Monday, February 01, 2016

Wow! Ini Dia Cara Menghubungkan Laptop ke Layar Televisi


Siapa yang pernah membayangkan dapat menonton video YouTube atau foto di layar TV yang besar, dan bertanya-tanya apakah ada cara untuk menghubungkan komputer/laptop ke TV?

Nah, ada beberapa cara untuk menghubungkan komputer Anda ke televisi tergantung pada port yang tersedia pada PC dan TV Anda (saya menggunakan komputer HP Windows dan Sony Bravia HDTV untuk contoh ini).

Langkah-langkah Menghubungkan Laptop ke TV


Langkah 1

Sebagian besar komputer memiliki port S-Video yang dapat dihubungkan ke input S-Video dari layar TV Anda menggunakan kabel S-Video yang sangat murah (kabel ini berbentuk bulat dengan 4 atau 7 pin). Jika Anda memiliki monitor yang lebih tua, Anda dapat menggunakan kabel VGA 15-pin untuk menghubungkan komputer ke TV dan itu akan menawarkan kualitas gambar yang lebih baik daripada kabel S-Video.
VGA Cable
Kabel VGA
DVI Cable
Kabel DVI
S-Video
S-Video


HDTV baru dan komputer laptop memiliki port DVI sehingga DVI Male to Male Cable atau DVI to HDMI Adapter Cable dapat digunakan untuk menghubungkan display komputer dan TV. kabel DVI to HDMI dapat digunakan ketika HDTV Anda tidak memiliki port DVI tetapi memiliki port HDMI.

Hubungkan Kabel Audio RCA untuk Sound


Langkah 2:

Katakanlah sekarang Anda telah menghubungkan komputer ke TV menggunakan kabel, Anda perlu kabel lain untuk mengirimkan suara karena semua kabel di atas hanya mengirimkan video tapi bukan untuk audio.
Kabel Mini to RCA Audio

Anda memerlukan kabel Mini Plug 3.5mm RCA Stereo untuk menghubungkan line out audio dari notebook ke TV Anda. Konektor kabel merah masuk ke dalam soket merah TV Anda, konektor hitam ke dalam soket hitam sedangkan konektor hitam masuk ke headphone jack 3.5mm dari komputer Anda.


Langkah 3:

Buka "display settings" pada komputer Windows Anda dan aktifkan output ke layar TV. Anda dapat mirror isi dari komputer Anda di TV atau extend layar seperti layar dual monitor.

Jika Anda menggunakan Windows 7, tekan shortcut pada keyboard: logo Windows + P untuk quick access pada "display settings" atau search "Connect to External Display" di kotak Search Windows start menu.


Langkah 4:

Ambil remote TV Anda dan beralih ke "External Input" dari menu. Anda akan perlu mengubah default "Video 1" untuk pilihan yang berbeda yang mungkin "HDMI 1" atau "Video 2" tergantung pada bagaimana Anda telah membuat sambungan.

Penting: Pastikan bahwa Anda menghubungkan kabel fisik untuk TV sebelum menyalakan komputer karena mungkin kadang-kadang gagal untuk mengenali layar eksternal. Anda mungkin juga perlu mengubah resolusi layar TV Anda menggunakan "display settings" pada Control Panel Anda, minus yang lain mungkin gambar kadang-kadang akan terlihat distorsi.


Emoticon Emoticon