Tuesday, June 28, 2016

Penjelasan Lengkap Tentang Sistem Operasi Berbasis Mobile: Perbedaan dan Manakah Yang Terbaik?


Anda tidak tahu apa itu Sistem Operasi Berbasis Mobile? Mungkin Anda hanya perlu sedikit penyegaran! Atau mungkin Anda hanya ingin melihat perbandingan dari beberapa sistem operasi berbasis mobile yang ada saat ini untuk melihat manakah yang paling cocok untuk Anda? Baca panduan dari kami dibawah ini dan Anda akan segera dapat memutuskan Sistem Operasi Berbasis Mobile mana yang cocok untuk Anda.

Penjelasan Lengkap Tentang Sistem Operasi Berbasis Mobile: Perbedaan dan Manakah Yang Terbaik?

Apa Pengertian Sistem Operasi Untuk Smartphone?

Lewatlah sudah hari-hari dimana ketika ponsel yang dahulu hanyalah sebuah perangkat untuk membuat panggilan telepon dan yang kadang-kadang juga untuk mengirim pesan berbasis teks-teks kepada rekan bisnis Anda.

Smartphone atau Ponsel cerdas modern saat ini, sudah dapat dibilang sebagai komputer genggam yang memungkinkan kita untuk dapat mengirim email, bermain game, menonton berita dan membuat panggilan video ke orang-orang terkasih. Dan banyak lagi selain itu.

Sistem operasi, adalah perangkat lunak yang menjalankan komputer desktop dan laptop kita dan yang mengelola sumber daya dan memori ketika komputer atau laptop kita sedang digunakan untuk multi-tasking.

Namun untuk beberapa waktu sekarang ini, smartphone telah menggunakan sistem operasi juga dan perkembangan yang besar ini telah membawa fungsi lanjutan yang sebelumnya hanya tersedia di komputer kita.

Sistem operasi ini juga dapat diartikan sebuah platform sehingga pengembang dapat membuat aplikasi atau familiar dengan "Apps" dalam dunia mobile (program perangkat lunak yang dikembangkan untuk smartphone yang dapat melaksanakan fungsi tertentu).

Ada ratusan aplikasi yang tersedia dan mereka terus-menerus sedang dikembangkan oleh developer mereka masing-masing dengan tujuan mereka sendiri.

Misalnya, Anda dapat mendownload aplikasi cuaca yang dapat memberitahu Anda keadaan suhu saat ini atau kemungkinan hujan di kota Anda, Apliksi berita atau widget yang dapat mengirimkan berita terbaru langsung ke perangkat Anda pada homescreen, atau bermain game hanya untuk mengendorkan urat syaraf.

Ada beberapa contoh perangkat sistem operasi mobile, yaitu diantaranya adalah: Apple iOS, Google Android dan Microsoft Windows Phone OS.

Cara Mengetahui Apa Sistem Operasi Smartphone Anda

Karena sistem operasi smartphone saat ini begitu sangat terintegrasi dengan tampilan, citarasa dan fungsionalitas dari ponsel tersebut, banyak orang mendasari pilihan mereka dengan hal tersebut untuk memiliki sebuah ponsel dengan sistem operasi apa yang akan digunakannya.

Jika Anda telah membeli smartphone sebelumnya, nama dan versi perangkat lunak harus dilihat secra rinci dalam menu pengaturan.

Namun, jika Anda membeli ponsel baru, sistem operasi dapat ditemukan pada informasi spesifikasi dari handset tersebut.

Apa Saja Jenis Sistem Operasi Smartphone Yang Ada Saat Ini?

Beberapa sistem operasi berbasis mobile ini adalah perangkat lunak open source, yang berarti tidak ada pembatasan terhadap apa yang dapat Anda download di dalamnya, atau siapa saja dapat mengembangkan perangkat lunaknya (dan sering ada sebuah "komunitas" para pengembang).

Sistem operasi Open source sepenuhnya dapat dikustomisasi, sementara yang lainnya biasanya dibatasi penggunaannya berdasarkan pada jenis perangkat lunak yang berjalan pada perangkat tersebut.

Berikut daftar berbagai macam sistem operasi berbasis mobile yang familiar saat ini:


Apple iOS

iOS

Apple iOS adalah sistem operasi multi-touch, dan multi-tasking yang berjalan pada Apple iPhone, iPad, dan iPod.

iOS merespon sentuhan pengguna yang memungkinkan Anda untuk dapat menekan atau menyentuh pada layar untuk membuka suatu program, cubit dengan jari-jari Anda untuk memperkecil atau memperbesar sebuah gambar, atau geser jari Anda di layar untuk mengubah atau menavigasi suatu halaman.

Apple iOS tidak diperbolehkan untuk digunakan dalam sistem pihak ketiga, sehingga Anda hanya akan dapat menggunakannya pada produk buatan Apple. Dilengkapi dengan web browser bernama Safari untuk penggunaan internet, aplikasi iPod untuk memainkan musik, dan Apple's Mail untuk mengelola email Anda.

Anda dapat juga mendownload jutaan aplikasi yang saat ini tersedia di App Store langsung ke dalam perangkat yang menjalankan iOS, baik itu iPhone atau iPad, dari aplikasi buku resep makanan hingga tuitorial untuk bermain gitar dan juga banyak game yang juga dapat Anda download.

Android

Android

Android adalah sebuah sistem operasi yang dimiliki oleh Google dan ditenagai dengan kernel Linux, yang dapat ditemukan pada berbagai perangkat.

Android adalah sistem operasi berbasis open source atau kode sumber terbuka yang memungkinkan para pengembang untuk dapat mengakses pada unlocked hardware dan mengembangkan program-program atau aplikasi baru yang mereka inginkan.

Hal ini berarti adalah akses yang tidak terbatas untuk setiap orang yang ingin mengembangkan aplikasi untuk ponsel dan merupakan sebuah tempat yang sangat sedikit pembatasan terhadap lisensi, sehingga pengguna mendapatkan keuntungan banyaknya konten gratis.

Android saat ini adalah sebuah platform untuk smartphone yang sangat mendominasi karena daya tariknya yang luar biasa dengan spektrum yang luas dari berbagai macam pengguna.

Beberapa fitur terbaik dari Android adalah kemampuannya untuk dapat menyesuaikan beberapa homescreen dengan beberapa widget dan aplikasi yang berguna yang memberikan Anda akses yang cepat dan mudah ke berbagai konten dan fungsi yang paling Anda sukai.

Sistem operasi Android juga memiliki kemampuan yang sangat baik untuk multitasking, ditambah dengan kemampuannya untuk dapat menutup sebuah program atau aplikasi yang berjalan hanya dengan menggeseknya ke kanan atau ke kiri dalam daftar aplikasi yang berjalan pada homescreen atau layar utama ponsel Anda.

Last but not least, Android Market atau sekarang dikenal dengan Google Playstore, yang merupakan pasar aplikasi Android yang setara dengan Apple App Store adalah rumah bagi jutaan aplikasi, Anda akan menemukan banyak aplikasi yang benar-benar gratis.

Windows Phone

Microsoft merilis versi dari platform Windows miliknya yang sangat dirombak untuk penggunaan pada ponsel pada akhir tahun 2010, setelah perangkat lunaknya sempat tertinggal jauh dari iOS dan Android.

Didesain ulang dan dibangun kembali dari dasar dengan penekanan yang lebih besar pada pengalaman pengguna, hasilnya adalah sebuah sistem operasi yang disebut dengan Windows Phone.

Windows Phone dikenali dari antarmukanya yang berbasis tile, dijuluki Metro, yang menampilkan kotak-kotak seperti ubin yang dapat dipindahkan dan saling dipertukarkan dari atas layar beranda atau homescreen nya, masing-masing dengan tujuan dan fungsi yang berbeda-beda.

Sistem operasi Windows Phone juga memiliki agregator yang bernama "hubs", yang dapat mengelompokkan semua foto bersama-sama dari semua aplikasi, atau semua musik dalam satu perpustakaan, yang berarti foto Facebook Anda dapat ditemukan bersama dengan foto kamera Anda, dan dokumen Anda dari sumber yang berbeda juga dikelompokkan bersama dalam satu perpustakaan, sehingga akan sangat mudah untuk diakses.

Windows Phone hadir dengan Internet Explorer dengan versi yang dioptimalkan untuk mobile untuk mengakses web, dan juga terdapat Exchange yang mendukung secure corporate e-mail accounts dengan dukungan push.

Windows Phone

Demikian diatas adalah sedikit penjelasan tentang sistem operasi berbasis mobile yang dapat Anda baca sekedar untuk memperkenalkan apakah itu sistem operasi untuk mobile, beberapa perbedaanya, dan apa saja jenisnya. Semoga dapat berguna bagi Anda yang benar-benar belum mengetahuinya.

Salam sukses...


Emoticon Emoticon