Belajar Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Untuk Pemula Tanpa Modal

Terdapat dua tipe utama model bisnis yang biasanya digunakan oleh para entrepreneur atau sering kita sebut sebagai IMers yaitu Internet Marketers/Marketing untuk dapat menghasilkan uang dari aktifitas blogging.

 Belajar Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Tanpa Modal Untuk Pemula 

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Untuk Pemula

Pertama dan cara yang paling umum untuk mengubah blog menjadi mesin uang atau menjadi sebuah keuntungan adalah dengan menjual iklan kepada beberapa perusahaan atau beberapa merek yang berminat untuk memanfaatkan para pembaca blog Anda, dan hal ini tentunya tidak lepas dari banyaknya traffic atau lalu lintas yang tersedia dari blog Anda. 

Jenis yang kedua bagaimana cara untuk membuat blog Anda menjadi pundi-pundi rupiah adalah salah satunya dengan membantu suatu merek untuk membangun brand atau citranya dengan menciptakan asosiasi yang positif antara blog dan produk tersebut di benak para konsumen. Kedua jenis blog tersebut dapat menghasilkan banyak uang, terutama jika penciptanya memiliki marketing sense yang tajam.


Jika Anda berniat untuk membuat sebuah blog dan melakukan aktifitas blogging dengan tujuan menjual iklan, ada dua cara dasar yang dapat Anda lakukan untuk dapat merekrut para sponsor yang ingin menempatkan iklan di situs Anda.

Anda dapat memakai jasa orang lain untuk melakukan semua kerja keras tersebut, atau Anda
dapat melakukan pekerjaan tersebut sendiri dan menyimpan semua pendapatan Anda sepenuhnya tanpa harus mengeluarkan uang untuk membayar pihak lain.

Dalam kelompok pertama, banyak orang menciptakan penghasilan dari blogging dengan menjual ruang iklan melalui program Advertising Networks atau jaringan periklanan, yaitu adalah suatu layanan program yang dapat mengubungkan antara pemilik blog atau website dengan para pemasang iklan atau biasa dikenal dengan sebutan publisher.

Kemudian bila Anda ingin mendapatkan penghasilan dari program seperti tersebut diatas, Anda perlu mendaftarkan ke layanan Advertising Networks atau jaringan periklanan tersebut terlebih dahulu, lalu nanti Anda akan mendapatkan sebuah kode iklan yang perlu Anda pasang di website atau blog Anda tersebut.

Menjadi blogger sukses 

Pendapatan atau penghasilan yang didapat umumnya dihitung setiap kali ada seseorang yang mengklik iklan yang Anda pasang tadi di blog atau umumnya disebut Pay Per Click (PPC).

Salah satu layanan jaringan periklanan atau Advertising Networks yang populer di Indonesia atau bahkan di dunia adalah program layanan periklanan Google AdSense.

Keuntungan dari program ini sangatlah banyak, karena hanya memerlukan sedikit usaha dari seorang blogger atau webmaster untuk mulai meraup keuntungan. Namun, sebagian besar blogger saat ini mengeluhkan betapa sulitnya untuk mendapatkan akun Adsense tersebut karena harus melewati masa review blog atau persyaratan yang cukup ketat.

Selanjutnya adalah dengan menjual iklan secara langsung kepada perusahaan yang ingin menempatkan sebuah iklan banner atau sebuah link sponsor di blog Anda, namun hal ini akan memerlukan banyak waktu, tetapi cukup sering menguntungkan jika Anda mendapatkannya. 

Jika Anda memiliki banyak kontak di industri yang terkait dengan topik atau niche blog Anda, Anda mungkin ingin mencoba untuk menggunakan rute ini. Orang-orang yang memiliki latar belakang yang kuat dalam penjualan dan berpengalaman dengan pitching proposals dapat menghasilkan uang dengan menyewakan ruang blog pada perusahaan yang tertarik.

Aktifitas blogging menghasilkan uang

Masalah yang paling serius dengan model ini adalah bahwa Anda harus membangun traffic yang tinggi atau banyak pengunjung atau pembaca yang cukup banyak sebelum Anda dapat menarik pengiklan, yang dapat berarti bahwa Anda harus melakukan optimasi blog Anda secara khusus beberapa bulan kedepan sebelum Anda mulai untuk menghasilkan uang dengan sebuah blog.

Seiring dengan perkembangan dunia blogging yang kini dapat menjadi bisnis yang sangat-sangat menguntungkan, kini juga telah banyak perusahaan yang didirikan dengan pertimbangan bagaimana mereka dapat masuk ke dunia blogging juga dengan menawarkan ruang-ruang untuk para pengiklan.

Salah satu cara yang dilakukan oleh para perusahaan untuk memanfaatkan perkembangan dunia blogging yang pesat ini adalah dengan membangun atau memiliki suatu blog yang memberikan informasi atau berisi topik yang berhubungan dengan korporasi mereka. 

Seringkali, perusahaan akan mempekerjakan seorang blogger profesional untuk membuat weblog yang dirancang khusus untuk menarik pelanggan terhadap produk mereka dan untuk membuat image positif di benak para konsumen. 

Dan akhirnya, masih banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat menghasilkan uang dari aktifitas blogging dengan sebuah blog. Dan yang kami tulis diatas hanyalah sebuah gambaran yang tentunya masih dapat Anda kembangkan lebih jauh lagi untuk dapat menghasilkan uang dari internet atau dari sebuah blog bahkan tanpa harus keluar modal alias dengan memanfaatkan layanan-layanan platform blogging yang gratis.

Untuk mempelajari hal tersebut lebih jauh mengenai platform apa yang harus Anda pilih untuk memulai membuat sebuah blog, Anda dapat membaca artikel kami mengenai "Cara Tepat Memilih Platform Untuk Blog".

Dalam dunia blogging sendiri tentunya terdapat beberapa etika yang harus para blogger ketahui agar dapat menjadi seorang blogger yang sukses, Anda dapat mempelajari lebih jauh tentang etika-etika dalam aktifitas blogging atau dalam dunia blogging melalui artikel ini "Beberapa Anjuran dan Larangan Dalam Dunia Blogging".

Dan kemudian untuk menentukan topik atau niche apa yang cocok dan harus Anda buat untuk menuliskan artikel di blog Anda, Anda dapat menggali informasi tersebut sebagai pertimbangan untuk Anda dalam memilih niche atau topik apakah yang tepat untuk blog Anda melalui artikel kami yang lain yaitu tentang "10 Niche Evergreen Terbaik Sebagai Acuan Anda Dalam Memulai Blogging".

Demikian yang dapat kami tuliskan mengenai Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Tanpa Modal Untuk Seorang Pemula ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Akhir kata terimakasih atas kunjungannya, dan jangan lupa untuk berkomentar pada tempat yang telah kami sediakan dibawah ini.

Salam blogger Indonesia :) :)

Software Untuk Mengakses Internet: Bagaimana Cara Menghubungkan Komputer ke Wifi Internet

Menghubungkan desktop PC ke jaringan internet melalui Wi-Fi sebenarnya tidak memerlukan banyak software maupun hardware. Dan dapat dengan mudah Anda kerjakan di rumah atau di kantor Anda, semua hal yang Anda butuhkan untuk keperluan tersebut yaitu adalah adapter Wi-Fi untuk komputer, dan sebuah router Wi-Fi yang nanti akan terhubung ke modem dari ISP atau provider internet Anda. 

Menggunakan sebuah Wi-Fi router sebenarmya akan kurang sesuai jika digunakan untuk kantor yang terbilang cukup besar dengan terdapat beberapa PC atau kantor yang membutuhkan keamanan jaringan yang tinggi. Jika itu yang terjadi, Anda harus berkonsultasi dengan teknisi jaringan yang berpengalaman yang nantinya akan dapat merekomendasikan jalur akses nirkabel yang sesuai untuk kantor Anda dan menginstalnya sehingga tidak membahayakan keamanan yang ada.

Software Untuk Mengakses Internet: Bagaimana Cara Menghubungkan Komputer ke Wifi Internet


Pengaturan Router


Langkah 1

Belilah sebuah router Wi-Fi jika anda akan memasang atau menginstal Wi-Fi di rumah atau di sebuah kantor yang kecil tanpa kebutuhan keamanan jaringan yang tinggi. Kebanyakan, konsumen akan mencari jenis router yang simpel dan tanpa ribet yang hanya akan membutuhkan kabel dan modem DSL tanpa membutuhkan perangkat yang lainnya. 

Kebanyakan juga, router ini telah menawarkan jenis enkripsi WPA2 dan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) yang penting untuk melindungi data Anda, namun Anda masih harus membaca deskripsi dari produk tersebut untuk memastikan apakah fitur tersebut benar-benar ada, terutama jika Anda membeli model yang lebih lama.


Langkah 2

Hubungkan router Wi-Fi dengan koneksi Internet melalui port WAN ke modem menggunakan kabel Ethernet atau lebih dikenal sebagai kabel UTP atau kabel LAN.


Langkah 3

Baca dokumentasi dari produsen untuk melihat bagaimana router harus dikonfigurasi. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu menginstal software pada salah satu komputer dalam jaringan. Dalam kasus lain, Anda dapat menghubungkan komputer ke router menggunakan kabel Ethernet dan kemudian mengkonfigurasi router menggunakan browser web.

Langkah 4

Pilih pengaturan router pada opsi default jika Anda tidak berpengalaman dalam memasang router. Termasuk untuk menggunakan opsi DHCP pada router untuk menghindari penyalahgunaan komputer dari akses yang ilegal melalui internet.

Langkah 5

Aktifkan keamanan WPA2 pada password ketika mengatur router untuk mengenkripsi dan melindungi data yang dikirim melalui Wi-Fi. Pilih password yang mengandung kombinasi huruf besar dan huruf kecil serta angka untuk membuatnya sulit bagi siapa pun untuk menebak. Tuliskan password dan simpan di tempat yang aman.

Langkah 6

Mengubah password administrasi default pada router untuk mencegah orang dari membuat perubahan pada pengaturan router. Sekali lagi, ini harus menjadi password yang akan sulit bagi siapa pun untuk menebak. Lepaskan kabel Ethernet dari komputer setelah router selesai di setup.

Pengaturan Komputer


Langkah 1

Periksa spesifikasi pada komputer atau PC Anda untuk melihat apakah komputer Anda telah terdapat adaptor built-in Wi-Fi. Pada Windows 8, Anda dapat dengan cepat melihat apakah komputer Anda memiliki Wi-Fi built-in dengan cara mengklik pada Pengaturan di sidebar desktop. 

Klik pada icon "Wireless Network", yang terlihat seperti lima bar secara vertikal, untuk menemukan jaringan Wi-Fi di komputer Anda berdasarkan nama. Jika PC Anda sudah memiliki konektivitas Wi-Fi, tidak ada perangkat lunak atau perangkat keras lainnya yang akan diperlukan.

Langkah 2

Membeli sebuah adaptor Wi-Fi untuk PC jika diperlukan. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat memilih antara Wi-Fi dalam bentuk Network Interface Card (NIC) atau adapter USB Wi-Fi. Adapter USB mudah untuk dipasang atau diinstal dan dapat dilepas kemudian digunakan di komputer lain. 

Untuk NIC akan sedikit memakan waktu lebih lama untuk menginstalnya, namun akan menjadi bagian permanen dari komputer Anda. Dengan NIC juga tidak akan mengambil salah satu port USB Anda. Baca deskripsi dari produk tersebut untuk memastikan apakah adaptor tersebut didukung oleh sistem operasi komputer Anda sebelum membelinya.


Langkah 3

Matikan komputer kemudian masukkan USB WiFi adapter ke port USB yang tidak terpakai di komputer dan pasang antena jika ada. Sedangkan untuk memasang WiFi model NIC, cabut komputer dari sumber listrik, kemudian buka casing komputer menggunakan obeng lalu masukkan NIC ke slot yang kosong di samping NIC Ethernet pada motherboard. Lepaskan panel knock-out yang berhubungan dari belakang casing, ini diperlukan untuk membuat ruang untuk antena NIC WiFi sebelum menutup casing dan menghubungkannya dengan komputer.

Langkah 4

Nyalakan komputer dan silahkan menunggu Windows untuk mengidentifikasi perangkat keras baru. Dalam kebanyakan kasus, Windows akan mengidentifikasi hardware secara otomatis dan menginstal driver perangkat lunak secara otomatis. Jika tidak, produsen mungkin mengharuskan Anda untuk memasukkan CD instalasi atau mendownload driver perangkat lunak perangkat keras tersebut dari internet.

Langkah 5

Klik "Settings" pada sidebar dari komputer Windows 8, kemudian klik icon "Wireless Network". Semua jaringan Wi-Fi yang tersedia di sekeliling Anda akan ditampilkan. Pilih salah satu jaringan Wi-Fi dari daftar tersebut, yang biasanya jika masih default atau bawaan, akan bernama sesuai nama produsen router Anda diikuti dengan suatu nomor, kecuali Anda mengubahnya ketika mengkonfigurasi router.

Langkah 6

Masukkan password WPA2 Anda ketika diminta. Kamudian buka aplikasi browser web dan buka beberapa alamat website untuk memastikan Anda sekarang terhubung ke Internet atau belum.

Hal Yang Dibutuhkan

  • Wifi router
  • Kabel Ethernet (Kabel UTP / LAN)
  • Adapter Wifi
  • Obeng
  • Ketelitian
  • Kesabaran
  • Kopi
  • Doa seorang ibu :)
Demikian diatas adalah cara bagi pemula untuk mengetahui bagaimana Anda dapat terhubung ke internet menggunakan Wifi, Software apa yang dibutuhkan untuk terhubung ke internet, dan perangkat keras apa saja yang diperlukan untuk menghubungkan ke internet melalui Wifi.

Semoga membantu dan selamat beraktifitas :)

Loading...