Monday, March 07, 2016

Inilah yang Harus Anda Lakukan Jika Ponsel Android Anda Hilang!


Apakah smartphone Android Anda pernah hilang? apakah pada smartphone android yang hilang terdapat banyak data yang sangat berharga untuk Anda? tentunya Anda akan sangat merasa kecewa, pusing, galau, dan campur aduk apalah gitu... hehehe... Ya saya pernah merasakan apa yang pernah Anda rasakan. Tepat satu tahun yang lalu saya pernah kehilangan sebuah ponsel Android, dan kabar buruknya saya tidak pernah bisa melacak sedikitpun informasi yang tertinggal pada ponsel tersebut, hilang tanpa bekas! 

Namun dari itu semua, saya telah belajar banyak tentang apa yang harus dilakukan setelah saya kehilangan Android saya dan bagaimana mencegah atau meminimalkan kemungkinan jika saya kehilangan perangkat saya lagi di masa mendatang (amit-amit jangan sampe ya...). Dan semoga dapat menjadi pembelajaran khususnya untuk saya sendiri dan saya sangat senang jika dapat menjadi acuan bagi Anda pada umumnya.

Inilah yang Harus Anda Lakukan Jika Ponsel Android Anda Hilang!

Artikel ini terdiri dari dua bagian. Yang pertama adalah apa yang harus segera Anda lakukan setelah mengetahui bahwa perangkat Anda hilang atau dicuri. Akan menjelaskan bagaimana cara untuk menemukan perangkat Anda, dan untuk menjaga data penting yang ada di dalam perangkat tersebut. Kemudian, kita akan beralih ke langkah-langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan (di masa mendatang, dan sekarang) untuk menjaga perangkat Anda.

Jika Anda Kehilangan Smartphone Android

Ada empat hal yang dapat Anda lakukan segera setelah mengetahui bahwa perangkat Android Anda hilang: 
  1. Melacak Android Anda 
  2. Mengamankan Akun Anda 
  3. Blok Kartu SIM Anda 
  4. Unlink akun Anda di Android 

1. Lacak Android Anda

Ada cara gratis dan mudah untuk menemukan perangkat Android Anda, dan itu adalah dengan menggunakan Android Device Manager. Anda tidak perlu menginstal aplikasi apapun di ponsel Anda terlebih dahulu untuk menggunakanya. Cukup pergi ke halaman tersebut dan masuk dengan akun Google yang Anda gunakan untuk masuk ke perangkat Android Anda.

Lokasi terakhir dari perangkat Anda akan ditampilkan kepada Anda dengan akurasi sekitar 20 meter. Anda juga akan mendapatkan seberapa jauh perangkat tersebut dari Anda, dan waktu kapan terakhir online.


Pada halaman ini Anda juga dapat mengunci perangkat, membuatnya berdering (untuk membuat lebih mudah menemukan jika berada di sekitar Anda) atau sebagai upaya terakhir, menghapus data yang ada di perangkat untuk mencegah pencurian identitas atau kehilangan info penting apapun.

Baca Penjelasan Lengkap:Cara Melacak Smartphone Android yang hilang Tanpa Aplikasi Pelacak

2. Amankan Akun Anda

Anda mungkin memiliki email, jaringan sosial, Group messaging, atau yang lain-lain yang terdapat pada perangkat Anda yang hilang. Sangat penting bahwa Anda harus mengamankan semua akun dengan masuk melalui perangkat lain dan mengubah password dari setiap akun Anda. Ini juga termasuk akun utama Google Anda.


Dengan mengubah sandi Google utama Anda, setiap orang yang tidak berhak tidak akan dapat mendapatkan izin akses ke akun pribadi Anda, kontak, aplikasi dan info lainnya.


Mengubah password Google Anda tidak akan mempengaruhi usaha Anda untuk mencari perangkat melalui Android Device Manager (pada Langkah 1). Anda masih tetap dapat melacak Android Anda, mengunci atau menghapus data smartphone Anda setelah perubahan password.

3. Blok Kartu SIM Anda

Dianjurkan agar Anda memblokir kartu SIM Anda tidak hanya untuk mencegah penyalahgunaan hak istimewa atas panggilan Anda, tetapi juga karena aplikasi pesan instan seperti Whatsapp akan menggunakan nomor telepon untuk memverifikasi akun Anda.

Jika Anda mendaftar menggunakan nomor telepon untuk verifikasi akses ke akun seperti email, Anda akan perlu untuk mendapatkan kembali kepemilikan nomor telepon Anda. penyedia provider akan membantu Anda dalam mendapatkan nomor Anda kembali, pada kartu SIM baru, setelah memblokir kartu yang ada di ponsel Anda yang hilang.

4. Unlink akun Android Anda 

Hal ini juga penting untuk dilakukan. Putuskan Tautan akun Anda dari perangkat yang hilang untuk menghentikan proses sinkronisasi pada Android Anda.

Misalnya, jika Anda menggunakan Dropbox di Android, hapus tautan perangkat ini dari akun Anda melalui website dengan pergi ke account’s security page, kemudian temukan perangkat Anda pada daftar dan klik tombol "X". Anda harus melakukan hal ini untuk semua layanan yang telah terhubung ke perangkat Anda yang hilang, satu per satu.


Cara Menjaga Agar Perangkat Anda Aman

Jika saat ini perangkat Anda benar-benar hilang, dan Anda sedang mencari perangkat pengganti, saatnya untuk mempersenjatai diri dengan langkah-langkah peringatan yang dapat membantu mengurangi risiko kehilangan ponsel baru Anda.

1. Selalu Aktifkan Pelacakan Lokasi

Untuk aplikasi pelacak seperti Android Device Manager dapat bekerja, perangkat Anda harus memiliki info lokasi yang dihidupkan. Android Device Manager akan melaporkan posisi terbaru dari ponsel Anda, kapan terakhir online, dan lain-lain...

2. Selalu Aktifkan Akses Internet 

Tidak hanya info lokasi yang harus Anda diaktifkan, ponsel Anda juga harus terhubung ke Internet untuk dapat ditemukan dengan aplikasi pelacakan. Jika Anda memiliki kebiasaan menggunakan koneksi WiFi di rumah atau kantor, jangan mematikan data seluler pada setiap kali Anda pergi untuk bertemu klien atau teman.

Hal ini dapat sedikit mempengaruhi daya tahan baterai Anda, tapi hal ini harus dilakukan,selalu menghidupkan mobile data Anda hanya dalam kasus jika Anda ingin menemukan Android Anda yang hilang, karena tanpa data seluler, ponsel Anda mungkin akan tetap menjadi milik orang lain.

3. Gunakan Lock Screen

Untuk mencegah penggunaan yang tidak diizinkan dari ponsel Anda, Anda harus mengaktifkan lock screen. Ada beberapa jenis lock screen Android dengan tingkat keamanan yang berbeda-beda. Pattern lock screen adalah tingkat terendah, maka muncullah Camera lock, PIN lock, dan terakhir Password lock.


Anda kemudian dapat menyesuaikan berapa lama Anda ingin perangkat Anda menunggu sebelum meminta Anda untuk membuka kunci layar. Jika Anda berada di Android 5.0 (Lolipop), ada fitur yang disebut on body detection, yang memungkinkan Anda untuk membuat ponsel tidak terkunci saat Anda menentengnya, dan secara otomatis mengunci ketika Anda meletakkan ponsel.


4. Nonaktifkan Tombol Daya Fisik

Hal yang pertama akan dilakukan oleh orang yang mencuri perangkat Anda adalah mematikan ponsel untuk mencegah pemilik asli akan mencari ponsel tersebut dengan melakukan panggilan atau dengan aplikasi pelacakan. Anda dapat menghentikan pencuri tersebut melakukan hal ini ke ponsel Anda dengan menonaktifkan tombol daya fisik ponsel Anda.

Untuk melakukan itu, Anda perlu menggunakan Xposed Framework (http://repo.xposed.info/module/de.robv.android.xposed.installer). Setelah terinstal, buka tab Download untuk menginstal sebuah modul yang disebut GravityBox (cari untuk menemukan lebih cepat). Ada beberapa versi yang tersedia, dapatkan satu yang tepat untuk versi Android Anda. Buka tab versi dan tekan tombol download pada versi yang Anda inginkan. Untuk mengaktifkan modul ini, restart ponsel Anda.


Dalam aplikasi GravityBox, pergi ke Power Tweaks, kemudian aktifkan Disable power menu on lock screen. Siapa pun yang ingin mematikan telepon Anda harus melewati lock screen dahulu.

5. Gunakan Baterai Non-Removable

Ini adalah metode lain dari Tips no. 4 (diatas) karena setelah pencuri tidak bisa matikan telepon Anda, hal terbaik berikutnya yang akan dicoba adalah melepas baterai pada ponsel Android Anda. Saat ini telah marak akan ponsel yang memiliki baterai non-removable sebagai contoh ada Asus Zenfone 2, Moto G, dan lain-lain.


Pada titik ini, satu-satunya cara telepon Anda agar dapat dimatikan adalah jika baterai mati. Tapi tips 4 dan 5 akan memberi Anda banyak waktu untuk secara jarak jauh menemukan ponsel Anda dan mengambil tindakan selanjutnya.

6. Backup data Anda

Bagi banyak orang yang telah kehilangan ponsel mereka, kerugian terbesar yang mereka hadapi adalah hilangnya data seperti jadwal pekerjaan, meeting penting, dokumen-dokumen penting, foto, dan lain-lain. Daripada Anda harus menyalin lagi dari PC Anda atau beberapa perangkat penyimpanan lain, mungkin lebih mudah untuk backup data melalui penyimpanan Cloud.

Dengan backup data Anda dan tersimpan di penyimpanan cloud, Anda tidak perlu khawatir akan hilangnya dokumen penting Anda maupun kenang-kenangan setiap kali Anda kehilangan perangkat Anda.

Beberapa vendor Android juga menyediakan fasilitas penyimpanan Cloud gratis, seperti Asus dengan fitur WebStorage dan Xiaomi dengan Mi Cloud nya.

Kesimpulan

Sementara kadang kita telah berhati-hati dengan perangkat kita, kadang-kadang juga saat memang lagi apes, bisa saja mungkin kita akan tetap kehilangan dan tidak berhasil mengambilnya.

Dalam kasus saya, saya mencoba menelepon ponsel saya tetapi telah dimatikan. Jadi saya masuk ke Android Device Manager via telepon lain, dan ada petunjuk untuk menghapus semua data saya dari jarak jauh saat ponsel nanti diaktifkan dan terhubung ke Internet.

Satu-satunya hal yang bisa saya lakukan adalah untuk lebih berhati-hati dengan perangkat berikutnya, dan tentu saja melakukan semua tindakan pencegahan tersebut diatas untuk mengamankan perangkat berikutnya dari pencurian atau kehilangan.


Emoticon Emoticon