Sunday, April 03, 2016

FOTOR: Photo Editor Gratis Untuk Perangkat Mobile, Desktop dan Online/Web


Tidak semua gambar atau foto harus diedit menggunakan Adobe Photoshop ataupun Adobe Lightroom. Menggunakan Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom untuk latihan image editing ringan saya pikir akan menjadi sedikit berlebihan. Ketika misalnya ada seorang teman meminta saran tentang perangkat lunak editing foto atau gambar, biasanya banyak yang akan menyarankan mereka untuk menggunakan Adobe Photoshop. Namun, apakah Anda rela membeli sebuah software dengan harga yang terbilang tidak murah hanya untuk sebuah editing kecil? yah kita tahu, bahwa photoshop adalah software berbayar walapun diluar sana ada bertebaran software2 bajakan, tapi apakah Anda ingin menjadi bagian dari penggguna software bajakan? Terutama ketika ada banyak solusi yang tersedia secara online dan gratis, seperti tool yang akan kita bahas berikut ini, yaitu Fotor.

Fotor

Fotor adalah situs photo editing secara online yang memungkinkan Anda untuk dapat mengedit gambar atau foto Anda, membuat kolase foto, membuat photo cards dan mengubah gambar Anda menjadi gambar HDR. alat ini juga merupakan alat yang multiplatform, atau dapat digunakan untuk bekerja di beberapa platform. Anda dapat mendapatkannya pada:
  1. Windows 
  2. Windows 8 
  3. Mac 
  4. Android 
  5. iOS
Photo Editor Gratis Untuk Perangkat Mobile, Desktop dan Online/Web 

Mengedit Gambar Secara Online Dengan Fotor

Untuk memulai, silahkan buka www.fotor.com dan upload gambar atau foto Anda. Mungkin butuh beberapa detik atau lebih untuk proses meng-uploadnya, tergantung pada ukuran file gambar.
 

Edit Foto atau Gambar

Untuk "Photo Editing", Anda dapat menemukan fitur-fitur pengeditan dasar seperti: efek, frame, clip art dan menambahkan teks. Anda dapat melakukan penyesuaian dasar seperti crop, rotate, dan mengubah ukuran gambar Anda.

Fungsi untuk pengeditan dasar hampir mirip seperti yang Anda temukan pada perangkat lunak Adobe Photoshop. Anda dapat mengontrol
white balance untuk gambar, menyesuaikan tone dan meluruskan atau straighten gambar Anda. Namun alat ini tidak memiliki fungsi seperti mengganti warna, menyesuaikan tone warna atau menyesuaikan kurva seperti pada Adobe Photoshop, namun Fotor memang lebih difokuskan untuk pengeditan dasar namun cukup kompleks.

Jika Anda adalah pengguna Instagram atau penggemar filter, kabar baiknya Anda
juga dapat menambahkan filter untuk gambar Anda. Dibandingkan dengan perangkat lunak seperti Adobe Photoshop, dengan Fotor Anda tidak perlu menyesuaikan warna dan pengaturan lainnya secara manual. Yang perlu Anda lakukan adalah untuk memilih filter yang Anda inginkan dan langsung menerapkannya pada gambar Anda - yang pasti jauh akan lebih mudah.

Anda juga dapat menambahkan clip art seperti topi pesta, kacamata hitam dan lain-lain pada gambar Anda. Dalam Adobe Photoshop Anda tentunya juga dapat melakukannya, namun Anda akan perlu untuk mencari dan menginstal
sebuah brushes atau harus memotong gambar untuk menempatkannya pada gambar Anda. Fotor membuat jauh lebih mudah bagi Anda, hanya memilih clip art dan menerapkannya pada gambar Anda. Pilihan mungkin terbatas dan beberapa mungkin tidak sesuai dengan gaya yang Anda inginkan, namun intinya pasti akan lebih mudah daripada menggunakan photoshop.

Fotor Editor Online / Web
Fotor Editor Online / Web

Photo Collage

Anda juga dapat membuat kolase foto dengan Fotor. Ada beberapa jenis template untuk foto kolase yang dapat Anda pilih seperti funky collage, shape collage dan text collage. Cukup pilih template foto kolase yang Anda inginkan dan seret gambar Anda dalam slot gambar, dan Anda telah selesai! Mudah bukan?
Funky collage, shape collage dan text collage hanya tersedia di versi web Fotor. Pada versi desktop, template lebih bersih dan rapi. Meskipun tidak ada template funky di versi desktop, namun ada lebih banyak pilihan template yang dapat Anda pilih pada versi desktop dibandingkan dengan versi web Fotor.

Photo Card

Ingin membuat kartu untuk acara-acara khusus? Dengan Fotor Anda dapat membuat "Photo Cards" untuk acara-acara khusus, seperti untuk hari ibu, Hari Valentine, Ulang tahun dan lain-lain. Ini adalah cara yang lebih mudah untuk membuat sebuah kartu foto jika Anda terburu-buru atau jika Anda tidak memiliki keterampilan dalam menggunakan perangkat lunak lain.

Sudah ada
template pre-made untuk Photo Cards, sehingga yang perlu Anda lakukan adalah memilih template yang anda sukai, jadi  bukan menciptakan sebuah Photo Cards atau kartu foto dari awal. Saat Anda menciptakan kartu foto, Anda dapat menambahkan filter dan bahkan teks ke gambar Anda untuk merapikan kartu. Editing yang dapat Anda lakukan adalah terbatas, namun merupakan alternatif yang lebih mudah jika Anda tidak memiliki keterampilan untuk membuat kartu foto dari awal.

High Dynamic Range (HDR)

Fitur terakhir yang Fotor tawarkan adalah mengubah gambar Anda menjadi gambar HDR. Gambar HDR adalah gambar yang mendekati bagaimana mata Anda benar-benar melihat seperti aslinya. Biasanya fotografer profesional menggunakan HDR karena mereka ingin membuat foto mereka terlihat lebih realistis. Hal ini sangat tidak mungkin bagi seseorang yang ingin melakukan pengeditan dasar untuk menggunakan fitur HDR, sehingga fitur ini dapat dibilang sebuah bonus yang besar.

Untuk membuat gambar HDR, Anda memerlukan gambar yang sama dengan tiga level exposure yang berbeda yaitu
under exposed, over exposed dan balanced exposed. Fotor akan memproses gambar untuk Anda, dan Anda dapat bermain dengan pilihan "Local Tone Balancer" dan "Ghost Reduction" setelah hal itu dilakukan.

Ini sebenarnya adalah termasuk sangat mudah jika dibandingkan dengan menciptakan citra HDR menggunakan Adobe Photoshop.
Pertama, Anda perlu belajar bagaimana menggunakan Adobe Photoshop, jika Anda ingin membuat gambar HDR menggunakannya. Namun, dengan Fotor Anda hanya butuh menempatkan tiga gambar di kotak yang disediakan, klik pada start dan biarkan Fotor melakukan bagian yang sulit untuk Anda.

Menyimpan & Berbagi Foto Anda

Setelah selesai, Anda dapat menyimpan pekerjaan Anda dalam format JPG dan PNG kemudian berbagi foto ke Facebook, Picasa, Flickr atau Twitter. Jika Anda menggunakan Fotor versi desktop, Anda juga dapat berbagi foto langsung dari desktop Anda ke situs jejaring sosial favorit Anda.

Informasi tambahan

Fitur "Photo Card" dan "HDR" hanya tersedia di Fotor versi web. Pada desktop dan aplikasi mobile, Anda hanya akan memiliki "Basic Editor" dan fitur "Photo Collage". Aplikasi seluler juga memungkinkan Anda untuk dapat menangkap dan mengedit foto Anda semua dalam satu aplikasi.

Secara keseluruhan, Fotor adalah editor foto secara online dan desktop yang berguna ketika Anda mencari sesuatu yang mendasar dan mudah digunakan, dan ditambah lagi yaitu gratis.


Emoticon Emoticon