Friday, January 22, 2016

8 Tips Menakjubkan untuk Mempercepat Android Anda


Pada saat ini, perkembangan ponsel android sudah semakin hebat, tetapi masih saja ada sebagian orang yang tetap menginginkan membuat ponsel mereka lebih cepat. Mungkin mereka membeli ponsel low-end yang notabene memiliki spesifikasi yang terbilang kurang mumpuni, atau mungkin sudah ketinggalan zaman, dan mungkin mereka telah menginstall dengan aplikasi dan program-program yang dapat memperlambat kinerja ponsel tersebut. Apapun alasannya, patut untuk dicoba tentang tips bagaimana untuk mempercepat ponsel Android anda. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan

Gunakan launcher yang ringan

Pertimbangkan untuk menggunakan launcher alternatif . Ada cukup banyak launcher pihak ketiga di luaran sana yang dapat digunakan. Beberapa launcher memang banyak memakan memori RAM dan menguras kinerja prosessor, maka gunakanlah program-program launcher yang sederhana tanpa mengurangi fungsi dari aplikasi tersebut.

Turunkan resolusi layar ponsel anda

Halaman depan (Beranda / homescreen), resolusi pada layar ponsel anda mungkin dapat diturunkan hingga level yang mungkin tidak banyak memakan daya prosesor atau memori. Hal ini seperti ketika Anda bermain game pada PC dan anda menurunkan grafis sehingga anda dapat bermain game dengan lancar, hal serupa dapat dilakukan pada android dalam beberapa kasus. Sedangkan cara untuk menurunkan resolusi pada android mungkin akan berbeda-beda antara beberapa merek ponsel yang ada, silahkan merujuk pada merek ponsel anda.

  8 Tips Menakjubkan untuk Mempercepat Android Anda

Matikan animasi pada Android Anda

Animasi hanyalah hal kecil yang terjadi setiap kali anda melakukan sesuatu pada Android, seperti ketika membuka tab atau aplikasi. Animasi berfungsi hanya untuk mempercantik tampilan semata. pada sebagian orang, mereka tidak suka menggunakan animasi pada desktop atau ponselnya karena hanya akan memperlambat pekerjaan mereka. Anda dapat menonaktifkan fitur ini di ponsel anda, dan pada umumnya untuk menontaktifkan animasi terletak pada: Pengaturan> Tampilan> Animasi. Hal ini akan meningkatkan kinerja android anda.

Nonaktifkan plugin browser

Ini adalah cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan android anda. Menghapus plugin yang tidak begitu penting, yang lama kelamaan akan membuat daya prosesor dan memori ponsel anda terganggu. dan secara umum untuk menonaktifkan plugin tersebut bisa dilakukan dengan cara: Buka Browser> Settings> Plugins.

Hindari penggunaan live wallpaper

memang hal ini akan membuat ponsel anda terlihat lebih menarik, namun penggunaan live wallpaper juga akan memakan banyak RAM dan daya prossesor ponsel anda. Jadi, lebih baik jika anda tidak menggunakan live wallpaper.

Mulai sekarang selalu kontrol dan bersihkan ponsel anda

Uninstall aplikasi yang tidak penting dan jarang digunakan. Menghapus aplikasi akan membebaskan beberapa ruang memori. Penggunaan memori akan mempengaruhi kinerja ponsel anda. Bayangkan bahwa OS Android anda adalah pustakawan, dan aplikasi adalah buku-buku di Perpustakaan. Jika buku yang tersedia cukup sedikit maka pustakawan akan menemukan buku yang anda inginkan lebih cepat.

Gantilah aplikasi berat Anda dengan yang lebih ringan

Aplikasi pada ponsel akan mengambil sejumlah daya prosesor dan memori. Pada beberapa aplikasi akan terasa lebih lambat daripada yang lain, maka hapuslah aplikasi yang mengkonsumsi terlalu banyak memori dan menggantinya dengan aplikasi lain dan tetap memiliki fungsi yang sama namun tidak membebani konsumsi memori android anda. Ada beberapa aplikasi di Playstore yang kurang dioptimasi oleh pembuatnya sehingga berjalan lebih lambat. 

Hapus atau matikan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Beberapa aplikasi akan berjalan tanpa kita ketahui. Anda dapat mencari aplikasi yang dapat mencekal aplikasi untuk berjalan di latar belakang, ada banyak aplikasi semacam itu, sebagai contoh anda bisa menggunakan greenify untuk menghibernasi/menidurkan aplikasi yang tidak kita butuhkan, tindakan untuk membekukan atau "freeze" aplikasi yang jarang kita gunakan juga boleh dilakukan. matikan beberapa fungsi yang sudah tidak kita gunakan. Sebagai contoh, banyak orang meninggalkan GPS mereka hidup di latar belakang tanpa disadari, matikan Wi-Fi ketika sudah tidak kita gunakan.

Demikian 8 Tips Menakjubkan untuk Mempercepat Android Anda yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat dan kurang lebihnya saya minta maaf.


Emoticon Emoticon