Tuesday, January 12, 2016

Penjelasan lengkap tentang SMS Gateway


Mengawali pembahasan selanjutnya tentang Membangun SMS Gateway Sebagai Layanan Pengaduan, pada kesempatan ini akan dibahas sedikit mengenai Pengertian SMS Gateway.
Anda dapat membaca tentang Membangun SMS Gateway Dengan Gammu sebagai SMS Gateway disini:
SMS Gateway adalah suatu platform yang menyediakan mekanisme untuk menghantar dan menerima SMS dari peralatan mobile (HP, Smartphone, dan lain-lain) yang menggunakan keyword tertentu. SMS Gateway adalah komunikasi SMS dua arah. SMS Gateway merupakan salah satu perkembangan fungsi yang dimiliki SMS.

Secara umum SMS Gateway adalah sebuah sistem yang dipergunakan untuk memudahkan seseorang atau sebuah perusahaan mengirimkan pesan SMS yang sama dalam waktu yang bersamaan pada banyak orang. Selain itu, semakin berkembangnya fungsi SMS. SMS Gateway juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti melakukan polling, transaksi dengan sebuah sistem, pemantauan, dan sebagainya.


Keuntungan SMS Gateway

SMS Gateway merupakan pintu gerbang bagi penyebaran Informasi dengan menggunakan SMS, SMS Gateway dapat menyebarkan pesan ke ratusan nomor secara otomatis dan cepat yang langsung terhubung dengan database nomor-nomor ponsel saja tanpa harus mengetik ratusan nomor dan pesan di ponsel karena semua nomor akan diambil secara otomatis dari database tersebut sehingga dapat menghemat waktu.

Selain itu, kebutuhan untuk SMS Gateway juga tidak terlalu berlebihan karena hanya menggunakan sebuah PC dengan menggunakan sebuah ponsel, kabel data, kartu GSM, dan sebuah program yang dapat dibangun sendiri khususnya menggunakan bahasa pemrograman PHP yang berfungsi sebagai pengirim pesan. SMS Gateway dapat mengustomisasi pesan-pesan yang ingin dikirim.

Dengan menggunakan program tambahan yang dapat dibuat sendiri, pengirim pesan dapat lebih fleksibel dalam mengirim berita karena biasanya pesan yang ingin dikirim berbeda-beda untuk masing-masing penerimanya.


Mekanisme SMS Gateway

Menerima SMS sesuai dengan keyword yang ditentukan.
Melakukan fungsi logik tertentu terhadap data-data yang diterima dari SMS Gateway.
Mengirimkan informasi kepada user berdasarkan keyword sesuai dangan permintaan.


Arsitektur Aplikasi SMS

Secara Umum, terdapat tiga gambaran arsitektur aplikasi SMS, yaitu:

Aplikasi pesan SMS yang terhubung ke SMSC tanpa melalui SMS Gateway. Gambar dibawah memperlihatkan arsitektur SMS yang terhubung ke SMSC tanpa melalui SMS Gateway.


Arsitektur Aplikasi SMS
SMSC tanpa melalui SMS Gateway

SMSC tanpa melalui SMS Gateway

Aplikasi pesan SMS yang terhubung ke SMS Center melalui SMS Gateway. Gambar dibawah memperlihatkan arsitektur SMS yang terhubung ke SMSC melalui SMS Gateway.

SMSC tanpa melalui SMS Gateway
SMSC tanpa melalui SMS Gateway


SMS Center melalui SMS Gateway

Aplikasi pesan SMS terhubung ke mobile phone atau GSM modem melalui SMS Gateway. Gambar dibawah memperlihatkan arsitektur Aplikasi pesan SMS yang terhubung ke mobile phone atau GSM modem melalui SMS Gateway.

mobile phone atau GSM modem melalui SMS Gateway
mobile phone atau GSM modem melalui SMS Gateway


Arsitektur Aplikasi SMS Auto Replay


Arsitektur Aplikasi SMS Auto Replay
Arsitektur Aplikasi SMS Auto Replay

Berikut penjelasan bagaimana perjalanan data dari pelanggan hingga pelanggan (yang meminta informasi) menerima SMS balasan (informasi yang diminta):
  1. Pelanggan mengirim SMS ke nomor SMS Gateway untuk meminta informasi.
  2. Sebelum di terima SMS Gateway, SMS diterima SMS Center kemudian diteruskan ke GSM modem di SMS Gateway.
  3. Aplikasi SMS mendapat informasi SMS masuk, kemudian aplikasi SMS mengecek format SMS untuk mengetahui informasi apa yang diminta oleh pelanggan.
  4. Aplikasi SMS mengirimkan SMS balasan yang melalui GSM modem
  5. Sebelum diterima pelanggan, SMS diterima SMS Center kemudian diteruskan ke pelanggan.
  6. SMS balasan diterima pelanggan.

Macam-macam Aplikasi SMS

Ada banyak macam aplikasi SMS yang sedang berkembang sekarang. Aplikasi di mana pesan SMS dapat digunakan hampir tak terbatas. Beberapa contoh umum aplikasi SMS diantaranya sebagai berikut:

Person to person text messaging

Person to person text messaging sangat banyak digunakan oleh aplikasi SMS dan memang pada awalnya teknologi SMS di rancang untuknya. Dalam beberapa macam aplikasi pesan teks, seorang pengguna mobile phone mengetik sebuah pesan menggunakan keypad, selanjutnya ia memasukkan no tujuan/penerima dan menekan option selanjutnya menekan “OK” atau “Send”, untuk mengirim. Ketika pesan diterima oleh penerima, akan diberitahu menggunakan suara atau getaran. Pengguna dapat membaca pesan teks suatu waktu dan membalasnya jika perlu. Sebuah aplikasi chatting merupakan contoh lain dari aplikasi Person to person text messaging yang mengijinkan sekelompok/grup orang untuk bertukar SMS secara interaktif. Dalam sebuah aplikasi chatting, semua teks SMS dikirim dan diterima, kemudian ditampilkan di layar dan diurutkan berdasarkan waktu.

Provision of Information

Sebuah aplikasi popular dari teknologi SMS selain Person to Person Messaging adalah Provision of Information (Ketetapan Informasi) yakni menyampaikan ketetapan informasi ke mobile phone pelanggannya. Banyak penyedia jasa SMS (Content Provider) menggunakannya untuk mengirim informasi seperti berita, ramalan cuaca, data keuangan kepada pelanggan. Kebanyakan informasi ini tidak cuma-cuma. Tagihan SMS dibebankan kepada pengguna informasi adalah cara yang digunakan oleh penyedia jasa.

Downloading

Pesan SMS dapat membawa data biner dan juga SMS dapat digunakan sebagai media untuk mendownload secara wireless. Seperti ringtone, wallpaper, gambar dan logo operator dapat di encode (disandikan) kedalam satu atau lebih pesan, tergantung ukuran objeknya. Seperti layanan informasi, layanan download ini juga biasanya tidak gratis dan tagihan SMS akan dibebankan kepada pelanggan yang menggunakan layanan ini. Objek download di encode kedalam satu atau lebih pesan SMS.

Alert and Notifications (Peringatan dan Pemberitahuan)

SMS merupakan teknologi yang sangat cocok untuk menyampaikan peringatan dan memberitahuan kejadian yang penting/sangat penting. Ada dua pertimbangan, yaitu :


1) Mobile phone biasanya dibawa oleh pemiliknya kapan saja.

Kapan saja sebuah SMS diterima, mobile phone akan memberitahukan dengan menggunakan suara atau getaran. Dan pemiliknya dapat membaca apa isi dari pesan tersebut.


2) Teknologi SMS mengijinkan “push (desakan)” informasi.

Berbeda dengan model “pull (tarikan)” dimana sebuah alat akan menanya server terlebih dahulu untuk memeriksa apakah ada informasi baru atau tidak. Model “tarikan” kurang cocok untuk aplikasi peringatan dan pemberitahuan karena membuang bandwidth dan meningkatkan aktifitas server.


3) E-Commerce dan Transaksi Kartu Kredit

Kapan saja suatu e-commerce dan transaksi kartu kredit dibuat, server akan mengirim pesan teks kepada pelanggan. Dengan itu pelanggan dapat mengetahui apakah transaksi telah buat.


4) Peringatan Bursa Saham

Dalam suatu aplikasi peringatan bursa saham, program secara konstan memonitor dan meneliti bursa saham. Jika suatu kondisi tertentu telah terpenuhi, maka program akan mengirimkan pesan menyangkut situasi tersebut. Sebagai contoh, kita dapat mengatur sistem peringatan jika harga saham suatu perusahaan lebih rendah dari niai tertentu, program mengirimkan pesan peringatan kepada pengguna layanan ini.


5) Remote System Monitoring 

Dalam suatu aplikasi remote system monitoring, sebuah program (kadang-kadang menggunakan suatu sensor) apakah secara konstan memonitoring status dari suatu sistem. Jika dalam keadaan tertentu, program akan mengirim pesan kepada admin untuk memberitahukan situasi yang terjadi. Sebagai contoh program melakukan “ping” terhadap server, jika respon tidak diterima maka program akan mengirim pesan kepada admin.


Emoticon Emoticon