Thursday, June 23, 2016

20 Tips Terbaik Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop


Bagaimana ya cara mempercepat kinerja komputer saya? Ini adalah salah satu pertanyaan yang kerap sekali saya dengar dari banyak teman, tetangga, keluarga, para pengguna komputer windows. Dan Anda pun akan mendapatkan banyak jawaban dari pertanyaan khusus ini.

Jadi, bagaimana cara mempercepat kinerja komputer Windows Anda? apa yang akan kami bagikan dalam posting pada kali ini? Lantas apa yang spesial dalam postingan ini sementara Anda sudah mendapatkan banyak jawaban perihal topik tersebut? Dalam posting ini kami akan berbagi sesuatu yang berbeda yang Anda tidak akan mendapatkan di mana saja kecuali dari blog ini. Jadi silahkan Anda baca lebih lanjut kebawah agar Anda tidak penasaran, hehehe...

15 Lebih Cara Mempercepat Kinerja Komputer Anda


Banyak sekali telah beredar jenis software pengoptimalan atau PC optimizer yang tersedia sekarang ini. Namun kita sebenarnya dapat melakukan tugas yang sama walaupun tanpa menggunakan sebuah aplikasi PC optimizer apapun. Jadi, pertanyaannya adalah mengapa banyak orang yang masih menggunakan pengoptimalan jenis ini yang hanya akan membuat memori pada PC windows kita tersita, atau dengan kata lain hanya akan memenuhi memori atau RAM pada komputer kita ?

Anda seharusnya tahu jika Anda tidak dapat membuat komputer Anda untuk melakukan tugas melampaui kemampuan dari perangkat keras pada komputer Anda.

Ada terdapat beberapa alasan kenapa komputer Anda tidak dapat melakukan tugas dengan kemampuan maksimum. Jadi kami akan memberikan beberapa tips cara mempercepat kinerja komputer yang berguna dan dapat membantu Anda untuk memperbaiki atau membuat komputer Anda mendapatkan kemampuan yang lebih optimal.

Hal tersebut tidak berarti jika Anda memiliki komputer high-end dengan software-software terbaru kemudian Anda pasti akan mendapatkan hasil maksimal dari perangkat Anda. Silahkan baca bagaimana cara mempercepat kinerja komputer dan membuat komputer Anda dari yang sebelumnya hanya dapat berjalan kemudian menjadi terbang...

Gambar Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop

1. Cara Mempercepat Kinerja Komputer dengan Memperbarui Semua Driver


Biarpun Anda memiliki komputer yang berkinerja terbaik. Tidak peduli Anda memiliki perangkat keras lama atau baru, Anda tetap harus menginstal semua pembaruan driver dari perangkat tersebut. Driver terbaru akan memperbaiki bug dan meningkatkan kinerja pada perangkat komputer Anda. Di Windows sendiri, Anda dapat menggunakan Windows Update untuk menginstal driver yang terbaru. Jika Anda menghadapi masalah dengan driver baru, Anda dapat selalu melakukan roll back ke driver sebelumnya dari device manager.

2. Cara Mempercepat Kinerja Komputer dengan Memperbarui Semua Software Aplikasi


Dalam kasus pada software atau aplikasi, sebagian besar aplikasi terbaru selalu menjadi yang terbaik! Itulah alasan kenapa mereka (para vendor) selalu merilis versi terbaru. Pembaruan atau update mungkin akan membuat aplikasi menjadi lebih sedikit mengkonsumsi sumber daya, perbaikan bug atau hanya menambah beberapa fitur yang baru. Jadi sekarang silahkan Anda mulai tidak malas untuk memperbarui semua Software aplikasi Anda. Jangan gunakan perangkat lunak ilegal. Perangkat lunak bajakan dapat merusak komputer Anda. Perangkat lunak bajakan juga dapat menginstal malwares ke dalam sistem Anda.

3. Cara Mempercepat Kinerja Komputer dengan Meng-uninstall Software yang Tidak Perlu


Menghapus atau meng-uninstall semua software yang tidak perlu untuk memastikan aplikasi-aplikasi tersebut tidak membuang-buang ruang disk dan sumber daya adalah salah satu cara mempercepat kinerja komputer Anda. Tetapi jangan menyingkirkan aplikasi usang Anda (the one and only) yaitu program antivirus. (Sesuatu yang lebih baik daripada tidak sama sekali)

4. Cara Mempercepat Kinerja Komputer dengan Konfigurasi Hardware


Jika Anda membeli komputer Anda dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, Anda mungkin akan memiliki komputer yang masih terbilang layak dan bahkan terbaru. Namun jika PC atau komputer Anda adalah sudah lebih dari 10 tahun, Anda harus serius mempertimbangkan untuk membeli yang baru atau setidaknya untuk upgrade hardware yang lebih baru.

Bukan hanya sekedar membeli sesuatu. Sebelum membeli yang baru atau mengupgrade, Anda harus memeriksa atau survey di internet untuk pilihan yang terbaik. Seperti yang saya katakan di atas perangkat keras yang "hanya baru" tidak dapat memberikan jaminan untuk mendapatkan pengalaman berkomputer yang bagus.

Komputer untuk penggunakan pada kantor tidak membutuhkan banyak sumber daya. Sedangkan bila Anda menggunakan untuk tujuan seperti desain grafis, video editing dan game, Anda harus mempertimbangkan untuk memilih komputer dengan spesifikasi yang lebih banyak pada ruang memori RAM, memori video, VGA, dan lain-lain.

5. Cara Mempercepat Kinerja Komputer dengan Menonaktifkan Start up Aplikasi


Sebagian besar software atau aplikasi seperti sistem utilitas, program antivirus, download manajer dan startup aplikasi web lain akan ikut berjalan secara otomatis pada saat pertama kali komputer di hidupkan atau Windows start.

Program-program tersebut akan memperlambat proses boot pada Windows. Anda dapat mengontrol program startup dari konfigurasi sistem. Di jendela System configurations, pada menu Startup, silahkan Anda hapus centang untuk mematikan semua perangkat lunak kecuali program antivirus, panel kontrol sound driver dan aplikasi lainnya yang penting.

Cara mempercepat kinerja komputer Anda adalah dengan menghapus semua entri atau aplikasi yang tidak diinginkan. Anda mungkin harus me-restart Windows setelah menerapkan ini. Dan Anda akan melihat perubahan saat komputer Anda boot dalam waktu yang lebih cepat. Jika Anda tidak memiliki aplikasi pada startup, tentu saja Anda tidak akan melihat perubahan!

6. Cara Mempercepat Kinerja Komputer dengan Menonaktifkan Startup Services


Menonaktifkan startup services adalah salah satu cara mempercepat kinerja komputer. Dalam System configurations (baca Catatan di bawah ini untuk mengetahui bagaimana untuk membukanya), pada Services, hapus centang layanan yang tidak diinginkan. Dan Anda jangan menonaktifkan pada bagian Windows Services (meskipun beberapa dapat dinonaktifkan). Alasan saya mengatakan ini adalah bahwa jika Anda menonaktifkan startup dari layanan Windows Update Anda tidak dapat menggunakannya sampai layanan diaktifkan lagi secara manual.

Catatan: Untuk membuka konfigurasi sistem: Ketikkan "msconfig" dalam Run dan tekan Enter. Anda juga dapat menggunakan Windows+ R pada keyboard untuk membuka Run.

7. Visual Effect


Visual Effect pada Windows memainkan peran penting dalam mempengaruhi kinerja komputer Anda. Buka System di Control Panel. Kemudian klik Advanced system settings. Klik pada tab Advaced. Sekarang Anda akan melihat Performance Settings, silahkan Anda buka.

Anda dapat mengatur efek visual sesuai keinginan Anda. Tetapi jangan pernah set pada "Let Windows choose what’s best for my computer". Windows akan mengatur high visual effects bahkan jika Anda memiliki basic configuration sekalipun. Yang harus Anda lakukan adalah mengatur untuk mendapatkan kinerja yang terbaik. Itu akan sangat meningkatkan kinerja komputer Anda.

Bukankah ini terlalu banyak dapat meningkatkan kinerja? Anda benar! Bahkan saya sendiri belum pernah menetapkan ke performa terbaik. Jika Anda merasa tidak nyaman setelah menonaktifkan semua dari efek tadi, silahkan aktifkan efek yang sangat Anda sukai. Jika Anda memiliki high-end komputer, Anda dapat mengaktifkan semua efek tersebut. Jadi pertimbangkanlah...

8. Power Option


Anda dapat membuka Power Options dari Control Panel. Anda dapat mengatur Power Options yang ingin Anda gunakan. Gunakan high performance plan untuk kinerja terbaik. Tapi jika Anda menggunakan laptop, Balanced atau Power Saving dapat meningkatkan masa pakai baterai.

9. Windows Features


Untuk mempercepat kinerja komputer, Anda dapat menonaktifkan Windows Features yang tidak sering digunakan. Anda dapat membuka jendela ini dari Programs and Features di Control Panel. Jika Anda tidak sering menggunakan Windows search, Anda dapat mematikan Layanan pengindeksan atau Indexing service. Indeks penelusuran atau Search index adalah fitur utama yang mempengaruhi kinerja. Namun ingat, Jangan menonaktifkan fitur yang Anda kurang tahu fungsinya.

10. Virtual Memory


Paging file adalah ruang pada hard disk yang akan Windows gunakan menjadi seolah-olah sebagai RAM. Fitur Paging file memainkan peranan penting untuk cara mempercepat kinerja komputer Anda. Buka System di Control Panel. Klik pada jendela Advanced system settings, pada Advanced, Klik pada change (di bawah virtual memory). Atur ukuran di drive C: untuk ukuran kustom. Anda harus menetapkan ukuran awal yaitu ukuran aslinya RAM dan ukuran maksimum adalah kurang dari dua kali ukuran RAM Anda. Memori virtual dapat lebih efektif jika Anda memiliki SSD (Solid State Drive). Itu lebih cepat daripada HDD konvensional.

11. Performance Options


Pergi ke System pada Control Panel.. Klik Advanced system settings. Klik pada tab Advance. Kemudian Anda akan melihat Performance Settings, lalu silahkan Anda membukanya. Di tab Advanced tetapkan Processor scheduling to Programs. Pilihan lainnya adalah untuk komputer yang digunakan sebagai internet server.

12. Themes/Tema


Sistem operasi Windows memiliki tema Aero. Itu akan membuat komputer Anda terlihat indah namun konsekwensinya adalah akan memakan sumber daya sistem komputer Anda. Untuk mempercepat kinerja komputer, Anda dapat menggunakan tema dasar Windows atau Windows basic themes pada komputer low end.

Biasanya jika komputer akan menjalankan aplikasi pada sumber daya yang rendah, itu akan menampilkan peringatan untuk beralih ke tema dasar.

13. ReadyBoost


ReadyBoost adalah salah satu cara mempercepat kinerja komputer Anda dengan menggunakan ruang penyimpanan pada kebanyakan USB flash drive dan kartu memori flash. Ketika Anda pasang perangkat penyimpanan yang kompatibel dengan ReadyBoost ke komputer Anda, kotak dialog AutoPlay memberikan Anda pilihan untuk menggunakan ReadyBoost.

Jika tidak Anda bisa klik kanan pada ikon perangkat penyimpanan dalam "Computer" dan mengaktifkannya pada jendela ReadyBoost. Jika Anda memilih opsi ini, Anda dapat memilih berapa banyak memori pada perangkat yang akan digunakan untuk tujuan ini. Jika Anda mengaktifkan ReadyBoost Anda tidak dapat menggunakan ruang yang digunakan oleh ReadyBoost untuk perangkat penyimpanan.

14. Open Program


Terlalu banyak program terbuka pada suatu waktu dapat menyebabkan komputer Anda menjadi lambat. Cara mempercepat kinerja komputer adalah dengan Anda menonaktifkan program yang tidak diinginkan pada start-up, dengan begitu mungkin tidak akan ada program yang berjalan lagi pada latar belakang.

15. Disk Cleanup


Disk Cleanup dapat mengurangi jumlah file yang tidak perlu pada hard disk untuk membebaskan ruang penyimpanan dan membantu komputer Anda berjalan lebih cepat. Menghapus file-file sementara, mengosongkan Recycle Bin, dan menghapus berbagai sistem file dan item lain yang Anda tidak perlukan lagi.

Anda dapat membuka Disk Cleanup dengan meng-klik kanan pada drive di Computer. Kemudian pilih file dan klik OK. Dalam pesan yang muncul, klik Hapus berkas. Pada tab More Options, Anda dapat menghapus System Restore dan Shadow Copies. Anda dapat menghapus restore points yang lama dan membebaskan ruang pengimpanan. Untuk cara mempercepat kinerja komputer Anda harus melakukan hal ini pada setiap drive yang ada pada komputer Anda.

16. Defragment Hard Disk


Fragmentasi membuat hard disk Anda melakukan pekerjaan tambahan yang dapat memperlambat komputer Anda. Perangkat penyimpanan removable seperti USB flash drive juga menjadi terfragmentasi. Jika Anda memiliki SSD Anda dapat melewatkan ini. Solid State Drive tidak dapat terfragmentasi. Disk Defragmenter menyusun data terfragmentasi dan membuat disk dan drive Anda dapat bekerja lebih efisien. Anda dapat menggunakan Disk Defragmenter di Windows untuk melakukan tugas ini. Cara mempercepat kinerja komputer Anda selanjutnya adalah dianjurkan untuk melakukan defragment setelah Anda menghapus semua file yang tidak perlu dari komputer Anda.

17. Menghapus Temporary Files


File Sementara atau Temporary Files adalah file otomatis yang tercipta pada windows ketika menggunakan suatu aplikasi atau data. Setelah lama kelamaan, penggunaan file ini akan menumpuk dan akan menyita banyak ruang disk di drive C. Dan file-file ini juga menyebabkan komputer Anda melambat. File-file ini sejatinya tidak dibutuhkan lagi (setelah pemakaian) dan dengan menghapus file-file ini tidak akan membahayakan komputer Anda. Salah satu cara mempercepat kinerja komputer Anda adalah dengan menghapus file-file sementara tersebut.

18. System Maintenance


Anda harus menjalankan Windows System Maintenance task untuk memastikan bahwa komputer Anda tetap berfungsi dengan baik. Masuk ke Control Panel, klik pada Troubleshooting. Kemudian jalankan Maintenance task dan periksa pada masalah kinerja atau performance issues. Keduanya akan memeriksa masalah dan memperbaiki masalah sendiri otomatis. Jika ada beberapa masalah lain yang tidak dapat diperbaiki, mereka akan memberitahu Anda.

19. Windows Processes


Anda pasti pernah mengalami komputer Anda akan terasa semakin melambat. Apakah Anda pernah mengalami Windows Explorer menjadi melambat dan membuat Anda tidak dapat melihat file lagi? Ini kemungkinan adalah "Windows Processes" yang berjalan pada latar belakang dan menyebabkan semua kekacauan tersebut!
Cara mempercepat kinerja komputer Anda adalah: Buka Task Manager (Ctrl + Shift + Esc untuk membuka) klik kanan pada proses yang banyak menggunakan sebagian besar CPU dan end process atau kill processes tersebut. Anda tidak perlu melakukan kill processes pada proses yang tidak banyak memakan memori sumber daya Anda. Saya mendapati proses-proses inilah biasanya yang memperlambat:

explorer.exe


Anda dapat mengakhiri proses ini. Tapi Anda harus me-restart nya dengan mengetikkan "explorer" pada Run (Windows+R) atau pada Task Manager. Windows Explorer dapat membutuhkan waktu lama untuk memuat jika banyak folder dengan jumlah file yang besar dan jika Anda menetapkan "Sort by" atau "Group by" berdasarkan Date Modified.

rundll32.exe


Proses ini dijalankan ketika Anda menjalankan permainan atau semacamnya. Aman untuk mengakhiri proses ini setelah permainan atau program telah dibuka. Permainan atau game tidak akan bisa dibuka tanpa service ini, namun tidak diperlukan lagi setelah menjalankannya (atau selama bermain game).

system.exe


Proses ini dapat menggunakan banyak sumber daya CPU dan jaringan Anda. Jika Anda menemukan proses ini memperlambat komputer Anda, Anda dapat mengakhiri proses atau menunda proses. Tetapi jangan pernah melakukan "end process tree". Jika Anda melakukannya, Windows akan crash pada saat itu juga! Dalam Windows 8 lebih baik untuk mengabaikan proses ini. Bermain-main dengan hal tersebut di Windows dapat menyebabkan terjadinya instant crash!

svchost.exe, taskhost.exe, conhost.exe


Proses ini juga sama seperti "system.exe" tetapi satu perbedaannya adalah bahwa Anda dapat mengakhiri proses secara "end process tree"! Mungkin ada banyak proses latar belakang dengan nama-nama ini. Nama-nama ini juga digunakan oleh virus untuk menyamarkan dirinya agar menyerupai sebagai Windows proses dan dapat merusak PC Anda. Untuk cara mempercepat kinerja komputer, Saya menyarankan Anda untuk memindai sistem Drive (Drive: C ) dengan program anti-virus Anda yang up-to-date untuk memastikan bahwa komputer Anda terbebas dari virus.

20. Cara Mempercepat Kinerja Komputer dengan Program antivirus


Infeksi virus selalu dapat memperlambat komputer Anda bahkan dapat merusaknya. Hal ini dapat menyebabkan sistem crash. Jika Anda menggunakan internet pada komputer, Anda harus memiliki program anti virus yang terinstal di komputer Anda.

Juga sebuah antivirus yang menyimpan definisi virus yang telah diperbarui alias up-to-date. Banyak program antivirus tersedia di internet yang dapat Anda gunakan. Versi gratis juga cukup sekedar untuk keamanan komputer Anda. Tetapi akan ada fitur terbatas dalam versi gratis. Beberapa program antivirus dapat memperlambat komputer Anda saat pemindaian. Anda dapat mengakhiri program antivirus ini saat Anda sedang bermain game untuk membebaskan sumber daya sistem.

Ikuti tips cara mempercepat kinerja komputer yang diberikan dan Anda akan melihat kinerja PC komputer atau laptop Anda akan bekerja maksimal. Cobalah dan ceritakan pengalaman Anda pada kolom komentar.

Semoga bermanfa'at, dan selamat beraktifitas...


Emoticon Emoticon