Cara Membuka Deep Web: Menelusuri Bagian Terdalam Dan Tersembunyi Dari Internet


Apakah Anda pernah mendengar atau bahkan mungkin telah mengetahuinya: Ada "Bagian Tersembunyi" dari internet yang tidak akan pernah dapat diakses melalui mesin pencari dan web browser pada umumnya? Bagian Terdalam Dan Tersembunyi Dari Internet ini dikenal dengan sebutan Deep Web , dan banyaknya adalah sekitar 500 kali lebih banyak dari Web biasa yang umum kita kenal.


Cara Membuka Deep Web: Menelusuri Bagian Terdalam Dan Tersembunyi Dari Internet

Apa itu Deep Web?

Deep Web dapat disebut sebagai data yang tidak diindeks oleh mesin pencari standar seperti Google atau Yahoo. Penafsiran Deep Web mengacu pada semua halaman web yang tidak akan dapat ditemukan oleh mesin pencari , seperti database pengguna, data pendaftaran forum web, halaman webmail, dan "halaman belakang" dari sebuah sistem pembayaran.

Internet adalah diibaratkan seperti sebuah gunung es, dimana pada bagian atas hanya akan terlihat adanya seperti Google, Yahoo, Wikipedia, Facebook, Twitter dan website lain yang sudah biasa kita kenal dan kita ketahui. Sedangkan pada bagian bawah ternyata terdapat lebih banyak lagi dan biasanya tidak akan pernah bisa diakses oleh orang awam dan tidak akan pernah bisa diakses dengan browser umum atau reguler yang telah kita kenal selama ini.

Kemudian, ada juga istilah Dark Web atau Dark Net yaitu Suatu bagian tertentu dari Deep Web yang tersembunyi.

Lalu kira-kira apa isi konten yang ada didalam deep web tersebut, berdasarkan kajian dari berbagai ahli bahwa konten yang ada di bagian paling dasar pada internet tersebut terdiri dari hasil penelitian ataupun riset yang telah dilakukan oleh banyak lembaga akademisi, pemerintah ataupun pribadi yang terlindungi dan jumlahnya sangatlah banyak.

Dan selain itu semua, ternyata pada deep web juga dapat berisi oleh berbagai situs yang tak lazim, seperti situs jual beli obat-obatan yang biasanya terlarang, layanan untuk orang yang dapat dibayar untuk membunuh orang lain, dan ada juga manusia yang juga diperjual belikan, bahkan ada juga halaman web p*rn*grafi/esek-esek yang terlarang.

Kalau biasanya kita mengenal Amazon, lazada, olx, bukalapak, dan sejenisnya sebagai situs jual beli, ternyata di dalam deep web juga terdapat banyak situs jual beli, namun kebanyakan sifatnya adalah terlarang. Transaksi tersebut biasanya didorong oleh seseorang yang menjual barang-barang "Black Market" atau pasar gelap, bahkan dapat dicontohkan jika harga sebuah iPhone didalam deep web adalah setengah dari harga aslinya.

http://kpvz7ki2v5agwt35.onion -- The Hidden Wiki -- adalah contoh website yang ada di deep web, dan biasanya memiliki nama domain yang cukup sulit untuk diingat, dan domainnya adalah menggunakan .onion bukan menggunakan .com yang seperti kita kenal selama ini.

Ada beberapa keyakinan pada dunia deep web, yaitu terdapat begian yang sangat dalam, sehingga memerlukan cara yang istimewa dan khusus yang hanya orang-orang tertentu sajalah yang dapat mengaksesnya, konten yang terdalam ini dinamakan sebagai Mariana’s Web (pulung mariana atau titik paling dalam dari bumi). Dan isi dari situs-situs mariana adalah berisi data-data yang sangat rahasia dari manusia dibumi ini.

Jika ingin melakukan transaksi di deep web, dikabarkan, para penggunanya harus menggunakan bitcoin. Bitcoin adalah mata uang digital terbaru yang digunakan di Internet.

Deep Web dan Dark Web adalah salah satu topik yang menarik untuk para Netizens pada saat ini. Namun apa yang terjadi ketika Anda mendengar istilah "Deep Web" atau "Dark Web" ? Anda biasanya akan meng-kategorikannya menjadi satu bagian. Jika ya, maka Anda salah.

Dark Web adalah bagian di mana Anda dapat bekerja tanpa dilacak, atau menjaga anonimitas total. Dark Web lingkupnya jauh lebih kecil daripada Deep Web dan terdiri dari semua jenis website yang menjual obat-obatan terlarang, senjata dan bahkan menyewa seorang pembunuh bayaran.

Artikel Terkait:
TOR untuk Android: Bagaimana Cara Mengakses Deep Web Lewat Android Dengan Tetap Aman


Apa itu Dark Web?

Dark Web adalah bagian di mana Anda dapat bekerja tanpa dilacak, atau menjaga anonimitas total. Dark Web lingkupnya jauh lebih kecil daripada Deep Web dan terdiri dari semua jenis website yang menjual obat-obatan terlarang, senjata dan bahkan menyewa seorang pembunuh bayaran. 

Ini adalah jaringan tersembunyi untuk menghindari kehadiran mereka di Permukaan Web, dan URL-nya berakhiran dengan .onion. Domain (namawebsite) .onion ini tidak diindeks oleh mesin pencari biasa, sehingga Anda hanya dapat mengakses Deep Web dengan software khusus - yang disebut "The Onion Browser" atau dikenal dengan sebagai TOR.

Untuk dapat mengakses Deep web membutuhkan sebuah browser yang khusus, dan salah satunya adalah TOR Browser. TOR adalah software gratis, dan siapa saja dapat men-download (https://www.torproject.org/download/download.html.en) nya.

TOR adalah sebuah browser yang hakekatnya adalah sama dengan Firefox atau Google Chrome dan cara kerjanya juga hampir sama. Namun, perbedaanya adalah TOR punya kemampuan yang lebih baik dari browser tersebut terutama yakni dalam hal untuk mengakses informasi yang tidak dapat kita temukan melalui mesin pencari seperti Yahoo, Google, Bing atau sejenisnya.

TOR dapat juga diartikan seperti software VPN yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengakses internet secara anonim. Ini karena di dalam deep web terdapat banyak sekali cracker yang dapat mengancam keamanan kita saat berinternet, karenanya TOR dapat melindungi kita dari hal tersebut.

Saat menjalankan TOR Browser, maka koneksi dari pengguna yang asli akan dialihkan ke jaringan milik TOR. Jaringan tersebut telah di enkripsi agar tidak dapat di deteksi oleh pihak manapun baik dari situs yang dikunjungi ataupun dari penyedia layanan internet atau ISP.

Tapi, bagaimana bila Anda masih dapat menggali isi dari Dark Web dengan browser biasa, tanpa perlu TOR?

Berikut ini adalah cara untuk berselancar dan menelusuri Deep Web tanpa TOR

Solusinya adalah menggunakan Deep Web Search Engine. Search engine yang sangat hebat dan powerfull seperti Google tidak dapat menelusuri dan mengindeks sebagian besar data yang tidak hyperlink atau yang tidak dapat diakses melalui layanan DNS publik. Namun, ada sejumlah Deep Web Search Engine yang menelusuri melalui jaringan TOR dan membawa hasil yang sama pada browser biasa.


Beberapa Dark Web Search Engine adalah:

=> Onion.City (http://onion.link/)
=> Onion.to (https://tor2web.org/)
=> Not Evil (https://hss3uro2hsxfogfq.onion.to/)
=> Memex


Berikut adalah beberapa Deep Web Search Engine:

=> Deep Web Research Tools (http://www.weitzenegger.de/content/?page_id=2321)
=> Surfwax (http://lookahead.surfwax.com/)
=> IceRocket (http://www.icerocket.com/)
=> The WWW Virtual Library (http://vlib.org/)
=> TechDeepWeb (http://techdeepweb.com/4.html)
=> Freebase (http://www.freebase.com/)
=> Stumpedia (http://www.stumpedia.com/)


Deep Web search engines ini bekerja dengan memanggil layanan onion melalui Tor dan relays, resolv link .onion dan kemudian memberikan hasil atau output akhir kepada browser reguler pada World Wide Web biasa. Namun, ada satu konsekuensi dari penjelajahan Deep atau Dark Web pada browser biasa. Yaitu jika menggunakan dengan cara ini akan membuat hasil pencarian .onion tersebut terlihat oleh Anda, saya, dan juga, oleh Google.

Selain itu, ada juga mesin pencari "tracker-less" yang juga populer dalam dunia TOR, adalah seperti Disconnect (https://disconnect.me/search), DDG (https://duckduckgo.com/), IXQuick (https://www.ixquick.com/) yang akan menjamin privasi penelusuran Anda.

Sumber: Sickchirpse, The Hacker News

Share this

Related Posts


Loading...