Saturday, September 24, 2016

Bagaimana Cara Enkripsi (Encrypt) & Dekripsi (Decrypt) File Pada Android

Di zaman di mana teknologi telah berkembang dengan pesatnya seperti yang kita rasakan saat ini, semua orang pasti menginginkan agar data yang mereka miliki tetap aman terjaga. Seperti saat kita sedang memindahkan semua data pekerjaan kita dari PC ke Smartphone, kita pasti juga ingin data kita menjadi lebih aman. 

Kita telah memproteksi gadget kita dengan kunci sidik jari, kunci pola, kunci sandi, kunci pin, bahkan kunci berbasis wajah pun kita mungkin telah atur demi keamanan untuk perangkat dan data yang tersimpan di dalam ponsel kita. Dalam waktu sekarang ini menggunakan kunci layar saja tidak cukup. Kita bisa mengatur kunci aplikasi sehingga tidak ada orang yang akan mampu mengacaukan privasi kita. Namun apa yang harus dilakukan dengan isi dalam memori perangkat kita? Tentunya ini menimbulkan pertanyaan yaitu: Bagaimana Cara Untuk Enkripsi & Dekripsi file pada Ponsel Android?

Dengan smartphone Android di tangannya, pengguna dapat dengan mudah mengamankan data-data dengan mengenkripsi nya. Pengguna tidak dapat mengakses data yang telah dienkripsi kecuali ia memasukkan kode kunci atau password yang telah ia atur untuk mengenkripsi datanya. Jika pengguna lupa kode, data yang dienkripsi tersebut tidak akan berguna. Tidak ada cara lain sampai detik ini untuk mendekripsi data tanpa sebuah lock key atau password. Jadi untuk membantu untuk melindungi data Anda, kami akan memaparkan beberapa metode gratis dan tentunya mudah untuk dipraktekkan.


Bagaimana Cara Untuk Enkripsi & Dekripsi file pada Ponsel Android?


Metode 1: Menggunakan Built-in Pilihan Untuk Enkripsi & Dekripsi file.


Pengguna dapat dengan mudah untuk Enkripsi & Dekripsi file di Ponsel Android dari pengaturan perangkat tanpa menginstal Aplikasi Pihak Ketiga. Untuk mencoba metode Enkripsi & Dekripsi file di Ponsel Android ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Settings di perangkat Anda.
  • Gulir daftar tersebut sampai Anda menemukan Security.
  • Ketuk pada Security, untuk membukanya.
  • Anda akan melihat Encrypt phone pada menu Security.
  • Segera setelah Anda tekan pada pilihan yang diinginkan, Anda akan melihat halaman seperti di bawah ini.
  • Sebagian tulisan menganjurkan bahwa, Anda harus menghubungkan telepon Anda ke charger karena proses ini adalah proses yang memakan waktu.
  • Anda juga perlu mengatur kunci Sandi sebagai kunci layar untuk perangkat Anda.
  • Sekarang waktunya, Anda akhirnya dapat melakukan Enkripsi perangkat / kartu SD eksternal Anda.
  • Sekarang tekan tombol Enkripsi di bagian bawah untuk memulai proses.
  • Anda dapat memilih opsi yang Anda inginkan.
  • Selanjutnya Anda akan melihat progress bar yang menunjukkan bahwa proses sedang berlangsung.
  • Perangkat Anda mungkin akan me-restart untuk beberapa kali selama proses dan dapat memakan waktu mungkin sekitar 1 jam untuk menyelesaikan proses tergantung pada jumlah data yang tersimpan pada memori perangkat Anda.

Anda tidak akan dapat menggunakan telepon Anda selama proses berlangsung. Semua data tidak akan dapat digunakan alias akan rusak dalam kasus jika proses ini terganggu. Pastikan baterai Anda minimal 80% sebelum Anda memulai proses. Anda akan diberitahu segera setelah proses telah selesai.

Buka Settings di perangkat Anda.
Buka Settings di perangkat Anda

Ketuk pada Security, untuk membukanya
Ketuk pada Security, untuk membukanya

Anda akan melihat Encrypt phone pada menu Security
Encrypt phone pada menu Security

Mendekripsi File Menggunakan Pengaturan


Mendekripsi telepon Anda adalah yang sederhana seperti Encrypting itu. Proses mendekripsi sangat lurus ke depan. Ikuti langkah-langkah yang ditulis di bawah ini untuk Dekripsi perangkat Android Anda.

  1. Buka Settings di perangkat Anda.
  2. Gulir daftar tersebut sampai Anda menemukan Security.
  3. Ketuk Security, untuk membukanya.
  4. Anda akan melihat opsi Dekripsi pada menu Encryption.
  5. Tekan di atasnya.
  6. Anda akan melihat halaman seperti yang telah Anda lihat sebelumnya pada proses Enkripsi yang mendesak Anda untuk menghubungkan ponsel ke charger.
  7. Sekarang tekan pada pilihan Decrypt Phone di bagian bawah layar.
Sekarang telepon Anda mungkin juga akan restart beberapa kali seperti pada proses enkripsi dan akan mengembalikan kembali ke data awal Anda dengan semua data utuh. Ini akan memakan waktu tergantung pada jumlah data yang diproses.

Catatan: Jika Anda tidak dapat melihat opsi Decrypt Phone, maka Anda mungkin perlu untuk melakukan reset ulang data pabrik telepon Anda. Untuk melakukan reset ulang data pabrik telepon Anda pergi ke Settings > Backup dan Reset dan tekan pada Factory data reset di bagian bawah layar. Proses selanjutnya adalah sangat mudah. Pastikan baterai Anda minimal 80% sebelum Anda memulai proses.

Metode 2: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Untuk Enkrypt & Decrypt File Pada Android


Dalam rangka untuk mengenkripsi file yang dipilih pada perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi Pihak Ketiga untuk Enkripsi & Dekripsi file. Untuk mencoba metode ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Sebelum memulai dengan proses ini, pengguna perlu men-download aplikasi Andrognito 2 dengan mengklik tombol download di bawah ini.
  2. Begitu pemasangan aplikasi selesai, pengguna perlu membukanya dari drawer aplikasi.
  3. Untuk pertama kalinya, pengguna perlu mendaftar dengan memasukkan Nama dan 4 digit PIN yang akan melindungi data-nya dari penyusup.
  4. Selesai! Ketuk panah untuk melanjutkan ke halaman berikutnya.
  5. Anda harus memasukkan 4 digit PIN lagi untuk mengkonfirmasi tindakan.
  6. Selanjutnya akan ada pertanyaan keamanan dalam kasus Anda lupa PIN.
  7. Sekarang Anda akan melihat halaman dan Anda harus memasukkan nama untuk vault dan 4 digit PIN untuk vault tersebut.
  8. Tekan tombol merah muda untuk melanjutkan.
  9. Sekarang Anda dapat mengimpor dan mengenkripsi file ke vault dengan menekan icon "+".
  10. Anda dapat mengimpor beberapa file pada satu waktu.
  11. Segera setelah Anda telah mengimpor file, tekan tombol lock di sudut kanan atas untuk mengenkripsi file.
  12. Anda akan melihat tombol oranye dengan centang di atasnya untuk menunjukkan bahwa file berhasil diimpor dan dienkripsi.
  13. Anda sekarang dapat yakin bahwa data Anda akan aman dan tidak dapat disalahgunakan.

Register Andrognito 2
Register Andrognito 2

Create Vault Andrognito 2
Create Vault Andrognito 2

Antarmuka Andrognito 2
Antarmuka Andrognito 2

Tekan tombol lock di sudut kanan atas untuk mengenkripsi file
Tekan tombol lock di sudut kanan atas untuk mengenkripsi file


Mendekripsi File Menggunakan Andrognito 2.


Untuk mendekripsi file menggunakan Andrognito 2, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Andrognito 2 dari app drawer Smartphone Android Anda.
  2. Sekarang Anda akan perlu memasukkan PIN 4-digit untuk mendapatkan akses ke vault Anda.
  3. Sekarang Anda akan melihat daftar file yang telah Anda enkripsi sebelumnya.
  4. Tekan pada nama file yang ingin Anda dekripsi.
  5. Seperti yang akan Anda lihat, file yang diinginkan yang telah dipilih, kemudian tekan tombol Unlock di pojok kanan atas aplikasi.
Tekan tombol Unlock di pojok kanan atas aplikasi
Tekan tombol Unlock di pojok kanan atas aplikasi

Proses Mendekripsi
Proses Mendekripsi

File Anda sekarang telah terdekripsi dan sekarang Anda dapat mengaksesnya dari lokasi mereka disimpan sebelumnya sebelum di enkripsi. Anda akan dapat mengaksesnya sebagai file biasa yang Anda gunakan saat mengakses sebelumnya.

Jadi ini adalah dua metode yang dapat digunakan untuk membuat Anda dapat melakukan Encrypt & Decrypt file di Ponsel Android. Anda dapat memberitahu kami metode apa yang Anda gunakan untuk Enkripsi & Mendekripsi file pada perangkat Anda dalam komentar di bawah ini.

Thursday, September 01, 2016

Inilah Alternatif Terbaik Aplikasi Siri Untuk Pengguna Android 2017

Saat ini, dalam penulisan postingan kali ini, sedikitpun saya tidak berpikir untuk memperkenalkan apa itu Siri. Siri adalah asisten pribadi yang sudah sangat terlalu populer yang hadir dalam smartphone dari apel yaitu iPhone. Aplikasi ini tak diperlukan lagi untuk diperkenalkan menurut saya. Saya suka Siri karena; Dia lebih pintar dari saya. Siri keren. Dia tahu jawaban atas sebagian besar pertanyaan saya. Dia bisa memecahkan masalah matematika lebih cepat dari saya. 

Anda semua tahu tentang Siri dan telah melihat apa yang telah dapat dilakukan oleh Siri, itulah mengapa Anda berkunjung di blog ini. Pastinya anda datang ke sini adalah untuk mencari informasi tentang alternatif siri terbaik untuk android. betul? iya betul sekali... :)


Inilah Alternatif Terbaik Aplikasi Siri Untuk Pengguna Android
Inilah Alternatif Terbaik Aplikasi Siri Untuk Pengguna Android

Meskipun saya tidak memiliki iPhone tapi sering kali saya ambil iPhone milik teman saya (hehehe boleh pinjem), saya membuka Siri untuk mengajukan beberapa pertanyaan konyol dan mendapatkan balasan konyol pula hahaha... Saya dapat bermain dengan dia sepanjang hari. Dia dapat dengan mudah mengatur pengingat, set alarm, mengirim pesan teks, melakukan panggilan, mengambil informasi, membuka beberapa aplikasi dan banyak lagi. 

Sekarang pertanyaannya adalah, Apakah anda ingin mendapatkan pengalaman semua ini di ponsel android Anda? Pastinya Ya, Anda dapat dengan mudah mendapatkannya. Ada berbagai aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Untuk membuat keingingan anda ini menjadi lebih mudah, yaitu untuk dapat merasakan kecerdasan Siri di ponsel android Anda, kami telah membuat daftar tentang asisten pribadi terbaik alternatif pengganti Siri untuk Android.

Alternatif Terbaik Siri Untuk Android



1. Cortana


Ini adalah salah satu Siri alternatif yang terbaik untuk android. Ini adalah asisten yang berani bersaing secara langsung dengan Siri. Cortana jauh lebih baik dari asisten pribadi bawaan dari perangkat samsung yaitu S Voice. Cortana adalah asisten pribadi yang dirancang untuk perangkat Windows. Namun beberapa bulan lalu, Microsoft telah merilisnya untuk sistem operasi Android. Anda dapat dengan mudah menghubungi orang, mengirim teks, mengirim email, membuka aplikasi, melihat cuaca, mengatur alarm dan pengingat dan masih banyak lagi hanya dengan menggunakan suara Anda. Anda juga dapat meminta Cortana untuk memberikan Anda sebuah lelucon.




2. Google Now


Ya, Ini merupakan salah satu dari produk brilian milik Google. Google Now adalah asisten pribadi yang cukup menakjubkan untuk ponsel android. menurut saya Google Now ini adalah juara yang tak terbantahkan di dalam daftar Siri alternatif terbaik ini. Anda benar-benar dapat melakukan apa saja dengan google now saat ini seperti apa yang dapat Anda lakukan dengan Siri. 


Google Now
Google Now

Google menyediakan update untuk aplikasi ini secara teratur yang membuatnya menjadi lebih stabil dan pastinya akan membuat bug dari aplikasi semakin berkurang. Jika dipasang bersama dengan Google Now Launcher, hal itu akan membuat Google Now menjadi lebih powerfull.



3. Hound


Hound Personal Assistant adalah salah satu Alternatif Terbaik Pengganti Siri yang cukup baik yang dikembangkan oleh SoundHound. Aplikasi ini cukup cepat dan cukup mengesankan. Fitur dasar lainnya seperti panggilan kontak, mendapatkan arah di peta, mengirim pesan teks, membuka aplikasi, menyiapkan alarm dan pengingat, itu sangat mudah didapatkan dari aplikasi ini. Memiliki mortgage calculator, aplikasi fitur pemesanan hotel yang terintegrasi, dan SoundHound now yang merupakan fitur untuk pencarian musik. Dan pengguna juga dapat bermain game interaktif seperti hangman.




4. AIVC


AIVC adalah salah satu aplikasi personal assistant untuk Android yang cukup simple dan standar namun cukup menarik, dan dapat anda jadikan pilihan terbaik di dalam daftar aplikasi alternatif siri untuk android ini. Ia memiliki kemampuan untuk melakukan tugas-tugas sederhana seperti informasi cuaca, informasi waktu, mengatur alarm dan pengingat, dan memulai berbagai aplikasi. Ia bahkan bisa memecahkan masalah matematika yang sederhana. Anda juga dapat meminta fakta yang menyenangkan tentang berbagai hal. Aplikasi ini dapat dengan mudah menelepon siapa pun dari kontak, mengirim pesan teks, navigasi, dan melakukan terjemahan. Memang aplikasi ini tidak sebagus Google Now atau Cortana namun ini bukanlah pilihan yang salah jika Anda ingin memulai dengan sesuatu yang sederhana.


 

5. Dragon Mobile Assistant


Dragon Mobile Assistant di hadirkan dan diperkenalkan oleh perusahaan yang sudah tidak asing, yaitu yang juga telah mengembangkan dan memperkenalkan fitur Swype keyboard. Hadir dengan fungsi dan fitur yang mendasar. Dan hal yang menarik perhatian adalah attentive mode yang memungkinkannya untuk tetap dapat dibuka meskipun ponsel terkunci dan layar mati. Hal ini membuat Dragon Mobile Assistant adalah satu-satunya aplikasi Personal Assistant yang menawarkan fitur ini. Anda dapat memilih berbagai suara dan bahkan mengubah nama asisten Anda jika Anda menginginkan nya.




6. Assistant


Assistant adalah salah satu
aplikasi Personal Assistant yang terbaik di dalam daftar aplikasi alternatif siri untuk android ini. Assistant adalah aplikasi Personal Assistant yang cukup mengesankan. Aplikasi ini memiliki jangkauan fitur dan perintah yang cukup banyak yang bisa kita berikan. Beberapa fitur standar yaitu menghubungi kontak, mengirim pesan, memulai aplikasi, navigasi, media, horoskop, berita, pemberitahuan dan banyak lagi. Ada dukungan untuk lelucon dan pembicaraan aktif yang membuatnya menjadi sedikit sedikit hidup.



7. Indigo Virtual Assistant


Indigo Virtual Assistant lebih berfokus pada kepribadian. Itu karena, pengguna dapat melakukan percakapan dengan nit seperti yang pengguna akan lakukan dengan orang normal. Anda dapat melakukan beberapa perintah dasar meliputi; mengirim SMS, menelepon, email, navigasi, dan hal-hal dasar lainnya. Anda juga dapat menyimpan perintah menjadi daftar favorit sehingga Anda dapat mengulangi dengan mudah nanti
nya. aplikasi ini akan menerjemahkan perintah Anda dengan sangat cepat. Pengembang dari Indigo Virtual Assistant mengakui bahwa speech recoginition dari aplikasi mereka masih dalam mode beta sehingga kemungkinan akan terjadinya kesalahan bisa saja terjadi.


8. Jarvis


Jarvis mendapatkan popularitas yang jauh lebih cepat dari aplikasi asisten pribadi lainnya karena namanya itu. Seperti mungkin kebanyakan dari Anda telah mengetahuinya bahwa Jarvis adalah nama dari karakter film seri Iron Man. Seiring dengan fitur-fitur dasarnya, Jarvis hadir dengan dukungan widget. Aplikasi ini dapat mengubah wallpapers, mengontrol pengaturan perangkat seperti turn on / off bluetooth, pengingat, dan lain-lain. Ini adalah salah satu asisten pribadi yang dapat digunakan pada perangkat yang dapat dikenakan atau istilahnya wearables, seperti Android Wear. Sampai saat ini, aplikasi ini hanya mendukung bahasa Inggris.




9. Robin


Robin merupakan salah satu dari "Siri challengers" dan sebagai aplikasi alternatif pengganti siri, dan baru hadir
untuk sekitar beberapa waktu yang lalu. Untuk itu, pengembang masih memberitakan bahwa Robin adalah sebagai aplikasi beta yang berarti mereka pasti ingin semuanya harus sempurna sebelum dirilis. Mendukung perintah dasar seperti menelepon dan mengirim SMS dan juga dapat menanggapi isyarat, mencari tahu tentang parkir dan traffic alert, harga baham bakar, dan banyak lagi. Masih perlu beberapa pengembangan lagi namun ini dapat menjadi pilihan yang cukup baik dan pasti akan menjadi jauh lebih baik lagi dalam jangka panjang.



10. Skyvi


Skyvi adalah aplikasi asisten pribadi yang lain yang sudah ada sejak gelombang pertama "Pesaing Siri" keluar untuk Android. Selain fitur-fitur yang dasar seperti yang lainnya, Skyvi dapat melakukan hal-hal seperti mengirim sesuatu di Twitter dan Facebook untuk sekedar melakukan quick update, mencari berbagai fakta yang menyenangkan, dan bahkan dapat menceritakan sebuah lelucon. Diakuinya, Skyvi adalah salah satu pilihan aplikasi asisten pribadi yang lebih sederhana dari AIVC, jadi jika Anda sedang mencari sesuatu yang rumit, terpadu, dan kompleks, maka Skyvi tidak akan melakukannya untuk Anda.



Diatas adalah beberapa alternatif pengganti siri yang terbaik untuk perangkat android menurut kami. Dan jika kami ada kekurangan, atau aplikasi alternatif pengganti siri favorit Anda belum masuk dalam daftar diatas, silakan beritahu kami dalam kolom komentar yang telah disediakan. Terimakasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.