Tuesday, March 29, 2016

5 Aplikasi Ini Digunakan Untuk Melacak Laptop Yang Hilang/Dicuri


Bagi banyak orang, laptop selalu membawa dokumen yang sangat penting, data sensitif dan juga data pribadi yang sangat berharga. Salah satu mimpi terburuk adalah saat kita menyadari bahwa laptop kita telah hilang atau dicuri. Sementara memang saat ini, kita menyimpan cadangan data penting pada penyimpanan berbasis awan atau cloud dan alat backup online, namun terkadang kita masih saja menyisakan dokumen-dokumen penting lainnya tertinggal di laptop kita. Sekarang, siapa yang tahu apa yang akan pencuri tersebut lakukan pada data kita yang masih tertinggal didalam laptop yang dicuri tersebut.

Pada artikel ini akan membantu sebagai antisipasi untuk mengambil tindakan pencegahan sejak dini, dan untuk memastikan bahwa jika laptop Anda jatuh ke tangan yang salah, ada cara untuk menemukannya. Di bawah ini kami menyajikan 5 aplikasi terbaik untuk membantu Anda menemukan laptop Anda yang hilang atau dicuri. Namun harus diperhatikan bahwa Anda harus menginstal aplikasi ini sebelum laptop Anda dicuri, bukan setelahnya.

5 Aplikasi Terbaik Ini Digunakan Untuk Melacak Laptop Anda Yang Hilang Atau Dicuri

Aplikasi Untuk Melacak Laptop Yang Dicuri


Prey

Tersedia untuk:
  • Windows (https://s3.amazonaws.com/prey-releases/bash-client/0.6.3/prey-0.6.3-win.exe) 
  • Mac OS X (https://s3.amazonaws.com/prey-releases/bash-client/0.6.3/prey-0.6.3-mac.dmg) 
  • Linux (https://s3.amazonaws.com/prey-releases/bash-client/0.6.3/prey-0.6.3-linux.zip) 
  • Dan Lainnya (https://preyproject.com/download)
  • Harga: Gratis untuk 3 perangkat. Harga mulai dari $5/bulan
Prey memberi Anda peralatan yang diperlukan untuk membantu Anda menemukan perangkat Anda dengan mudah melalui panel kontrol web. Dari sana, Prey memberikan laporan timestamp lokasi dimana laptop Anda berada. Anda dapat mengunci dan mencegah akses ke laptop Anda dan juga mengambil gambar secara sembunyi/candid dari pencuri dan mengetahui sesi saat ini yang sedang berjalan pada layar.

Hal ini juga memungkinkan Anda untuk secara remote atau jarak jauh dapat menghapus password Anda yang disimpan sehingga pencuri tidak bisa menyalahgunakan akun online Anda atau kredensial perbankan Anda. Prey adalah alat pelacakan multiplatform yang berisi banyak fitur yang berguna dan tersedia secara gratis untuk 3 perangkat pertama. Untuk fitur lebih, Anda dapat mempertimbangkan versi pribadi berbayar, tersedia untuk $5 per bulan. Prey juga menawarkan perlindungan sampai 500 perangkat dalam berbagai macam perlindungan.

Find My Mac

Tersedia untuk:
  • Mac OS X (https://www.apple.com/icloud/find-my-iphone.html) 
  • iOS (https://itunes.apple.com/en/app/find-my-iphone/id376101648?mt=8) 
Find My Mac (https://www.icloud.com/#find) menawarkan beberapa layanan berbeda lainnya yang tidak ditemukan pada Prey. Jika Anda salah satu pengguna dalam ekosistem Apple, mungkin Anda ingin mencoba aplikasi gratis ini yaitu Find My Mac. Untuk mengaktifkan fitur ini, pergi ke System Preference> iCloud dan pastikan bahwa checkbox pada Find My Mac dicentang. Ini adalah layanan gratis yang memungkinkan Anda dapat melacak perangkat yang hilang menggunakan iCloud.

Seiring dengan fungsionalitasnya untuk melacak lokasi Mac Anda, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk dapat mengunci perangkat keras Mac Anda secara jarak jauh untuk memastikan tidak ada yang akan dapat menggunakannya kecuali mereka tahu kode sandi yang Anda tetapkan. Dalam kasus yang sangat ekstrim, Anda dari jarak jauh dapat menghapus Mac Anda, memastikan keamanan data Anda. Tidak seperti aplikasi lainnya, Anda dapat menggunakan ini pada banyak perangkat Apple yang Anda inginkan.

LockItTight

  • Tersedia untuk Windows (https://www.lockittight.com/download) 
  • Harga: Gratis untuk 5 perangkat. Versi berbayar $1,99-$9.99/bulan.
Keuntungan dari LockItTight (https://www.lockittight.com/) adalah bahwa aplikasi ini menyediakan alat bagi Anda untuk memata-matai calon pencuri Anda. Dengan itu, Anda dapat menemukan lokasi mereka, screen capture semua kegiatan mereka (semua dilakukan hanya ketika laptop Anda dicuri), mengambil gambar menggunakan webcam dan melihat riwayat browsing nya.

Apapun
yang pencuri lakukan pada laptop Anda, Anda akan tahu semuannya. Dan informasi lebih lanjut akan Anda dapatkan dari aktivitasnya, kemungkinan lebih lanjut adalah mereka akan ditangkap dan Anda bisa mendapatkan laptop Anda kembali. Aplikasi ini juga menyediakan cara untuk mengambil dan/atau menghapus file dari komputer Anda yang dicuri, dalam kasus jika Anda perlu untuk mendapatkan file-file penting yang tidak di backup sebelumnya.


Lojack For Laptop

Tersedia untuk:
  • Windows 
  • Mac OS X  
  • Harga mulai dari USD 14.99/tahun dan [30 Hari Free Trial] (http://lojack.absolute.com/en/free-trial)
Jika laptop Anda adalah berada dalam "level" yang cukup penting, Anda mungkin ingin mempertimbangkan Lojack sebagai media untuk pengambilan laptop Anda kembali. Lojack adalah salah satu layanan yang dibuat untuk melacak dan mengambil mobil curian, namun sekarang telah memperluas layanannya ke ranah per-laptopan, smartphone dan juga tablet. Setelah Anda memiliki dan menginstalnya, perangkat lunak ini akan menempatkan diri di dalam BIOS dan tidak akan terhapus meski hard drive telah dihapus.

Selain mengunci dan menemukan laptop Anda, perusahaan akan mengirimkan tim penyidik ​​untuk mengambil laptop Anda. Jika mereka tidak dapat melakukannya dalam 60 hari ke depan, mereka akan membayar ganti rugi hingga $1.000. Berapa besar biaya keamanan
yang dikenakan? Biaya berkisar dari $14,99/tahun sampai $39.99/tahun untuk dua pilihan perlindungan (perangkat atau hanya data), dan tergantung juga pada jenis perangkat yang ingin dilindungi, namun hal ini sepertinya tidak dapat berfungsi di negara kita :(

Undercover

  • Tersedia di Mac OS X (http://orbicule.com/undercover/mac/download.php)
  • Harga: Mulai dari $49,00 
Undercover adalah software pelacakan Mac-only, mirip dengan Find My Mac, tetapi dengan fitur tambahan yaitu untuk keamanan ekstra. Berbeda dengan opsi berbayar lainnya di sini, yang satu ini tidak memerlukan sistem berlangganan. Anda hanya perlu membayar sekali untuk 1 lisensi, mengkonfigurasi dan perangkat Anda akan terlindungi. Ini mencakup fitur standar dari perangkat lunak pelacakan berbayar seperti screenshot dan keylogger. Anda juga dapat melihat apa yang pencuri lakukan pada laptop Anda secara real-time. 

Perangkat lunak ini juga terdapat "Plan B", jika semua metode pelacakan Mac Anda gagal, "Plan B" tersebut akan mensimulasikan seolah-olah terjadi kegagalan pada hardware, membuatnya tidak berguna dan memaksa pencuri akan membawa ke service center atau menjualnya, Aplikasi ini dimulai pada harga $49,00 untuk satu lisensi pengguna.a


Emoticon Emoticon