Monday, January 25, 2016

Bagaimana cara memulihkan data yang hilang pada perangkat Android


Kita semua pasti pernah melakukannya, "Foto sengaja atau tidak sengaja terhapus, video atau file secara tidak sengaja terhapus". Jangan panik, Ada cara untuk memulihkan data Anda untuk perangkat android, baik untuk perangkat r*ot atau tidak. kalau anda tidak menginginkan data anda hilang, jangan menyimpan apa pun dalam perangkat Anda (tapi itu tidak mungkin) atau tidak mematikan koneksi Wi-Fi dan 3G / 4G Anda sehingga tidak ada update otomatis terjadi sebelum Anda punya kesempatan untuk memulihkan data anda yang hilang pada Android.

Temukan kembali data anda yang hilang pada Android (Untuk non r**t)

Jika Anda tidak tahu apa artinya r**t (dibaca: rut), kemungkinan besar perangkat anda tidak r**t.
Setelah Anda sudah memeriksa nya kembali dengan jelas - seperti mencari di Trash/Recycle Bin dari aplikasi foto Anda, kemudian memastikan berapa file / gambar yang telah hilang dari gallery anda - langkah berikutnya adalah menghubungkan ponsel Anda ke PC dan menjalankan aplikasi recovery file.

Namun, ada satu masalah kecil: setelah kehadiran android versi Ice Cream Sandwich, Android membuang fitur Mass Storage Protocol yang membuat tampilan penyimpanan internal Anda seolah-olah seperti flash drive, begitu banyak metode pemulihan data dicoba dan diuji namun sudah tidak bekerja lagi. meskipun begitu, anda jangan khawatir, karena saya memiliki solusi untuk masalah itu.

Jika file yang Anda cari berada di kartu memori Anda, Anda dapat menggunakan SD Card Micro Adapter untuk menghubungkan microSD Anda melalui USB. Kemudian download Recuva (Anda dapat menggunakan salah satu versi yang berbayar atau gratis), yang merupakan program untuk memulihkan file. Anda juga dapat menggunakan program lain, seperti Coolmuster atau Wondershare Dr. Fone (yang membutuhkan r*ot tetapi juga tersedia untuk Mac atau PC Windows), tapi Recuva adalah perangkat gratis yang bagus. 
Melihat file Anda yang hilang muncul kembali adalah suatu kebahagiaan tersendiri bukan?
Melihat file Anda yang hilang muncul kembali adalah suatu kebahagiaan tersendiri bukan?
Catatan: Biasanya, sebagian besar program-program ini dapat bekerja, memori Anda harus diformat sebagai FAT32, NTFS atau serupa. Jika format kartu memori tidak dibaca, Anda dapat menyalin isinya ke komputer Anda, kemudian memformat kartu memori sebagai FAT32 dan kemudian kembalikan lagi file yang disalin dan baru bisa melanjutkan proses selanjutnya.
Ketika Anda menjalankan Recuva, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih jenis file yang ingin di recover: Gambar, Video, Musik, Dokumen, dan lain-lain, pilihan untuk memulihkan dari lokasi tertentu tersedia dan Anda bahkan dapat mengatur folder tertentu untuk meletakkan file hasil recover. Cukup ikuti petunjuk dalam program ini.
Mencari jenis file tertentu yang telah dihapus.
Mencari jenis file tertentu yang telah dihapus
Penting: Setelah Anda selesai memulihkan file yang telah Anda hapus, taruhlah file hasil recover di drive yang berbeda dari drive asal file berada: ini kadang-kadang dapat menyebabkan konflik dan menghambat pemulihan. Jadi jika Anda memulihkan file dari smartphone Anda, taruhlah pada hard disk dari PC dan kemudian mentransfernya kembali kemudian setelah file aman dan sehat.
Jika file berada di penyimpanan internal Anda, jangan khawatir: kita bisa memperbaiki itu juga. Jika Anda belum mengaktifkan pilihan pengembang di Android, masuk ke Settings > About Phone > Build Number (jika ponsel Anda, setara seperti misalnya, pada Galaxy S5 yaitu Settings > About device > Build Number) dan kemudian tekan bagian Build Number tujuh kali.

Setelah Anda melakukan itu, masuk ke Settings> Developer Options dan aktifkan USB debugging. Anda sekarang seharusnya telah dapat menggunakan sebuah aplikasi seperti Wondershare Dr Fone untuk memindai perangkat Anda.

Memulihkan data yang hilang pada Android (Jika R**T)

Download Undelete.
  • Aplikasi ini sangat sederhana. 
  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih perangkat penyimpanan yang Anda ingin pulihkan data nya (bisa memori internal atau eksternal).
  • Kemudian Anda memindai perangkat yang dipilih.
  • Proses ini dapat berlangsung antara dua atau 10 menit, tergantung pada ukuran memori Anda dan jumlah data yang disimpan.
  • Setelah selesai Anda akan disajikan dengan data yang diperoleh dalam beberapa tab: Files, Pictures, Music, Videos, Documents and Files. Recovered data akan kembali ke tempat asalnya, yaitu di mana file berada sebelum file hilang.
  • Pilihan ini hanya dapat bekerja secara parsial (jika ada masalah dengan memori Anda/rusak). Jika tidak, lanjutkan ke langkah di atas Recuva, atau menggunakan Wondershare atau program r*ot recovery program yang lain.

Selamatkan File Anda :)


Emoticon Emoticon