Tuesday, February 16, 2016

Online Tool Terbaik untuk Menyimpan Halaman Web, Selamanya


Halaman web akan berubah atau bahkan mungkin akan hilang seiring dengan waktu. Jadi jika Anda ingin mempertahankan halaman web selamanya, Anda mungkin perlu untuk men-download halaman tersebut ke komputer Anda (dan meletakkannya di Dropbox) atau Anda bisa menggunakan layanan web pengarsipan yang akan aman menyimpan salinan halaman pada server mereka sendiri , secara permanen.

Ada beberapa cara untuk menyimpan halaman web secara permanen dan pilihan alat yang Anda ambil tergantung pada jenis konten web yang akan Anda coba untuk diarsipkan.

Simpan Web Online

Menyimpan Halaman Web Secara Permanen

Jika Anda pada dasarnya tertarik pada konten penghematan teks saja, seperti artikel berita, Pocket dan Instapaper, Anda dapat menyimpan halaman melalui email, ekstensi browser, bookmark atau melalui aplikasi.

Layanan ini mengekstrak konten teks dari sebuah halaman web umum dan membuatnya tersedia di semua perangkat Anda. Namun, tidak ada pilihan untuk men-download artikel untuk disimpan, Anda hanya dapat membacanya di website Pocket atau aplikasi mobile mereka.

Evernote dan OneNote sebagai alat untuk pengarsipan konten web dalam notebook pribadi Anda sendiri. Mereka menyediakan web clippers (atau ekstensi) yang membuatnya mudah bagi Anda untuk menyimpan halaman web yang lengkap.

Halaman web tersimpan (clipped web pages) dapat diakses dari perangkat apapun, tata letak asli dipertahankan (kebanyakan) dan semuanya dapat dicari/diakses. Layanan ini bahkan dapat melakukan OCR untuk menemukan teks di dalam foto-foto Evernote juga memungkinkan ekspor halaman-halaman Anda untuk disimpan sebagai file HTML dan Anda dapat meng-upload di tempat lain.

Jika Anda lebih suka sesuatu yang cepat dan sederhana yang dapat bekerja di mana-saja tapi tidak memerlukan ekstensi, Anda dapat mempertimbangkan menyimpan halaman web sebagai file PDF . Google Chrome memiliki built-in PDF writer atau Anda dapat menggunakan Google Cloud Print. Ini menambahkan “Save to Google Drive” virtual printer dan pada saat Anda mencetak halaman di desktop atau mobile kita melalui Cloud Print, itu akan menyimpan salinan PDF baru dari halaman tersebut langsung di Drive Anda. Namun ini bukan pilihan terbaik untuk menyimpan halaman dengan format yang kompleks.

Ketika tata letak penting, pilihan terbaik adalah dengan menggunakan alat penangkap layar (Screen Capture Tool) . Anda jelas dimanjakan untuk pilihan ini, tapi saya akan merekomendasikan Chrome add-on resmi dari Google - ini tidak hanya akan menangkap screenshot full-length halaman web tetapi juga akan meng-upload foto ke Google Drive Anda dalam langkah yang sama. add-on ini juga dapat menyimpan halaman web di web archive (MHT) format yang native didukung di kedua browser IE dan Firefox.

Wayback Machine Internet Archive adalah tempat yang sempurna untuk menemukan versi sebelumnya dari halaman web, tetapi alat yang sama dapat digunakan untuk menyimpan halaman web juga. Pergi ke archive.org/web dan masukkan URL dari setiap halaman web di kotak input. Pengarsip akan men-download salinan lengkap dari halaman, termasuk semua gambar dan aset, pada server mereka. Ini akan membuat arsip permanen dari halaman yang tampak persis seperti aslinya dan akan tetap sama bahkan jika halaman dibuka secara offline.

Internet Archive tidak menawarkan opsi untuk men-download halaman yang telah disimpan tapi Archive.Is  dapat menjadi alternatif yang baik. Hal ini sangat mirip dengan archive.org dalam arti bahwa Anda memasukkan URL halaman dan itu akan membuat snapshot yang tepat dari halaman web pada server mereka. Halaman ini akan disimpan secara online selamanya tapi di sini Anda juga memiliki pilihan untuk men-download halaman yang telah disimpan sebagai file ZIP. Juga menyediakan arsip berdasarkan tanggal sehingga Anda dapat memiliki beberapa snapshot dari halaman yang sama untuk hari yang berbeda.

Semua web browser populer menyediakan opsi untuk men-download halaman web lengkap untuk komputer Anda. Ini akan men-download halaman web HTML serta gambar yang terkait, CSS dan JavaScript ke komputer Anda sehingga Anda dapat membacanya secara offline. Namun Anda akan cukup repot dalam mengorganisir arsip ini sebagai konten yang akan disimpan dan mungkin tidak dapat dicari melalui program pencarian desktop Anda.

Pemilik eReader dapat menggunakan dotEPUB untuk mendownload halaman web sebagai ePUB atau MOBI ebook, format yang kompatibel dengan sebagian besar pembaca. Amazon menawarkan Kindle add-on untuk membantu Anda menyimpan halaman web di perangkat Kindle Anda, tetapi seperti dengan Pocket, alat-alat ini terutama untuk pengarsipan konten web berbasis teks.

Sebagian besar alat-alat yang dibahas di atas memungkinkan Anda untuk men-download satu halaman tetapi jika Anda ingin menyimpan satu set URL dalam jumlah besar, wget dapat menjadi alternatif.

sekian.



















Emoticon Emoticon