikhususkan untuk menyembunyikan file gambar dan video, namun saya rasa kalau kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga tersebut ada beberapa kelemahan yaitu: orang lain bakal tahu kalau kamu menyembunyikan sesuatu di Android kamu, terus pastinya dengan tambahan aplikasi akan mengurangi jatah RAM yang ada di Android kamu dan tentunya akan mengurangi kinerja Android kamu, dan disisi lain juga memory internal Android kamu juga akan menipis. 

Cara menyembunyikan beberapa file, folder, dan gambar/video

  1. Buka aplikasi file manager dan masuk ke dalam folder dimana file yang bakal kamu sembunyikan.
  2. Gantilah nama / rename file yang bakal kamu sembunyikan dan tambahkanlah karakter titik atau dot didepannya. 
    tambahkanlah karakter titik atau dot didepannya

Cara menyembunyikan isi seluruh folder

  • Buka aplikasi file manager dan masuk ke dalam folder dimana file yang bakal kamu sembunyikan.
  • Buat sebuah file baru di dalam folder tersebut bernama .nomedia
.nomedia Sekarang coba kamu lihat hasilnya di gallery apakah sudah hilang?
Sekarang coba kamu lihat hasilnya di gallery apakah sudah hilang?
Lantas bagaimana kalau kita hendak membuka/melihatnya lagi?
Caranya kamu masuk ke pengaturan dari file manager yang kamu gunakan dan carilah opsi untuk "show hidden files" silahkan kamu sesuaikan.

Demikian yang bisa saya share mengenai Cara Jitu Menyembunyikan Video dan Foto dari Gallery Android Anda. semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon