Wednesday, February 24, 2016

Hal Yang Harus Di Pertimbangkan Sebelum Mengedit Desain Blog


Sebagai seseorang blogger yang setidaknya pernah menulis tentang dunia blogging dan semua yang terkait dengan hal tersebut, saya hanya mencoba untuk memberikan saran dan informasi yang saya bisa untuk membantu pembaca blog saya menjadi blogger yang terbaik.

Biasanya, ketika Anda menemukan diri Anda melakukan tweak atau istilahnya mengoprek desain/template Anda, itu berarti Anda tidak cukup puas dengan desain yang Anda beli dan mungkin perlu untuk mendesain ulang untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.

5 HAL YANG HARUS DPERTIMBANGKAN SEBELUM MENGEDIT SEBUAH DESAIN BLOG


Bagi saya, tweaking dilakukan hanya untuk sekedar "bermain-main" dan merupakan cara yang bagus untuk menjelajahi lebih dalam suatu sistem pada sebuah desain dan sebagai sarana untuk mendapatkan suatu pengetahuan/keterampilan yang baru.

Saya tidak merekomendasikan bahwa Anda semua harus "bermain-main" dengan desain pada blog Anda, karena masih ada beberapa alasan yang harus Anda hindari (misalnya, Anda kehilangan konsistensi, pembaca blog Anda mungkin tidak akan mengenali blog Anda lagi, atau Anda mungkin mengacaukan sesuatu yang Anda tidak tahu bagaimana cara nya untuk memperbaikinya), tetapi jika Anda seorang Tweaker sejati, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika mengubah desain Anda untuk menghindari hal yang tidak di inginkan!

Seberapa Besar Perubahan Yang Akan Dilakukan?

Ada perbedaan antara "tweaking" dan "redesain". Contoh tweaking mungkin menata ulang sidebar Anda, membersihkan setiap bagian dari desain Anda, dan hal-hal lain dalam lingkup seperti itu. Setelah Anda mulai bermain dengan font, warna, logo, dan elemen desain utama lainnya, Anda sedang menuju masuk ke area redesign.

Elemen-elemen tersebut memainkan peran penting dalam identitas visual Anda, dan jika mengubah nya dapat membuat atau menghancurkan apa yang telah Anda bangun dalam sebuah blog. Misalnya, jika Anda benar-benar tidak suka dari skema warna utama Anda, pertimbangkan untuk mendesain ulang "brand" secara penuh daripada harus mengubah beberapa bagian warna pada blog Anda untuk beberapa kali.

Bagaimana Blog Anda Akan Terlihat Pada Perangkat Lain?

Desain responsif pada saat ini adalah suatu kebutuhan yang sangat mendasar dalam merancang desain sebuah blog, jadi pastikan tweak tersebut dapat membuat blog Anda akan tetap terlihat baik pada ukuran layar dari berbagai macam perangkat, hal tersebut sangatlah penting.

Di sinilah hal tersebut dapat menjadi rumit, karena jika Anda belum menerapkan desain responsif sebelumnya, akan sangat membingungkan. Misalnya, ketika saya mengubah tata letak header saya minggu lalu untuk menampilkan logo saya agar telihat lebih baik, saya benar-benar lupa untuk memeriksa bagaimana blog saya akan terlihat pada perangkat mobile. Setelah menghabiskan waktu hampir satu jam lebih saya berusaha untuk membuat menu navigasi saya agar tidak terlihat "mengerikan" pada layar ponsel, saya akhirnya menggunakan fitur responsif untuk mengatasinya, tapi saya tidak bisa menjanjikan akan sesederhana itu bagi orang lain. Untuk menguji respon blog Anda, Anda hanya cukup menggulir layar ke bawah dan lihat bagaimana perubahan pada segala sesuatu nya dalam blog Anda berdasarkan pada lebar layar.

Berapa Lama Kita Akan Membuat Perubahan Ini?


Hal yang sulit sebagai seorang tweaker adalah bahwa Anda tidak dapat benar-benar meng-istirahatkan atau menutup akses blog Anda untuk melakukan pekerjaan tersebut. Jika perubahan yang Anda kerjakan hanya akan memakan waktu beberapa menit saja, ini tidak akan menjadi terlalu penting, dan pembaca Anda mungkin tidak akan menyadarinya. Tapi jika Anda melakukan perubahan pada major coding atau desain utama pada blog Anda, saya sarankan:
  • Anda melakukannya ketika blog Anda berada dalam jam-jam yang tidak sibuk (misalnya, Anda harus sudah selesai melakukan pekerjaan desain Anda pada pukul 4:00 pagi untuk alasan ini) 
  • Mengedit pada halaman yang terpisah dari blog Anda, sehingga pembaca tidak akan melihat (ini akan lebih baik untuk WordPress, di mana Anda dapat mengedit file PHP Anda, fitur tertentu hanya muncul di halaman tertentu).
  • Membuat blog pengujian atau blog dummy yang terlihat persis seperti blog Anda saat ini, dan tidak ada yang tahu domain dari blog tersebut sehingga Anda dapat mengeditnya secara bebas dan kemudian mentransfer nya dalam blog utama Anda.

Apakah Kita Memiliki Cara Mengembalikan Desain Asli Kita?


Jika Anda pernah membaca tutorial Blogger, Anda mungkin pernah melihat kata-kata "backup template Anda!" dan selalu tertanam dalam pikiran. Tapi itu semua adalah dengan tujuan yang baik, Anda akan merasa diri Anda adalah sebagai orang yang paling berhati-hati, saat Anda menyimpan desain Anda sebelum "merobek-robek" nya dan kemudian menyadarinya saat desain Anda menjadi kacau, karena jika terjadi sesuatu yang tidak beres (siapa tahu, sidebar Anda akhirnya berada di tengah-tengah konten Anda), Anda dapat mengembalikan desain Anda menjadi ke semula sebelum Anda mengacaukan nya. Itu dia. Hanya kata-kata sederhana "backup template Anda!".

Anda Tahu Apa Yang Anda Lakukan!


Sebelumnya saya pernah mengatakan jika tweaking merupakan cara yang bagus dalam mempelajari lebih lanjut tentang coding dan mengajarkan pada diri sendiri suatu keterampilan yang baru, tetapi Anda harus tahu apa yang Anda lakukan sampai pada batas tertentu setelah Anda membuka file pada blog Anda. Ini adalah sesuatu yang kurang diperhatikan oleh para Blogger pemula (seperti saya, atau mungkin hanya saya hehehe...).

Di mana, terutama saat kita mengedit CSS sebuah blog, yang dipikirkan hanyalah bagaimana tampilan blog akan terlihat menarik. Setelah Anda mulai menggali lebih dalam ke sistem desain Anda, Anda harus sangat berhati-hati dengan apa yang Anda edit dan pastikan Anda telah menyimpan salinan dari setiap file yang Anda edit. Misalnya, jika blog Anda pada platform Wordpress dan Anda ingin mengedit file PHP untuk blog Anda, setiap karakter adalah sebuah materi. Melenceng sedikit keluar dari "zona" dapat mempertemukan Anda dengan "white screen of death", di mana dashboard dan blog Anda akan menjadi layar putih dan tidak ada cara untuk mengaksesnya selain melalui host Anda. Pada akhirnya, ini akan menjadi situasi yang sangat menegangkan dan pasti Anda tidak ingin berurusan dengan hal tersebut. ☺

_Eof_


Emoticon Emoticon