Saturday, March 12, 2016

Heboh, Microsoft Merilis Sistem Operasi Open Source Berbasis Linux Debian


Microsoft Merilis Sistem Operasi Open Source Berbasis Linux Debian - Kabar terbaru dari Microsoft: Baru-baru ini, raksasa Software dibalik sistem operasi terpopuler sejagat raya tersebut telah menciptakan dan merilis sebuah Sistem Operasi open-source berbasis Debian GNU/Linux, yang berjalan pada switch jaringan.

Perangkat lunak ini dinamakan/dijuluki sebagai SONiC (Software for Open Networking in the Cloud). Perangkat lunak ini adalah sekumpulan toolkit kode dan patch kernel yang dimodifikasi sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan, sehingga Anda dapat mengatur cara kerja dan apa yang dapat dilakukan, daripada harus mengandalkan firmware proprietary dari vendor jaringan pada umumnya.

SONiC dibangun berdasarkan sistem operasi berbasiskan Linux ASC (Azure Cloud Switch).- dilansir dari The Register, Kamis(10-03-2016)

Microsoft Merilis Sistem Operasi Open Source Berbasis Linux Debian

ASC adalah dalang dibalik Microsoft Azure cloud. Kode tersebut dapat berjalan dalam berbagai macam hardware dari berbagai produsen yang berbeda dan menggunakan API C reguler. Switch Abstraction Interface (SAI) memprogram chip dalam peralatan jaringan. Ini berarti ASC dapat mengontrol dan mengelola perangkat jaringan dan mengimplementasikan fitur seperti yang diperlukan.

Dikatakan oleh CTO Mark Russinovich: Azure, di KTT OPC di San Jose, California. "Sonic adalah sekumpulan komponen jaringan perangkat lunak yang diperlukan untuk membangun perangkat jaringan seperti switch".

Sonic sendiri saat ini telah tersedia untuk di download di Github Repo Microsoft Azure (http://azure.github.io/SONiC/), berada di bawah lisensi Open Source - GNU GPL dan Apache license.

Menurut Russinovich, lebih dari 25% mesin virtual yang berjalan pada Azure saat ini adalah "Linux-Powered", naik dibanding 6 bulan lalu yang hanya sekitar 20% saja.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai SONiC , Russinovich telah membuat postingan pada sebuah blog mengenai hal tersebut. disini (https://azure.microsoft.com/en-us/blog/ocp-2016-building-on-community-driven-innovation/).

Pihak Microsoft juga mengatakan bahwa mereka tidak pernah memiliki rencana untuk menjual SONiC kepada end-user ataupun memberikan maintenance atau dukungan pengembangan.

Sumber: 
  • The Register (http://www.theregister.co.uk/2016/03/09/microsoft_sonic_debian/)
  • Dream Lands Design


Emoticon Emoticon