Monday, May 16, 2016

Inilah Sejarah Perkembangan Telepon Selular Dari Pertama Hingga Sekarang


Meskipun sebagian besar dari kita untuk saat ini merasakan bahwa kita tidak bisa hidup tanpa sebuah telepon selular digenggaman kita, namun sebenarnya telepon selular atau lebih kita kenal dengan HP itu ternyata telah ada untuk waktu yang telah lama.


Namun, ponsel yang sebagaimana kita ketahui seperti hari ini tersebut seolah-olah hanya baru ada dalam sekitar 20 tahun terakhir saja.

Meskipun sebagian besar dari kita untuk saat ini merasakan bahwa kita tidak bisa hidup tanpa sebuah telepon selular digenggaman kita, namun sebenarnnya telepon selular atau lebih kita kenal dengan HP itu ternyata telah ada untuk waktu yang lama.  Namun, ponsel yang sebagaimana kita ketahui seperti hari ini seolah-olah hanya baru ada sekitar 20 tahun terakhir saja.  Kapan ponsel pertama kali ditemukan?   Telepon selular, terutama smartphone yang telah menjadi sahabat yang tak terpisahkan kita hari ini, merupakan generasi dari telepon selular yang relatif baru.  Namun, jika membahas tentang dari sejarah ponsel, kita akan kembali ke tahun 1908 ketika sebuah Paten dari Amerika Serikat ini dikeluarkan di Kentucky untuk sebuah telepon nirkabel.  Ponsel diciptakan pada awal tahun 1940-an ketika insinyur yang bekerja di AT&T mengembangkan sebuah cell untuk BTS ponsel (cells for mobile phone base stations)  Ponsel yang pertama kali tercipta, tidak benar-benar seperti ponsel yang saat ini kita kenal. Ponsel pada saat itu adalah radio dua arah yang memungkinkan orang-orang seperti sopir taksi dan layanan darurat dapat berkomunikasi.  Tidak bergantung pada BTS dengan cell yang terpisah (sinyal melewati dari satu cell ke cell yang lain), jaringan ponsel pertama melibatkan satu base station/BTS yang sangat kuat yang mencakup area yang lebih luas.  Motorola, pada 3 April 1973 adalah perusahaan pertama yang memproduksi massal telepon selular genggam pertamanya.  Generasi ponsel ini yang sering disebut sebagai ponsel 0G, atau ponsel Zero Generation. Sebagian besar ponsel saat ini mengandalkan teknologi 3G atau koneksi 4G.  Perkembangan teknologi telepon selular   Ponsel pertama yang diciptakan untuk penggunaan praktis adalah oleh seorang karyawan Motorola bernama Martin Cooper yang kini secara luas dianggap sebagai pemain kunci dalam sejarah ponsel.  Handset yang dapat digunakan di dalam kendaraan telah dikembangkan sebelum ponsel Martin Cooper, namun ia adalah yang pertama menciptakan sebuah telepon seluler yang benar-benar portabel.  Cooper membuat sejarah handphone pada bulan April 1973 ketika ia membuat panggilan yang pertama kalinya dengan sebuah ponsel genggam.

Kapan ponsel pertama kali ditemukan?


Telepon selular, terutama smartphone yang telah menjadi sahabat yang tak terpisahkan kita hari ini, merupakan generasi dari telepon selular yang relatif baru.

Namun, jika membahas tentang dari sejarah ponsel, kita akan kembali ke tahun 1908 ketika sebuah Paten dari Amerika Serikat ini dikeluarkan di Kentucky untuk sebuah telepon nirkabel.

Ponsel diciptakan pada awal tahun 1940-an ketika insinyur yang bekerja di AT&T mengembangkan sebuah cell untuk BTS ponsel (cells for mobile phone base stations)

Ponsel yang pertama kali tercipta, tidak benar-benar seperti ponsel yang saat ini kita kenal. Ponsel pada saat itu adalah radio dua arah yang memungkinkan orang-orang seperti sopir taksi dan layanan darurat dapat berkomunikasi.

Tidak bergantung pada BTS dengan cell yang terpisah (sinyal melewati dari satu cell ke cell yang lain), jaringan ponsel pertama melibatkan satu base station/BTS yang sangat kuat yang mencakup area yang lebih luas.

Motorola, pada 3 April 1973 adalah perusahaan pertama yang memproduksi massal telepon selular genggam pertamanya.

Generasi ponsel ini yang sering disebut sebagai ponsel 0G, atau ponsel Zero Generation. Sebagian besar ponsel saat ini mengandalkan teknologi 3G atau koneksi 4G.

Perkembangan teknologi telepon selular


Ponsel pertama yang diciptakan untuk penggunaan praktis adalah oleh seorang karyawan Motorola bernama Martin Cooper yang kini secara luas dianggap sebagai pemain kunci dalam sejarah ponsel.

Handset yang dapat digunakan di dalam kendaraan telah dikembangkan sebelum ponsel Martin Cooper, namun ia adalah yang pertama menciptakan sebuah telepon seluler yang benar-benar portabel.

Cooper membuat sejarah handphone pada bulan April 1973 ketika ia membuat panggilan yang pertama kalinya dengan sebuah ponsel genggam.

Landmark dalam sejarah ponsel pertama kali


Jepang menjadi negara pertama yang memiliki jaringan telepon seluler komersial yang mencakup seluruh kawasan kota pada tahun 1979.

Sebuah sistem yang bernama Nordic Mobile Telephone (NMT) diluncurkan di Denmark, Norwegia, Swedia dan Finlandia pada tahun 1981.

Langkah besar berikutnya dalam sejarah ponsel berada di pertengahan tahun delapan puluhan dengan Generasi Pertama (1G), ponsel yang sepenuhnya mengusung jaringan selular secara otomatis mulai diperkenalkan.

Telepon seluler pertama yang disetujui oleh FCC (Federal Communications Commission) di Amerika Serikat adalah Motorola DynaTAC pada tahun 1983.

Telepon genggam berkembang dengan pesat  dalam lompatan pada dekade berikutnya, terutama dengan kedatangan teknologi handover.  Teknologi handover ini memungkinkan pengguna untuk tetap dapat saling berhubungan atau melakukan koneksi saat mereka melakukan perjalanan, jadi berpindah antara BTS - sehingga pengguna berjalan dari satu tiang BTS ponsel ke tiang BTS yang lain, namun koneksi dan percakapan tidak akan down atau terganggu.  Kelahiran ponsel Generasi Kedua (2G) adalah di Finlandia pada tahun 1993. Itu adalah tahun pertama ketika pesan teks SMS dikirim dan juga pertama kalinnya layanan data mulai muncul di ponsel.  Ponsel yang kita gunakan saat ini adalah ponsel 3G, atau ponsel Generasi Ketiga, atau ponsel dengan koneksi 4G yang bahkan lebih canggih lagi.  3G diluncurkan pada tahun 2001 dan para operator diizinkan untuk menawarkan berbagai layanan yang canggih seperti video calling dan transmisi data HSPA.  4G diperkenalkan secara komersial dan tersedia di Inggris pada akhir tahun 2012 yang menawarkan koneksi super cepat demikian pula download yang sangat cepat.

Telepon selular modern


Telepon genggam berkembang dengan pesat  dalam lompatan pada dekade berikutnya, terutama dengan kedatangan teknologi handover.

Teknologi handover ini memungkinkan pengguna untuk tetap dapat saling berhubungan atau melakukan koneksi saat mereka melakukan perjalanan, jadi berpindah antara BTS - sehingga pengguna berjalan dari satu tiang BTS ponsel ke tiang BTS yang lain, namun koneksi dan percakapan tidak akan down atau terganggu.

Kelahiran ponsel Generasi Kedua (2G) adalah di Finlandia pada tahun 1993. Itu adalah tahun pertama ketika pesan teks SMS dikirim dan juga pertama kalinnya layanan data mulai muncul di ponsel.

Ponsel yang kita gunakan saat ini adalah ponsel 3G, atau ponsel Generasi Ketiga, atau ponsel dengan koneksi 4G yang bahkan lebih canggih lagi.

3G diluncurkan pada tahun 2001 dan para operator diizinkan untuk menawarkan berbagai layanan yang canggih seperti video calling dan transmisi data HSPA.

4G diperkenalkan secara komersial dan tersedia di Inggris pada akhir tahun 2012 yang menawarkan koneksi super cepat demikian pula download yang sangat cepat.


Emoticon Emoticon