Friday, March 04, 2016

Inilah 6 Cara Sederhana untuk Menghemat Penggunaan Kuota Data Android Anda


Apakah Anda harus berhenti menggunakan smartphone anda hanya untuk menghemat pengeluaran data seluler? Apakah smartphone yang notabene sebagai ponsel cerdas hanya akan Anda gunakan untuk telpon dan sms saja? Itu semua jangan sampai terjadi karena "smartphone tercipta bukan hanya untuk telpon dan sms belaka melainkan untuk terhubung dengan dunia..."
hahaha bagus juga ya "quote of the day" mendadak diatas, Namun konsekwensi yang harus kita terima jika kita mengoptimalkan penggunaan smartphone adalah kita harus bersedia membayar untuk penggunaan data selular pada smatphone tersebut.

Nah, Berikut enam hal yang dapat Anda lakukan dan hanya butuh waktu lima menit Anda sudah dapat menghemat banyak uang setiap bulan untuk membeli kouta data selular.

smartphone adalah sesuatu yang sangat diperlukan pada era teknologi saat ini. Ada ribuan bahkan jutaan aplikasi di luaran sana yang bisa dibilang rakus akan data dalam meningkatkan pengalaman mobile Anda. Cloud storage, audio dan video streaming, rich browsing, navigasi dan sebagainya dapat membuat beban yang cukup berat pada sambungan data seluler Anda.

Enam tips sederhana untuk menghemat mobile data smartphone

Namun dibalik semua itu, ada cara mudah untuk mengurangi penggunaan mobile data pada smartphone tanpa mengurangi kenyamanan Anda dalam penggunaan sebuah ponsel pintar.

Jika Anda pengguna paket kuota bulanan "terbatas", Anda akan menyukai tips sederhana ini yang akan membuat Anda sedikit menghemat pengeluaran penggunaan data setiap bulan.


Google Chrome

Manajemen bandwidth

Google telah menerapkan fitur yang dapat sangat mengurangi penggunaan jumlah data pada browser Chrome. Menggunakan server Google, Chrome menyimpan gambar dan file lain untuk mengoptimalkan halaman web pada perangkat mobile Anda. Mereka juga memberikan tampilan visual tentang berapa banyak data yang telah disimpan selama satu bulan menggunakan grafik line sederhana. Menurut Google, penggunaan data dapat dikurangi hingga 50%.

Untuk mengaktifkan "Reduce data usage", pergi ke:

Chrome menu> Settings> (Advanced) Data saver lalu klik on

Google Maps

Caching Google Map

Anda dapat men-download sebuah area pada Google Maps sehingga akan menggunakan lebih sedikit data ketika ber-navigasi ke tujuan Anda. Hal ini tidak hanya menghemat mobile data, juga akan meningkatkan pengalaman saat Anda bepergian pada suatu daerah yang minim sinyal atau bahkan ke suatu tempat yang belum terjangkau sinyal operator.

Sementara masih ada beberapa perdebatan tentang ukuran data, ada batas pada jumlah data yang dapat Anda cache. Jika melampaui, Anda akan diminta untuk zoom area yang lebih kecil.

Untuk menyimpan peta agar dapat digunakan secara offline, Anda memiliki dua pilihan:
  1. Ketik OK Maps pada kotak pencarian dan tekan enter (atau menggunakan Voice activation). 
  2. Ketuk bar pencarian dan gulir ke bawah halaman. Lalu pilih "Make this map area available offline".


Gmail

Unduh lampiran Gmail melalui Wi-Fi

Google memungkinkan Anda untuk secara otomatis men-download lampiran Gmail melalui Wi-Fi. Jika Anda pengguna harian dari aplikasi Gmail, mengubah hal ini dapat membantu Anda menghemat besar penggunaan data selular pada jaringan data

Untuk mengaktifkan pengaturan ini:

Gmail menu > Settings > emailanda@gmail.com > (Data Usage) Download attachments.

Layanan streaming musik

Mendengarkan Offline

Semua aplikasi audio streaming yang populer menawarkan cara yang berbeda untuk mendengarkan lagu tanpa harus streaming melalui koneksi jaringan.

Spotify memungkinkan Anda men-download album dan playlist. Jika Anda menggunakan Apple Music, Anda dapat menambahkan lagu, album dan daftar putar ke perpustakaan Anda. Dengan Google Play Music, Anda dapat men-download segalanya - lagu, album, playlist dan radio.

Facebook

Nonaktifkan auto-play video

Facebook baru saja menambahkan fitur yang secara otomatis memutar video di newsfeed Anda, terlepas dari apakah Anda menginginkannya atau tidak. Anda bisa saja secara tidak sengaja bahkan tidak tahu ternyataproses dowload video berjaln pada latar belakang, Untuk menghindarinya, hal yang harus Anda lakukan adalah:

Facebook Panel Navigasi kiri> Settings > (General Settings) Auto-Play videos on Wi-Fi only

Apakah aplikasi "penghisap data" favorit Anda tidak tercantum? Pastikan untuk selalu memeriksa halaman pengaturan pada aplikasi Anda untuk fitur penghematan data yang mungkin telah ditambahkan. Pengembang akan terus meningkatkan aplikasi mereka dan mungkin termasuk fitur tersebut sejak terakhir kali Anda memeriksa!

Kompres data Anda

Onavo Extend dan Opera Max

Untuk dapat lebih banyak menghemat tagihan bulanan Anda, download aplikasi kompresi data. Dan ketika kualitas video dan gambar dapat dikurangi, Anda akan mendapatkan load yang lebih cepat pada aplikasi yang terhubung ke jaringan seluler.

Pengguna aplikasi gambar-HD seperti Instagram atau Flipboard akan mendapatkan keuntungan yang besar dari aplikasi ini yaitu penggunaan data yang hemat. Berikut daftar dua aplikasi favorit untuk menghemat data di bawah ini:
  • Onavo Extend adalah aplikasi gratis yang terus berjalan di latar belakang pada smartphone Anda dan mengarahkan lalu lintas data mobile Anda melalui server Onavo. teknologi kompresi ini secara signifikan mengurangi jumlah data yang dikirim melalui jaringan selular, memberikan Anda pengalaman yang sama namun dengan biaya yang dapat bersahabat (dengan ketentuan dari provider apa yang Anda pakai). Anda dapat mendownload Onavo Extend di Google Play atau App Store sekarang. 
  • Sementara Opera telah lama menawarkan sebuah compression browser, mereka baru-baru ini mengumumkan Opera Max - sebuah aplikasi Android eksklusif yang menggunakan server Opera untuk mengkompres semua data non-enkripsi yang dikirim ke perangkat Android Anda. Bekerja mirip dengan Onavo Extend, Max juga menawarkan penghematan yang lebih baik untuk kantong Anda karena juga memiliki kemampuan untuk menyusutkan penggunaan data mobile video.


Emoticon Emoticon