Tuesday, June 21, 2016

Beginilah Cara Melindungi Gadget Atau Handphone Dari Pencurian atau Hilang


Bagaimana cara melindungi gadget Anda baik itu Smartphone, tablet, dan bahkan laptop dari tindakan pencurian? ini adalah pertanyaan yang sangat penting bagi semua orang. Saat ini gadget akan selalu menemani dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita. Gadget begitu sangat penting bagi kita dan kita sadari bahwa kita tidak dapat membayangkan satu hari saja jika tanpa menggunakannya. 

Sebuah Smartphone misalnya, akan membuat kita kecanduan untuk selalu memainkannya dengan fitur-fitur barunya yang akan semakin membuat gaya hidup kita menjadi lebih mudah dan simpel. Jadi di sini adalah 8 cara untuk melindungi gadget penting kita agar tidak dicuri.

Beginilah Cara Melindungi Handphone/Gadget Dari Pencurian atau Hilang

Cara Untuk Melindungi Gadget Anda dari Pencurian

1. Android

Sistem operasi Android dari Google memiliki fitur untuk menemukan perangkat android yang telah dicuri dengan melacak lokasi tertentu melalui http://google.com/android/devicemanager. Hal tersebut dapat melacak perangkat yang terkait dengan Google ID. Pengguna dapat melihat lokasi perangkat mereka di peta Google /Google maps, kemudian dapat mengunci perangkat atau menghapus data pada perangkat secara jarak jauh atau remote, dan bahkan dapat membuatnya berdering.

Anda juga dapat mendownload secara gratis aplikasi perangkat lunak antivirus seperti AVG, Kaspersky, Avast atau Lookout. Aplikasi antivirus tersebut umumnya juga dapat menyediakan fitur pelacakan secara jarak jauh atau remote dari perangkat yang dicuri, dan juga terdapat fitur untuk mengunci ponsel Android Anda dan menghapus semua data dari perangkat tersebut.

2. Apple iPhone , iPad, iPod Touch

Apple juga telah menyediakan aplikasi gratis anti-pencurian pada perangkat-nya yaitu "Find My iPhone" yang bekerja pada semua perangkat iOS. Dengan akun apel Anda, Anda dapat dengan mudah untuk membuatnya dan juga memungkinkan Anda untuk mengelola semua perangkat apple melalui satu account.

Pengguna juga dapat dengan mudah menemukan perangkat mereka dengan cara login ke akun iCloud Anda dari browser apapun dan kemudian menghapus semua data atau menguncinya. Seperti Android, ada aplikasi lain juga yang menyediakan fungsionalitas anti-pencurian yang sama, seperti iLostfinder atau Securiet.

3. Perangkat Windows phone

Fitur anti-pencurian untuk perangkat window dikenal sebagai Find My Phone. Pengguna perlu membuka ke http://windowsphone.com dan masuk ke akun dengan menggunakan Windows Live ID yang sama yang digunakan oleh pengguna pada ponsel windows mereka.

Browser akan menampilkan lokasi ponsel mereka melalui peta dan pengguna dapat untuk mencetak hard copy dari lokasi mereka, jika printer terhubung. Dari PC mereka, pengguna  dapat menderingkan ponselnya dengan lantang, kemudian dapat menguncinya dengan password atau hanya ingin menghapus semua data dari perangkat mereka secara jarak jauh tentunya.

4. Smartphone BlackBerry®

Aplikasi anti-pencurian milik BlackBerry disebut sebagai "BlackBerry Protect". Fitur tersebut dapat diseting dengan menggunakan akun BlackBerry® Anda, dan setelah itu aktif, secara otomatis akan mencadangkan akun Anda, termasuk entri kalender dan bookmark.

Mirip dengan smartphone lainnya hal tersebut juga dapat melacak lokasi perangkat dengan cara masuk ke Website "Protect". Maka pengguna dapat mengirim pesan, mengunci perangkat atau menghapus semua data dari penyimpanannya. Dengan menggunakan "Protect" pengguna dapat mengelola hingga 7 perangkat dengan satu akun.

5. Laptop Windows

Untuk laptop windows, dapatkan aplikasi bernama "LAlarm" (www.lalarm.com), aplikasi tersebut gratis untuk digunakan dan di download. Jika windows terkunci, LAlarm akan membunyikan alarm ketika seseorang memutus kabel listrik atau mencabut USB flash disk.

Untuk mengetahui lokasi laptop, ada layanan lain yang disebut "LocateMyLaptop" - yang juga gratis untuk penggunaan pribadi - dan dapat digunakan untuk mencari notebook menggunakan Google Maps. Dan untuk keamanan lebih lanjut silahkan install aplikasi gratis bernama "Prey" pada perangkat Anda.

6. Apple Macbook

Apple menyediakan solusi anti-pencurian sendiri untuk MacBook yang disebut "Find My Mac". Fitur tersebut secara otomatis akan diaktifkan ketika pengguna sign-in ke akun iCloud mereka. Pengguna akan dapat menghapus data, kemudian juga dapat untuk melacak laptop mereka dari jarak jauh atau membuatnya membunyikan alarm guna untuk menemukannya.

Anda juga dapat mencoba "Plug Spy" (namun tidak gratis) dari www.celmaro.com/plugspy. Hal tersebut akan diaktifkan secara otomatis segera setelah Anda mengunci tampilan layar Anda. Jika seseorang memutus adaptor daya, segera akan terdengar suara peringatan yang keras dan mengirimkan peringatan pemberitahuan ke ponsel pengguna.

7. Security Lock Untuk Laptop

Hampir setiap laptop memiliki Security Lock Kensington. Port ini dapat digunakan oleh plug-in dengan melalui kabel secara fisik yang kompatibel untuk pengguna laptop ke sebuah obyek bergerak. Salah satu ujung kunci masuk ke laptop sementara yang lain dapat dilingkarkan di benda yang berat. Anda bisa mendapatkan kunci atau tombol kombinasi.

Security Lock Untuk Laptop

8. Security Casing Untuk Smartphone atau Tablet

Tablet dan Smartphone adalah gadget yang sangat mudah untuk dicuri. Tidak seperti laptop atau PC, perangkat genggam tidak memiliki port pengunci, sehingga kabel pengunci biasa tidak dapat berfungsi. Namun, Anda dapat membeli sebuah casing khusus, untuk iPad dan iPhone yang dapat membuat pengguna untuk mengunci perangkat mereka pada sebuah meja.

Security Casing Untuk Smartphone atau Tablet

Beberapa pilihan populer di antaranya yaitu, Rokform dan Kensington. Untuk perangkat lain, Anda dapat mencari Mac Locks, atau Universal Lock yang akan berfungsi dengan banyak tablet maupun smartphone.

Demikian, semoga dapat berguna dan membantu bagi yang sedang membutuhkan.

Selamat Sehat Sentosa :)


Emoticon Emoticon