Wednesday, March 02, 2016

Cara Membuat Link ke Bagian Tertentu dari Halaman Web


Pelajari mengenai aplikasi web yang dapat memudahkan Anda untuk menambahkan keterangan pada suatu halaman web dan Anda juga dapat langsung menautkan kalimat/posisi tertentu dalam halaman web.
Anda sedang membaca halaman web, katakanlah sebuah artikel berdurasi panjang yang diterbitkan di Kompasiana, dan Anda ingin berbagi dengan teman Anda. Artikel tersebut panjang dan oleh karena itu ada kemungkinan bahwa teman Anda yang sok 'sibuk' itu :) dapat melewati bagian-bagian yang Anda ingin dia baca. Bagaimana membuat teman Anda dapat fokus pada hal-hal menarik yang Anda share dari halaman tersebut?

Genius dan TLDRify adalah aplikasi web yang sangat
berguna yang memungkinkan Anda dapat membubuhi keterangan pada halaman web seperti menggunakan pena stabilo kuning. Layanan tersebut membuat Anda dapat menyorot kata atau kalimat tertentu pada suatu halaman web dan membuat link secara "mendalam" langsung ke teks yang disorot. Ketika orang meng-klik tautan tersebut, mereka akan melihat halaman asli tapi dengan teks yang telah dibubuhi penjelasan.


Cara Anotasi dan "Deep linking" suatu Kalimat Dalam Halaman Web

Genius adalah situs lirik musik tetapi mereka juga menyediakan Annotator web untuk membantu Anda menambahkan konteks dan komentar pada setiap halaman web. Bagian terbaik dari Genius adalah bahwa Anda tidak perlu menginstal bookmarklet atau ekstensi browser untuk menggunakan Annotator tersebut. Cukup pergi pada bar alamat browser dan tambahkan genius.it/ sebelum alamat URL.

Selanjutnya masuk dengan akun Twitter, Facebook atau Akun Google Anda, dan Anda akan dapat menambahkan penjelasan pada halaman tersebut. Untuk memulai, sorot kalimat pada halaman dan klik tombol pop-up Genius yang muncul untuk menambahkan komentar Anda sendiri. Genius kemudian akan memberikan Anda sebuah hyperlink unik yang akan langsung dapat membuka halaman dengan penjelasan yang disorot.

Baca Juga:
Catat Semua Hal Yang Anda Lakukan Di Komputer & Web
Aplikasi berguna berikutnya dalam kategori ini TLDRify . Di sini Anda memerlukan sebuah bookmarklet atau ekstensi browser namun tidak perlu untuk sign-up akun apapun untuk dapat membubuhi keterangan pada suatu halaman web. Dan juga, tidak seperti Genius yang mungkin akan menampilkan anotasi yang ditinggalkan oleh pengguna lain pada halaman yang sama, hyperlink pada TLDRify  hanya akan menampilkan kalimat yang disorot oleh Anda sendiri.

Saat Anda berada di halaman web, pilih sebuah kalimat atau paragraf, klik bookmarklet TLDRify yang kemudian akan membuat hyperlink untuk teks yang disorot. Ketika orang meng-klik link tersebut, browser secara otomatis akan bergulir menuju teks yang disorot.

Bagusnya, layanan ini membuat salinan persis dari halaman web pada server mereka sendiri sehingga bahkan jika halaman asli sedang down atau telah berubah, kutipan lama Anda mungkin masih bekerja.


Emoticon Emoticon