Saturday, February 27, 2016

Inilah Beberapa Anjuran dan Larangan Dalam Blogging


Anda seorang blogger pemula? ataukah seorang blogger yang profesional? Menerapkan prinsip-prinsip dari "blogging etiquette" adalah suatu keharusan jika ingin blog Anda dilihat dalam kaidah yang positif. Hal yang cukup sederhana, terutama jika Anda memikirkan bahwa blog adalah sebagai refleksi dari diri Anda.

Saya ingin berbagi beberapa tips yang akan menguntungkan Anda dan juga blog Anda. Dan artikel ini dibuat untuk dua kepentingan, yaitu "Anda" dan "Saya", karena selain ingin berbagi tips, tulisan ini juga bertujuan untuk mengingatkan diri sendiri akan penting nya etika dalam dunia blogging sehingga khususnya saya ataupun Anda akan selalu berada dalam jalur yang  tepat. Berikut adalah Beberapa Anjuran dan Larangan Dalam Dunia Blogging yang saya harap dapat berkenan untuk Anda :))


Beberapa Anjuran dan Larangan Dalam Dunia Blogging 

Apa Yang Harus Dilakukan

Be Yourself

Saya selalu menjadikan "semboyan" tersebut menjadi acuan favorit sebagai jalan untuk menjadi seorang blogger yang berkualitas. Bagaimana membuat Anda dapat terhubung ke dalam tingkat yang lebih pribadi dan merasa seperti benar-benar sedang mendengarkan seseorang, tidak seperti sedang membaca pada layar komputer. Tetap setia kepada diri sendiri adalah sangat penting dalam aktifitas blogging, karena Anda ingin blog Anda menjadi cerminan dari siapa Anda sebenarnya!


Memiliki Blogging Schedule

Tidak hanya akan membuat pembaca datang kembali, tetapi akan memastikan bahwa tidak akan menjadi "beban" dengan masalah posting setiap hari! Membuat jadwal memungkinkan pembaca untuk menantikan sebuah posting dari Anda pada hari-hari tertentu, dan mereka pasti akan mencoba untuk datang kembali pada hari-hari dimana Anda memiliki jadwal untuk posting. Ini juga akan sangat membantu ketika Anda bekerjasama dalam suatu kelompok dengan blogger lain, karena dua tanggung jawab sekaligus dalam sehari untuk posting bisa membuat keadaan cukup kacau. Saya menyimpan perencanaan blogging dengan catatan tempel untuk berbagai jenis posting.


Bergabung Dalam Sebuah Komunitas

Hal ini mungkin merupakan keputusan terbaik yang dapat Anda buat dari sejak pertama memulai aktifitas blogging. Manfaat dan keuntungan bergabung dengan komunitas blog adalah kita akan mendapatkan ilmu dan wawasan seputar blogging. Perkembangan dunia blogging yang terus bertumbuh dan mengalami perubahan tentu harus selalu diikuti. Dalam komunitas blog, Anda akan diajak untuk berbicang dan berdiskusi secara rutin mengenai dunia blogging. Ini adalah pengalaman bagus, jadi saya pasti menyarankan Anda untuk mencari dan menemukan sebuah komunitas blogging yang cocok dengan kepribadian Anda dan blog Anda. 

"Link Back" Ke Postingan Anda Sendiri

Membuat pengunjung menemukan salah satu posting Anda adalah hal yang di impi-impikan dari setiap blogger, tetapi Anda pasti tidak ingin mereka hanya untuk sementara saja mampir di blog Anda dan tak kembali lagi kan? Dengan selalu menghubungkan posting baru Anda dengan posting posting yang lama yang tentunya berkaitan, akan membantu pembaca dapat dengan mudah menjelajahi blog Anda dan mendapatkan informasi yang lain yang mungkin relevan dengan apa yang sedang mereka cari. Ini adalah cara yang bagus dan semacam "self-advertise" dan Anda akan terkejut melihat betapa penting nya hal tersebut dapat mempengaruhi lalu lintas blog Anda. Jika Anda belum melakukan ini sebelumnya, cobalah memulai melalui beberapa posting Anda dan mencari topik dari pos Anda yang kini telah ditutupi oleh pos baru. Menambahkan link ke posting yang baru, dan lihat bagaimana statistik berubah dari waktu ke waktu.
Baca Juga:
Cara Tepat Memilih Platform Pada Sebuah Blog 
Perbandingan WordPress.com vs WordPress.org 
Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengedit Sebuah Desain Blog

Memiliki Desain Blog Yang Bersih

Mungkin ini adalah hal yang tidak patut dicontoh, tetapi ketika saya menemukan dan melihat blog baru, salah satu hal pertama yang mendorong saya untuk menutup halaman adalah karena desain yang tidak tertata rapi dan kadang membingungkan. Jika saya browsing hanya untuk mencari dan menemukan sebuah konten saja, tidak jadi masalah. Mempertahankan desain yang bersih sangat penting untuk memberikan pengalaman terbaik kapada pembaca di blog Anda. Hal ini juga sangat membantu ketika Anda sedang mencari blogger atau perusahaan untuk bekerja sama, karena mereka ingin konten mereka ditampilkan dengan cara yang terbaik, dan desain yang berantakan tentu tidak akan menarik perhatian mereka.


Gunakan Gambar Sebagai Nilai Tambah

Hal ini berlaku untuk hampir semua situs jejaring sosial, dalam hal ini saya mengambil contoh pada Pinterest. Gambar mengambil perhatian pembaca lebih cepat daripada kata-kata, sehingga harus menjadi salah satu prioritas utama untuk memiliki gambar yang berkualitas di semua posting Anda. Saya sarankan mengoptimalkan gambar ini untuk Pinterest, karena saya pikir kita semua pasti sepakat bahwa Pinterest adalah salah satu tempat terbaik untuk mengiklankan posting Anda dan menarik pengunjung. 

Untuk mendapatkan umpan balik, coba tambahkan frasa singkat untuk gambar Anda dan bukan hanya sekedar merangkum tentang topik posting Anda, tapi usahakan terdengar menarik bagi pembaca yang sedang bergulir di atas gambar. Anda hanya memiliki beberapa detik untuk menarik perhatian mereka, jadi pastikan gambar Anda selalu Eye-Catching.



Apa Yang Harus Di hindari

Plagarisme

Yang satu ini nampaknya sudah cukup jelas, tapi saya terus menemukan keluhan tentang hal tersebut, karena sebagian blogger masih tetap saja ada yang mendapati konten mereka dicuri. Berikut ini apa yang harus saya katakan tentang plagiarisme: jika Anda mencuri konten dari blogger lain untuk mengisi blog Anda sendiri, mengapa Anda bisa berada dalam urutan pertama dalam SERP? ini sungguh menjengkelkan. Saya dapat terima jika Anda mungkin membaca sebuah posting dan akan mendapatkan inspirasi untuk menulis sesuatu dalam blog Anda, tapi itu tidak sama dengan menyalin kata demi kata apa yang orang lain tulis. Jangan Lakukan Itu! kalau Anda ingin blog anda dapat bertahan dalam jangka yang panjang.


Mencuri Gambar

Suatu hal yang sama seperti bahasan sebelumnya tentang plagiarism, tapi yang satu ini tampaknya sulit untuk dipahami sepenuhnya. Dengan begitu banyak stok gambar pada berbagai situs di luar sana, sulit untuk membedakan antara mana yang gratis dan mana yang memiliki hak cipta. Dan bahkan jika ketika gambar tersebut bebas untuk di download, Anda mungkin diminta untuk mengutip pemilik gambar di mana pun Anda menggunakannya. Jujur, cara terbaik untuk menangani masalah ini adalah dengan membuat gambar sendiri. Dengan cara itu Anda akan merasa yakin bahwa segala sesuatu di blog Anda adalah legal, dan gambar sendiri akan lebih unik dan bersifat personal. 

Berkomentar Untuk Tujuan Iklan

Hal ini sudah menjadi kebiasaan dan kebanyakan dilakukan oleh blogger pemula yang ingin mendapatkan pengunjung pertama mereka dan mungkin juga hanya demi mendapatkan sebuah "Backlink". Anda mungkin pernah memiliki beberapa komentar di blog Anda seperti, "Artikelnya Keren. :) * Insert link ke blog *"

Dapat dilihat bahwa mereka tidak tulus memberikan apresiasi terhadap konten Anda, dan itu cukup jelas bahwa siapa pun yang berkomentar seperti itu tidak peduli tentang isi posting Anda dan mungkin tidak tahu karena mungkin mereka bahkan tidak membacanya. 

Tidak salah, komentar adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pengunjung. Tapi menempatkan tautan ke blog Anda di setiap komentar yang Anda tulis tentu bukanlah cara yang tepat untuk dilakukan. Ini terlihat seperti amatir dan bisa dibilang norak, dan mungkin akan dapat membuat kesan yang jelek terhadap blog Anda. 

Sebaliknya, berkomentarlah di blog lain dengan maksud dan tujuan untuk menunjukkan ketertarikan dengan isi dari konten dan ingin "terhubung" dengan sang penulis. Jika komentar Anda tulus dan Anda memperlihatkan dengan jelas bahwa Anda benar-benar membaca posting dan menikmatinya, tentunya penulis akan memeriksa blog Anda untuk melihat siapa sebenarnya dibalik pemilik wajah baru di kotak komentar mereka.
Baca Juga:
Cara Membuat Tombol Back To Top Tanpa Ribet
Cara Mendesain Footer Blog Secara Efektif + Bonus Footer 4 Kolom
Membuat menu Navigasi Drop Down Pada Blogger
Tips Blogger: Cara Customize Form Email Berlangganan Mailchimp Pada Blog Anda 

Over Advertise

Sosial media bukan hanya outlet untuk menghubungkan dengan orang-orang lain, tempat tersebut bisa dibilang sebagai serangkaian platform dengan kesempatan tak terbatas untuk iklan dan mempromosikan diri sendiri. Maksudnya, apa sih yang dapat kita lakukan tanpa Twitter, Facebook, Instagram dan lain-lain untuk memberitahu tentang beberapa posting baru kita? tidak cukup hanya kita berbagi konten dalam beranda saja, bahkan kita akan kirim pesan, broadcast, PING!, dan lain-lain agar semua tahu bahwa kita telah membuat sebuah posting baru.

Jelas, itu adalah suatu cara yang sangat nyaman dan mudah dilakukan, sehingga media sosial adalah cara terbaik untuk mempromosikan blog kita. Tapi tolong. Batasi iklan Anda. Jika Anda menambahkan Tweet baru setiap lima menit tentang posting baru Anda, follower Anda pasti akan merasa cukup jengkel, dan mungkin akan langsung berhenti mengikuti Anda. Unfollowers = berita buruk! Di sinilah penjadwal media sosial berguna, karena akan mengatur dan membatasi pos/tweet/status atau posting Anda sehingga tidak membebani follower Anda.

_Eof_


Emoticon Emoticon