Thursday, February 25, 2016

Cara Akses File Komputer Rumah Darimana Saja Kapan Saja


Masalahnya adalah: Anda memiliki dokumen, foto, musik dan file penting lainnya pada komputer dirumah. Bagaimana Anda "mengakses jarak jauh" file-file di komputer rumah Anda dari Komputer Anda dikantor, atau dari ponsel Anda saat Anda bepergian?

Solusinya: Solusi paling sederhana yaitu Anda akan menyalin semua data Anda dari komputer rumah ke hardisk portabel dan membawanya ke kantor. Tapi ini jelas akan menjadi sedikit rumit karena Anda membutuhkan waktu untuk secara manual menyalin file dari komputer rumah ke portabel disk/flashdisk.

 

Akses file pada komputer Anda melalui Internet

Ada beberapa cara dimana Anda dapat mengambil file yang tersimpan di komputer rumah Anda dari tempat lain menggunakan koneksi internet biasa.


Opsi 1: Menggunakan Online Backup

Anda dapat menggunakan layanan backup online seperti SugarSync, Carbonite, OneDrive, Dropbox dan yang paling terkenal saat ini adalah GoogleDrive - mereka menyediakan utilitas desktop atau bahkan dari ponsel yang otomatis akan meng-upload file di komputer rumah Anda ke Internet dan Anda kemudian dapat mengakses file-file ini melalui browser web dari setiap komputer yang terhubung ke Internet lainnya.

Keuntungannya adalah bahwa file Anda akan selalu tersedia untuk Anda bahkan jika komputer rumah sedang tidak berjalan. SugarSync dan Carbonite memiliki website yang dioptimalkan secara mobile sehingga Anda juga dapat mengakses file dari ponsel.

Kelemahannya adalah bahwa jika Anda menggunakan salah satu layanan ini untuk pertama kalinya, Anda akan menunggu sampai mereka meng-upload semua data Anda ke Cloud dan proses ini mungkin memakan waktu lama jika Anda memiliki terlalu banyak file di komputer asal Anda.

Opsi 2: Menggunakan Software Desktop Sharing

Ada beberapa software Desktop Sharing gratis seperti TeamViewer dan UltraVNC yang juga dapat membuat Anda secara jarak jauh dapat mengakses file pada komputer Anda dari tempat lain. LogMeIn Pro adalah pilihan yang baik untuk mentransfer file dari komputer remote namun layanan ini berbayar.

Jika semua komputer Anda menjalankan Windows, Anda dapat menggunakan fitur built-in remote desktop connection pada Windows (tersedia pada XP dan lebih tinggi) untuk mengakses komputer rumah Anda dari komputer Windows lain melalui Internet.

Pilihan lain adalah AnyDesk, Anda dapat berbagi semua program Anda, file dan dokumen dari mana saja dan kapan saja. Tool ini ringan dan menawarkan basis enkripsi TLS1.2 yang juga digunakan dalam online banking. AnyDesk sepenuhnya gratis untuk penggunaan komersial atau non komersial. Perusahaan menggunakan VPN kepada karyawan nya agar dapat mengakses data perusahaan melalui jaringan publik (Internet) dengan aman, bahkan pengguna rumah juga dapat membangun VPN mereka sendiri untuk mengakses file dari jarak jauh menjadi lebih aman. 

Dengan software Desktop Sharing, Anda akan selalu memiliki akses ke semua file Anda, tetapi ada satu batasan besar adalah bahwa Software tersebut memerlukan komputer remote untuk tetap menyala.

Opsi 3: Akses File langsung melalui Browser

Layanan backup online yang disebutkan di atas, akan menyalin file ke server mereka sendiri sebelum Anda dapat mengaksesnya di tempat lain. layanan Remote Destop biasanya lambat dan beberapa tidak akan bekerja pada sebagian perangkat mobile. Sekarang mari kita menjelajahi paket layanan yang memungkinkan Anda dapat men-download file langsung dari komputer di rumah.

Copernic, adalah perangkat lunak pencarian desktop populer yang dapat Anda gunakan untuk menemukan email, dokumen dan file lainnya pada komputer Windows Anda. Mereka memiliki komponen berbayar disebut myCopernic on the Go yang memungkinkan Anda dari jarak jauh dapat mencari konten yang disimpan di rumah atau komputer kantor. Anda dapat melihat hasil pencarian dan kemudian men-download ke ponsel Anda atau ke PC remote.

Dengan Chrome Remote Desktop membuat Anda dapat terkoneksi secara remote ke komputer lain melalui Chromebook atau Browser Chrome. Pertama kali digunakan akan membutuhkan otentikasi setelah itu Anda dapat berbagi atau mendapatkan akses ke komputer lain. Alat ini sepenuhnya cross-platform baik Anda menggunakan Windows, Mac OS X, Linux atau Chromebook, Anda hanya perlu peramban chrome untuk membuat koneksi dengan komputer lain. Sesi berbagi ini sepenuhnya aman di Chrome Remote Desktop.

Terakhir, mungkin Anda juga ingin mencoba Tappin - ini adalah layanan yang sangat mudah digunakan yang memungkinkan Anda dapat mengakses file dan media di rumah Anda dari komputer lain atau ponsel. Instal TappIn Agen dan semua file pada komputer rumah akan langsung tersedia dan dapt diakses melalui web. Mereka juga memiliki aplikasi untuk Apple® iPhone®, iPad®, Google® Android™, Kindle Fire dan Windows® Phone 7.

_Eof_


Emoticon Emoticon