Friday, January 22, 2016

Cara Tweak Wi-Fi untuk Meningkatkan Kecepatan Internet Sampai Dengan 12x Lipat


Apakah anda memiliki koneksi internet Wi-Fi di rumah? Sesekali mungkin anda pernah memiliki beberapa masalah dengan kecepatan koneksi Wi-Fi anda. Koneksi Wi-Fi yang lambat bisa membuat kita kadang merasa frustasi, benar kan? Kita sudah membayar mahal-mahal biaya langganan tapi malah kecepatan internet kita lambat. Nah, pada kenyataanya, kecepatan Wi-Fi dapat dipengaruhi oleh beberapa hal.

Untungnya ada beberapa tweak Wi-Fi yang akan membantu meningkatkan kecepatan internet dan membuat anda dapat bekerja dengan nyaman.

mempercepat wifi

Rubahlah posisi Router 

Posisi router Wi-Fi sangat berperan dalam kecepatan dan kekuatan koneksi Wi-Fi anda. Jika anda mengalami kesulitan, anda harus mencoba untuk memposisikan router di daerah yang bisa menjangkau di pusat ruang utama rumah, di mana sinyal dapat mencapai setiap perangkat Wi-Fi di rumah.

Penambahan Wireless Signal Repeater

 Menambahkan Signal Repeater untuk Wi-Fi dapat sangat meningkatkan kecepatan koneksi anda. Sebuah repeater bekerja dengan memperluas sinyal tanpa harus menambahkan kabel tambahan. Yang harus di lakukan adalah hanya menempatkan repeater Wi-Fi di lokasi antara router dan perangkat Wi-Fi. Ini akan segera meningkatkan sinyal Wi-Fi yang dikirimkan dari router ke perangkat anda, berarti kecepatan akan sangat meningkat.

Wireless Signal Repeater

Pasang Antena Baru

Sebagian besar router Wi-Fi menggunakan antena standar omnidirectional, yang berarti radius sinyal menyebar secara melingkar untuk mencapai berbagai tempat di rumah anda. Jika router berada di lokasi yang terpusat diantara semua perangkat Wi-Fi tentunya tak jadi masalah. Tetapi jika tidak, anda harus mempertimbangkan untuk mengganti antena yang ada dengan yang lebih kuat, yang dikenal dengan high-gain antenna. Anda dapat melepas antena lama dan menggantinya dengan antena yang lebih kuat untuk meningkatkan kekuatan sinyal, sehingga meningkatkan kecepatan koneksi Wi-Fi anda. Kelebihan lain dari high-gain antenna adalah kemampuannya untuk memfokuskan sinyal Wi-Fi di setiap arah yang Anda inginkan. 

Gunakan Satu Merek

Anda mungkin tak pernah berpikir bahwa menggunakan berbagai merek dapat mengurangi kecepatan koneksi Wi-Fi, namun pada kenyataannya bisa. Jika anda menggunakan merek yang berbeda, komponen mungkin tidak akan bekerja secara efisien. Hal ini karena banyak produsen peralatan jaringan Wi-Fi telah memasang perangkat tambahan di semua produk mereka. perangkat tambahan ini dapat meningkatkan kecepatan, tetapi hanya akan bekerja jika produk digunakan pada satu merek yang sama. Jika anda menggunakan berbagai merek dan kecepatan internet anda lambat, ini jelas patut untuk dicoba.
 

Kurangi Frequency Interference

Banyak elektronik rumah tangga, telepon selular, mainan anak, atau radio, berjalan pada frekuensi yang sama seperti router Wi-Fi. Ini berarti bahwa perangkat elektronik ini dapat mengganggu sinyal Wi-Fi dari router anda, tentunya dapat mempengaruhi kecepatan dan kinerja koneksi Wi-Fi anda. Cek router untuk melihat pada frekuensi apa router berjalan, dan cobalah untuk menghindari menggunakan perangkat elektronik lain yang beroperasi pada frekuensi yang sama. Anda juga dapat mencoba untuk mengubah saluran pada router untuk menghindari gangguan frekuensi.
 

Periksa Firmware dan Update Driver Secara teratur

Produsen router Wi-Fi dan adapter jaringan pasti merilis firmware atau driver update yang bisa meningkatkan fungsi koneksi Wi-Fi Anda. Anda dapat menemukan dan men-download update ini di official website nya. Update biasanya dilakukan untuk memperbaiki masalah, menambahkan fitur, dan memperkuat kinerja peralatan Anda. Memeriksa pembaruan ini secara teratur untuk memastikan firmware dan driver selalu up to date.


Emoticon Emoticon