Thursday, January 28, 2016

Bagaimana Cara Menggunakan Facebook Tanpa Internet


Ini adalah saat yang sudah lama kita tunggu-tunggu. Anda sekarang dapat menggunakan Facebook saat berada di pesawat atau di tempat yang terpencil dengan koneksi internet putus-putus. Sebuah fungsi Facebook baru secara offline saat ini sedang diuji.


Bagaimana Cara Menggunakan Facebook Tanpa Internet

Perlu dicatat bahwa ini tidak akan memberikan Anda akses penuh ke Facebook tanpa internet, tapi Anda masih akan dapat menelusuri news feed dan bahkan menulis komentar dan update status saat offline.

Pada Facebook secara offline ini, news feed bekerja dengan caching/menyimpan pada tempat sementara atau tembolok ketika Anda terhubung.

Dan ketika internet atau koneksi data keluar, aplikasi Facebook for Android - menggunakan "relevance algorithm" (algoritma relevansi) nya - akan terus menunjukkan cerita yang belum anda baca sehingga tidak berakhir dengan konten kosong. Dan ketika anda terhubung lagi, aplikasi akan men-download tulisan seperti biasanya.

News feed yang belum dibaca tetap akan terlihat walaupun kita sedang offline.

Ide caching ini juga bekerja untuk komentar pada posting dan update status. Bahkan ketika Anda terputus di Facebook, Anda masih akan dapat mengirim komentar pada posting dan update ke profil Anda. Mereka akan di-upload pada saat Anda terhubung dengan data lagi.

Kemampuan untuk Like dan berbagi posting saat offline pun juga bisa, sehingga jelas bahwa Facebook berkomitmen untuk menjaga penggunanya betah berada di dalam aplikasi bahkan tanpa internet sekalipun.

Sebenarnya ini adalah fungsi yang sangat berguna. Dari sisi Facebook, idenya adalah untuk membuat Anda akan menggunakan layanan sebanyak mungkin di aplikasi, dan tidak ingin untuk membuat Anda keluar dari aplikasi walaupun sedang tidak ada akses internet.

Algoritma relevansi Facebook akan mempertimbangkan posting mana yang mempunyai gambar yang tersimpan didalam cache.

Cara ini juga sangat menguntungkan dari sisi perspektif pengguna. kita akan mampu melanjutkan apa yang telah kita lakukan pada saat kita online di saat kita sedang offline, ini adalah pengalaman yang menakjubkan.

Mereka yang berada di daerah cakupan internet yang buruk atau dengan koneksi data yang lemah juga akan merasa diuntungkan, seperti halnya juga pada orang-orang dengan koneksi yang kuat namun putus sesekali waktu.

Dengan Google dan Facebook, keduanya mendorong lebih keras fungsionalitas offline dalam aplikasi mereka, Anda bisa mendapatkan layanan lebih banyak dan lebih besar yang ditawarkan dari peningkatan penggunaan secara offline. Bahkan sebagai usaha mereka untuk meningkatkan kualitasnya, seperti Facebook's internet.org dan Google's Project Loon bertujuan untuk memberikan internet untuk semua orang di planet ini.

Seberapa sering hidup tanpa koneksi internet pada ponsel Anda? Apa yang Anda lakukan saat ini? Beritahu di komentar.


Emoticon Emoticon