Saturday, February 20, 2016

Cara Ampuh Mencari Tahu Dimana Sebuah Foto/Gambar Diambil


Pada arikel ini berisi tips singkat yang menjelaskan bagaimana Anda dapat mengetahui di mana lokasi dari sebuah gambar diambil dengan bantuan Google Images.

Katakanlah Anda menjelajahi tempat-tempat menarik di Internet dan menemukan tujuan wisata yang indah yang ingin Anda kunjungi suatu saat nanti. Masalah nya adalah bahwa foto dari web tidak membawa keterangan teks dan karena itu Anda tidak memiliki petunjuk dari lokasi di mana gambar itu mungkin diambil.

Di mana gambar diambil?

Kadang-kadang EXIF data tertanam dalam file gambar dan dapat membantu Anda menentukan lokasi dimana gambar tersebut diambil, tetapi ada alternatif lain yang mungkin lebih mudah untuk lakukan.

Anda mungkin tahu bahwa Google menawarkan pencarian Gambar serupa untuk membantu menemukan gambar yang secara visual mirip dengan sumber gambar. Fitur yang sama dari oogle Images kadang-kadang dapat membantu Anda menemukan lokasi sebuah foto. Berikut caranya:


menemukan lokasi foto
Mencari tahu dimana sebuah foto diambil


Pergi ke images.google.com dan seret* gambar apapun - baik dari desktop atau dari halaman web lain - ke dalam kotak pencarian (lihat gambar diatas).

Jika foto itu adalah beberapa tujuan wisata yang populer, Google akan menyebutkan kemungkinan lokasi gambar dalam hasil pencarian (lihat gambar). Dalam beberapa kasus, Anda setidaknya akan tahu sumber asli dari gambar itu, dan sedikit dapat memberikan cukup petunjuk bagi Anda untuk menebak lokasi yang sebenarnya.
[*] Pada Browser IE mungkin tidak mendukung drag dan drop tetapi dalam hal ini, Anda dapat mengklik "icon kamera" di kotak pencarian Google untuk secara manual meng-upload gambar ke Foto Google untuk analisis.


Emoticon Emoticon