Wednesday, March 02, 2016

Cara Sederhana untuk Memblokir Situs Dewasa dari Anak-anak


Jika anak-anak Anda menghabiskan cukup banyak waktu bermain di depan komputer dan mereka berselancar di Internet, ada kemungkinan bahwa mereka kadang-kadang secara tidak sengaja dapat tersandung pada situs dewasa dan pastinya Anda tidak ingin mereka dapat melihat situs tersebut.

Hindarkan Anak Anda Dari Konten Dewasa di Internet

Hampir tidak mungkin bagi setiap orang tua untuk secara manual memantau seluruh sesi komputer anak mereka dan oleh karena itu yang Anda butuhkan adalah solusi yang dapat bekerja secara diam-diam atau pada latar belakang bahkan saat Anda tidak berada didekat anak Anda untuk mengawasi mereka.

Ada beberapa pilihan. Misalnya, YouTube yang memiliki mode aman untuk memblokir video yang tidak sesuai untuk anak-anak. Dan Anda juga memiliki OpenDNS atau DNS Nawala yang dapat Anda konfigurasi dengan router atau komputer untuk memblokir seluruh kategori situs yang berisi kekerasan atau konten dewasa.

 

Ada beberapa program untuk memblokir situs (dansguardian misalnya) yang akan memantau aktivitas anak Anda saat berada di depan komputer dan secara otomatis akan membatasi mereka untuk mengunjungi situs yang tidak dimaksudkan untuk mereka. Dan ada juga cara yang sedikit culun yaitu trik 127.0.0.1 untuk membantu Anda memblokir salah satu situs yang dikenal pada hanya pada komputer Anda. Namun entah apa cara ini masih work atau tidak, namun tidak ada salahnya Anda coba, Anda cukup buka tombol start menu, klik Run kemudian ketikkan:
notepad c:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts
kemudian akan terbuka jendela notepad dengan beberapa entri, jangan panik langsung saja menuju pada baris akhir, tekan enter dan masukkan:
127.0.0.1 youtube.com
127.0.0.1 facebook.com
127.0.0.1 apapun.com
Simpan dan exit, dan daftar situs yang Anda masukkan tadi tidak akan dapat dibuka pada komputer tersebut, Anda dapat menambah atau mengganti daftar situs yang akan Anda blokir.

Solusi Lebih Mudah Untuk Memblokir Situs

Jika Anda mencari solusi yang lebih sederhana untuk memblokir semua situs dewasa pada komputer Anda, Anda juga dapat menggunakan FamilyShield.

FamilyShield merupakan bagian dari layanan OpenDNS namun keuntungannya di sini adalah bahwa Anda tidak perlu melakukan tweaking apapun untuk memblokir konten-konten dewasa - hanya cukup mengubah entri server DNS Anda (ini berbeda dari nilai-nilai OpenDNS yang asli) dan filter web akan segera dapat diaktifkan.

Jika Anda memilih untuk memasang FamilyShield pada router Anda, situs yang berisi konten dewasa akan secara otomatis diblokir pada semua komputer Anda, konsol game dan bahkan ponsel yang merupakan bagian dari jaringan rumah Anda. Bahkan situs proxy yang biasanya umum digunakan untuk mem-bypass filter web.


Tidak ada yang lebih mudah dan tidak ada software untuk yang diharuskan untuk diinstal dan ketika anak-anak Anda mungkin disuguhi iklan yang notabene berisi konten dewasa, situs-situs tersebut juga akan terblokir - itulah model bisnis OpenDNS.


Emoticon Emoticon