Sunday, February 12, 2017

(Tutorial) Cara Membuat Android Tidak Lemot Lagi, 11 Tips Jitu & Terbaru


Cara Membuat Android Tidak Lemot. - Tidak dapat dipungkiri bahwa ponsel Android saat ini telah dikatakan bersaing dengan komputer dalam berbagai hal baik itu pada hardware maupun softwarenya. Fitur-fitur yang tidak kalah dengan komputer bahkan bisa dikatakan melebihi adalah dukungan pada memori yang besar, kualitas kamera, kemampuan video calling, editing foto, akses internet yang super cepat, layar sentuh, aplikasi dan game terbaru, dan lain sebagainya.

Pic of Cara Membuat Android Tidak Lemot
11 Tips Jitu & Terbaru Cara Membuat Android Tidak Lemot Lagi

Android memang menjelma menjadi layaknya komputer genggam yang super cepat dan canggih. Namun seiring dengan waktu dan pemakaian yang tiada henti, hal ini berubah dan akhirnya banyak pengguna yang merasakan perangkat mereka semakin hari semakin lemot.

Perangkat Android menjalankan berbagai macam service yang berjalan, karena itu perangkat Android akan semakin terasa melambat seiring dengan waktu dan penggunaan. Ada banyak alasan mengapa perangkat Android Anda semakin lemot yaitu: ukuran RAM yang kecil, Multitasking, memori Cache penuh, aplikasi crash, masalah kompatibilitas aplikasi, virus dan bug, serta masalah hardware dan lain sebagainya.

Karena alasan diatas mungkin perangkat Android kita akan semakin terasa lemot dan kinerjanya juga semakin berkurang. Oleh karena itu, jika Anda juga mengalami masalah tersebut, kami memiliki solusi untuk Anda. Di sini, pada posting kali ini, kami memiliki tips dan trik terbaik Cara membuat Android tidak lemot lagi dan mendapatkan kembali kinerja perangkat Anda dan membuatnya tampil seperti baru.

(Tips) Cara Membuat Android Tidak Lemot Lagi


Ikuti Tips Cara Membuat Android Tidak Lemot yang diberikan di bawah ini untuk mempercepat ponsel android Anda dan membuatnya serasa seperti baru:

1. Hanya Instal Aplikasi yang Diperlukan


Google Play Store adalah pusatnya aplikasi dan game untuk android. Sebagian besar aplikasi dan game yang tersedia di sini sangat fungsional dan menarik. Dengan demikian, pengguna akan selalu tergoda untuk menginstal banyak aplikasi agar mendapatkan lebih banyak fitur pada ponsel mereka. Tapi, ada sisi negatif yang sangat besar dibalik semua itu.

Dengan instalasi banyak aplikasi pada Android sebenarnya dampaknya adalah akan membuat Android Anda menjadi semakin lemot. Hal ini disebabkan karena memang faktanya bahwa semua aplikasi tersebut memiliki layanan latar belakang (background services) yang terus berjalan dan cenderung membuat Android lemot. Oleh karena itu, saran saya hendaknya hanya instal aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan saja.

Harus Baca:

2. Disable Animasi Layar Dan Live Wallpaper


Metode lain untuk Cara membuat Android tidak lemot lagi dan meningkatkan kinerja Android Anda adalah dengan menonaktifkan animasi layar dan juga live wallpaper. Animasi dan live wallpaper memperlambat kecepatan menggeser menu dan efek sentuhan. Jika Anda ingin menginstal custom launcher maka Anda harus menginstal sesuai dengan kompatibilitas perangkat yang seharusnya tidak mempengaruhi kecepatan pemrosesan Android Anda. Untuk menonaktifkan animasi, silahkan Anda buka "Settings >> Display" atau "Developer Options" pada perangkat Anda.

3. Jangan Instal Aplikasi RAM Management


Pada Play Store juga banyak tersedia aplikasi berjenis manajemen RAM dan pembersih sampah. Sebagian besar pengguna menginstal aplikasi ini pada perangkat mereka berharap untuk melihat peningkatan kinerja pada Android mereka. Namun, aplikasi ini adalah mimpi buruk dan sebenarnya hanya akan semakin membuat Android Anda lemot —namun banyak yang sering tidak percaya.

Jangan Instal Aplikasi RAM Management (Cara Membuat Android Tidak Lemot)
Cara Membuat Android Tidak Lemot: Jangan Instal Aplikasi RAM Management

Aplikasi tersebut biasanya menjalankan layanan latar belakang seperti kunci aplikasi dan pintasan pembersih sekali klik pada layar yang mengkonsumsi banyak RAM dan tentunya akan mengurangi kinerja dalam pemrosesan. Oleh karena itu, kami sarankan untuk secara manual membersihkan RAM perangkat Anda alih-alih menggunakan aplikasi berbahaya tersebut untuk membantu membuat kecepatan android Anda menjadi lebih cepat dan tidak lemot.

Harus Baca:
 

4. Hapus Cache Memory pada Aplikasi


Perangkat Android juga akan semakin lemot ketika memori cache ponsel Anda dipenuhi oleh data-data aplikasi. memori cache berisi file-file dan gambar yang dibutuhkan oleh aplikasi pada saat pertama kali dibuka. Cache akan meningkatkan kecepatan perangkat Anda dengan mengurangi jumlah akses ke memori ROM. Terkadang memori cache ponsel kita diisi oleh Aplikasi yang tidak kita gunakan. Jadi kita harus membersihkan memori cache untuk mendapatkan kecepatan perangkat kita kembali dan tidak lemot. Cara menghapus cache di android: Kita dapat menghapus cache pada settings >> storage >> cached data.

Hapus Cache Memory pada Aplikasi - Tips Cara Membuat Android Tidak Lemot
Hapus Cache Memory pada Aplikasi

5. Bebaskan Beberapa Ruang Penyimpanan


Terkadang, ponsel android juga akan lemot karena ruang penyimpanan penuh atau hampir penuh. Anda harus selalu menjaga ruang kosong yang cukup dalam ruang penyimpanan atau memory sehingga ponsel Anda dapat bekerja dengan maksimal. Periksa memory dengan menuju ke "Settings >> Storage". Hapus file yang tidak terpakai atau pindahkan pada layanan cloud seperti Google Photos atau DropBox.

6. Hapus Widget Agar Android Tidak Lemot


Tidak perduli seberapa indah Widget-widget tersebut terlihat pada homescreen dan lockscreen Anda, faktanya Widget akan mengkonsumsi banyak sumber daya sistem dan RAM. Oleh karena itu, mereka makan memperlambat kinerja sistem perangkat Anda dan menjadikannya lemot. Dengan demikian, cara membuat Android tidak lemot lagi, hanya gunakan Widget yang Anda rasa paling berguna dan singkirkan yang lainnya. Ini juga akan membantu Anda untuk menghemat masa pakai baterai.

7. Restart Setiap Pagi


Salah satu tips jitu untuk mendapatkan performa terbaik dan membuat Android tidak lemot lagi adalah untuk memulai hari dengan Quick reboot. Reboot atau restart ponsel Anda setiap pagi hari akan me-refresh setiap proses dan mematikan proses-proses latar belakang yang tidak diperlukan. Ini akan membantu Anda mendapatkan kecepatan kinerja dari perangkat Anda sepanjang hari. Semua pengembang Android juga merekomendasikan untuk melakukannya karena akan membantu untuk membuat Android tidak lemot.

Restart Setiap Pagi - (Tips Cara Membuat Android Tidak Lemot)
Restart Setiap Pagi - (Tips Cara Membuat Android Tidak Lemot)

8. Perbarui Software Android Anda


Perusahaan smartphone terus mencoba untuk membuat pengalaman penggunanya menjadi semakin lebih baik dan lebih baik. Dengan demikian, mereka akan terus-menerus memperbaiki bug dan melakukan pembaruan agar meningkatkan kinerja perangkat dan membuat Android tidak lemot lagi. Anda harus memperbarui perangkat Anda segera setelah pembaruan perangkat lunak muncul. Pembaruan ini juga mengandung update untuk Android dan patch keamanan yang dirilis oleh Google yang sangat membantu pada kecepatan dan keamanan perangkat Anda sehingga akan membuat Android tidak lemot lagi.

Perbarui Software Android Anda (Tips Cara Membuat Android Tidak Lemot)
Perbarui Software Android Anda - Tips Cara Membuat Android Tidak Lemot

9. Lakukan Factory Reset


Jika semua metode di atas tidak bekerja untuk Anda, maka Anda dapat mencoba mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik. Ini akan menghapus segala sesuatu dari Android Anda dan membuatnya seperti baru keluar dari box alias baru. Oleh karena itu, apa saja yang pernah membuat Android lemot akan dihapus dan hal tersebut tentunya akan membuat android menjadi lebih cepat.

Catatan: Melakukan hal ini akan menghapus semua data dan Aplikasi. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki backup dari semua data atau aplikasi Anda sebelum melakukan reset.

10. Menghapus Bloatware


Google sejatinya membuat stock Android sangat ringan dan cepat. Tapi produsen seperti Samsung, Mi dan lain sebagainya biasanya menambahkan aplikasi bawaan yang tidak dapat Anda hapus. Misalnya, perangkat Anda mungkin memiliki 2 browser - chrome dan Baidu mungkin, yaitu browser yang bekerjasama dengan perusahaan perangkat yang Anda pakai, dan bahkan memiliki 2 music player.

Hal tersebut akan membuat perangkat lunak semakin berat dan lag terjadi dimana-mana. Oleh karena itu, Anda dapat menonaktifkan Aplikasi yang tidak anda inginkan, tetapi telah ada pra-instal pada Android Anda. untuk menonaktifkan Aplikasi yang tidak perlu, silahkan ke "Settings >> Apps >> All Apps" kemudian tekan pada aplikasi yang ingin dinonaktifkan dan tekan "Disable". 

11. Instal Custom ROM


Jika Anda memiliki Android model lama dan produsen tidak lagi mendukung pembaruan, dan kecepatan Android Anda lemot, maka salah satu solusi terbaik untuk cara membuat Android tidak lemot dan memperbarui OS adalah menginstal Custom ROM. Dengan Custom ROM kita dapat menambahkan fungsionalitas baru untuk perangkat lama kita. Instalasi Custom ROM akan menghilangan garansi perangkat Anda sehingga risiko ditangan Anda sendiri atau lakukan setelah garansi habis. Anda dapat memilih dari berbagai Custom ROM yang tersedia untuk Android.

Kesimpulannya, ini adalah tips terbaik untuk mempercepat dan cara membuat Android tidak lemot lagi serta akan membuat pengalaman pengguna akan kembali seperti menggunakan perangkat yang baru.

Jika Anda memiliki unek-unek atau pertanyaan mengenai artikel tentang cara untuk membuat Android tidak lemot ini, silakan berbagi dengan kami pada kolom komentar di bawah ini. Kami berharap panduan sederhana ini akan membantu Anda mendapatkan fungsionalitas yang terbaik dari ponsel Anda.

This Is The Newest Post


Emoticon Emoticon