Wednesday, June 15, 2016

Begini Cara Install Aplikasi Tidak Resmi "Unauthorized" di Ponsel Android atau Tablet


Google dan juga Apple, keduanya sangatlah ketat mengendalikan aplikasi mana yang dapat diinstal pada iPhone dan pada Android Anda. Namun kita sebagai konsumen mungkin sering berpikir bahwa sebenarnya tidak harus seperti itu juga karena kita seringkali terhalang untuk mendapatkan aplikasi yang kita butuhkan namun dianggap sebagai aplikasi unautorized atau tidak sah. Maka dari itu, Saat ini juga, kami akan mengajarkan Anda bagaimana untuk dapat menembus "Taman berdinding" tersebut untuk menginstal aplikasi yang tidak mendapat otorisasi pada perangkat Android Anda.

Begini Cara Install Aplikasi Tidak Resmi "Unauthorized" di Ponsel Android atau Tablet

Mengapa Aplikasi Dikatakan Unauthorized?

Ada banyak aplikasi yang tidak sah atau menjadi Unauthorized sebenarnya pernah tersedia di Google PlayStore, hanya saja aplikasi-aplikasi tersebut telah dicekal atau di banned oleh pihak Google karena telah melanggar Persyaratan Layanan Google atau Terms of Service Google dalam beberapa hal atau sebab yang lainnya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa aplikasi menjadi tidak tidak resmi atau Unauthorized:

  • Mereka Melanggar salah satu dari Syarat Layanan Google, seperti pembatasan aplikasi porno, aplikasi senjata, dan lain-lain.
  • Mereka Melakukan fungsi ilegal/illegal function pada User perangkat Android
  • Aplikasi tersebut melakukan aktivitas berbahaya/malicious functions, seperti operasi h*ck*ng atau phishing
  • Aplikasi tersebut saat ini dalam bentuk beta dan hanya akan dirilis sebagai unofficial beta
  • Pengembang sebelumnya telah kesulitan untuk menempatkan aplikasi ke Google PlayStore karena beberapa alasan, dan kemudian merilis aplikasinya di luar PlayStore

Kesimpulannya, ada beberapa alasan mengapa aplikasi menjadi Unauthorized di Google Play Store. Ketika sebuah aplikasi telah menjadi Unauthorized, satu-satunya cara untuk menginstal aplikasi ke perangkat Anda adalah dengan cara "Sideload" aplikasi tersebut. Sideloading adalah proses menginstal aplikasi di luar prosedur instalasi aplikasi bawaan Android.

Apakah itu Beresiko?

Ada alasan Google dan Apple tidak membiarkan Anda menginstal aplikasi yang Unauthorized tersebut secara default: yaitu adalah sebuah cara untuk menghindarkan perangkat Anda dari ancaman luar. Google secara otomatis memindai setiap aplikasi di PlayStore dan tidak dapat melakukan hal yang sama untuk aplikasi yang berada di luar Google PlayStore .

Jadi tentu saja jawabanya adalah sangatlah berisiko untuk melakukan sideload aplikasi ke perangkat Anda.

Namun Anda juga bisa saja tidak sengaja men-download aplikasi malware dari PlayStore. Jadi, baik Anda melakukan sideloading aplikasi atau menginstal aplikasi dari Play Store, Anda tetap harus cermat dan hati-hati.

Yang paling penting, jangan pernah mencoba untuk men-download aplikasi atau APK untuk aplikasi yang berbayar di luar Google PlayStore. Pembuat malware seakan tahu jika Anda pasti akan mencari versi gratis dari aplikasi berbayar, dan mereka sengaja membujuk Anda dengan janji-janji dari file APK pro atau berbayar yang dapat didownload secara gratis. Hindari aplikasi Android gratis premium pada semua pilihan (kecuali jika Anda ingin merasakan bagaimana rasannya diserang malware).

Jika Anda mencoba memverifikasi identitas dari pengembang aplikasi tersebut, periksa keaslian dari aplikasi, kemudian baca review dari pihak ketiga, dan lakukan semua pemeriksaan keamanan lainnya, sehingga tidak ada alasan untuk tidak menginstall aplikasi melalui sideloading.

Baiklah, selanjutnya mari kita lihat bagaimana Anda dapat melakukan sideload aplikasi di Android.

Cara Sideload Aplikasi di Android

Sideloading aplikasi di Android adalah cara yang lebih mudah daripada melakukan hal yang sama pada iOS. Berikut adalah cara Anda melakukannya.

Cara sideload Aplikasi di Android

Langkah 1) Buka Pengaturan> Keamanan dan kemudian centang kotak di samping Unknown sources atau Sumber tidak dikenal (pastikan aktif)

Langkah 2) Unduh APK, atau Paket Aplikasi Android. Anda dapat menemukan APK online dari website pengembang aplikasi itu sendiri atau dari situs online lainnya. Anda dapat men-download APK langsung ke perangkat Anda dari internet, atau Anda dapat mentransfernya ke Android Anda melalui USB drive, aplikasi file manager pihak ketiga, dan lain-lain.

Langkah 3) Download aplikasi file manager, jika Anda belum memilikinya. Aplikasi file manager apapun biasanya dapat melakukannya.

Langkah 4) Buka aplikasi file manager Anda dan arahkan ke APK Anda. Anda mungkin akan melihat beberapa pesan peringatan tentang bahaya mendownload dan menginstal file APK diluar PlayStore. Lanjutkan untuk membuka file APK, sampai proses instalasi selesai.

Dalam kebanyakan kasus, setelah menginstal, aplikasi tersebut juga akan secara otomatis memperbarui sendiri, meskipun tidak semua aplikasi melakukan hal itu.

Dan itu saja! Itulah betapa mudahnya cara untuk menginstal aplikasi yang Unauthorized  pada perangkat Android Anda di luar dari Google PlayStore.

Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon