Monday, February 15, 2016

Mencari Siapa Dibalik Sebuah Alamat Email


Jika Anda hanya tahu alamat email seseorang, berikut adalah beberapa trik yang akan membantu Anda mengetahui nama, lokasi dan rincian lain dari pengirim email.

Anda telah menerima sebuah email dari seseorang yang Anda belum pernah berinteraksi sebelumnya. Kemudian, sebelum Anda membalas percakapan selanjutnya, Anda ingin meneliti dulu di Internet untuk mengetahui lebih banyak tentang siapa orang tersebut. Lalu bagaimana Anda melakukan hal ini tanpa langsung bertanya kepada pengirim tersebut?
Google adalah tempat yang paling mudah untuk melakukan pencarian, dalam hal ini "email" (Google untuk mencari alamat email) tetapi jika orang tersebut tidak memiliki situs web atau jika mereka tidak pernah menggunakan alamat email mereka di forum publik, Google tidak akan banyak membantu.

Jangan khawatir. Jika Anda hanya tahu alamat email dari seseorang dan tidak lebih, berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda menemukan identitas pengirim email yang tidak dikenal.

Bagaimana Cara Mencari Orang Dibalik Sebuah Alamat Email

#1. Cari lokasi pengirim


trace route


Buka header pesan email dan cari baris yang mengatakan  “Received: from” dan diikuti dengan alamat IP dalam tanda kurung persegi. Jika ada beberapa entri, menggunakan alamat IP yang disebutkan dalam entri terakhir.

Sekarang paste alamat IP dalam trace route tool dan Anda akan mendapatkan gambaran yang cukup baik tentang perkiraan lokasi dari pengirim email.

#2. Pencarian email dengan Facebook

Facebook memiliki satu miliar pengguna dan kemungkinan adalah pengirim email juga mungkin memiliki profil di Facebook.

Tidak seperti LinkedIn dan sebagian besar jaringan sosial lainnya, Facebook memungkinkan Anda mencari pengguna berdasarkan alamat email sehingga membuat pencarian Anda lebih mudah dan simpel. Hanya menyisipkan alamat email dari orang ke dalam kotak pencarian dan Facebook akan langsung memberitahu Anda jika alamat email tersebut mempunyai profil Facebook ataupun tidak.

mencari email via FB

Jika Anda dapat menemukan email tersebut di Facebook, download gambar profil dan kemudian meng-upload ke Google Images (klik ikon kamera di kotak pencarian). Ini bertindak sebagai mesin pencari via gambar sehingga Anda dapat menemukan profil sosial yang lain di mana ia mungkin telah menggunakan gambar yang sama.


mesin pencari via gambar

#3. Periksa semua Jaringan Sosial lainnya

Anda dapat menggunakan layanan seperti Knowem yang dengan cepat akan menentukan apakah profil dengan username tertentu ada di salah satu jaringan sosial.

Jika alamat email dari pengirim adalah sesuatu seperti networker_katro@hotmail.com, ada kemungkinan bahwa ia mungkin telah membuat akun dari beberapa jaringan sosial lainnya menggunakan alias sama yaitu "networker_katro" - paste dalam knowem.com untuk mengkonfirmasi.

Pengguna Gmail dapat menginstal Rapportive add-on dan menemukan profil Twitter dan LinkedIn yang terkait dengan alamat email, jika salah satu dari mereka ada.

#4. Menggunakan "People Search"


pencarian orang dibalik email

Terakhir, jika semua trik di atas tidak bekerja, Anda harus mencoba layanan pencarian orang-orang seperti Pipl dan Spokeo - kedua layanan tersebut membuat Anda dapat melakukan pencarian email reverse tapi Spokeo memiliki database yang lebih komprehensif dari Pipl.

Selain dokumen web biasa, Spoke juga memindai jaringan sosial dan bahkan informasi whois nama domain untuk menemukan sedikit informasi yang terkait dengan alamat email. Namun, beberapa hasil yang dikembalikan oleh Spokeo hanya tersedia untuk subscribers.


Emoticon Emoticon