Thursday, May 12, 2016

Apakah Yang Dimaksud Dengan Wireless Charging?


 Wireless Charging dipandang oleh sebagian banyak orang sebagai perubahan terbesar yang pernah ada, yaitu bagaimana cara kita dalam mengisi daya baterai atau lebih kita kenal dengan mengecas HP dengan cara yang berbeda yang para pengguna ponsel belum pernah lihat sebelumnya.  Dan apa sebenarnya Yang Dimaksud Dengan Wireless Charging? Apa manfaatnya? Dan bagaimana cara kerjanya? Baca terus untuk mengetahui apa jawaban dari pertanyaan tersebut!

Wireless Charging dipandang oleh sebagian banyak orang sebagai perubahan terbesar yang pernah ada, yaitu bagaimana cara kita dalam mengisi daya baterai atau lebih kita kenal dengan mengecas HP dengan cara yang berbeda yang para pengguna ponsel belum pernah lihat sebelumnya.

Dan apa sebenarnya Yang Dimaksud Dengan Wireless Charging? Apa manfaatnya? Dan bagaimana cara kerjanya? Baca terus untuk mengetahui apa jawaban dari pertanyaan tersebut!

Apakah Maksud dari Wireless Charging?


Seperti namanya, ini adalah suatu cara pengisian ponsel atau mengecas HP Anda tanpa menggunakan kabel. Pada saat ini, kebanyakan ponsel membutuhkan pengisi daya listrik yang powerfull untuk mengisi ulang baterai ponsel mereka.

Namun dengan handset yang mendukung pengisian nirkabel atau wireless charging ini, Anda tidak akan menghubungkan sesuatu apapun ke dalam ponsel Anda.

Sebaliknya, Anda hanya cukup menempatkan ponsel Anda pada sebuah lempengan pengisi daya (pada dasarnya seperti piring beralas datar - dan itu akan mengisi daya baterai ponsel Anda. Yah... memang semudah itu!

Seperti namanya, ini adalah suatu cara pengisian ponsel atau mengecas HP Anda tanpa menggunakan kabel. Pada saat ini, kebanyakan ponsel membutuhkan pengisi daya listrik yang powerfull untuk mengisi ulang baterai ponsel mereka.  Namun dengan handset yang mendukung pengisian nirkabel atau wireless charging ini, Anda tidak akan menghubungkan sesuatu apapun ke dalam ponsel Anda.  Sebaliknya, Anda hanya cukup menempatkan ponsel Anda pada sebuah lempengan pengisi daya (pada dasarnya seperti piring beralas datar - dan itu akan mengisi daya baterai ponsel Anda. Yah... memang semudah itu!

Apa manfaatnya?


Yang utama adalah kenyamanan. Alih-alih mencari dan mendapatkan untuk menemukan plug socket gratis, Anda dapat memiliki sebuah lempengan wireless charging yang senantiasa terpasang.

Benar sekali, alat tersebut masih menggunakan stopkontak ke listrik, sehingga dapat dikatakan tidak sepenuhnya nirkabel.

Tempatkan piringan atau lempengan tersebut di meja atau di samping meja Anda, dan setiap kali Anda ingin mengisi ulang baterai ponsel, Anda hanya cukup memberbaringkan ponsel Anda di atasnya.

Iya ini serius! akan cukup untuk mengurangi meja Anda menjadi berantakan, dan yang lebih sederhananya lagi, untuk memulai dan menghentikan pengisian cukup simpel dan mudah, karena Anda tidak menghubungkan sesuatu apapun ke dalam ponsel Anda.

Yang utama adalah kenyamanan. Alih-alih mencari dan mendapatkan untuk menemukan plug socket gratis, Anda dapat memiliki sebuah lempengan wireless charging yang senantiasa terpasang.  Benar sekali, alat tersebut masih menggunakan stopkontak ke listrik, sehingga dapat dikatakan tidak sepenuhnya nirkabel.  Tempatkan piringan atau lempengan tersebut di meja atau di samping meja Anda, dan setiap kali Anda ingin mengisi ulang baterai ponsel, Anda hanya cukup memberbaringkan ponsel Anda di atasnya.  Iya ini serius! akan cukup untuk mengurangi meja Anda menjadi berantakan, dan yang lebih sederhananya lagi, untuk memulai dan menghentikan pengisian cukup simpel dan mudah, karena Anda tidak menghubungkan sesuatu apapun ke dalam ponsel Anda.    Hal tersebut juga berarti dapat mengurangi keausan pada ponsel Anda, karena Anda tidak secara berkala akan selalu mencolokkan dan mencabut kabel setiap kali Anda akan mengecas Hp Anda.  Dan pada akhirnya, hal tersebut juga dipandang akan lebih ramah lingkungan. Itu karena ketika ponsel Anda terisi penuh, alas daya akan otomatis nonaktif.  Itu berbeda dengan pengisi daya dengan konektor standar yang masih menguras daya dari listrik bahkan saat ponsel Anda telah terisi pada posisi 100%.  Apakah Ada Kelemahannya?  Dalam bentuk yang ada sekarang ini, teknologi tersebut bisa dibilang lebih lambat dan lebih mahal daripada menggunakan charger konvensional biasa.  Namun, kita harapkan semoga teknologi dengan pengisian nirkabel ini menjadi lebih diterima oleh masyarakat secara lebih luas.  Terdapat juga beberapa permasalahan yang saat ini terjadi, yaitu bahwa sebagian besar smartphone maupun tablet hanya kompatibel pada lempeng pengisi daya nirkabel tertentu.  Itu berarti bahwa dalam beberapa kasus, Anda akan perlu piring atau lempeng wireless charging secara terpisah untuk setiap perangkat Anda.  Dan mudah-mudahan sebuah teknologi wireless charging yang universal nantinya akan bermunculan di seluruh industri secara luas, dan Anda hanya perlu satu sebuah charger nirkabel untuk semua ponsel, tablet dan laptop Anda.

Hal tersebut juga berarti dapat mengurangi keausan pada ponsel Anda, karena Anda tidak secara berkala akan selalu mencolokkan dan mencabut kabel setiap kali Anda akan mengecas Hp Anda.

Dan pada akhirnya, hal tersebut juga dipandang akan lebih ramah lingkungan. Itu karena ketika ponsel Anda terisi penuh, alas daya akan otomatis nonaktif.

Itu berbeda dengan pengisi daya dengan konektor standar yang masih menguras daya dari listrik bahkan saat ponsel Anda telah terisi pada posisi 100%.

Apakah Ada Kelemahannya?


Dalam bentuk yang ada sekarang ini, teknologi tersebut bisa dibilang lebih lambat dan lebih mahal daripada menggunakan charger konvensional biasa. Namun, kita harapkan semoga teknologi dengan pengisian nirkabel ini menjadi lebih diterima oleh masyarakat secara lebih luas.

Terdapat juga beberapa permasalahan yang saat ini terjadi, yaitu bahwa sebagian besar smartphone maupun tablet hanya kompatibel pada lempeng pengisi daya nirkabel tertentu. Itu berarti bahwa dalam beberapa kasus, Anda akan perlu piring atau lempeng wireless charging secara terpisah untuk setiap perangkat Anda.

Dan mudah-mudahan sebuah teknologi wireless charging yang universal nantinya akan bermunculan di seluruh industri secara luas, dan Anda hanya perlu satu sebuah charger nirkabel untuk semua ponsel, tablet dan laptop Anda.

Bagaimana Cara Kerjanya?


Fitur pada pengisian daya nirkabel hampir sama dengan teknologi yang digunakan untuk mengisi baterai pada sikat gigi elektronik. Piring atau lempeng pengisi daya berisi gulungan kawat yang memanfaatkan arus dari listrik untuk menciptakan suatu medan magnet.

Ketika telepon menyentuh lempengan pengisi daya, bidang ini menginduksi arus listrik kedalam kumparan kawat bagian dalam ponsel.

Hasilnya? Taruh ponsel Anda di piringan atau lempeng wireless charging tersebut dan pengisian akan segera dimulai. Setelah pengisian daya selesai dilakukan, Anda hanya cukup untuk mengambilnya dan Anda bebas untuk pergi begitu saja tanpa harus repot dengan kabel yang berantakan!

Fitur pada pengisian daya nirkabel hampir sama dengan teknologi yang digunakan untuk mengisi baterai sikat gigi elektronik.  Piring atau lempeng pengisi daya berisi gulungan kawat yang memanfaatkan arus dari listrik untuk menciptakan suatu medan magnet.  Ketika telepon menyentuh lempengan pengisi daya, bidang ini menginduksi arus listrik kedalam kumparan kawat bagian dalam ponsel.  Hasilnya? Taruh ponsel Anda di piringan atau lempeng wireless charging tersebut dan pengisian akan segera dimulai. Setelah pengisian daya selesai dilakukan, Anda hanya cukup untuk mengambilnya dan Anda bebas untuk pergi begitu saja tanpa harus repot dengan kabel yang berantakan!

Perangkat Apakah Yang Dapat Mengisi Baterai Secara Wireless?


Teknologi ini tersedia pada beberapa ponsel, namun teknologi tersebut belum hadir menjadi sebuah standar. Perangkat yang dilengkapi untuk pengisian daya secara nirkabel yaitu antara lain Samsung Galaxy S6, LG G3, Nokia Lumia 925, Lumia 830 dan Microsoft Lumia 950.

Pada saat artikel ini ditulis, belum ada dari Apple iPhone yang mendukung fitur pengisian daya secara nirkabel. Apple Watch memang mendukung teknologi ini, namun hanya terdapat beberapa pengisi daya nirkabel yang berfungsi dengan gadget tersebut.

Jika ponsel Anda tidak mendukung pengisian daya secara nirkabel, maka janganlah Anda berkecil hati dan putus asa. Ada alternatif lain yang bisa Anda coba, dan Anda akan merasakan sebuah teknologi pengisian daya secara jarak jauh tanpa kabel walaupun ponsel Anda belum mendukung fitur tersebut. 

Ada sebuah alat, salah satunya adalah Powermat's accessory dan dikenal dengan Powermat Ring, yang memungkinkan ponsel Anda dapat melakukan pengisian daya secara nirkabel yang tidak dilengkapi dengan fitur tersebut.

Untuk menggunakan Powermat Ring, anda cukup mencolokkan kabel tersebut ke perangkat iPhone, Windows atau Android Anda dan kemudian meletakkan ponsel Anda pada charger nirkabel Powermat. Dan kemudian akan mengisi seolah-olah ponsel tersebut dicolokkan ke listrik.

Hal ini memang tidak nyaman seperti jika menggunakan wireless charging pada ponsel yang memang hadir dengan teknologi tersebut secara built-in, namun setidaknya hal tersebut akan membawa fitur pengisian daya nirkabel pada smartphone apapun yang Anda inginkan.

Apakah Saya Perlu Membeli Aksesoris Tambahan?


Sebagian besar memang Iya! Sangat jarang sekali bahwa sebuah produsen ponsel akan membundel charger nirkabel dengan sebuah ponsel, sehingga Anda tetap harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membelinya.

Jadi sebelum Anda membeli, ide yang baik adalah untuk melakukan penelitian terlebih dahulu apakah sebuah ponsel memiliki pengisian nirkabel built in, serta mana lempeng pengisi daya yang berfungsi baik pada ponsel tersebut.

Menurut info yang kami dapatkan, di Inggris, sekitar 50 restoran McDonald dan 10 kafe Starbucks dilengkapi dengan wireless charging untuk membuat pelanggan dapat mengisi ponsel mereka secara wireless. Starbucks menggunakan teknologi Powermat Ring seperti yang telah kami jelaskan di atas, sementara di McDonalds, akan membutuhkan ponsel dengan pengisian nirkabel built in.

Dan semoga saja di indonesia hal tersebut juga dapat dirasakan, ataukan memang sudah ada diindonesia? wah saya kurang tahu karena saya jarang masuk McD dan starbuck, hehehe ndesooo...

Apa Yang Akan Terjadi Mendatang?


Suatu hari, semua perabotan rumah kita akan mendukung pengisian daya secara nirkabel, sehingga baterai ponsel akan terisi saat Anda meletakkannya di atas meja.

Menurut informasi yang kami dapatkan juga, di IKEA sudah dijual sebuah lampu dengan alas yang berfungsi sebagai plat pengisian nirkabel. Karena hal tersebut dapat dibilang lebih canggih dari wireless charging yang kita bahas, teknologi ini akan menjadi standar dan umum pada perangkat yang lebih populer, seperti tablet dan laptop.

Kita juga memperkirakan bahwa restoran dan cafe-cafe akan mulai menawarkan layanan pengisi daya secara nirkabel. Jadi saat nanti kita istirahat untuk makan siang di sebuah restoran, kita tidak akan menjadi satu-satunya orang yang sedang mengisi bahan bakar ponsel kita.


Emoticon Emoticon