Friday, July 01, 2016

Software Untuk Mengakses Internet: Bagaimana Cara Menghubungkan Komputer ke Wifi Internet


Menghubungkan desktop PC ke jaringan internet melalui Wi-Fi sebenarnya tidak memerlukan banyak software maupun hardware. Dan dapat dengan mudah Anda kerjakan di rumah atau di kantor Anda, semua hal yang Anda butuhkan untuk keperluan tersebut yaitu adalah adapter Wi-Fi untuk komputer, dan sebuah router Wi-Fi yang nanti akan terhubung ke modem dari ISP atau provider internet Anda. 

Menggunakan sebuah Wi-Fi router sebenarmya akan kurang sesuai jika digunakan untuk kantor yang terbilang cukup besar dengan terdapat beberapa PC atau kantor yang membutuhkan keamanan jaringan yang tinggi. Jika itu yang terjadi, Anda harus berkonsultasi dengan teknisi jaringan yang berpengalaman yang nantinya akan dapat merekomendasikan jalur akses nirkabel yang sesuai untuk kantor Anda dan menginstalnya sehingga tidak membahayakan keamanan yang ada.

Software Untuk Mengakses Internet: Bagaimana Cara Menghubungkan Komputer ke Wifi Internet


Pengaturan Router


Langkah 1

Belilah sebuah router Wi-Fi jika anda akan memasang atau menginstal Wi-Fi di rumah atau di sebuah kantor yang kecil tanpa kebutuhan keamanan jaringan yang tinggi. Kebanyakan, konsumen akan mencari jenis router yang simpel dan tanpa ribet yang hanya akan membutuhkan kabel dan modem DSL tanpa membutuhkan perangkat yang lainnya. 

Kebanyakan juga, router ini telah menawarkan jenis enkripsi WPA2 dan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) yang penting untuk melindungi data Anda, namun Anda masih harus membaca deskripsi dari produk tersebut untuk memastikan apakah fitur tersebut benar-benar ada, terutama jika Anda membeli model yang lebih lama.


Langkah 2

Hubungkan router Wi-Fi dengan koneksi Internet melalui port WAN ke modem menggunakan kabel Ethernet atau lebih dikenal sebagai kabel UTP atau kabel LAN.


Langkah 3

Baca dokumentasi dari produsen untuk melihat bagaimana router harus dikonfigurasi. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu menginstal software pada salah satu komputer dalam jaringan. Dalam kasus lain, Anda dapat menghubungkan komputer ke router menggunakan kabel Ethernet dan kemudian mengkonfigurasi router menggunakan browser web.

Langkah 4

Pilih pengaturan router pada opsi default jika Anda tidak berpengalaman dalam memasang router. Termasuk untuk menggunakan opsi DHCP pada router untuk menghindari penyalahgunaan komputer dari akses yang ilegal melalui internet.

Langkah 5

Aktifkan keamanan WPA2 pada password ketika mengatur router untuk mengenkripsi dan melindungi data yang dikirim melalui Wi-Fi. Pilih password yang mengandung kombinasi huruf besar dan huruf kecil serta angka untuk membuatnya sulit bagi siapa pun untuk menebak. Tuliskan password dan simpan di tempat yang aman.

Langkah 6

Mengubah password administrasi default pada router untuk mencegah orang dari membuat perubahan pada pengaturan router. Sekali lagi, ini harus menjadi password yang akan sulit bagi siapa pun untuk menebak. Lepaskan kabel Ethernet dari komputer setelah router selesai di setup.

Pengaturan Komputer


Langkah 1

Periksa spesifikasi pada komputer atau PC Anda untuk melihat apakah komputer Anda telah terdapat adaptor built-in Wi-Fi. Pada Windows 8, Anda dapat dengan cepat melihat apakah komputer Anda memiliki Wi-Fi built-in dengan cara mengklik pada Pengaturan di sidebar desktop. 

Klik pada icon "Wireless Network", yang terlihat seperti lima bar secara vertikal, untuk menemukan jaringan Wi-Fi di komputer Anda berdasarkan nama. Jika PC Anda sudah memiliki konektivitas Wi-Fi, tidak ada perangkat lunak atau perangkat keras lainnya yang akan diperlukan.

Langkah 2

Membeli sebuah adaptor Wi-Fi untuk PC jika diperlukan. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat memilih antara Wi-Fi dalam bentuk Network Interface Card (NIC) atau adapter USB Wi-Fi. Adapter USB mudah untuk dipasang atau diinstal dan dapat dilepas kemudian digunakan di komputer lain. 

Untuk NIC akan sedikit memakan waktu lebih lama untuk menginstalnya, namun akan menjadi bagian permanen dari komputer Anda. Dengan NIC juga tidak akan mengambil salah satu port USB Anda. Baca deskripsi dari produk tersebut untuk memastikan apakah adaptor tersebut didukung oleh sistem operasi komputer Anda sebelum membelinya.


Langkah 3

Matikan komputer kemudian masukkan USB WiFi adapter ke port USB yang tidak terpakai di komputer dan pasang antena jika ada. Sedangkan untuk memasang WiFi model NIC, cabut komputer dari sumber listrik, kemudian buka casing komputer menggunakan obeng lalu masukkan NIC ke slot yang kosong di samping NIC Ethernet pada motherboard. Lepaskan panel knock-out yang berhubungan dari belakang casing, ini diperlukan untuk membuat ruang untuk antena NIC WiFi sebelum menutup casing dan menghubungkannya dengan komputer.

Langkah 4

Nyalakan komputer dan silahkan menunggu Windows untuk mengidentifikasi perangkat keras baru. Dalam kebanyakan kasus, Windows akan mengidentifikasi hardware secara otomatis dan menginstal driver perangkat lunak secara otomatis. Jika tidak, produsen mungkin mengharuskan Anda untuk memasukkan CD instalasi atau mendownload driver perangkat lunak perangkat keras tersebut dari internet.

Langkah 5

Klik "Settings" pada sidebar dari komputer Windows 8, kemudian klik icon "Wireless Network". Semua jaringan Wi-Fi yang tersedia di sekeliling Anda akan ditampilkan. Pilih salah satu jaringan Wi-Fi dari daftar tersebut, yang biasanya jika masih default atau bawaan, akan bernama sesuai nama produsen router Anda diikuti dengan suatu nomor, kecuali Anda mengubahnya ketika mengkonfigurasi router.

Langkah 6

Masukkan password WPA2 Anda ketika diminta. Kamudian buka aplikasi browser web dan buka beberapa alamat website untuk memastikan Anda sekarang terhubung ke Internet atau belum.

Hal Yang Dibutuhkan

  • Wifi router
  • Kabel Ethernet (Kabel UTP / LAN)
  • Adapter Wifi
  • Obeng
  • Ketelitian
  • Kesabaran
  • Kopi
  • Doa seorang ibu :)
Demikian diatas adalah cara bagi pemula untuk mengetahui bagaimana Anda dapat terhubung ke internet menggunakan Wifi, Software apa yang dibutuhkan untuk terhubung ke internet, dan perangkat keras apa saja yang diperlukan untuk menghubungkan ke internet melalui Wifi.

Semoga membantu dan selamat beraktifitas :)


Emoticon Emoticon