Saturday, May 21, 2016

Apa itu 4G ? Pengertian, Perbandingan, Perbedaan, serta Keunggulan, Koneksi 4G


Teknologi 4G memungkinkan kita untuk men-download suatu konten dengan kecepatan supercepat dan telah mengubah handset kita menjadi pusat hiburan yang lengkap.

Koneksi 4G begitu sangat cepat, dan apabila dimanfaatkan sepenuhnya maka akan dapat menandingi koneksi serat optik atau broadband rumahan tercepat dalam khasanah per-internetan.


Apa itu 4G ? Pengertian, Perbandingan, Perbedaan ,Keunggulan, serta Kelemahan dari Koneksi 4G
Apa itu 4G ? Pengertian, Perbandingan, Perbedaan, serta Keunggulan, Koneksi 4G

Apa Maksud dan Pengertian dari 4G ?


Istilah 4G adalah singkatan dari "fourth-generation technology" dalam bahasa inggris, namun biasa kita kenal dengan teknologi "generasi keempat" dan mengacu pada teknologi jaringan seluler yang memungkinkan ponsel yang kompatibel dengan 4G untuk dapat terhubung dengan Internet yang lebih cepat dibandingkan sebelumnya. 4G tersebut adalah merupakan suatu pengembangan dari teknologi yang telah ada sebelumnya yaitu 2G dan 3G.

Koneksi 4G menawarkan jaringan ultra pita lebar untuk berbagai macam peralatan elektronik, mulai dari smartphone atau telepon pintar dan juga laptop atau PC komputer desktop.

Download pusatnya game dan aplikasi android terbaru dan gratis langsung di hapemu!

Download market game dan aplikasi android terbaru dan gratis langsung di hapemu!

Terdapat dua standar untuk sistem 4G ini dan yang dikomersialkan di seluruh dunia, standar Long Term Evolution (LTE dari Swedia) dan standar WiMAX (dari Korea Selatan).

Di Indonesia, teknologi WiMAX yang pertama kali dikeluarkan dengan merek dagang Sitra WiMAX oleh PT. FirstMedia yaitu sejak bulan Juni tahun 2010. Kemudian untuk teknologi LTE sendiri, pertama kali diluncurkan dengan merek dagang Bolt Super 4G LTE pada 14 November 2013 oleh PT. Internux.

Saat ini, jumlah pengguna smartphone yang menggunakan 4G masih terbilang cukup kecil jika dibandingkan dengan pendahulunya 3G. Namun bagaimanapun juga, kita selalu berharap hal ini dapat berubah dalam tahun-tahun mendatang dan nanti ketika kontrak 4G mengalami penurunan harga dan jangkauan jaringan 4G selanjutnya pasti akan berkembang di seluruh Indonesia.

Apa Perbedaan Antara 3G dan 4G?


Perbedaan antara 4G dan 3G adalah bahwa dengan koneksi 4G berarti Anda dapat melakukan segala sesuatu yang dengan koneksi 3G dapat Anda lakukan, namun dengan lebih cepat dan lancar dibandingkan sebelumnya. Saat membuka halaman web akan loading lebih cepat, Anda dapat men-download suatu konten hanya dalam hitungan detik, serta Anda dapat melakukan streaming video dan musik bebas dari buffering.


Apa Perbedaan Antara 3G dan 4G?
Apa Perbedaan Antara 3G dan 4G?

Munculnya jaringan 3G pertama kali di indonesia, telah membuat para operator untuk berlomba-lomba menawarkan berbagai macam layanan yang baru dan menarik untuk konsumen. Termasuk video calling dan layanan panggilan suara nirkabel atau "wide area wireless voice telephony".

Namun demikian, di Indonesia sendiri pertumbuhan internet berbasis koneksi 4G ini masih tergolong lambat. Salah satu yang menjadi alasannya adalah, masih banyak perangkat yang memberi dukungan untuk sistem koneksi 3G dibandingkan dengan sistem koneksi 4G atau LTE.

3G juga memungkinkan ponsel untuk membuat para penggunanya dapat menerima dan mengirim email, mendapatkan peta dan navigasi petunjuk arah, serta dapat men-download musik dan video dengan sangat cepat pada handset mereka. Nah..! 4G juga dapat melakukan semua hal tersebut, namun dengan suatu kelebihan yaitu dengan cara yang lebih cerdas dan lebih cepat tentunya.

Harus Baca: 


Tapi apa yang akan terjadi pada masa mendatang, itu yang mungkin akan lebih menarik. Para ahli memperkirakan bahwa 4G akan dapat menjadi katalisator untuk berbagai macam temuan baru berbasis teknologi, hiburan akan berfokus pada layanan internet mobile, seperti sesuatu yang tidak mungkin yang dulu telah kita bayangkan. Dan itu hanyalah beberapa tahun yang lalu. Begitu pesatnya perkembangan sebuah teknologi di dunia ini!

Penyedia hiburan mobile diharapkan akan dapat mengambil keuntungan dari hal ini dengan meluncurkan layanan download film dan TV yang lebih luas.

Hal tersebut akan memanfaatkan kekuatan teknologi 4G untuk memberikan konten, misalnya film berdurasi penuh dalam definisi tinggi atau HD, langsung ke ponsel 4G dan dapat melakukan streaming dalam hitungan detik atau dapat diunduh dalam hitungan menit.

Konektivitas mobile internet yang lebih cepat juga akan membawa pengalaman menjelajahi dunia maya menjadi luar biasa menyenangkan dengan ponsel yang kompatibel dengan 4G, bahkan ketika jalur internet sibuk dengan begitu besarnya lalu lintas data yang sedang berjalan, kita tetap dapat berselancar menjelajah internet dengan rasa nyaman.

Pada akhirnya, pengalaman gaming mobile juga diperkirakan akan benar-benar berubah, dengan koneksi yang lebih cepat ini, menawarkan game online multiplayer yang lebih kompleks serta tentunya menjadi lebih cepat dan nyaman.


Kecepatan 4G vs Kecepatan 3G


Salah satu perbedaan utama antara model sistem konektivitas 3G dan 4G adalah pada sisi kecepatan bagaimana mereka dapat men-download suatu konten dari internet.

Sebuah ponsel 3G biasanya dapat terhubung ke internet dengan kecepatan maksimum hingga 21Mbps, sedangkan ponsel 4G dapat melakukannya pada kecepatan maksimum secara teoritis yaitu pada 300Mbps.

Dalam prakteknya, sekarang koneksi tercepat dalam koneksi 4G yang tersedia secara luas di Indonesia adalah hanyalah sekitar 60Mbps, yang bisa Anda dapatkan jika Anda berada di area mendapatkan banyak cakupan sinyal 4G.

Pada uji coba salah satu operator telekomunikasi di indonesia, menyebutkan jika Anda berada di lokasi titik-titik dan jika pada kondisi yang sepi mampu membarikan kecepatan dari 33Mbps hingga 36Mbps

Tapi sayangnya saat kondisi jalur data sedang padat, maka kecepatan akan mengalami penurunan yang cukup drastis menjadi hanya sekitar 6Mbps sampai dengan 15Mbps saja. Namun dengan kecepatan seperti ini saja sebenarnya memang sudah sangat cukup cepat dan akan mampu untuk memberikan kepuasan tersendiri tentunya ketika kita sedang bermain internet.

Apakah Smartphone Anda Kompatibel dengan 4G ?


Mungkin masih dapat dibilang cukup aman jika saat ini Anda akan membeli sebuah ponsel atau smartphone 3G, namun... dengan Anda membeli sebuah smartphone dengan kompatibilitas koneksi 4G, mungkin akan dapat menjadi sedikit lebih kompleks.

Sebelum membeli ponsel atau smartphone baru, periksa terlebih dahulu spesifikasi dari smartphone yang akan Anda beli tersebut untuk melihat apakah itu kompatibel dengan sistem koneksi 4G ataukah masih menggunakan koneksi 3G. 

Anda dapat membandingkan beberapa penawaran dari berbagai produk dari berbagai vendor dan pastikan Anda mendapatkan smartphone dengan spesifikasi yang sesuai dengan kenginginan Anda, dan tentunya juga sesuai dengan kantong Anda :)


Apakah Smartphone Anda Kompatibel dengan 4G ?
Apakah Smartphone Anda Kompatibel dengan 4G ?

Membeli Smartphone yang Kompatibel 4G


Meskipun sebagian besar ponsel varian baru saat ini hadir dengan kompatibilitas 4G, namun tidak semua ponsel juga mendukung teknologi tersebut.

Secara umum, dan juga banyak diiklankan, telah bermunculan ponsel-ponsel flagship yang menawarkan kompatibilitas 4G dengan harga yang murah. Namun itu sah-sah saja karena adanya persaingan yang cukup besar dari para vendor-vendor penyedia gadget baik pada level mid-range dan bahkan low-end smartphone sekalipun.

Karena Anda mendapatkan koneksi yang lebih cepat dan dapat berbuat lebih banyak dengan ponsel 4G Anda, kontrak 4G tentunya akan jauh menjadi lebih mahal daripada 3G. Namun dengan adanya persaingan atau kompetisi tersebut oleh para vendor, tekanan penurunan harga pada akhirnya akan terjadi, dan berarti harga smartphone 4G juga akan menyesuaikan dengan harga smartphone 3G.

Harus Baca:

Apakah 4G Gratis ?


Dalam urusan tarif, dengan koneksi 4G mungkin akan dikenakan biaya yang lebih mahal dari 3G, namun itu dapat menjadi lebih hemat biaya dalam jangka yang panjang karena keistimewaannya. Karena Anda akan mendapatkan kecepatan yang lebih cepat dan koneksi yang lebih kuat. Jadi tak ada salahnya jika harus membayar lebih untuk mendapatkan koneksi yang juga berkualitas.

Diatas adalah beberapa pengertian, perbandingan, keunggulan, serta kelemahan dari sebuah konektivitas 4G. Semoga dapat menjadi sebuah pengetahuan untuk Anda yang selama ini belum terlalu paham dengan arti dan maksud dari 4G.

Selamat bekerja :)


Emoticon Emoticon