Wednesday, February 17, 2016

Cara Meremote Komputer Windows dengan Email atau SMS


Pernahkah Anda saat ingin menikmati akhir pekan yang panjang karena ada tanggal merah pada hari senin atau jumat, anda berencana pergi ke luar kota atau mudik ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudara, wah rasanya senang sekali ya.... (pengalaman pribadi hehehe...). Namun tiba-tiba Anda menyadari kalau Anda meninggalkan kantor dalam suasana hati yang gembira tetapi saat bis itu mulai berangkat, Anda tiba-tiba menyadari bahwa Anda lupa untuk mematikan PC Kantor. Aaaapaaa!!! (Adegan seperti sinetron tersanjung jaman dulu...  hehehe kelihatan tuanya ya...:p)

lali durung mateni laptop cuk

Tentunya Anda akan galau dibuatnya karena ada begitu banyak dokumen rahasia di komputer dan karena sebagian besar rekan-rekan Anda yang dipercaya juga telah meninggalkan kantor untuk berlibur juga tentunya, tidak ada gunanya meminta mereka untuk membantu, kan sedang berlibur juga... yah gimana sih...

Jadi apa yang kamu lakukan? Berniat kembali ke kantor? Nah sebertinya itu tidak diperlukan - Anda hanya cukup mengambil ponsel Anda atau membuka laptop di rumah, lalu mengirim email (atau SMS atau tweet) dan hal tersebut akan langsung mengunci Komputer Anda di kantor. Dan jika Anda berbagi komputer yang sama dengan beberapa orang, Anda dapat menggunakan perintah email lain untuk secara jarak jauh log off atau bahkan mematikan komputer dari mana saja di dunia antah berantah hehehe.

Tidak ada keajaiban di sini, ini hanyalah the power of TweetMyPC, utilitas yang memungkinkan Anda  dapat meremote komputer Anda dari ponsel atau komputer yang terhubung Internet.

Aplikasi TweetMyPc


Aplikasi tersebut bekerja seperti ini: Pertama kali Anda instal TweetMyPC pada setiap PC Windows dan mengaitkan akun Twitter Anda. Aplikasi ini akan diam-diam memantau aliran Twitter Anda setiap menit untuk setiap perintah desktop dan jika menemukan satu perintah, akan langsung segera mengeksekusinya.

Versi awal dari TweetMyPC terbatas pada perintah dasar shutdown dan restart, namun pada v2 saat ini memiliki perintah-perintah atau command yang lebih baik, memungkinkan cara yang jauh lebih bermanfaat untuk mengontrol PC Anda dalam melaksanakan tugas-tugas tertentu terutama ketika Anda Jauh dari Keyboard.

Sebelum kita mulai, mungkin ada baiknya jika Anda dapat membuat akun twitter baru khusus digunakan untuk remote/mengendalikan desktop ini, untuk melindungi akun Anda dan memastikan keamanan yang lebih baik.

Melindungi akun berarti bahwa Anda mencegah pengguna lain dari membaca tweet Anda yang dalam hal ini adalah email perintah yang akan Anda kirim ke komputer. Untuk melindungi profil Twitter Anda, login ke Twitter dengan credentials yang Anda gunakan, klik Settings dan centang kotak di samping "Protect my Updates".

Mari kita mulai. Instal TweetMyPC pada komputer Anda dan mengaitkan akun Twitter dan Gmail Anda dengan aplikasi tersebut. Ini akan menggunakan Twitter untuk menerima perintah remote (seperti shutdownlog-off, lock, dan lain-lain) sedangkan akun email akan digunakan untuk mengirim informasi Anda (misalnya, proses apa yang sedang berjalan di komputer Anda).

Cara Kirim Perintah ke Komputer Dari Jarak Jauh


Sekarang konfigurasi dasar Anda selesai, saatnya untuk menyiapkan metode posting. Anda dapat menggunakan email, SMS, IM, web atau salah satu klien Twitter untuk mengirimkan perintah ke komputer remote.

Dengan Email: Kaitkan akun Twitter Anda dengan Posterous (auto-post) dan semua pesan email yang dikirim ke twitter@posterous.com akan menjadi perintah untuk remote komputer.

Dengan SMS: Anda dapat mengirim perintah Twitter dengan ponsel Anda (lihat daftar nomor) dan kemudian mengontrol komputer melalui Pesan Text SMS.

Dengan IM: Tambahkan Twitter bot - twitter@twitter.com - ke daftar teman Google Talk dan Anda kemudian dapat mengirimkan perintah melalui pesan instan.

Dengan Web: Jika Anda berlibur namun memiliki akses ke laptop yang terhubung internet, cukup login ke website dan perintah Twitter (misalnya, shutdown atau logoff) yah terlihat biasa seperti tweet yang lain.

bisa download dan lain-lain juga

Download File, Screenshot dari jarak jauh, dan lain-lain ...


Sementara memang TweetMyPC cukup baik untuk bisa mematikan komputer dari jarak jauh, namun tak hanya itu, Anda dapat melakukan beberapa hal yang lebih mengagumkan.

Misalnya, Anda perlu men-download presentasi yang belum selesai dari komputer kantor sehingga Anda dapat bekerja dari rumah. Atau Anda ingin men-download salinan file ISO Windows 7 pada komputer Kantor saat Anda berada di rumah.

Berikut sebagian daftar perintah yang dapat Anda gunakan untuk me-remote Komputer - hal ini cukup case-sensitive dan seperti yang dibahas di atas, Anda dapat mengirim perintah tersebut ke Twitter melalui email, SMS, IM atau web.

Screenshot: Ini adalah salah satu perintah yang paling berguna yang pernah saya jumpai setelah perintah shutdown. Tentunya Anda ingin tahu apa yang terjadi pada komputer Anda ketika Anda tidak ada? Cukup tweet "screenshot" dan TweetMyPC akan mengambil screenshot dari desktop Anda dan mengirimkannya ke web.

ShutDown, LogOff, Reboot, Lock: Fungsi dari perintah yang berguna ini sudah cukup jelas bukan? dari nama mereka.

Standby, Hibernate: Tidak mau shutdown Komputer? Aktifkan hemat daya dengan mengaktifkan standby mode dengan perintah ini. Atau hibernate PC Anda dengan tweet, sehingga dapat menghemat daya.

Download <url> : Anda dapat men-download file dari internet ke komputer remote menggunakan perintah-download. Misalnya, perintah seperti men-download http://www.downloadfile.com/File.doc akan men-download File.doc sehingga Anda memiliki dokumen ketika Anda melanjutkan bekerja pada hari berikutnya.

GetFile <filepath> : Perintah Download adalah untuk men-download file dari internet ke komputer remote. Namun, jika Anda ingin mentransfer file dari komputer remote ke komputer Anda dirumah, gunakan perintah GetFile. Akan mengambil halaman penuh dari file yang ingin Anda download dan akan mengirimkan kepada Anda sebagai lampiran email. Jika Anda tidak tahu halaman dari file tersebut, gunakan perintah GetFileList <drivename> untuk mendapatkan daftar dari file folder pada drive itu.

GetProcessList: Ini seperti task manager jarak jauh atau istilahnya remote task manager. Anda akan mendapatkan daftar program yang sedang berjalan pada komputer remote bersama dengan ID proses nya. Mengirim perintah kill <process id> untuk mengakhiri program apapun yang anda anggap mencurigakan atau tidak diperlukan.

Kesimpulan:
TweetMyPC adalah utilitas yang harus Anda miliki karena Anda tidak pernah tahu kapan Anda mungkin membutuhkannya. Dan jika Anda saat ini telah sedikit jauh dari Twitter atau bahkan belum pernah membuat atau memiliki akun Twitter, aplikasi ini memberikan alasan kepada Anda untuk setidaknya membuat satu akun yang dilindungi (protected account) di Twitter.


Aplikasi akan menunggu satu menit untuk memeriksa pesan baru di aliran Twitter Anda sehingga tidak "instan". Para pengembang benar-benar dapat meningkatkan batas itu karena API Twitter kini memungkinkan sampai 100 cek per jam.
















Emoticon Emoticon