Tuesday, March 08, 2016

10 Aplikasi Yang Berguna Untuk Meningkatkan dan Mengoptimalkan Smartphone Android


Meskipun semua upaya optimasi telah dilakukan oleh pihak Google, namun selalu cenderung akan terus melambat seiring dengan penggunaannya dari waktu ke waktu. Teknologi baru nya "ART Runtime" memang terbukti lebih baik dari pendahulunya yaitu Dalvik dalam hal kinerja, tapi tentu saja, hal itu tidak serta merta menghentikan aplikasi untuk membuat junk file atau sampah yang terus akan menyita sumber daya perangkat Android Anda.

Hal ini menyebabkan kinerja sistem untuk bekerja lebih. Saat itulah Anda harus memasang aplikasi peningkat performa untuk menjalankan beberapa optimasi atau tugas pemeliharaan. Sistem Anda membutuhkan pembebasan penyimpanan, mencegah penurunan kinerja dan mempercepat operasi.

Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak aplikasi Android untuk jenis tugas pemeliharaan seperti cache-cleaner, optimasi boot, meningkatkan kecepatan prosesor, hibernate aplikasi, membatasi data latar belakang dan pengaturan perangkat ke modus hemat daya. Berikut adalah 10 dari yang terbaik aplikasi pengoptimalan Android tersebut.



1. Android Assistant

Android Asisten dapat digunakan untuk membersihkan cache dan data sementara lainnya, blok startup aplikasi yang memperlambat startup telepon, dan menginstal beberapa APK atau menghapus beberapa aplikasi sekaligus secara otomatis.

Anda juga dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD untuk memberikan lebih banyak ruang bebas pada penyimpanan internal perangkat dan mengaktifkan fitur penghemat baterai untuk menghemat dan memperpanjang masa pakainya. Aplikasi ini juga sangat ringan, dan tidak akan menyita banyak sumber daya perangkat Anda.

Aplikasi Serupa: Smart Task Manager | Booster for Android 

2. ROM Toolbox Lite

ROM Toolbox Lite adalah "Swiss Army knife" Anda - paket all-in-one yang menawarkan berbagai tool-tool penting untuk mengelola Android Anda. Aplikasi ini dapat digunakan untuk backup dan restore aplikasi, mengubah font sistem, mengelola file, dan lain-lain.

versi premium membuka fitur tambahan seperti app finder, cache cleaner, processor controller, storage optimizer, dan lain-lain. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengelola aplikasi dan melakukan berbagai tweak dalam sistem, yang akan meningkatkan kinerja perangkat dan menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Aplikasi Serupa: Device Control

3. 3C Toolbox

3C Toolbox adalah "all-in-one device management tool", perangkat yang memungkinkan penggunanya untuk men-tweak dan kontrol perangkat lunak  serta perangkat keras. Beberapa fitur dan tool yang terintegrasi adalah CPU Control, Screen Tweaks, RAM Management, Battery Calibration, System Optimizer, dan lain-lain.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk memantau proses pada latar belakang, penggunaan sumber daya, pengaturan perangkat keras, dan mengubah pengaturan yang sesuai untuk mendapatkan kecepatan
dan kinerja yang lebih baik.

Aplikasi Serupa: System Tuner | My Android 

4. Clean Master

Clean Master adalah kumpulan tool untuk melakukan berbagai tugas optimasi. Aplikasi ini memiliki banyak alat-alat optimasi seperti antivirus, memory booster, app manager, file shredder dan junk file cleaner. Clean Master dapat digunakan untuk memeriksa file dan aplikasi yang berbahaya yang mungkin dapat memakan sumber daya dan menyebabkan aplikasi hang atau crash.

Aplikasi ini dapat membersihkan sampah dan file-file sementara, dan bahkan meningkatkan memori untuk kinerja yang lebih baik dan juga dapat meningkatkan daya tahan baterai. Aplikasi ini juga dapat
shred/merusak file dan folder penting dari perangkat Android Anda sehingga tidak akan jatuh ke tangan yang salah.

Aplikasi Serupa: Antivirus Booster & Cleaner | Fast Clean/Speed Booster

5. DU Speed ​​Booster

DU Speed ​​Booster adalah aplikasi yang sangat berguna dan user-friendly, menawarkan desain yang cantik dengan fitur yang berguna. Aplikasi ini menyediakan berbagai alat yaitu memory booster, trash cleaner, phone accelerator, game booster dan network speed meter.

Menggunakan
active engine untuk memantau dan membebaskan sumber daya ketika diperlukan, misalnya, ketika Anda membuka aplikasi rakus sumber daya seperti Facebook. Game booster dapat digunakan untuk memberikan FPS yang lebih baik dan pengalaman gaming yang lebih baik. Selain itu, phone accelerator bersama dengan trash cleaner akan bersinergi untuk meningkatkan kinerja.

Aplikasi Serupa: Android Speed Booster | Devices Speed Up for Android

6. 360 Security

360 Security adalah solusi keamanan multi-fitur. Aplikasi ini akan memeriksa malware dan berbagai file berbahaya lainnya yang mungkin tersembunyi di dalam sistem perangkat Android Anda dan akan menghapusnya secara permanen dari sistem perangkat Anda. Aplikasi ini juga dapat membersihkan Cache dan data sementara yang dikumpulkan oleh aplikasi yang terinstal.

Membebaskan ruang data Anda secara signifikan, wipe atau melenyapkan file berbahaya yang dapat membuat perangkat Anda memberikan pengalaman yang buruk bagi pengunanya. Hasilnya adalah kinerja yang smooth dan lebih baik dari sebelumnya.

Aplikasi Serupa: CM Security Antivirus | AVG Antivirus Security.

7. Greenify

Greenify adalah optimizer otomatis yang sangat ringan. Aplikasi ini akan menghibernasi aplikasi yang berjalan di latar belakang, dan dengan demikian akan membebaskan banyak sumber daya, mempercepat android Anda dan meningkatkan masa pakai baterai. "App monitor" akan memonitor aplikasi yang berjalan, dan akan menghibernasi aplikasi yang diketahui mengkonsumsi tingkat tinggi memori dan baterai.

Bahkan dapat memblok akses jaringan pada proses latar belakang. Aplikasi ini gratis, Namun fitur tambahan seperti deep-sleep, dan
periodic allowance akses jaringan untuk aplikasi yang terhibernasi dapat dibeli untuk mengaktifkannya.

Aplikasi Serupa: Cooler Master | Hibernation Manager

8. CCleaner 

CCleaner, cleaner favorit untuk desktop, sekarang juga tersedia untuk Android. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membersihkan file cache, menghapus duplikat file, uninstall aplikasi, membersihkan log panggilan dan SMS, dan memonitor sumber daya sistem. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membersihkan dan mengoptimalkan data pada perangkat, dan akibatnya dapat meningkatkan kinerjanya.

Selain itu, Anda juga dapat membersihkan memori pada clipboard dan histori lain yang cenderung untuk memperlambat ponsel. Hasilnya perangkat
menjadi lebih cepat dan juga lebih responsif.

Aplikasi Serupa: The Cleaner – Booster & Cleaner | System Cleaner for Android

9. App MGR III

App MGR III adalah aplikasi hybrid yang terdiri dari manajer aplikasi dan cache cleaner. Aplikasi ini menggunakan Google’s Material Design untuk menyediakan sebuah antarmuka yang elegan dan user-friendly. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan batch clean data cache semua aplikasi dalam sekali klik.

Aplikasi ini juga menampilkan dalam satu halaman yang berisi informasi ruang penyimpanan aplikasi yang terinstal, sehingga Anda dapat dengan mudah memantau data yang disimpan oleh aplikasi Anda. Aplikasi juga menawarkan versi berbayar, yang menyediakan lebih banyak fitur seperti theming dan tanpa iklan.

Aplikasi Serupa: Smart App Manager | Link2SD 

10. SD Maid

SD Maid fokus pada "shredding unnecessary file" atau menghapus file yang tidak diperlukan lagi pada kartu memori eksternal. Menggunakan engine yang canggih untuk mengidentifikasi dan menyingkirkan file sampah, yang dapat memperlambat ponsel dari waktu ke waktu. Membersihkan log dan laporan yang kadang masih tersisa bahkan setelah menguninstall aplikasi.

Aplikasi bahkan bisa mengoptimalkan database aplikasi yang terinstal, dengan demikian akan meningkatkan
response time dan membuat aplikasi berjalan lebih cepat dari sebelumnya. SD Maid meningkatkan kinerja perangkat Android Anda dan memberikan Anda pengalaman yang lebih baik dari sebelumnya. 


Catatan 

Optimasi adalah bukan sebuah tugas yang cukup dilakukan hanya satu kali. Ini adalah tugas yang perlu dilakukan sesekali untuk mempercepat suatu perangkat. Anda dapat menjalankan tugas-tugas pemeliharaan bila diperlukan, atau mengeksekusi aplikasi-aplikasi tersebut secara berkala untuk menjaga "kesehatan" perangkat Android Anda.

Apakah Anda ingin kinerja perangkat Anda lebih baik dari sebelumnya? Apakah Anda akan mencoba beberapa atau semua aplikasi dari daftar diatas? Silahkan berbagi pengalaman Anda pada kolom komentar.


Emoticon Emoticon