Thursday, February 25, 2016

Cara Jitu Merubah Permanen link Postingan di Blogspot Setelah Di Publikasikan


Seiring dengan kemajuan dan kemudahan yang diberikan oleh Blogger, pengguna diberikan banyak pilihan baru untuk menyesuaikan blog dan postingan blog mereka untuk pengalaman pencarian yang lebih baik, seperti menambahkan Deskripsi Penelusuran dan mengubah Tautan permanen atau yang lebih dikenal dengan Permalink.Tapi pasti Anda tau, setelah Anda mempublikasikan posting dan kemudian mencoba untuk mengedit atau merubah lagi permalink, tidak bisa Anda  lakukan. Nah dalam tutorial kecil ini saya akan menjelaskan bagaimana agar Anda bisa mengubah permalink tersebut bahkan setelah konten Anda telah diterbitkan.
Catatan: Mengedit permalink berarti link yang lama, yang merujuk ke pos tersebut akan hilang dan tidak lagi bekerja. Dan posting yang telah dirubah tautan permalink nya akan dilihat sebagai posting baru oleh bot pencarian, dengan isi konten yang terletak pada URL sebelumnya.
Mengubah permalink pada posting setelah diterbitkan sebenarnya tidak diperbolehkan, terbukti dengan postingan yang dalam status telah diterbitkan itu tidak akan membiarkan Anda melakukan itu. namun untuk beberapa alasan mungkin Anda merasa perlu untuk menyesuaikan URL dari pos yang telah Anda terbitkan tersebut, 

Mengubah Permalink

Langsung saja kita menuju pada topik utama, tapi sebelum itu saya peringatkan lagi bahwa melakukan hal ini adalah mirip dengan membuat posting baru, menyalin isi dari pos lain yang telah diterbitkan, lalu di paste pada pos yang baru, mengatur tanggal dan mengubah permalink dan kemudian menghapus pos yang lama. Begitulah gambaranya!

Kembalikan Pos ke Draf

Satu-satu nya cara dan satu-satunya kemungkinan untuk mengedit permalink pada posting yang telah diterbitkan adalah dalam mode draft, jadi kita harus terlebih dahulu mengembalikan posting sebagai draf agar dapat mengeditnya.
  • Pergi ke Dashboard Blogger Anda
  • Arahkan ke daftar Pos dan buka atau edit pos yang yang telah diterbitkan dalam Post Editor
  • Dalam Post Editor klik pada tombol "Kembali ke draf" di bagian kanan atas halaman Post Editor tepat di sebelah tombol oranye.
Kembali ke draf

  • Sekarang posting akan kembali di mode draft, dan Anda mungkin sekarang dapat menggunakan pilihan "Permalink" di bawah "Setelan entri" untuk mengubah URL-nya. Klik pada tab "Tautan permanen" di sidebar kanan, pilih radio button/tombol"Tautan Permanen Khusus"  dan kemudian masukkan URL yang Anda inginkan.



Hanya itu saja dan Anda telah selesai untuk Merubah URL Postingan Bahkan Setelah Di Publikasikan. Setelah Anda memiliki masukan permalink yang diinginkan untuk posting Anda silahkan untuk mempublikasikan posting Anda kembali.

Ada kesulitan dalam melewati langkah-langkah di atas? Cari tahu dengan komentar di bawah.
Semoga bermanfaat.
_Eof_


Emoticon Emoticon