Cara Screenshot di Google Chrome Tanpa Menggunakan Extensi

Ada sekian cara untuk menangkap screenshot dari halaman web pada browser Google Chrome Anda. Anda dapat menggunakan cara yang sudah legendaris yaitu dengan menekan tombol Print Screen di keyboard (atau Cmd + Shift + 4 pada Mac), untuk mendapatkan utilitas snapshot seperti SnagIt ataupun Windows Snipping Tool, atau bahkan dengan alat yang lebih bagus lagi, juga dapat dengan memasang ekstensi Google Chrome khusus seperti Smartshot yang akan memungkinkan Anda dapat menangkap layar dan membubuhkan keterangan didalamnya.

Cara Melakukan Screenshot di Google Chrome Tanpa Menggunakan Extensi
Cara Screenshot di Google Chrome

Ada beberapa orang yang mungkin belum mengetahui bahwa versi baru dari Google Chrome memiliki kemampuan screenshot built-in, yang memungkinkan untuk menangkap gambar layar tanpa menginstal suatu ekstensi. Bagian yang lebih menarik adalah bahwa Anda bahkan dapat menambahkan (device frame) atau bingkai ponsel, seolah-olah tangkapan layar tersebut berada didalam sebuah perangkat (handphone) dan akan menjadikan gambar yang diambil seperti screenshot pada ponsel yang sebenarnya.

Bagaimana Cara Screenshot  di Google Chrome


Untuk memulai, buka halaman web dalam Google Chrome dan pilih Settings -> More Tools -> Developer Tools. Atau, tekan F12 pada Windows atau Cmd + Opt + I pada Mac untuk langsung membuka Chrome Developer Tools.

Selanjutnya, silahkan cari tombol Toggle Device Toolbar dan klik sehingga menjadi biru. Sekarang pilih perangkat seluler dari daftar preset perangkat built-in yang tersedia. Atur zoom sampai 100% dan klik ikon Rotate untuk mengubah orientasi (default adalah modus potret).

Untuk mengatur frame. Klik 3-dot menu di sebelah kanan dan aktifkan bingkai perangkat (Add Device Frame). Selanjutnya, pilih Capture Screenshot dari menu yang sama untuk menyimpan screenshot perangkat dalam format PNG.

Bagaimana Cara Screenshot  di Google Chrome
Bagaimana Cara Screenshot  di Google Chrome


Menangkap Screenshots di Firefox


Anda juga dapat menangkap screenshot dari halaman web di Firefox tanpa menginstal add-ons. Tidak seperti Chrome yang hanya bisa menangkap daerah yang tampak saja, alat pengembang Firefox dapat mengambil snapshot dari seluruh halaman web dan secara otomatis menyimpan dalam folder default download Anda.

Buka alat Web Developer di dalam Firefox dan, di bawah Pengaturan, aktifkan opsi -Take a screenshot of the entire page. Firefox akan menambahkan ikon kamera ke developer toolbar dan memudahkan Anda untuk menangkap screenshot dengan satu kali klik.

Loading...