Friday, January 15, 2016

Pengertian Port Printer


Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang Pengertian Port Printer atau Parallel Port berkaitan dengan pembahasan tentang Pengontrol Lampu Rumah via SMS dengan Kannel dan Port Printer.

Apakah Port itu ?

Dalam dunia komputer, Port adalah satu set instruksi atau perintah sinyal dimana microprosessor atau CPU menggunakannya untuk memindah data dari atau ke piranti lain. Penggunaan umum port adalah untuk berkomunikasi dengan printer, modem, keyboard, dan display. Kebanyakan port-port komputer adalah berupa kode digital, dimana tiap-tiap sinyal atau bit adalah berupa kode biner 0 atau 1. Port printer atau lebih dikenal dengan parallel port mentransfer beberapa bit secara bersamaan, sementara serial port mentransfer satu bit setiap saatnya. Port printer bisa ditemukan dalam setiap PC. Bersama port serial RS-232, port printer sangat berperan dalam komunikasi PC. Pada PC yang lebih baru, kita bisa dapati port-port lain seperti SCSI, USB, dan IrDA, tapi port printer tetap populer karena kemampuan dan fleksibilitasnya.

Port printer PC original memiliki 8 bit output, 5 bit input, dan 4 bit dua arah, ini cukup untuk berkomunikasi dengan berbagai jenis peripheral. Pada PC yang baru, 8 bit output juga bisa bertindak sebagai input atau dengan kata lain bersifat dua arah. Hal ini penting untuk komunikasi yang lebih cepat dengan scanner, drive, dan piranti lain yang mengirim data ke PC.

Port printer pada awalnya memang di desain sebagai port untuk printer, dan banyak nama-nama pinnya seperti paperEnd, Error, dan lain-lain, mencerminkan penggunaan untuk printer. Tapi sekarang, kita bisa melihat berbagai piranti selain printer yang dihubungkan ke port. Istilah peripheral, atau piranti peripheral digunakan untuk semua kategori yang termasuk di dalamnya printer, scanner , modem, dan piranti lain yang terhubung ke PC.

Jenis-jenis Port

Seiring dengan perkembangan desain PC, beberapa perusahaan memperkenalkan port printer versi yang lebih baik. Jenis port baru ini kompatibel dengan desain original, tapi ditambah dengan kemampuan baru untuk meningkatkan kecepatan. Kecepatan sangat penting karena komputer dan peripheral telah semakin cepat kerjanya dan tugas mereka menjadi makin kompleks. Jumlah informasi yang harus mereka pindahkan semakin meningkat. Port printer original sudah cukup cepat untuk mengirim byte-byte yang merepresentasikan karakter text ASCII ke printer dot-matrix atau daisy-wheel, tapi printer modern membutuhkan informasi lebih untuk mengeprint halaman dengan beragam font dan grafik yang detail bahkan berwarna.

Di bawah ini adalah ringkasan jenis-jenis yang tersedia:

1. Original (SPP)
Port printer dalam IBM PC original, dan port apapun yang menyamai desain port original sering disebut Standart Parallel Port (SPP). Nama lain yang digunakan adalah AT type atau ISA compatible. SPP menggunakan mode Nibble yang mentransfer 4 bit setiap saatnya.

2. Tipe PS/2 (Dua Arah Sederhana)
Perbaikan port printer adalah port data dua arah yang diperkenalkan IBM lewat mode PS/2. Port dua arah mengenable peripheral mentransfer 8 bit setiap saat ke PC. Istilah PS/2 merujuk pada setiap port yang mempunyai port data dua arah tapi tidak mendukung mode EPP dan ECP

3. EPP
EPP (Enhanced Parallel Port) pertama kali dikembangkan oleh pembuat chip intel, pabrik PC Zenith, dan pembuat produk-produk port printer Xircom. Sebagaimana dalam tipe PS/2, port data bersifat dua arah. EPP bisa memutar arah secara langsung sehingga bisa sangat efisien ketika digunakan dengan piranti yang mentransfer data dua arah.

4. ECP
ECP (Extended Capabilities Port) pertama kali dikenalkan Hewlett Packard dan Microsoft. Seperti halnya EPP, ECP juga bersifat dua arah dan bisa mentransfer data pada kecepatan bus ISA. ECP mempunyai buffer dan support untuk transfer DMA (Direct Memory Access) dan kompresi data. Transfer ECP sangat berguna untuk printer, scanner, dan peripheral lain yang mentransfer data dalam jumlah data yg besar.

Pengalamatan

Ada beberapa nama bagi port printer. Port printer yang bukan di video (mono chrome) adapter diberi nama LPT1 dan LPT2, masing-masing mempunyai alamat sendiri.

Berikut ini adalah ringkasan gambaran umum LPT.

Tabel Alamat port printer
Alamat Port Printer
Parallel Port
Alamat Dasar
LPT0
$3BC
LPT1
$378
LPT2
$278

LPT0 tidak support untuk alamat ECP. Tanda dolar ($) di depan alamat menandakan tanda bilangan heksadesimal.

Tabel Register port printer
Register Port Printer
Nama Register
Alamat
Register Data
Dasar + 0
Register Status
Dasar + 1
Register Kontrol
Dasar + 2

Pada tabel 2, alamat register ditentukan berdasarkan alamat dasarnya. Sebagai contoh, jika port printer yang digunakan adalah $378+0, $378+1, dan $378+2 atau $378, $379, dan $37A. register data sering disebut juga port data begitu juga register status dan register control sering disebut port status dan port control.

Tabel Definisi bit port data
Definisi Port Data
Bit
No PIN
i
SPP
EPP/ECP
Sifat
7 (MSB)
9
D7
S
Dua Arah
Normal
6
8
D6
S
Dua Arah
Normal
5
7
D5
S
Dua Arah
Normal
4
6
D4
S
Dua Arah
Normal
3
5
D3
S
Dua Arah
Normal
2
4
D2
S
Dua Arah
Normal
1
3
D1
S
Dua Arah
Normal
0 (LSB)
2
D0
S
Dua Arah
Normal

Tabel Definisi bit port status
Definisi Port Data
Bit
No PIN
Fungsi
SPP
EPP/ECP
Sifat
7 (MSB)
11
Busy
Baca
Baca
Terbalik
6
10
Acknowledge
Baca
Baca
Normal
5
12
Paper Status
Baca
Baca
Normal
4
13
Selection Status
Baca
Baca
Normal
3
15
Error Status
Baca
Baca
Normal
2

Tidak dipakai
-
Baca

1

Tidak dipakai
-
-

0 (LSB)

Tidak dipakai
-
-


Pada kolom sifat terbalik dan normal. Maksudnya adalah, bersifat terbalik jika port sedang berlogika True, maka pada kaki konektor DB25 yang bersangkutan berlogika False, demikian juga sebaliknya. Port control di tabel 2.5, hanya 4 dari 5 bit yang mempunyai output di konektor. Bit ke 5 hanya untuk dirinya sendiri, tidak keluar di konektor. Lalu sisanya pin 18 sampai 25 berfungsi sebagai ground.

Wujud fisik dari port printer berupa konektor DB 25 tipe female atau betina. Konektor ini biasanya terdapat di bagian belakang PC

Port Printer
Gambar Port Printer

Tabel Definisi bit port control
Definisi Port Data
Bit
No PIN
Fungsi
SPP
EPP/ECP
Sifat
7 (MSB)

Tidak dipakai
-


6

Tidak dipakai
-


5

Tidak dipakai
-


4

Interupt Control
Dua Arah
Tulis
Terbalik
3
17
Select
Dua Arah
Tulis
Terbalik
2
16
Initialize
Dua Arah
Tulis
Normal
1
14
Auto Feed
Dua Arah
Tulis
Terbalik
0 (LSB)
1
Strobe
Dua Arah
Tulis
Terbalik


Parallel port

Parallel port dikembangkan oleh IBM sebagai jalan untuk menghubungkan sebuah printer ke komputer. Printer port terdiri dari tiga port alamat yaitu, data pada alamat 0x0378, status pada alamat 0x0379 dan control port pada alamat 0x037a.

Tabel Register port printer
Nama Port
Alamat Dasar
LPT1 Data
0x038
LPT2 Status
0x0379
LPT3 Control
0x037a
Ada dua macam konektor parallel port, yaitu 36 pin dan 25 pin. Konektor 36 pin dikenal dengan nama Centronics dan konektor 25 pin dikenal dengan DB25. Centronics lebih dahulu ada dan digunakan dari pada konektor DB-25. DB-25 diperkenalkan oleh IBM (bersamaan dengan DB-9, untuk serial port), yang bertujuan untuk menghemat tempat, karena DB-25 lebih praktis, maka untuk konektor parallel port pada komputer sekarang hanya digunakan DB-25.

Pada komputer, konektor parallel port yang terpasang adalah DB-25 betina, sehingga kabel penghubung keluar adalah DB-25 jantan, susunan/bentuk DB-25 tampak seperti gambar :

Konektor DB-25
Gambar DB-25

Dari 25 pin konektor DB-25 tersebut, hanya 17 pin yang digunakan untuk saluran pembawa informasi dan yang berfungsi sebagai ground 8 pin. Ketujuh belas saluran informasi itu terdiri dari tiga bagian, yakni data 8 bit, status 5 bit, dan control 4 bit. Bit control dan status berfungsi dalam “jabat tangan” dalam proses penulisan data ke paralel port. 
Berikut ini tabel fungsi dari pin konektor DB-25
Tabel Fungsi Konektor DB25
Tabel Fungsi Konektor DB25
Dari tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa pada parallel port terdapat
8 pin data output (pin 2 - 9)
4 pin output tambahan (pin 1, 14, 16, 17)
5 pin data input (pin 10, 11, 12, 13, 15)
dan ground (pin 18 - 25).
Semua output pada data port adalah true logic, dimana jika kita memberikan inputan logika satu maka akan menyebabkan output tersebut akan bernilai maksimum (on), kecuali untuk output /SELECT_IN, /AUTOFEED dan /STROBE (tiga output tambahan) pada control port memiliki inverted logic, yang memiliki sifat kebalikan dari true logic, yang jika diberi nilai logika satu pada bit (inputan) maka output akan bernilai minimum (off).

Dari 25 pin Parallel Port, kita bisa memanfaatkan 8 pin output (data lines) dan sinyal ground (signal ground) saja. Pin keluaran tersebut akan berdaya 0V ketika dalam low logic level (0) dan +5V ketika dalam high logic level(1), 8 pin keluaran + sinyal ground ini yang nantinya akan dihubungkan dengan Relay Board, kemudian dari Relay Board ke lampu rumah atau peralatan elektronik lainya.
Komunikasi Data Komputer dan Parallel Port
Gambar Komunikasi Data Komputer dan Parallel Port


Emoticon Emoticon