Tuesday, February 02, 2016

Yuk Kita Rekam Layar Desktop Kita Menggunakan YouTube


Screencasting atau kegiatan merekam layar, sebenarnya sangatlah sederhana. Anda hanya cukup men-download sebuah perangkat lunak, tekan tombol rekam, dan video dari layar komputer Anda telah berhasil dibuat, kemudian siap untuk meng-upload ke YouTube.

Ada bermacam-macam alat screencasting di luar sana yang bisa untuk dipilih, tetapi apakah Anda tahu bahwa Anda juga dapat membuat video screencast dalam YouTube tanpa memerlukan perangkat lunak desktop? Yang Anda butuhkan adalah sebuah account YouTube dan browser web saja.

Berikut adalah panduan step by step tentang bagaimana Anda dapat membuat Screencasts desktop Windows Anda dengan YouTube.

Cara Membuat screencast dengan YouTube

Langkah 1:
Sign-in ke YouTube dengan Akun Google Anda, klik tombol Upload di sudut kiri atas dan pilih Live Streaming. Jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya, YouTube mengharuskan Anda untuk memverifikasi nomor telepon Anda untuk mengaktifkan streaming.

Youtube konfirmasi akun

Langkah 2:
Anda berada di halaman "Buat Acara". Berikan Video screencast Anda judul, atur privasi dari video baik Publik atau Pribadi dan klik  tombol "Tayang Sekarang".

youtube screencasting

Langkah 3:
Ini akan membuka halaman Hangouts. Anda dapat mengklik ikon kamera untuk mematikan rekaman webcam. Demikian pula Anda dapat beralih ikon mikrofon jika Anda tidak ingin merekam audio.

Langkah 4:
Sekarang klik tombol Berbagi Layar di toolbox kiri dan pilih jendela desktop yang ingin Anda rekam untuk screencast Anda. Ingat bahwa jika Anda menggunakan beberapa desktop virtual, itu hanya akan menampilkan jendela program yang aktif pada desktop saat ini.

google hangout

Langkah 5:
Klik tombol Mulai Berbagi Layar untuk berbagi layar Anda dan kemudian klik "Mulai Siaran" untuk mulai merekam layar. Ini adalah sesi pribadi sehingga tidak ada yang dapat menonton siaran Anda saat sedang direkam. Ketika Anda selesai dengan rekaman, klik tombol "Hentikan siaran" dan beralih ke situs YouTube.



Selesai. Pergi ke dashboard video YouTube (www.youtube.com/my_videos) dan Anda akan melihat video screencast baru yang baru saja selesai anda rekam. Anda dapat men-download video ke Google Drive atau berbagi dengan "Dunia".
Video yang direkam dalam 720p HD dan ide yang bagus jika mengubah ukuran jendela desktop Anda ke rasio 16:9 sebelum menekan tombol siaran.


Emoticon Emoticon