Tuesday, January 12, 2016

Penjelasan Lengkap Tentang Gammu SMS Gateway


Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang Pengertian SMS Gateway dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu Pengertian Gammu dan pengertian Aplikasi SMS sebagai persiapan untuk pembahasan mengenai Membuat Sms Gateway Layanan Pengaduan dengan Gammu

Disini saya menggunakan Gammu versi gammu-1.22.1 karena versi tersebut antara library gammu dan daemon smsd masih menjadi satu, dan untuk versi yang sekarang ini penggunaan SMSD sudah terpisah.
Artikel Terkait:
Penjelasan lengkap tentang SMS Gateway
Membuat Sms Gateway dengan Gammu untuk Layanan Pengaduan

Mengenal Aplikasi SMS (Short Message Service)

SMS (Short Message Service) merupakan salah satu dari fitur teknologi telepon genggam yang meskipun sudah dikenal sangat lama, namun keberadaan fitur ini masih sangat disukai oleh pengguna handphone. Selain murah, fitur SMS sangat mudah di terapkan. Baik muda, tua, besar, kecil dari semua kalangan bisa menggunakan fitur ini.

Kali ini saya membuat sebuah kriteria mengenai aplikasi SMS. Aplikasi SMS disini merupakan sebuah tools / software atau perangkat lunak yang di rancang untuk mengirim dan menerima sms. Baik itu berbentuk desktop, web, perangkat mobile, dll.

Perangkat ini menggunakan protocol handphone sehingga Perangkat Komputer bisa berinteraksi dengan handphone dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada handphone. Salah satunya SMS. Banyak hal teknis untuk bicara bagaimana penggunaan protocol tersebut. Namun di ditulisan ini saya tidak menjelaskan secara detail mengenai konsep komunikasi data antara handphone dengan perangkat komputer.


Mengenal Gammu

GAMMU adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola berbagai fungsi pada handphone, modem dan perangkat sejenis lain nya. Fungsi-fungsi yang dapat dikelola oleh Gammu antara lain adalah fungsi nomor kontak (Phonebook) dan fungsi SMS.

Gammu merupakan salah satu pustaka atau library opensource yang dibuat sebagai gateway atau penghubung antara handphone dengan perangkat komputer. Pengembangan Gammu awalnya dari pendahulunya yaitu gnooki yang dari segi konsep masih sangat sederhana dan rumit.
Namun pada gammu proses instalasi dan penerapan pembangunan aplikasi sms semakin mudah. Ini merupakan jasa dari beberapa developer yang telah membangun gammu. Gammu dibuat menggunakan gabungan phyton dan C. ada juga versi lain yang telah dikemas menjadi aplikasi jadi bernama wammu yang dibangun menggunakan bahasa C++. Gammu dapat di gunakan di semua Operating System. Baik itu linux, unix, windows. Namun setiap OS memiliki proses instalasi yang berbeda-beda. Gammu memiliki arsitektur penerapan seperti di bawah ini.

Gammu

Penjelasan :
No
Perangkat
Penjelasan
1
Handphone/Modem GSM
Sebagai perangkat penerima sms dan pengirim sms. Handphone-handphone keluaran lama maupun baru dapat digunakan sebagai modem GSM. Masing-masing memiliki spesifikasi dan memiliki tipe koneksi yang berbeda-beda. Bicara masalah tipe koneksi, anda harus mengetahui hal ini karena tipe koneksi berguna sekali untuk mengkoneksikan handphone/modem GSM anda ke perangkat komputer. Anda bisa melihat penjelasan mengenai tipe koneksi pada bab selanjutnya mengenai tipe koneksi.
2
GAMMU
Sebagai perangkat penerjemah interkoneksi protokol handphone agar bisa digunakan datanya pada perangkat komputer. Penjelasan ini bisa diartikan sebagai “Gateway”. Gammu menguasai setiap protokol-protokol atau fungsi-fungsi pada handphone, sehingga perangkat komputer dapat membaca tipe data dari handphone tersebut. Koneksi dari handphone menuju perangkat komputer menggunakan berbagai jenis perangkat. Menggunakan Kabel data, Infra Red atau bahkan menggunakan Bluetooth.
3
MySQL
Merupakan perangkat back-end dari perangkat komputer. Data dari handphone atau modem GSM setelah “dikuasai” dan “diterjemahkan” oleh Gammu, diletakkan atau diarahkan menuju Database, Gammu menggunakan MySQL sebagai Database. Ini yang membuat perangkat komputer selanjutnya dapat mengolah data mentah SMS dari MySQL.

Untuk Diketahui, bahwa fungsi Penyimpanan data SMS menuju MySQL melalui gammu ini, merupakan fungsi gammu yang paling mendasar. Sebenarnya ada fungsi pengarahan ke dalam bentuk text pada gammu, namun pada tulisan ini saya tidak membahasnya.
4
Server
Perangkat Gammu dan MySQL server di letakkan pada perangkat komputer yang selanjutnya disebut Server atau SMS Gateway Server. Penggunaan Server ini dapat dikembangkan selanjutnya sesuai dengan keinginan kita menggunakan data yang tersedia pada MySQL. Misalkan kita ingin mengolah data SMS dengan membangun aplikasi berbasis WEB, maka server harus menempatkan web server pada perangkat ini.
5
Client
Perangkat yang meng-implementasikan aplikasi yang telah dibangun untuk mengolah data sms dari modem GSM. Aplikasi inilah yang disebut dengan Aplikasi SMS. Kita bisa berkirim SMS dan Menerima SMS dari perangkat Client. Jadi seolah-olah client merupakan perangkat handphone yang fungsinya bisa menerima dan mengirim SMS.
6


Tanda panah yang menunjukan proses Penerimaan data SMS. Diawali dengan masuknya SMS pada perangkat handphone atau modem GSM, lalu oleh GAMMU, sms tersebut dialirkan ke MySQL pada perangkat server. Lalu Client Melakukan koneksi ke server untuk melihat data SMS pada MySQL menggunakan Aplikasi SMS.
7
Tanda panah yang menerangkan proses pengiriman sms. SMS dikirim melalui perangkat komputer client, dengan cara memasukan satu buat record ke dalam MySQL pada table “outbox”. Dengan adanya satu data masuk ke dalam table Outbox, secara otomatis gammu akan mengambilnya dan menerjemahkannya menjadi data yang dapat dibaca oleh handphone/modem GSM. Setelah itu tugas handphone yang mengirim sms tersebut ke nomor tujuan.

Handphone atau Modem GSM

Berbagai macam Merk dan Model Handphone serta modem GSM yang tersedia membuat gammu harus selalu mengupdate perkembangannya. Ini berkaitan dengan masalah tipe koneksi (connection type).

Mengapa connection type menjadi sangat penting pada Gammu, karena connection type lah yang menjadikan gammu dapat menggunakan protokol yang ada. Apabila kita salah memberikan setting connection type maka gammu tidak bisa menjembatani komunikasi data antara perangkat handphone/modem GSM ke perangkat server.

Tapi kita tidak perlu khawatir, karena team developer gammu telah membuat satu halaman page berisi dokumentasi merk dan Model handphone serta modem GSM beserta connection typenya.

Anda bisa mengaksesnya langsung pada website resmi gammu di http://wammu.eu Apabila pada halaman itu anda tidak menemukan merk dan model handphone atau modem GSM yang anda miliki, anda bisa menggunakan connection type yang sejenis dengan handphone atau modem GSM tersebut.

Beberapa gambaran mengenai tipe koneksi, seperti misalnya apabila kita menggunakan handphone dengan merk sony ericsson model W200i , diterangkan memiliki tipe koneksi “AT115200” kebanyakan model sony ericsson menggunakan tipe AT.

Namun begitu saya juga pernah mencoba merek Siemens C75 menggunakan koneksi “AT115200” dan ternyata juga mudah mendeteksi connection type nya padahal sepertinya kalau tidak salah merek handphone tersebut tidak tercantum di website resmi gammu.

Saya lebih merekomendasikan merk ini karena mudah mendeteksi connection typenya. Ada juga connection type lain yang digunakan merk Nokia seperti "fbus". Dan masih banyak connection type lain yang dimiliki oleh merk handphone tertentu. Silahkan anda kunjungi website resmi gammu.

Kita juga membutuhkan konektor dan driver untuk handphone/modem GSM yang akan digunakan. Konektor yang dimaksud seperti kabel data. Kabel data biasa kita didapatkan ketika kita membeli baru sebuah handphone/modem GSM. Apabila memang tidak mendapatkan biasanya banyak penjual handphone menjual kabel data tersebut secara terpisah dengan harga relatif murah.

Selain kabel data kita juga bisa menggunakan konektor lain seperti infrared dan Bluetooth. Infrared terdapat pada beberapa merk handphone yang sudah sangat lawas. Namun konektor infrared jg tidak kalah handal dengan kabel data. Selain itu ada Bluetooth, dengan Bluetooth server bahkan bisa saling berjauhan dengan handphone. Bisa kita letakan dimana saja, dan sms tetap bisa masuk ke perangkat komputer kita.
 
Tentunya perangkat-perangkat konektor tersebut harus memiliki driver yang pas. Karena sering sekali kita akan menemukan permasalahan dimana driver handphone atau modem GSM yang menggunakan jenis konektor tertentu namun masih belum bisa koneksi dengan komputer.

Ini biasanya akibat ada kesalahan dengan driver yang terinstall. Driver bisa kita dapatkan dalam paket pembelian handphone/modem yang baru. Atau bisa juga kita download pada website resmi handphone atau modem.

Sedikit saran apabila anda ingin memulai membuat aplikasi sms. Carilah handphone dengan model yang tidak terlalu lama dan juga tidak terlalu baru. Gunakan kabel data sebagai konektor dan belilah handphone atau modem lengkap dengan cd driver.

Apabila anda developer yang serius, dan berniat membangun aplikasi sms yang lumayan besar, gunakan modem GSM khusus (bukan handphone) karena modem GSM dapat melayani transfer data yang lumayan banyak. Sehingga apabila nantinya harus menangani data sms yang sangat banyak maka tidak akan ada antrian.


Emoticon Emoticon