Tuesday, May 31, 2016

Malware Du Speed Booster Pada Lock Screen Android Saat Di Charge, Segera Uninstall!

Baru-baru ini telah terdeteksi suatu wabah berupa malware di Android, dan itu datang dari sumber yang telah dipercaya di Google PlayStore. Beberapa aplikasi telah menerima update selama beberapa minggu terakhir yang didalamnya berisi add-on yang tidak diinginkan dengan Aplikasi yang bernama entah itu DU Battery Boost, DU Quick Charge, DU Speed Booster, DU Boost Charge, DU Speed Charge atau nama lain yang dimulai dengan DU.

Sebenarnya hal ini tidak terlalu berbahaya, tetapi add-ons DU ini mengambil alih layar kunci atau lockscreen smartphone Anda untuk menampilkan iklan disaat perangkat Anda sedang diisi daya atau di charge. Dan yang membuat keadaan menjadi lebih buruk adalah... malware tersebut ternyata tersembunyi di dalam aplikasi lain, sehingga akan menjadi sangat sulit untuk menemukan sumber yang sebenarnya menjadi masalah.

Pada akhirnya, masalah ini timbul sebagai akibat dari beberapa ulah pengembang aplikasi yang ingin mendapatkan tambahan pendapatan dari iklan dengan menyertakan layanan DU pada aplikasi yang mereka kembangkan. Dan karena Google belum melakukan upaya untuk memblokir semua pengembang ini dari toko aplikasinya yaitu Google PlayStore, satu-satunya solusi adalah untuk secara manual menghapus aplikasi yang telah menimbulkan isu tersebut.

Jika Melihat "Du" Pada Lock Screen Android Saat Di Charge, Segera Uninstall: Waspada Virus Du Battery Saver

Apa yang harus Anda lakukan?

Untuk Anda ketahui mengenai hal tersebut, beberapa pengembang aplikasi yang sebelumnya telah mendapat kepercayaan, saya rasa sudah melewati jalur yang cukup serius di sini. Jika Anda melihat DU lock screen saat pengisian daya, itu karena aplikasi yang sebelumnya telah Anda nikmati dan telah Anda percaya ini memiliki pengembang yang serakah yang sengaja menyertakan malware ini sebagai bagian dari update aplikasi terbaru mereka, alih-alih untuk mendapatkan tambahan pendapatan dari jaringan iklan, yang saya rasa ini sudah sangat mengganggu para konsumen.

Untuk menyingkirkan malware DU ini, Anda harus meng-uninstall atau menghapus atau mencopot aplikasi yang membawanya ke ponsel Anda. Jika Anda memiliki salah satu aplikasi yang mirip dalam daftar berikut, Anda segera pergi ke halaman Play Store dari aplikasi tersebut (terkait di bawah), lalu tekan tombol "Copot pemasangan".



Aplikasi yang diketahui telah mencantumkan Malware DU 

Daftar tersebut disusun dengan bantuan tool Google Docs spreadsheet yang dimulai oleh Reddit user yaitu Sphincone.

Informasi Tambahan

Pertama, saya ingin menekankan bahwa diatas adalah bukan daftar yang lengkap, jadi mungkin masih ada lebih banyak lagi aplikasi yang menyertakan malware DU yang tidak tercantum di sini. Kami mengatakan bahwa aplikasi tersebut semuanya adalah para penyebar malware Du adalah dengan membaca berbagai ulasan dari pengguna, namun ada tambahan beberapa aplikasi yang dicurigai namun tidak dapat diverifikasi kebenarannya.

Kedua, beberapa aplikasi seperti ES File Explorer, sejak terungkap telah memperbaruinya untuk menghapus malware DU tersebut. Berarti Anda tidak akan melihat iklan pada layar kunci walaupun Anda tetap mempertahankan aplikasi tersebut tetap terinstal pada smartphone Anda, namun perlu diingat bahwa tetap saja pengembang tersebut pernah sengaja menyertakan malware ini, yang cukup menjadikan alasan untuk kita tidak mempercayai mereka lagi.

Thursday, May 26, 2016

(UPDATE) 5 Tips trik Favorit dan Terbaik Untuk WhatsApp

Anda ingin menjadi pengguna WhatsApp yang cerdas ? Hal tersebut mungkin tidak sesulit yang Anda pikirkan. WhatsApp adalah Messenger yang paling populer di dunia, dan sudah waktunya kini Anda mulai untuk menggunakannya secara maksimal. Untuk itu, berikut kami persembahkan untuk Anda... 5 Tips trik Favorit dan Terbaik Untuk WhatsApp.

(UPDATE) 5 Tips dan trik Favorit dan Terbaik Untuk WhatsApp
Tips dan Trik Terbaik Untuk WhatsApp

5 Tips trik Favorit dan Terbaik Untuk WhatsApp


Kontrol Pengaturan Privasi Anda


Sejak pertama kali saya mempunyai WhatsApp, saya sendiri belum pernah menjelajahi menu privasi pada WhatsApp, Lantas bagaimana dengan Anda? dan sebelum menulis artikel tentang Tips dan Trik WhatsApp ini, saya telah mencoba menjelajahi menu privasi pada WhatsApp sehingga saya menjadi tahu ternyata pada WhatsApp terdapat pengaturan tentang privasi

Nah, pada dasarnya WhatsApp mungkin memang kurang bagus menurut saya pada pengaturan privasi secara defaultnya. Karena hal tersebut dapat memungkinkan orang yang tidak dikenal untuk membaca status Anda dan juga dapat melihat gambar profil Anda. Orang lain juga dapat melihat ketika Anda sedang online dan ketika Anda telah membaca pesan mereka.

Kontrol Pengaturan Privasi Anda

Untuk menyesuaikan pengaturan ini, buka pada menu Settings atau Pengaturan, biasanya terletak di pojok kanan atas (yaitu biasanya tiga titik vertikal). Kemudian, klik Setelan. Setelah itu, klik pada menu Akun kemudian Privasi.

Masing-masing dari pengaturan privasi hadir dengan tingkatan level yang berbeda yaitu: untuk "Semua Orang", "Kontak saya", dan "Tidak ada". Anda dapat mengaturnya sehingga tidak ada yang dapat melihat foto profil Anda, misalnya Anda pilih "Kontak saya", itu berarti hanya memungkinkan teman-teman untuk melihat foto profil Anda, dan orang yang tidak dikenal tidak akan bisa melihat photo profil Anda. Anda dapat menyesuaikan semua pengaturan berikut:

Pusatnya Berbagai macam Aplikasi dan Game Android gratis dan terbaru, klik untuk mendownload!

  • Terakhir Dilihat: ini memberitahu pengguna terakhir kali Anda melihat pesan atau membuka WhatsApp secara online (waktu yang ditampilkan berada di bawah nama Anda).
  • Foto profil: Sembunyikan foto profil utama Anda dari orang lain.
  • Status: Menampilkan status yang melekat pada nama pengguna.
  • Laporan dibaca: Menceritakan orang ketika Anda sudah membaca pesan mereka (yaitu dua checkmarks biru yang muncul setelah seseorang telah membaca pesan Anda).

WhatsApp akan sedikit menghukum Anda jika Anda menonaktifkan opsi yang Terakhir dilihat dan Laporan dibaca. Jika Anda menonaktifkan dua pilihan tersebut, maka Anda tidak akan dapat melihat status Terakhir dilihat atau Laporan dibaca dari teman Anda, jadi silahkan Anda pergunakan dengan pertimbangan tersebut.

Harus Baca:

Kirim Satu Pesan Pribadi ke Beberapa Orang Sekaligus


Anda mempunyai agenda acara pesta ulang tahun? Anda ingin semua teman WhatsApp Anda untuk datang? Tapi Anda tidak merasa malas untuk copy paste dan menyisipkan pesan Anda ke setiap percakapan pada kontak Anda?

Di situlah fungsi pesan siaran pada WhatsApp akan sangat berguna. Fungsi ini memungkinkan Anda untuk dapat mengirim pesan (seperti undangan) untuk beberapa orang sekaligus.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuat daftar siaran untuk mengirim pesan ke semua kontak Anda dalam daftar dan kemudian memantau balasan Anda.

Kirim Satu Pesan Pribadi ke Beberapa Orang Sekaligus

Untuk mengirim pesan siaran, tekan pada menu utama (di sudut kanan atas) dan klik "Siaran baru" dari menu. Selanjutnya, tambahkan orang ke daftar dan tekan "Buat". Kemudian, Anda akan dapat mengirim pesan ke semua orang di daftar Anda dan melacak jawaban mereka di tempat yang sama (semuanya muncul di bawah satu jendela percakapan untuk Anda, tetapi mereka tidak bisa melihat satu sama lain).

Penerima pesan Anda hanya akan melihat sebuah pesan pribadi, namun Anda mendapatkan semua tanggapan undangan di tempat yang sama. Ini seperti grup chat untuk Anda, dan pesan pribadi untuk orang lain.


Tambahkan Shortcut Kontak Obrolan Pada Homescreen Anda


Saya tidak tahu bagaimana kebiasaan Anda, tapi saya hanya menggunakan WhatsApp untuk tetap berhubungan dengan beberapa orang saja. Jika Anda seperti saya, maka Anda mungkin ingin menambahkan shortcut obrolan ke homescreen atau layar utama ponsel Anda. Hal tersebut akan menempatkan shortcut untuk chat secara langsung di homescreen Anda (shortcut tampak seperti gambar profil orang tersebut).

 Tambahkan Shortcut Kontak Obrolan Pada Homescreen Anda

Untuk melakukan itu, silahkan Anda pergi ke bagian Chatting dari WhatsApp kemudian tekan dan tahan pada chatting yang ingin Anda tambahkan ke homescreen Anda. Kemudian, ketuk "Tambah pintasan chat" untuk segera menempatkan ikon daftar chatting yang Anda inginkan pada homescreen Anda.

Kapan saja Anda ingin membuka jendela chat WhatsApp dengan orang itu, Anda dapat menekan wajah cantik mereka langsung dari homescreen Anda.


Periksa Ketika Pesan Anda Apakah Telah Dibaca


Secara default, WhatsApp memberitahu Anda jika pesan Anda sedang dibaca (yaitu dua tanda centang biru). Tapi itu tidak benar-benar memberitahu Anda apakah pesan Anda itu telah terbaca.

Sebenarnya ada cara mudah untuk melihat informasi ini. Anda hanya perlu untuk menekan dan tahan pada pesan yang Anda kirim dalam jendela chat, dan kemudian tekan tombol Pesan Info (itu terlihat dalam lingkaran dengan huruf "i" di dalamnya). Ini akan memberitahu Anda ketika pesan disampaikan dan ketika telah dibaca.

Periksa Ketika Pesan Anda Apakah Telah DibacaPeriksa Ketika Pesan Anda Apakah Telah Dibaca2

Format Teks Pesan WhatsApp untuk Mengesankan Teman Anda


Pemformatan teks pada WhatsApp adalah cara mudah untuk menyorot suatu informasi penting dalam sebuah pesan atau hanya untuk mengesankan teman-teman Anda.

Berikut adalah cara pintas format teks untuk WhatsApp:

  • Bold: * Ketik teks tebal di sini diantara tanda bintang *
  • Italic: _Awali dengan underscore untuk teks miring_ 
  • Strikethrough: ~ Masukan tildes sekitar teks Anda untuk menyerang melalui ~
  • Bold & Miring: * _Bold dan miring tulisan Anda dengan menempatkan antara tanda bintang dan garis bawah_ *

Perlu Anda ketahui, bahwa fitur terakhir ini, yaitu format font, sebenarnya adalah bagian dari update WhatsApp yang terbaru dan tidak semua orang mungkin telah memiliki fitur tersebut (untuk yang belum update). Jadi jangan khawatir jika salah satu kontak Anda tiba-tiba mulai mengirim pesan mereka dengan simbol-simbol yang aneh, mungkin mereka hanya mencoba untuk mengesankan Anda.

Itulah 5 Tips trik Favorit dan Terbaik Untuk WhatsApp. Apakah Anda memiliki tips hebat lainnya dari WhatsApp untuk berbagi? Silahkan Anda tuliskan pada bagian komentar di bawah !

Wednesday, May 25, 2016

Cara Mengakses Deep Web di Android Dengan Tetap Aman (TOR untuk Android)

Cara Mengakses Deep Web di Android Dengan Tetap Aman. - Menjaga data dan identitas pribadi online Anda adalah sebuah perjuangan yang cukup berat, namun dengan jaringan anonimitas total dari TOR, Anda memiliki jalur pertahanan yang cukup baik dari para pengintai dunia maya.

Pic of Cara Mengakses Deep Web di Android Dengan Tetap Aman (TOR untuk Android)
Cara Mengakses Deep Web di Android Dengan Tetap Aman

Sementara saat ini TOR memang sangat mudah untuk digunakan untuk para pengguna desktop, karena mereka hanya cukup untuk menginstal sebuah browser TOR atau hanya cukup memasang sebuah Plugin, namun ini akan sedikit lebih kompleks dan rumit jika harus dijalankan pada Android.

Kesulitannya terletak dalam proses untuk mendapatkan semua data dari perangkat Anda lalu mengirimkannya melalui jaringan TOR, yang mana akan menganonimkan data anda kemudian mengirimkan data tersebut melalui berbagai server di seluruh dunia.

Bagaimana Cara Mengakses Deep Web di Android Dengan Tetap Aman


Persyaratan Untuk Mendapatkan Akses TOR


Sebelum Anda menginstal ketiga aplikasi yang nantinya akan dibutuhkan untuk mendapatkan akses TOR sehingga dapat berjalan pada perangkat Android Anda, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa perangkat Android Anda telah diroot. 

Selain itu, karena aplikasi yang dibutuhkan tersebut tidak akan ditemukan di Google Play Store, Maka Anda harus memastikan bahwa Anda telah mengaktifkan mode instalasi aplikasi dari sumber yang tidak dikenal atau mencentang "Unkown Sources" pada perangkat Android Anda. 

Untuk cara mengaktifkan mode sumber yang tidak dikenal biasanya dapat Anda temukan pada menu Pengaturan kemudian Keamanan dan centang pada "Sumber tidak dikenal" atau "Unkown Sources" pada perangkat Android Anda.

Setelah Anda memiliki akses root, Anda akan dapat men-download dan menginstal OrWall, Orbot, dan Orweb untuk merasakan pengalaman penuh akses TOR pada ponsel Android Anda.

Pusatnya Aplikasi dan Game Android Gratis! Klik Untuk Mendownload

Cara Mengakses Deep Web di Android: Instal OrWall


Dikembangkan oleh Swiss privacy activist Cedric Jeanneret, OrWall pada dasarnya adalah sebuah firewall untuk Android Anda yang akan memaksa semua aplikasi (atau hanya yang Anda pilih) untuk menggunakan jaringan TOR untuk mengirimkan semua data-data nya. Dan jika salah satu dari aplikasi tersebut tidak dapat menggunakan jaringan TOR untuk mengakses internet, maka koneksi data akan diblokir.

Pic of Cara Mengakses Deep Web di Android Dengan Aman dengan OrWall
Cara Mengakses Deep Web di Android Dengan Aman dengan OrWall

Download OrWall apk: (https://f-droid.org/repository/browse/?fdid=org.ethack.orwall)

This is not OrWall, OrWall is included in 9apps, you can install OrWall when you install 9apps.

Setelah menginstal APK tersebut, selesaikan program pemandu setup dan reboot Android Anda untuk mengaktifkan proses pada latar belakang. Setelah Anda selesai reboot Android Anda, Anda kemudian dapat membuka Aplikasi OrWall untuk mulai memilih aplikasi mana yang Anda inginkan untuk dapat menggunakan jaringan TOR. 

Cara Mengakses Deep Web di Android: Instal Orbot


Dalam artian yang paling sederhana, menurut para pemangku jabatan pada The Guardian Project (https://guardianproject.info/), Orbot adalah penghubung antara perangkat Anda dan jaringan TOR. Hal ini memfasilitasi berjalannya data dari aplikasi ke jaringan TOR, tetapi hanya dapat melakukannya dengan aplikasi yang mendukung data yang dikirim melalui proxy. Karena keterbatasannya itu, penting untuk memiliki Orbot dan OrWall untuk diinstal pada perangkat Anda, karena OrWall akan dibutuhkan oleh aplikasi yang tidak memiliki dukungan proxy.

Pic of Cara Mengakses Deep Web di Android: Instal Orbot
Cara Mengakses Deep Web di Android: Instal Orbot

Download Orbot: (https://guardianproject.info/releases/Orbot-v14.1.0-PIE.apk)

This is not Orbot, Orbot is included in 9apps, you can install Orbot when you install 9apps.

Pertama kali Anda membuka aplikasi tersebut setelah di instal, Anda harus menyelesaikan wizard pengaturan terlebih dahulu, namun setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah menekan lama tombol Daya untuk mengaktifkan Orbot. Jika suatu saat Anda ingin mengubah Tor Identity Anda ke IP address yang berbeda, Anda dapat menggulir pada layar utama, yang akan berguna jika Anda tidak ingin terlalu lama menyimpang dari IP address yang sama.

Harus Baca:

Cara Mengakses Deep Web di Android: Instal Orweb


Terakhir, kita memiliki sebuah browser yang juga berasal dari pengembang yang menciptakan Orbot yaitu The Guardian Project, disebut Orweb. Sementara Orbot sendiri akan menciptakan koneksi ke jaringan TOR, Orweb inilah yang akan menjadi alat dan memungkinkan Anda menggunakannya untuk menjelajahi web.

Karena data Anda akan berputar melewati sebuah labirin yang besar dan luas dari server TOR internasional, karena itu Anda akan merasakan koneksi Anda seperti melambat, namun harus disadari bahwa ini adalah sebuah harga yang harus dibayar untuk sebuah anonimitas total. 

Sebagai bonus tambahan, Orweb juga dapat mem-bypass sebagian besar suatu pembatasan pada sebuah jaringan sehingga Anda akhirnya akan mendapatkan keuntungan tersendiri, yaitu akses yang bebas bahkan mungkin akan dapat melewati sebuah firewall jaringan pada kantor Anda.

Tidak ada setup yang diperlukan untuk memulai menggunakan Orweb, Anda cukup buka aplikasi dan menunggu homepage untuk menampilkan pesan "sukses" yang akan memberitahu Anda bahwa Aplikasi tersebut telah terhubung ke jaringan TOR.

The Guardian Project juga telah mengerjakan sebuah versi perbaikan dari Orweb bernama Orfox, yang menambahkan fitur seperti tabbed browsing dan cara untuk meminta versi mobile pada sebuah website.

Pic of Cara Mengakses Deep Web di Android: Orfox
Cara Mengakses Deep Web di Android: Orfox

Download Orfox apk: (https://guardianproject.info/builds/OrfoxFennec/latest/)

This is not Orfox, Orfox is included in 9apps, you can install Orfox when you install 9apps.

Sekarang Anda Adalah "Anonim"


Dengan tiga aplikasi tersebut, Anda akan dapat menyimpan sebagian besar data Anda dengan aman, namun jika kita melihat beberapa kasus pembobolan keamanan yang telah terjadi, hal tersebut akan mengingatkan kita bahwa tidak ada segala sesuatu data dari apapun yang dijamin 100% akan aman.

Sementara TOR telah melakukan pekerjaan yang besar yaitu merutekan dan menutupi kehadiran online Anda atau membuat Anda anonim untuk menjelajah internet, Anda juga mungkin ingin tahu lebih jauh apakah itu Deep Web, silahkan Anda buka bembahasan mengenai Deep Web pada artikel kami dibawah ini.

Artikel Terkait:


Sekian tips dan panduan tentang Cara Mengakses Deep Web di Android Dengan Tetap Aman. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda pengguna Android yang berkeinginan untuk mencoba menelusuri bagian terdalam dari internet. Selamat Mencoba dan terimakasih telah berkunjung. Salam :)

Saturday, May 21, 2016

Apa itu 4G ? Pengertian, Perbandingan, Perbedaan, serta Keunggulan, Koneksi 4G

Teknologi 4G memungkinkan kita untuk men-download suatu konten dengan kecepatan supercepat dan telah mengubah handset kita menjadi pusat hiburan yang lengkap.

Koneksi 4G begitu sangat cepat, dan apabila dimanfaatkan sepenuhnya maka akan dapat menandingi koneksi serat optik atau broadband rumahan tercepat dalam khasanah per-internetan.


Apa itu 4G ? Pengertian, Perbandingan, Perbedaan ,Keunggulan, serta Kelemahan dari Koneksi 4G
Apa itu 4G ? Pengertian, Perbandingan, Perbedaan, serta Keunggulan, Koneksi 4G

Apa Maksud dan Pengertian dari 4G ?


Istilah 4G adalah singkatan dari "fourth-generation technology" dalam bahasa inggris, namun biasa kita kenal dengan teknologi "generasi keempat" dan mengacu pada teknologi jaringan seluler yang memungkinkan ponsel yang kompatibel dengan 4G untuk dapat terhubung dengan Internet yang lebih cepat dibandingkan sebelumnya. 4G tersebut adalah merupakan suatu pengembangan dari teknologi yang telah ada sebelumnya yaitu 2G dan 3G.

Koneksi 4G menawarkan jaringan ultra pita lebar untuk berbagai macam peralatan elektronik, mulai dari smartphone atau telepon pintar dan juga laptop atau PC komputer desktop.

Download pusatnya game dan aplikasi android terbaru dan gratis langsung di hapemu!

Download market game dan aplikasi android terbaru dan gratis langsung di hapemu!

Terdapat dua standar untuk sistem 4G ini dan yang dikomersialkan di seluruh dunia, standar Long Term Evolution (LTE dari Swedia) dan standar WiMAX (dari Korea Selatan).

Di Indonesia, teknologi WiMAX yang pertama kali dikeluarkan dengan merek dagang Sitra WiMAX oleh PT. FirstMedia yaitu sejak bulan Juni tahun 2010. Kemudian untuk teknologi LTE sendiri, pertama kali diluncurkan dengan merek dagang Bolt Super 4G LTE pada 14 November 2013 oleh PT. Internux.

Saat ini, jumlah pengguna smartphone yang menggunakan 4G masih terbilang cukup kecil jika dibandingkan dengan pendahulunya 3G. Namun bagaimanapun juga, kita selalu berharap hal ini dapat berubah dalam tahun-tahun mendatang dan nanti ketika kontrak 4G mengalami penurunan harga dan jangkauan jaringan 4G selanjutnya pasti akan berkembang di seluruh Indonesia.

Apa Perbedaan Antara 3G dan 4G?


Perbedaan antara 4G dan 3G adalah bahwa dengan koneksi 4G berarti Anda dapat melakukan segala sesuatu yang dengan koneksi 3G dapat Anda lakukan, namun dengan lebih cepat dan lancar dibandingkan sebelumnya. Saat membuka halaman web akan loading lebih cepat, Anda dapat men-download suatu konten hanya dalam hitungan detik, serta Anda dapat melakukan streaming video dan musik bebas dari buffering.


Apa Perbedaan Antara 3G dan 4G?
Apa Perbedaan Antara 3G dan 4G?

Munculnya jaringan 3G pertama kali di indonesia, telah membuat para operator untuk berlomba-lomba menawarkan berbagai macam layanan yang baru dan menarik untuk konsumen. Termasuk video calling dan layanan panggilan suara nirkabel atau "wide area wireless voice telephony".

Namun demikian, di Indonesia sendiri pertumbuhan internet berbasis koneksi 4G ini masih tergolong lambat. Salah satu yang menjadi alasannya adalah, masih banyak perangkat yang memberi dukungan untuk sistem koneksi 3G dibandingkan dengan sistem koneksi 4G atau LTE.

3G juga memungkinkan ponsel untuk membuat para penggunanya dapat menerima dan mengirim email, mendapatkan peta dan navigasi petunjuk arah, serta dapat men-download musik dan video dengan sangat cepat pada handset mereka. Nah..! 4G juga dapat melakukan semua hal tersebut, namun dengan suatu kelebihan yaitu dengan cara yang lebih cerdas dan lebih cepat tentunya.

Harus Baca: 


Tapi apa yang akan terjadi pada masa mendatang, itu yang mungkin akan lebih menarik. Para ahli memperkirakan bahwa 4G akan dapat menjadi katalisator untuk berbagai macam temuan baru berbasis teknologi, hiburan akan berfokus pada layanan internet mobile, seperti sesuatu yang tidak mungkin yang dulu telah kita bayangkan. Dan itu hanyalah beberapa tahun yang lalu. Begitu pesatnya perkembangan sebuah teknologi di dunia ini!

Penyedia hiburan mobile diharapkan akan dapat mengambil keuntungan dari hal ini dengan meluncurkan layanan download film dan TV yang lebih luas.

Hal tersebut akan memanfaatkan kekuatan teknologi 4G untuk memberikan konten, misalnya film berdurasi penuh dalam definisi tinggi atau HD, langsung ke ponsel 4G dan dapat melakukan streaming dalam hitungan detik atau dapat diunduh dalam hitungan menit.

Konektivitas mobile internet yang lebih cepat juga akan membawa pengalaman menjelajahi dunia maya menjadi luar biasa menyenangkan dengan ponsel yang kompatibel dengan 4G, bahkan ketika jalur internet sibuk dengan begitu besarnya lalu lintas data yang sedang berjalan, kita tetap dapat berselancar menjelajah internet dengan rasa nyaman.

Pada akhirnya, pengalaman gaming mobile juga diperkirakan akan benar-benar berubah, dengan koneksi yang lebih cepat ini, menawarkan game online multiplayer yang lebih kompleks serta tentunya menjadi lebih cepat dan nyaman.


Kecepatan 4G vs Kecepatan 3G


Salah satu perbedaan utama antara model sistem konektivitas 3G dan 4G adalah pada sisi kecepatan bagaimana mereka dapat men-download suatu konten dari internet.

Sebuah ponsel 3G biasanya dapat terhubung ke internet dengan kecepatan maksimum hingga 21Mbps, sedangkan ponsel 4G dapat melakukannya pada kecepatan maksimum secara teoritis yaitu pada 300Mbps.

Dalam prakteknya, sekarang koneksi tercepat dalam koneksi 4G yang tersedia secara luas di Indonesia adalah hanyalah sekitar 60Mbps, yang bisa Anda dapatkan jika Anda berada di area mendapatkan banyak cakupan sinyal 4G.

Pada uji coba salah satu operator telekomunikasi di indonesia, menyebutkan jika Anda berada di lokasi titik-titik dan jika pada kondisi yang sepi mampu membarikan kecepatan dari 33Mbps hingga 36Mbps

Tapi sayangnya saat kondisi jalur data sedang padat, maka kecepatan akan mengalami penurunan yang cukup drastis menjadi hanya sekitar 6Mbps sampai dengan 15Mbps saja. Namun dengan kecepatan seperti ini saja sebenarnya memang sudah sangat cukup cepat dan akan mampu untuk memberikan kepuasan tersendiri tentunya ketika kita sedang bermain internet.

Apakah Smartphone Anda Kompatibel dengan 4G ?


Mungkin masih dapat dibilang cukup aman jika saat ini Anda akan membeli sebuah ponsel atau smartphone 3G, namun... dengan Anda membeli sebuah smartphone dengan kompatibilitas koneksi 4G, mungkin akan dapat menjadi sedikit lebih kompleks.

Sebelum membeli ponsel atau smartphone baru, periksa terlebih dahulu spesifikasi dari smartphone yang akan Anda beli tersebut untuk melihat apakah itu kompatibel dengan sistem koneksi 4G ataukah masih menggunakan koneksi 3G. 

Anda dapat membandingkan beberapa penawaran dari berbagai produk dari berbagai vendor dan pastikan Anda mendapatkan smartphone dengan spesifikasi yang sesuai dengan kenginginan Anda, dan tentunya juga sesuai dengan kantong Anda :)


Apakah Smartphone Anda Kompatibel dengan 4G ?
Apakah Smartphone Anda Kompatibel dengan 4G ?

Membeli Smartphone yang Kompatibel 4G


Meskipun sebagian besar ponsel varian baru saat ini hadir dengan kompatibilitas 4G, namun tidak semua ponsel juga mendukung teknologi tersebut.

Secara umum, dan juga banyak diiklankan, telah bermunculan ponsel-ponsel flagship yang menawarkan kompatibilitas 4G dengan harga yang murah. Namun itu sah-sah saja karena adanya persaingan yang cukup besar dari para vendor-vendor penyedia gadget baik pada level mid-range dan bahkan low-end smartphone sekalipun.

Karena Anda mendapatkan koneksi yang lebih cepat dan dapat berbuat lebih banyak dengan ponsel 4G Anda, kontrak 4G tentunya akan jauh menjadi lebih mahal daripada 3G. Namun dengan adanya persaingan atau kompetisi tersebut oleh para vendor, tekanan penurunan harga pada akhirnya akan terjadi, dan berarti harga smartphone 4G juga akan menyesuaikan dengan harga smartphone 3G.

Harus Baca:

Apakah 4G Gratis ?


Dalam urusan tarif, dengan koneksi 4G mungkin akan dikenakan biaya yang lebih mahal dari 3G, namun itu dapat menjadi lebih hemat biaya dalam jangka yang panjang karena keistimewaannya. Karena Anda akan mendapatkan kecepatan yang lebih cepat dan koneksi yang lebih kuat. Jadi tak ada salahnya jika harus membayar lebih untuk mendapatkan koneksi yang juga berkualitas.

Diatas adalah beberapa pengertian, perbandingan, keunggulan, serta kelemahan dari sebuah konektivitas 4G. Semoga dapat menjadi sebuah pengetahuan untuk Anda yang selama ini belum terlalu paham dengan arti dan maksud dari 4G.

Selamat bekerja :)

Akhirnya WhatsApp Versi Komputer Telah Dirilis, Bagaimana Cara Menjalankannya?

Menyusul WhatsApp Web yang telah hadir sebelumnya, kini WhatsApp versi desktop atau komputer pun telah hadir! Jika Anda belum mengetahui bagaimana caranya, Anda cukup ikuti langkah-langkah berikut ini...

Akhirnya WhatsApp Versi Komputer Telah Dirilis, Bagaimana Cara Menjalankannya?

Saat ini, jika Anda mempunyai sebuah smartphone, sudah dapat dipastikan jika Anda sudah menggunakan aplikasi WhatsApp untuk chatting dengan para teman dan kerabat Anda.

Layanan pesan instan populer yang dimiliki Facebook ini, memiliki lebih dari satu miliar pengguna, namun sampai saat ini, mungkin masih terasa aneh jika kita menggunakan WhatsApp pada komputer desktop.

Sementara layanan pendahulunya yaitu WhatsApp Web mungkin masih terasa "biasa saja" kita gunakan di desktop dan juga "baik-baik" saja digunakan bagi para konsumen yang paling tidak mengerti tentang cara menggunakannya, namun tetap tidak dapat menyamai dengan pesan instan iMessage milik Apple. Terutama karena layanan iOS memungkinkan pengguna iPhone untuk dapat mengirim dan menerima pesan teks pada Mac mereka melalui aplikasi bawaan.

Saat ini, sebagai upayanya untuk mengubah semua pandangan tersebut, WhatsApp telah meliris sebuah versi khusus yang dirancang untuk desktop.

Idenya adalah untuk membuat Anda dapat dengan mudah dapat berurusan dengan sebuah pesan tertulis tanpa harus membuka dan mencari-cari smartphone Anda. Berikut adalah cara untuk memasangnya.

Saat ini jika Anda mempunyai sebuah smartphone, sudah dapat dipastikan jika Anda sudah menggunakan WhatsApp untuk chatting dengan para teman dan kerabat Anda.  Layanan pesan instan populer yang dimiliki Facebook ini, memiliki lebih dari satu miliar pengguna, namun sampai saat ini, mungkin masih terasa aneh jika kita  WhatsApp digunakan pada komputer desktop.  Sementara layanan barunya yaitu WhatsApp Web mungkin masih terasa biasa saja kita gunakan di desktop dan juga "baik-baik" saja digunakan bagi para konsumen yang paling tidak mengerti tentang cara menggunakannya, namun tetap tidak dapat  menyamai dengan pesan instan iMessage milik Apple. Terutama karena layanan iOS memungkinkan pengguna iPhone untuk dapat mengirim dan menerima pesan teks pada Mac mereka melalui aplikasi bawaan.  Saat ini, sebagai upayanya untuk mengubah semua pandangan tersebut, WhatsApp telah meliris sebuah versi khusus yang dirancang untuk desktop.  Idenya adalah untuk membuat Anda dapat dengan mudah dapat berurusan dengan sebuah pesan tertulis tanpa harus membuka dan mencari-cari smartphone Anda. Berikut adalah cara untuk memasangnya.

Pastikan Anda mempunyai komputer yang tepat


Sebelum Anda memasang WhatsApp untuk versi desktop, Anda harus memastikan komputer yang Anda memiliki di rumah memiliki perangkat lunak yang tepat.

Untuk pengguna desktop Windows membutuhkan versi Windows 8 atau yang lebih tinggi baik untuk Versi 64-bit maupun Versi 32-bit, sementara untuk pengguna Mac membutuhkan OS X Mavericks (versi 10.9) atau yang lebih tinggi.

Namun saat saya sendiri mencobanya menginstal di Windows 7, aplikasi ini masih tetap dapat berjalan. Jadi bagi Anda pengguna Windows 7 jangan berkecil hati karena masih tetap dapat merasakan aplikasi WhatsApp berjalan pada komputer desktop Anda.

Untuk Mengecek apakah perangkat lunak atau sistem operasi yang Anda miliki adalah tersebut menggunakan sistem operasi versi sangatlah mudah.

Untuk pengguna desktop Windows cukup mengetik Computer pada menu Start di layar komputer windows Anda, intinya klik kanan pada "Computer" dan kemudian klik "Properties". Di bawah atau pada menu Windows Edition Anda akan melihat versi dari Windows yang Anda memiliki.

Dan untuk pengguna Mac, Anda hanya cukup untuk klik ikon Apple di pojok kanan atas layar dan kemudian versi berapa OSX yang Anda miliki dapat Anda lihat pada tab "About This Mac".

Download aplikasi WhatsApp


WhatsApp tidak menawarkan aplikasi desktop terbarunya tersebut melalui toko aplikasi Windows ataupun Mac. Untuk itu, Anda harus men-download langsung dari official website dari WhatsApp.

Silahkan Anda langsung buka alamat ini https://www.whatsapp.com/download/ dan ikuti petunjuk atau langkah pada layar untuk segera dapat mengunduh dan mendapatkan aplikasi WhatsApp untuk desktop dan segera dapat menikmati bertukar pesan WhatsApp melalui komputer Anda.

Silahkan Anda langsung buka alamat ini https://www.whatsapp.com/download/ dan ikuti petunjuk atau langkah pada layar untuk segera dapat mengunduh dan mendapatkan aplikasi WhatsApp untuk desktop dan segera dapat menikmati bertukar pesan WhatsApp melalui komputer Anda.


Bagaimana cara kerjanya?


Buka aplikasi WhatsApp pada desktop Anda setelah tentunnya aplikasi tersebut Anda pasang atau instal. Setelah Anda membukanya, dan setelah aplikasi tersebut terbuka untuk pertama kalinya, Anda akan dihadapkan pada sebuh kode QR, yaitu sebuah kotak yang unik dan tidak berbeda dengan sebuah barcode. jika Anda pernah menggunakan WhatsApp versi Web, tentunya Anda sudah mengerti dan sudah tidak asing lagi dengan hal tersebut.

Ini adalah cara WhatsApp untuk dapat mentransfer semua pesan dan informasi kontak WhatsApp dari Smartphone Anda.

Memindai kode QR


Untuk memindai kode QR, Buka apliksi WhatsApp pada smartphone Anda dan tekan tombol pengaturan atau "titik tiga" di pojok kanan atas, atau pojok kanan bawah tergantung tipe smartphone atau tablet yang Anda gunakan.

Lalu tekan pada menu WhatsApp Web. kemudian selanjutnya kamera ponsel Anda akan terbuka. Arahkan ke layar komputer Anda dan kemudian secara otomatis WhatsApp akan memindai kode QR pada layar komputer tersebut.

Mulai berkirim pesan


Sesaat setelah kode tersebut dipindai, riwayat obrolan WhatsApp Anda akan segera muncul.

Kedua aplikasi pada Mac atau pada Windows akan terlihat sama dengan aplikasi yang berada di smartphone Anda, dengan chatting di sisi kiri dan kotak pesan di bagian bawah.

Menggunakan layanan pada desktop ini adalah free alias gratis, hanya pastikan saja antara smartphone dan komputer Anda terhubung ke Wi-Fi atau akses data yang cukup cepat dengan maksud agar penggunaan aplikasi WhatsApp untuk desktop tersebut dapat bekerja dengan lancar.

WhatsApp untuk desktop menawarkan cara pintas keyboard yang lebih baik dan Anda juga akan mendapatkan notifikasi langsung Mac atau Windows, cocok untuk digunakan ketika ponsel atau smartphone jauh dari jangkauan Anda.

Pesan yang Anda kirim dari komputer Anda juga akan muncul pada smartphone Anda dan begitupun sebaliknya, sehingga Anda dapat beralih di antara kedua perangkat dengan mudah dan aman.

Diatas adalah tips atau cara untuk Bagaimana cara menginstal dan menggunakan WhatsApp versi Desktop dengan mudah dan tepat. Selamat menikmati hari-hari berikutnya bersama WhatsApp di komputer Anda...

Selamat bekerja ;)

Monday, May 16, 2016

Inilah Sejarah Perkembangan Telepon Selular Dari Pertama Hingga Sekarang

Meskipun sebagian besar dari kita untuk saat ini merasakan bahwa kita tidak bisa hidup tanpa sebuah telepon selular digenggaman kita, namun sebenarnya telepon selular atau lebih kita kenal dengan HP itu ternyata telah ada untuk waktu yang telah lama.

Namun, ponsel yang sebagaimana kita ketahui seperti hari ini tersebut seolah-olah hanya baru ada dalam sekitar 20 tahun terakhir saja.

Meskipun sebagian besar dari kita untuk saat ini merasakan bahwa kita tidak bisa hidup tanpa sebuah telepon selular digenggaman kita, namun sebenarnnya telepon selular atau lebih kita kenal dengan HP itu ternyata telah ada untuk waktu yang lama.  Namun, ponsel yang sebagaimana kita ketahui seperti hari ini seolah-olah hanya baru ada sekitar 20 tahun terakhir saja.  Kapan ponsel pertama kali ditemukan?   Telepon selular, terutama smartphone yang telah menjadi sahabat yang tak terpisahkan kita hari ini, merupakan generasi dari telepon selular yang relatif baru.  Namun, jika membahas tentang dari sejarah ponsel, kita akan kembali ke tahun 1908 ketika sebuah Paten dari Amerika Serikat ini dikeluarkan di Kentucky untuk sebuah telepon nirkabel.  Ponsel diciptakan pada awal tahun 1940-an ketika insinyur yang bekerja di AT&T mengembangkan sebuah cell untuk BTS ponsel (cells for mobile phone base stations)  Ponsel yang pertama kali tercipta, tidak benar-benar seperti ponsel yang saat ini kita kenal. Ponsel pada saat itu adalah radio dua arah yang memungkinkan orang-orang seperti sopir taksi dan layanan darurat dapat berkomunikasi.  Tidak bergantung pada BTS dengan cell yang terpisah (sinyal melewati dari satu cell ke cell yang lain), jaringan ponsel pertama melibatkan satu base station/BTS yang sangat kuat yang mencakup area yang lebih luas.  Motorola, pada 3 April 1973 adalah perusahaan pertama yang memproduksi massal telepon selular genggam pertamanya.  Generasi ponsel ini yang sering disebut sebagai ponsel 0G, atau ponsel Zero Generation. Sebagian besar ponsel saat ini mengandalkan teknologi 3G atau koneksi 4G.  Perkembangan teknologi telepon selular   Ponsel pertama yang diciptakan untuk penggunaan praktis adalah oleh seorang karyawan Motorola bernama Martin Cooper yang kini secara luas dianggap sebagai pemain kunci dalam sejarah ponsel.  Handset yang dapat digunakan di dalam kendaraan telah dikembangkan sebelum ponsel Martin Cooper, namun ia adalah yang pertama menciptakan sebuah telepon seluler yang benar-benar portabel.  Cooper membuat sejarah handphone pada bulan April 1973 ketika ia membuat panggilan yang pertama kalinya dengan sebuah ponsel genggam.

Kapan ponsel pertama kali ditemukan?


Telepon selular, terutama smartphone yang telah menjadi sahabat yang tak terpisahkan kita hari ini, merupakan generasi dari telepon selular yang relatif baru.

Namun, jika membahas tentang dari sejarah ponsel, kita akan kembali ke tahun 1908 ketika sebuah Paten dari Amerika Serikat ini dikeluarkan di Kentucky untuk sebuah telepon nirkabel.

Ponsel diciptakan pada awal tahun 1940-an ketika insinyur yang bekerja di AT&T mengembangkan sebuah cell untuk BTS ponsel (cells for mobile phone base stations)

Ponsel yang pertama kali tercipta, tidak benar-benar seperti ponsel yang saat ini kita kenal. Ponsel pada saat itu adalah radio dua arah yang memungkinkan orang-orang seperti sopir taksi dan layanan darurat dapat berkomunikasi.

Tidak bergantung pada BTS dengan cell yang terpisah (sinyal melewati dari satu cell ke cell yang lain), jaringan ponsel pertama melibatkan satu base station/BTS yang sangat kuat yang mencakup area yang lebih luas.

Motorola, pada 3 April 1973 adalah perusahaan pertama yang memproduksi massal telepon selular genggam pertamanya.

Generasi ponsel ini yang sering disebut sebagai ponsel 0G, atau ponsel Zero Generation. Sebagian besar ponsel saat ini mengandalkan teknologi 3G atau koneksi 4G.

Perkembangan teknologi telepon selular


Ponsel pertama yang diciptakan untuk penggunaan praktis adalah oleh seorang karyawan Motorola bernama Martin Cooper yang kini secara luas dianggap sebagai pemain kunci dalam sejarah ponsel.

Handset yang dapat digunakan di dalam kendaraan telah dikembangkan sebelum ponsel Martin Cooper, namun ia adalah yang pertama menciptakan sebuah telepon seluler yang benar-benar portabel.

Cooper membuat sejarah handphone pada bulan April 1973 ketika ia membuat panggilan yang pertama kalinya dengan sebuah ponsel genggam.

Landmark dalam sejarah ponsel pertama kali


Jepang menjadi negara pertama yang memiliki jaringan telepon seluler komersial yang mencakup seluruh kawasan kota pada tahun 1979.

Sebuah sistem yang bernama Nordic Mobile Telephone (NMT) diluncurkan di Denmark, Norwegia, Swedia dan Finlandia pada tahun 1981.

Langkah besar berikutnya dalam sejarah ponsel berada di pertengahan tahun delapan puluhan dengan Generasi Pertama (1G), ponsel yang sepenuhnya mengusung jaringan selular secara otomatis mulai diperkenalkan.

Telepon seluler pertama yang disetujui oleh FCC (Federal Communications Commission) di Amerika Serikat adalah Motorola DynaTAC pada tahun 1983.

Telepon genggam berkembang dengan pesat  dalam lompatan pada dekade berikutnya, terutama dengan kedatangan teknologi handover.  Teknologi handover ini memungkinkan pengguna untuk tetap dapat saling berhubungan atau melakukan koneksi saat mereka melakukan perjalanan, jadi berpindah antara BTS - sehingga pengguna berjalan dari satu tiang BTS ponsel ke tiang BTS yang lain, namun koneksi dan percakapan tidak akan down atau terganggu.  Kelahiran ponsel Generasi Kedua (2G) adalah di Finlandia pada tahun 1993. Itu adalah tahun pertama ketika pesan teks SMS dikirim dan juga pertama kalinnya layanan data mulai muncul di ponsel.  Ponsel yang kita gunakan saat ini adalah ponsel 3G, atau ponsel Generasi Ketiga, atau ponsel dengan koneksi 4G yang bahkan lebih canggih lagi.  3G diluncurkan pada tahun 2001 dan para operator diizinkan untuk menawarkan berbagai layanan yang canggih seperti video calling dan transmisi data HSPA.  4G diperkenalkan secara komersial dan tersedia di Inggris pada akhir tahun 2012 yang menawarkan koneksi super cepat demikian pula download yang sangat cepat.

Telepon selular modern


Telepon genggam berkembang dengan pesat  dalam lompatan pada dekade berikutnya, terutama dengan kedatangan teknologi handover.

Teknologi handover ini memungkinkan pengguna untuk tetap dapat saling berhubungan atau melakukan koneksi saat mereka melakukan perjalanan, jadi berpindah antara BTS - sehingga pengguna berjalan dari satu tiang BTS ponsel ke tiang BTS yang lain, namun koneksi dan percakapan tidak akan down atau terganggu.

Kelahiran ponsel Generasi Kedua (2G) adalah di Finlandia pada tahun 1993. Itu adalah tahun pertama ketika pesan teks SMS dikirim dan juga pertama kalinnya layanan data mulai muncul di ponsel.

Ponsel yang kita gunakan saat ini adalah ponsel 3G, atau ponsel Generasi Ketiga, atau ponsel dengan koneksi 4G yang bahkan lebih canggih lagi.

3G diluncurkan pada tahun 2001 dan para operator diizinkan untuk menawarkan berbagai layanan yang canggih seperti video calling dan transmisi data HSPA.

4G diperkenalkan secara komersial dan tersedia di Inggris pada akhir tahun 2012 yang menawarkan koneksi super cepat demikian pula download yang sangat cepat.

Saturday, May 14, 2016

Cara Menghapus Foto yang Tidak Berguna di WhatsApp Secara Otomatis

Akun WhatsApp Anda penuh? Anda kesal dengan banyaknya foto kutipan motivasi, meme dan gambar sampah lainnya kiriman dari WhatsApp yang memenuhi memori ponsel Anda? disini Anda akan menemukan solusinya, Berikut Cara Cerdas untuk Menghapus Semua Konten yang Tidak Berguna Kiriman dari WhatsApp dengan Sekali Klik.

Akun WhatsApp Anda penuh? Anda kesal dengan banyaknya foto kutipan motivasi, meme dan gambar sampah lainnya kiriman dari WhatsApp yang memenuhi memori ponsel Anda? disini Anda akan menemukan solusinya, Berikut Cara Cerdas untuk Menghapus Semua Konten yang Tidak Berguna Kiriman dari WhatsApp dengan Sekali Klik.

Cara Menghapus Konten yang Tidak Berguna dari WhatsApp


WhatsApp mungkin telah menjadi ruang yang cukup menjadi pusat perhatian terbesar di handphone kita. Kita semua memiliki teman dan kerabat yang rajin mengirimkan segala kutipan motivasi dan meme yang mereka terima mungkin dari teman atau grup mereka sendiri. Beberapa orang berpikir bahwa hal tersebut adalah menjadi tugas mereka misalnya untuk membangunkan kita dengan pesan "Selamat Pagi" disertai dengan foto-foto matahari terbit atau kicauan burung.

Masalah terbesar dengan WhatsApp ini adalah bahwa pesan "spam" ini sering berasal dari kontak yang dekat dengan Anda dalam kehidupan nyata dan dengan demikian jika kita nekat memblokir kontak tersebut rasanya tidak mungkin, dan mereka akan menganggap kita sombong dan tidak sopan. Anda memang masih memiliki pilihan lain untuk menonaktifkan atau "Mute" grup WhatsApp agar tidak kita tidak terganggu dengan pemberitahuan yang datangnya ekstrim "nggak kira2 banyaknya" namun, download gambar masih akan berjalan dan mengambil ruang yang cukup berharga di ponsel Anda alias memori penuh.!

WhatsApp mungkin telah menjadi ruang yang cukup menjadi pusat perhatian terbesar di handphone kita. Kita semua memiliki teman dan kerabat yang rajin mengirimkan segala kutipan motivasi dan meme yang mereka terima mungkin dari teman atau grup mereka sendiri. Beberapa orang berpikir bahwa hal tersebut adalah menjadi tugas mereka misalnya untuk membangunkan kita dengan pesan "Selamat Pagi" disertai dengan foto-foto matahari terbit atau kicauan burung. Sebuah solusi sederhana untuk masalah ini adalah, bahwa Anda dapat membuka aplikasi Galeri Foto di ponsel Android Anda, atau menggunakan aplikasi File Manager untuk menemukan folder media di WhatsApp, dan menghapus seluruh folder yang berisi gambar-gambar "SPAM" dari WhatsApps tersebut. Namun karena WhatsApp tidak membuat perbedaan antara foto-foto yang nyata dan gambar-gambar meme yang tidak berguna, Anda malah berisiko dapat menghapus gambar yang mungkin penting untuk Anda.  Siftr, sebuah developer dari india yang didirikan oleh mantan karyawan Adobe, telah meluncurkan Aplikasi Android cerdas yang dapat membantu Anda untuk menyingkirkan semua foto sampah dari WhatsApp Anda dengan mudah.  Aplikasi ini bernama Magic Cleaner for WhatsApp, cara kerja aplikasi ini adalah dia akan melakukan scan atau memindai folder media di aplikasi WhatsApp Anda dan secara otomatis akan mendeteksi semua gambar sampah seperi screenshot, meme, screen grab video, kartun dan gambar lainnya yang terdapat teks overlay. Kemudian aplikasi ini menawarkan opsi untuk menghapus semua gambar yang terdeteksi secara sekaligus atau dengan sekali klik.Masalah terbesar dengan WhatsApp ini adalah bahwa pesan "spam" ini sering berasal dari kontak yang dekat dengan Anda dalam kehidupan nyata dan dengan demikian jika kita nekat memblokir kontak tersebut rasanya tidak mungkin, dan mereka akan menganggap kita sombong dan tidak sopan. Anda memang masih memiliki pilihan lain untuk menonaktifkan atau "Mute" grup WhatsApp agar tidak kita tidak terganggu dengan pemberitahuan yang datangnya ekstrim "nggak kira2 banyaknya" namun, download gambar masih akan berjalan dan mengambil ruang yang cukup berharga di ponsel Anda alias memori penuh.!

Sebuah solusi sederhana untuk masalah ini adalah, bahwa Anda dapat membuka aplikasi Galeri Foto di ponsel Android Anda, atau menggunakan aplikasi File Manager untuk menemukan folder media di WhatsApp, dan menghapus seluruh folder yang berisi gambar-gambar "SPAM" dari WhatsApps tersebut. Namun karena WhatsApp tidak membuat perbedaan antara foto-foto yang nyata dan gambar-gambar meme yang tidak berguna, Anda malah berisiko dapat menghapus gambar yang mungkin penting untuk Anda.

Siftr, sebuah developer dari india yang didirikan oleh mantan karyawan Adobe, telah meluncurkan Aplikasi Android cerdas yang dapat membantu Anda untuk menyingkirkan semua foto sampah dari WhatsApp Anda dengan mudah.

Aplikasi ini bernama Magic Cleaner for WhatsApp, cara kerja aplikasi ini adalah dia akan melakukan scan atau memindai folder media di aplikasi WhatsApp Anda dan secara otomatis akan mendeteksi semua gambar sampah seperi screenshot, meme, screen grab video, kartun dan gambar lainnya yang terdapat teks overlay. Kemudian aplikasi ini menawarkan opsi untuk menghapus semua gambar yang terdeteksi secara sekaligus atau dengan sekali klik.
Anda dapat mendownload aplikasi tersebut disini:
Magic Cleaner for WhatsApp

Bagaimana cara kerjanya? Seperti Cloud Vision, sebuah API pengenalan citra dari Google, dan Siftr telah mengembangkan mesin pengenalan gambar milik mereka sendiri dengan cara menganalisis isi dari suatu gambar untuk menentukan apakah gambar tersebut adalah junk (sampah) atau bukan.   Hal tersebut membutuhkan koneksi internet yang aktif karena analisis citra dilakukan pada server Siftr dan tidak secara lokal pada ponsel. Namun tenang saja karena hal tersebut tidak akan meledakkan paket data kuota Anda karena aplikasi tersebut hanya akan mengupload beberapa kode hash yang kecil dari gambar dan akan mencocokkannya terhadap database gambar milik mereka sendiri.Saya pernah mencoba menjalankan aplikasi foto cleaner ini untuk WhatsApp yang memiliki sekitar 1000 -an gambar dan berhasil membersihkannya dalam waktu sekitar 5 menit. cukup mengesankan bukan? Aplikasi ini gratis, namun Anda hanya dapat menghapus secara otomatis hanya dalam beberapa gambar dalam sekali klik. Jika Anda ingin menghapus lebih banyak gambar, Anda dianjurkan mengundang atau menginvite teman Anda untuk menggunakan aplikasi ini atau menunggu hari.  Jika Anda memiliki WhatsApp, Apa yang sekarang akan Anda lakukan? Magic Cleaner adalah salah satu aplikasi yang saya rasa wajib untuk memilikinya mengingat fungsinya yang cukup berguna. Untuk versi iPhone sepertinya saat tulisan ini dibuat masih dalam pengembangan. Dan perlu Anda ingat bahwa, meskipun gambar WhatsApps tersebut telah dihapus dari kartu memori ponsel kita, thumbnail buram dari gambar tersebut akan tetap eksis dalam log pesan WhatsApp Anda dan Anda harus menghapusnya secara manual, namun masih aman karena memang ukurannya sangat kecil dan tidak akan cukup berpengaruh terhadap ponsel kita.

Bagaimana cara kerjanya? Seperti Cloud Vision, sebuah API pengenalan citra dari Google, dan Siftr telah mengembangkan mesin pengenalan gambar milik mereka sendiri dengan cara menganalisis isi dari suatu gambar untuk menentukan apakah gambar tersebut adalah junk (sampah) atau bukan. 

Hal tersebut membutuhkan koneksi internet yang aktif karena analisis citra dilakukan pada server Siftr dan tidak secara lokal pada ponsel. Namun tenang saja karena hal tersebut tidak akan meledakkan paket data kuota Anda karena aplikasi tersebut hanya akan mengupload beberapa kode hash yang kecil dari gambar dan akan mencocokkannya terhadap database gambar milik mereka sendiri.

Saya pernah mencoba menjalankan aplikasi foto cleaner ini untuk WhatsApp yang memiliki sekitar 1000 -an gambar dan berhasil membersihkannya dalam waktu sekitar 5 menit. cukup mengesankan bukan? Aplikasi ini gratis, namun Anda hanya dapat menghapus secara otomatis hanya dalam beberapa gambar dalam sekali klik. Jika Anda ingin menghapus lebih banyak gambar, Anda dianjurkan mengundang atau menginvite teman Anda untuk menggunakan aplikasi ini atau menunggu hari.

Jika Anda memiliki WhatsApp, Apa yang sekarang akan Anda lakukan? Magic Cleaner adalah salah satu aplikasi yang saya rasa wajib untuk memilikinya mengingat fungsinya yang cukup berguna. Untuk versi iPhone sepertinya saat tulisan ini dibuat masih dalam pengembangan. Dan perlu Anda ingat bahwa, meskipun gambar WhatsApps tersebut telah dihapus dari kartu memori ponsel kita, thumbnail buram dari gambar tersebut akan tetap eksis dalam log pesan WhatsApp Anda dan Anda harus menghapusnya secara manual, namun masih aman karena memang ukurannya sangat kecil dan tidak akan cukup berpengaruh terhadap ponsel kita.

Selamat Mencoba.

Thursday, May 12, 2016

Apakah Yang Dimaksud Dengan Wireless Charging?

 Wireless Charging dipandang oleh sebagian banyak orang sebagai perubahan terbesar yang pernah ada, yaitu bagaimana cara kita dalam mengisi daya baterai atau lebih kita kenal dengan mengecas HP dengan cara yang berbeda yang para pengguna ponsel belum pernah lihat sebelumnya.  Dan apa sebenarnya Yang Dimaksud Dengan Wireless Charging? Apa manfaatnya? Dan bagaimana cara kerjanya? Baca terus untuk mengetahui apa jawaban dari pertanyaan tersebut!

Wireless Charging dipandang oleh sebagian banyak orang sebagai perubahan terbesar yang pernah ada, yaitu bagaimana cara kita dalam mengisi daya baterai atau lebih kita kenal dengan mengecas HP dengan cara yang berbeda yang para pengguna ponsel belum pernah lihat sebelumnya.

Dan apa sebenarnya Yang Dimaksud Dengan Wireless Charging? Apa manfaatnya? Dan bagaimana cara kerjanya? Baca terus untuk mengetahui apa jawaban dari pertanyaan tersebut!

Apakah Maksud dari Wireless Charging?


Seperti namanya, ini adalah suatu cara pengisian ponsel atau mengecas HP Anda tanpa menggunakan kabel. Pada saat ini, kebanyakan ponsel membutuhkan pengisi daya listrik yang powerfull untuk mengisi ulang baterai ponsel mereka.

Namun dengan handset yang mendukung pengisian nirkabel atau wireless charging ini, Anda tidak akan menghubungkan sesuatu apapun ke dalam ponsel Anda.

Sebaliknya, Anda hanya cukup menempatkan ponsel Anda pada sebuah lempengan pengisi daya (pada dasarnya seperti piring beralas datar - dan itu akan mengisi daya baterai ponsel Anda. Yah... memang semudah itu!

Seperti namanya, ini adalah suatu cara pengisian ponsel atau mengecas HP Anda tanpa menggunakan kabel. Pada saat ini, kebanyakan ponsel membutuhkan pengisi daya listrik yang powerfull untuk mengisi ulang baterai ponsel mereka.  Namun dengan handset yang mendukung pengisian nirkabel atau wireless charging ini, Anda tidak akan menghubungkan sesuatu apapun ke dalam ponsel Anda.  Sebaliknya, Anda hanya cukup menempatkan ponsel Anda pada sebuah lempengan pengisi daya (pada dasarnya seperti piring beralas datar - dan itu akan mengisi daya baterai ponsel Anda. Yah... memang semudah itu!

Apa manfaatnya?


Yang utama adalah kenyamanan. Alih-alih mencari dan mendapatkan untuk menemukan plug socket gratis, Anda dapat memiliki sebuah lempengan wireless charging yang senantiasa terpasang.

Benar sekali, alat tersebut masih menggunakan stopkontak ke listrik, sehingga dapat dikatakan tidak sepenuhnya nirkabel.

Tempatkan piringan atau lempengan tersebut di meja atau di samping meja Anda, dan setiap kali Anda ingin mengisi ulang baterai ponsel, Anda hanya cukup memberbaringkan ponsel Anda di atasnya.

Iya ini serius! akan cukup untuk mengurangi meja Anda menjadi berantakan, dan yang lebih sederhananya lagi, untuk memulai dan menghentikan pengisian cukup simpel dan mudah, karena Anda tidak menghubungkan sesuatu apapun ke dalam ponsel Anda.

Yang utama adalah kenyamanan. Alih-alih mencari dan mendapatkan untuk menemukan plug socket gratis, Anda dapat memiliki sebuah lempengan wireless charging yang senantiasa terpasang.  Benar sekali, alat tersebut masih menggunakan stopkontak ke listrik, sehingga dapat dikatakan tidak sepenuhnya nirkabel.  Tempatkan piringan atau lempengan tersebut di meja atau di samping meja Anda, dan setiap kali Anda ingin mengisi ulang baterai ponsel, Anda hanya cukup memberbaringkan ponsel Anda di atasnya.  Iya ini serius! akan cukup untuk mengurangi meja Anda menjadi berantakan, dan yang lebih sederhananya lagi, untuk memulai dan menghentikan pengisian cukup simpel dan mudah, karena Anda tidak menghubungkan sesuatu apapun ke dalam ponsel Anda.    Hal tersebut juga berarti dapat mengurangi keausan pada ponsel Anda, karena Anda tidak secara berkala akan selalu mencolokkan dan mencabut kabel setiap kali Anda akan mengecas Hp Anda.  Dan pada akhirnya, hal tersebut juga dipandang akan lebih ramah lingkungan. Itu karena ketika ponsel Anda terisi penuh, alas daya akan otomatis nonaktif.  Itu berbeda dengan pengisi daya dengan konektor standar yang masih menguras daya dari listrik bahkan saat ponsel Anda telah terisi pada posisi 100%.  Apakah Ada Kelemahannya?  Dalam bentuk yang ada sekarang ini, teknologi tersebut bisa dibilang lebih lambat dan lebih mahal daripada menggunakan charger konvensional biasa.  Namun, kita harapkan semoga teknologi dengan pengisian nirkabel ini menjadi lebih diterima oleh masyarakat secara lebih luas.  Terdapat juga beberapa permasalahan yang saat ini terjadi, yaitu bahwa sebagian besar smartphone maupun tablet hanya kompatibel pada lempeng pengisi daya nirkabel tertentu.  Itu berarti bahwa dalam beberapa kasus, Anda akan perlu piring atau lempeng wireless charging secara terpisah untuk setiap perangkat Anda.  Dan mudah-mudahan sebuah teknologi wireless charging yang universal nantinya akan bermunculan di seluruh industri secara luas, dan Anda hanya perlu satu sebuah charger nirkabel untuk semua ponsel, tablet dan laptop Anda.

Hal tersebut juga berarti dapat mengurangi keausan pada ponsel Anda, karena Anda tidak secara berkala akan selalu mencolokkan dan mencabut kabel setiap kali Anda akan mengecas Hp Anda.

Dan pada akhirnya, hal tersebut juga dipandang akan lebih ramah lingkungan. Itu karena ketika ponsel Anda terisi penuh, alas daya akan otomatis nonaktif.

Itu berbeda dengan pengisi daya dengan konektor standar yang masih menguras daya dari listrik bahkan saat ponsel Anda telah terisi pada posisi 100%.

Apakah Ada Kelemahannya?


Dalam bentuk yang ada sekarang ini, teknologi tersebut bisa dibilang lebih lambat dan lebih mahal daripada menggunakan charger konvensional biasa. Namun, kita harapkan semoga teknologi dengan pengisian nirkabel ini menjadi lebih diterima oleh masyarakat secara lebih luas.

Terdapat juga beberapa permasalahan yang saat ini terjadi, yaitu bahwa sebagian besar smartphone maupun tablet hanya kompatibel pada lempeng pengisi daya nirkabel tertentu. Itu berarti bahwa dalam beberapa kasus, Anda akan perlu piring atau lempeng wireless charging secara terpisah untuk setiap perangkat Anda.

Dan mudah-mudahan sebuah teknologi wireless charging yang universal nantinya akan bermunculan di seluruh industri secara luas, dan Anda hanya perlu satu sebuah charger nirkabel untuk semua ponsel, tablet dan laptop Anda.

Bagaimana Cara Kerjanya?


Fitur pada pengisian daya nirkabel hampir sama dengan teknologi yang digunakan untuk mengisi baterai pada sikat gigi elektronik. Piring atau lempeng pengisi daya berisi gulungan kawat yang memanfaatkan arus dari listrik untuk menciptakan suatu medan magnet.

Ketika telepon menyentuh lempengan pengisi daya, bidang ini menginduksi arus listrik kedalam kumparan kawat bagian dalam ponsel.

Hasilnya? Taruh ponsel Anda di piringan atau lempeng wireless charging tersebut dan pengisian akan segera dimulai. Setelah pengisian daya selesai dilakukan, Anda hanya cukup untuk mengambilnya dan Anda bebas untuk pergi begitu saja tanpa harus repot dengan kabel yang berantakan!

Fitur pada pengisian daya nirkabel hampir sama dengan teknologi yang digunakan untuk mengisi baterai sikat gigi elektronik.  Piring atau lempeng pengisi daya berisi gulungan kawat yang memanfaatkan arus dari listrik untuk menciptakan suatu medan magnet.  Ketika telepon menyentuh lempengan pengisi daya, bidang ini menginduksi arus listrik kedalam kumparan kawat bagian dalam ponsel.  Hasilnya? Taruh ponsel Anda di piringan atau lempeng wireless charging tersebut dan pengisian akan segera dimulai. Setelah pengisian daya selesai dilakukan, Anda hanya cukup untuk mengambilnya dan Anda bebas untuk pergi begitu saja tanpa harus repot dengan kabel yang berantakan!

Perangkat Apakah Yang Dapat Mengisi Baterai Secara Wireless?


Teknologi ini tersedia pada beberapa ponsel, namun teknologi tersebut belum hadir menjadi sebuah standar. Perangkat yang dilengkapi untuk pengisian daya secara nirkabel yaitu antara lain Samsung Galaxy S6, LG G3, Nokia Lumia 925, Lumia 830 dan Microsoft Lumia 950.

Pada saat artikel ini ditulis, belum ada dari Apple iPhone yang mendukung fitur pengisian daya secara nirkabel. Apple Watch memang mendukung teknologi ini, namun hanya terdapat beberapa pengisi daya nirkabel yang berfungsi dengan gadget tersebut.

Jika ponsel Anda tidak mendukung pengisian daya secara nirkabel, maka janganlah Anda berkecil hati dan putus asa. Ada alternatif lain yang bisa Anda coba, dan Anda akan merasakan sebuah teknologi pengisian daya secara jarak jauh tanpa kabel walaupun ponsel Anda belum mendukung fitur tersebut. 

Ada sebuah alat, salah satunya adalah Powermat's accessory dan dikenal dengan Powermat Ring, yang memungkinkan ponsel Anda dapat melakukan pengisian daya secara nirkabel yang tidak dilengkapi dengan fitur tersebut.

Untuk menggunakan Powermat Ring, anda cukup mencolokkan kabel tersebut ke perangkat iPhone, Windows atau Android Anda dan kemudian meletakkan ponsel Anda pada charger nirkabel Powermat. Dan kemudian akan mengisi seolah-olah ponsel tersebut dicolokkan ke listrik.

Hal ini memang tidak nyaman seperti jika menggunakan wireless charging pada ponsel yang memang hadir dengan teknologi tersebut secara built-in, namun setidaknya hal tersebut akan membawa fitur pengisian daya nirkabel pada smartphone apapun yang Anda inginkan.

Apakah Saya Perlu Membeli Aksesoris Tambahan?


Sebagian besar memang Iya! Sangat jarang sekali bahwa sebuah produsen ponsel akan membundel charger nirkabel dengan sebuah ponsel, sehingga Anda tetap harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membelinya.

Jadi sebelum Anda membeli, ide yang baik adalah untuk melakukan penelitian terlebih dahulu apakah sebuah ponsel memiliki pengisian nirkabel built in, serta mana lempeng pengisi daya yang berfungsi baik pada ponsel tersebut.

Menurut info yang kami dapatkan, di Inggris, sekitar 50 restoran McDonald dan 10 kafe Starbucks dilengkapi dengan wireless charging untuk membuat pelanggan dapat mengisi ponsel mereka secara wireless. Starbucks menggunakan teknologi Powermat Ring seperti yang telah kami jelaskan di atas, sementara di McDonalds, akan membutuhkan ponsel dengan pengisian nirkabel built in.

Dan semoga saja di indonesia hal tersebut juga dapat dirasakan, ataukan memang sudah ada diindonesia? wah saya kurang tahu karena saya jarang masuk McD dan starbuck, hehehe ndesooo...

Apa Yang Akan Terjadi Mendatang?


Suatu hari, semua perabotan rumah kita akan mendukung pengisian daya secara nirkabel, sehingga baterai ponsel akan terisi saat Anda meletakkannya di atas meja.

Menurut informasi yang kami dapatkan juga, di IKEA sudah dijual sebuah lampu dengan alas yang berfungsi sebagai plat pengisian nirkabel. Karena hal tersebut dapat dibilang lebih canggih dari wireless charging yang kita bahas, teknologi ini akan menjadi standar dan umum pada perangkat yang lebih populer, seperti tablet dan laptop.

Kita juga memperkirakan bahwa restoran dan cafe-cafe akan mulai menawarkan layanan pengisi daya secara nirkabel. Jadi saat nanti kita istirahat untuk makan siang di sebuah restoran, kita tidak akan menjadi satu-satunya orang yang sedang mengisi bahan bakar ponsel kita.