Cara Membuat Android Menjadi Remote TV, Bahkan Perangkat Elektronik Lainnya

Cara Membuat Android Menjadi Remote TV — Saat ini smartphone tidak lagi hanya digunakan untuk menelepon, mengirim SMS, dan bermain game saja. Tahukah Anda bahwa smartphone android dapat juga bertindak sebagai remote control untuk televisi Anda?

Cara Membuat Android Menjadi Remote TV, dan Perangkat Elektronik Lain

Cara Membuat Android Menjadi Remote TV, dan Perangkat Elektronik Lain

Dan bahkan, smartphone android anda bukan hanya dapat dijadikan sebagai remote tv saja, yaitu juga dapat untuk dibuat sebagai remote untuk perngkat elektronik lainnya yang menggunakan teknologi remote, seperti Air conditioner (AC) , DVD PLayer, Home Teather dan perangkat elektronik yang lain sebagainya. Tentunya hal tersebut akan membantu anda untuk meremote berbagai peralatan elektronik pribadi milik Anda hanya mengunakan sebuah smartpone android.

Sebagai informasi bahwa tidak semua smartphone android dapat digunakan menjadi remote TV. Harus Anda ketahui lebih dulu yaitu apa sajakah yang di butuhkan untuk dapat melanjutkan tentang bagaimana cara membuat android menjadi remote tv yaitu apakah menggunakan koneksi Bluetooth, WiFi dan juga infra merah atau InfraRed.

Tampaknya teknologi InfraRed pada perangkat Android mengalami kemunduran. Baru beberapa tahun yang lalu kita melihat seluruh jajaran ponsel unggulan dilengkapi dengan teknologi tersebut, namun produsen tampaknya akan meninggalkan teknologi InfraRed tersebut di balik rilis terbaru produk-produk smartphone mereka.

Misalnya, Samsung Galaxy S6, S6 Edge , dan S6 Active semuanya memilikinya, begitu juga LG G4 , HTC One M9 , dan Samsung Galaxy Note 4.

Namun, Galaxy S7 , Note 5, dan HTC 10 semua memilih untuk menghilangkannya. Syukurlah, LG memilih untuk mempertahankannya pada seri G5.

Beberapa dari smartphone Android dan tablet yang telah dilengkapi aplikasi atau fitur remote seperti Sony Xperia Z2, Samsung Galaxy Note 3, Samsung Galaxy S4, dan Samsung Galaxy S5.

Cara Membuat Android Menjadi Remote TV, dan Perangkat Elektronik Lain

Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat hp android anda menjadi sebuah remote tv dengan bantuan aplikasi bawaan ataupun aplikasi pihak ketiga smartphone android Anda. Silahkan Anda simak dan pelajari pembahasan dibawah ini tentang cara membuat android menjadi remote tv.

Cara Membuat Android Menjadi Remote TV dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Berikut adalah sekilas beberapa aplikasi  remote TV terbaik untuk Android Anda.

1. Smart IR Remote

Smart IR Remote - Cara Membuat Android Menjadi Remote TV

Smart IR Remote (Cara Membuat Android Menjadi Remote TV)

Smart IR Remote mengklaim telah mendukung 900.000 perangkat, menjadikannya aplikasi IR paling lengkap di Google Play Store.

Hal tersebut secara teoritis akan bekerja dengan perangkat IR-enabled di rumah Anda, jadi kegunaannya bukan hanya untuk pesawat televisi dan smart TV. Anda juga dapat mengontrol unit AC, kipas angin, hi-fi, dan kamera DSLR.

Aplikasi ini juga bekerja dengan berbagai macam gadget Wi-Fi seperti speaker Sonos, Philips Hue Lighting, Kodi, dan Amazon Fire.

DownloadSmart IR Remote di Play Store

2. SURE Universal TV Remote

SURE Universal TV Remote - Cara Membuat Android Menjadi Remote TV

SURE Universal TV Remote (Cara Membuat Android Menjadi Remote TV)

SURE Universal TV Remote adalah bintang yang sedang naik daun di sektor aplikasi Infra merah. Aplikasi ini memenangkan “Grand Award” pada kontes Asia Smartphone App 2016, dan telah di download dan digunakan oleh hampir 10 juta pengguna.

Seperti Smart IR Remote yang disebutkan di atas, aplikasi ini dapat mengendalikan perangkat yang dapat menerima sinyal IR. Dan bahkan dapat digunakan untuk mengirim foto dan video langsung dari telepon ke TV menggunakan Wi-Fi dan DLNA.

 Download – SURE Universal TV Remote  (Gratis) di Play Store

3. Universal TV Remote

Sebagai aplikasi gratis, Universal TV Remote oleh Twinone adalah terdapat iklan, namun tetap merupakan cara terbaik untuk menguji aplikasi IR blaster dan melihat apakah aplikasii ni tepat untuk Anda.

Universal TV Remote (Cara Membuat Android Menjadi Remote TV)

Universal TV Remote (Cara Membuat Android Menjadi Remote TV)

Grafik dalam aplikasi tidak begitu apik seperti dua opsi lainnya, namun juga berjalan dengan baik. Aplikasi ini juga sangat mudah diseting – Anda cukup memilih kontrol yang ingin Anda tiru dari menu, dan Anda siap untuk menggunakannya.

Download – Universal TV Remote

4. AnyMote Universal Remote + Wi-Fi

Cara membuat android menjadi remote TV selanjutnya menggunakan aplikasi remote televisi serbaguna yang lainnya ialah AnyMote Universal Remote. Adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh developer Color Tiger.

Mengapa aplikasi ini disebut serbaguna? Dengan menggunakan aplikasi android untuk remote TV ini Anda dapat mengatur bermacam perangkat elektronik mulai dari DVD BluRay, AC, Amplifier, TV,  sampai dengan Xbox.

Dan tidak mengherankan jika AnyMote Universal adalah salah satu aplikasi android untuk remote TV terbaik sebagai solusi untuk Cara membuat android menjadi remote TV yang dapat Anda temukan sekarang ini.

Akan tetapi, dibalik kehebatanya yang mendukung bermacam-macam perangkat elektronik, aplikasi android untuk remote TV tanpa infra merah ini tidak cocok dengan beberapa merek smartphone android sebut saja Sony, Samsung Galaxy S7, Huawei, serta LG G3.

Namun jika Anda menggunakan smartphone Xiaomi, aplikasi remote TV android ini dapat bekerja dengan sangat bagus. Pada sisi fitur, pada aplikasi ini ternyata fitur yang ditawarkan cukup berkualitas karena Anda dapat mengatur posisi tombol, mengatur tema atau warna , mengganti icon, dan juga melakukan perintah suara melalui fitur Google Now. Bagus kan?

Download Anymote Universal Remote melalui Google Play Store.

5. Remote Control Universal TV

Sesuai dengan sebutannya, aplikasi serbaguna untuk remote TV ini dapat anda pakai untuk bermacam-macam pesawat televisi berbagai merek mulai dari Sony, Samsung, LG, Panasonic, JVC, Philips, dan juga bermacam-macam smart TV yang lain.

Aplikasi remote TV ini menggunakan Infra merah yang ada pada android Anda sebagai akses kontrolnya. Anda pun dapat memakai aplikasi remote televisi untuk android ini untuk segala kepentingan yang berkaitan dengan televisi yakni merubah pilihan channel, mengatur volume, menonaktifkan suara televisi, dan juga untuk menyalakan dan mematikan TV.

Selain menghadirkan tampilan tombol-tombol seperti remote TV yang sederhana sehingga dapat mempermudah Anda untuk mengontrol televisi, aplikasi Remote Control Universal TV tersebut juga mempunyai fitur yang sangat menarik, yaitu munculnya pilihan 4 jenis tema yang bagus dan Anda dapat menyesuaikannya sesuka hati Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi remote TV android terbaik ini sebagai salah satu cara membuat android menjadi remote tv secara gratis di Play Store.

Download Remote Control Universal TV melalui Google Play Store atau ikuti link ini.

6. SAMSUNG TV & Remote (IR)

Anda mempunyai TV Samsung dan sekarang  remote TV Samsung Anda hilang, sedang rusak, atau kehabisan baterai? Ini dia solusinya, ialah menggunakan aplikasi android remote TV Samsung yaitu SAMSUNG TV & Remote (IR). Memang, aplikasi remote TV ini adalah aplikasi android yang diperuntukkan secara khusus pada pesawat televisi merek Samsung saja. Sama halnya dengan aplikasi remote TV android lainnya, Samsung TV & Remote memanfaatkan Infra merah untuk media koneksinya, untuk itu, pastikan smartphone android Anda telah dibekali fitur Infrared.

Pada sisi user interface, aplikasi android ini menawarkan tampilan yang sederhana dan tidak terlalu banyak tombol sehingga akan memudahkan untuk dipahami oleh siapapun. Anda bukan hanya dapat menggunakan aplikasi remote TV android ini sebagai remote Smart TV Samsung saja, namun TV tabung Samsung pun juga OK dengan aplikasi ini. Dan jika Anda menginginkan aplikasi android Samsung TV & Remote ini dapat berjalan secara maksimal, sistem operasi yang direkomendasikan adalah minimal Jelly Bean.

Download SAMSUNG TV & Remote (IR) via Google Play Store.

7. Panasonic TV Remote 2

Nah, untuk aplikasi yang selanjutnya ini sangatlah pas untuk Anda yang membutuhkan aplikasi remote TV tanpa infra merah dan mempunyai smartphone android yang tidak dibekali dengan fitur Infra merah didalamnya.

Sesuai sebutannya, Panasonic TV Remote 2 adalah sebuah aplikasi android untuk remote TV yang memang diperuntukkan khusus pada televisi merek Panasonic saja, maka untuk Anda yang mempunyai TV selain Panasonic tidak akan pernah dapat menggunakan aplikasi remote TV ini.

Cara kerja koneksinya ialah dengan menggunakan jaringan Wi-FI yang tersedia, jadi Anda diharuskan terhubung ke jaringan saat akan menjalankan aplikasi Panasonic TV Remote 2 ini. Karena diharuskan terhubung ke jaringan atau online, jadi untuk TV tabung Panasonic tidak akan dapat didukung oleh aplikasi ini dan hanya untuk Smart TV saja.

Download Panasonic TV Remote 2 via Google Play Store.

8. LG TV Remote

Anda pasti tau fungsi aplikasi ini! Sesuai dengan namanya, LG TV Remote adalah aplikasi android untuk remote TV khusus produk Smart TV LED buatan LG yang juga dikembangkan oleh pabrikan LG. Tapi, jenis Smart TV LG minimal keluaran tahun 2012 lah yang dapat menggunakan aplikasi remote TV LG ini.

Untuk dapat menggunakan televisi melalui aplikasi ini, Anda harus lebih dulu telah menghubungkannya ke jaringan Wi-Fi melalui menu WiFi Screen Share yang berada di TV ke smartphone Android. Lalu Anda tinggal memasukkan nomor yang ada dan selanjutnya smartphone android Anda dapat terkoneksi dengan Smart TV LG.

Download LG TV Remote via Google Play Store.

9. Remote Control All TV

Aplikasi remot TV yang dapat Anda gunakan juga untuk berbagai merek teleisi ialah Remote Control All TV dibuat oleh Adventure Team yang diklaim mampu men-support hingga 90% merek televisi terbaru mulai tahun 2017 dan mendukung sampai ribuan perangkat televisi sekaligus. Jadi, Sobat yang mungkin memiliki Smart TV merek Toshiba, Sharp, Samsung, LG, Sony, Panasonic, maupun Fujitsu, atau yang saat ini remote TV nya sedang hilang atau rusak dapat langung mencoba aplikasi remote TV untuk android ini sebagai solusi untuk cara membuat android menjadi remote tv.

Bagi Anda yang terdapat Infra merah pada smartphonenya, maka dapat menggunakan koneksi InfraRed (IR) blaster. Dan jikia smartphone android Anda tidak terdapat Infrared, maka dapat menggunakan koneksi WiFi-to-IR converter. Itu karena Remote Control All TV menyediakan 2 jenis pilihan koneksi untuk menjalankannya.

Pada sisi fitur yang terdapat pada aplikasi ini yaitu terdiri dari Volume Up Control, Volume Down Control, dan pastinya daya On/Off, AV / TV, Saluran Up Control, Saluran Down Control, Mute, sampai Channel Indeks yang semuannya mempunyai tampilan yang sederhana dan ringkas.

Download Remote Control All TV via Google Play Store.

10. Remote Control For TV

Remote Control For TV adalah salah satu aplikasi remote TV gratis dan terbaik yang dapat Anda coba sebagai solusi sebagai cara membuat android menjadi remote TV selanjutnya.

Sama halnya dengan kebanyakan aplikasi remote TV yang lain, Remote Control For TV juga menggunakan dan mengharuskan adannya Infra merah baik pada smartphone ataupun Smart TV.

Dan merek-merek televisi yang support dengan aplikasi  remote tv Android ini adalah Smart TV yang populer seperti LG TV, Samsung TV, Toshiba TV, Sony TV, Panasonic TV, dan lain sebagainya yang populer. Dan sangat disayangkan sekali unyuk TV Polytron tidak dapat menggunakan aplikasi remote TV ini.

Download Remote Control For TV melalui Google Play Store.

11. Peel Smart Remote TV Guide

Saat ini memang banyak orang yang memburu aplikasi remote TV untuk Polytron kareana kepopuleran merek tersebut di pasaran. Tetapi sangat disayangkan karena tak banyak aplikasi remote TV untuk smartphone android yang dapat digunakan pada merek Polytron.

Namun saat ini Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mencari aplikasi remote TV untuk Polytron karena Peel Smart Remote TV Guide berjalan sempurna untuk televisi merek Polytron. Selain merek tersebut, merek-merek televisi lain yang juga dapat menggunakan aplikasi ini ialah Sony, Samsung, Sharp, LG, Apple TV, Coocaa dan banyak lagi lainnya.

Fitur unggulan lainnya yang dipumyai oleh aplikasi remote TV android terbaik ini ialah sekaligus dapat dimanfaatkan pada TV tabung, AC, DVD, dan Audio Amplifier.

Dan bagi Anda yang berlangganan TV berbayar dapat mengatur saluran favorit langsung melalui aplikasi ini. Rasanya sangat pantas menjuluki Peel Smart Remote TV dengan aplikasi remot TV terbaik dan serbaguna yang juga dapat diunduh secara gratis via Google Play Store dengan semua keunggulan yang dimilikinya.

Download Peel Universal Remote TV Guide melalui Google Play Store.

Cara Membuat Android Menjadi Remote TV dengan Aplikasi Remote Bawaan Smartphone

Ada beberapa aplikasi yang digunakan pada Android sebagai remote khusus dari merek tertentu dan ada pula yang bersifat umum atau universal. Contohnya model smartphone Android merek Samsung yang dapat digunakan sebagai remote universal.

Cara Membuat Android Menjadi Remote TV dengan Aplikasi Remote Bawaan Smartphone

Cara Membuat Android Menjadi Remote TV dengan Aplikasi Remote Bawaan Smartphone

Ialah remote multi fungsi yang dapat digunakan untuk berbagai merk dan jenis peralatan elektronik sebut saja merek seperti Sony, Panasonic, Samsung, LG, Sharp, Toshiba dan sebagainya.

Dan aplikasi yang digunakan untuk untuk mengaktifkan fitur remote ini ialah aplikasi bawaan ponsel yaitu WatchON. Mari kita simak bagaimana cara membuat android menjadi remote tv berikut ini:

Jalankan aplikasi WatchOn pada smartphone Android Anda dan pilih SELECT COUNTRY or REGION lalu pilih negara Anda, contohnya Indonesia.

Lalu pilih TV berlangganan yang digunakan, bila tidak ada, Anda dapat memilih Indovision contohnya. Lalu kemudian pilih Skip dan Agree.

Setelahnya akan terlihat sebuah icon bergambar remote, lalu klik icon gambar remote tersebut untuk melakukan pengaturan TV Anda. Lalu klik Continue untuk melakukan Setingannya

Langkah berikutnya adalah memilih merek TV yang sedang Anda pakai. Kalau pada halaman ini tidak ada merek TV yang Anda gunakan, maka klik Show Other Brands.

Jika Anda telah selesai memilih merek TV anda, lalu silahkan klik tombol Power untuk menyalakan TV Anda.

Harap diperhatikan, jika TV Anda dapat di nyalakan dengan sempurna lalu klik YES, This Code One Work. Kalau tidak dapat hidup, tekan Send This Code One Again untuk mengulangi. Selanjutnya klik MY TV (Merek TV)

Untuk tahapan terakhir silahkan klik DONE. Dan semua proses telah selesai dilakukan, dan anda telah siap untuk menggunakan HP Android Anda sebagai “cara membuat android menjadi remote tv.”

Artikel Menarik Lainnya:

Bagaimana Jika Smartphone Android Anda Tidak Memiliki IR Blaster?

Jangan putus asa. Bahkan jika handset baru Anda yang mengkilap tidak dibekali dengan built-in IR blaster, Anda masih memiliki pilihan. Pabrikan pihak ketiga membuat perangkat yang terhubung ke smartphone Anda dan langsung memberikan fungsi sebagai IR atau infra merah.

Cara Membuat Android Menjadi Remote TV tanpa Infra Merah (IR Blaster)

Irdroid (Cara Membuat Android Menjadi Remote TV)

Irdroid (Cara Membuat Android Menjadi Remote TV)

Irdroid (Cara Membuat Android Menjadi Remote TV)

Irdroid tidak terlihat sangat mewah, namun kemampuannya sangatlah mumpuni. Alat dihubungkan ke jack headphone smartphone android Anda dan dapat memancarkan sinar infra merah. Anda memerlukan baterai AAA untuk menyalakannya.

Untuk menggunakannya sangatlah mudah: pasang modul, instal aplikasi, dan alat ini akan segera bekerja. Semua remote LIRC didukung, seperti juga produk dari Samsung, LG, Motorola, Sony, Panasonic, dan Philips. Alat ini memiliki jangkauan sekitar 10 meter (30 kaki).

Ada berbagai model yang tersedia, dengan versi termurah (tapi paling jelek) dijual seharga hanya $ 15.

Cara Membuat Android Menjadi Remote TV dengan Logitech Harmony Smart Control

Logitech Harmony Smart Control (Cara Membuat Android Menjadi Remote TV)

Logitech Harmony Smart Control (Cara Membuat Android Menjadi Remote TV)

Jika Anda tidak menginginkan gadget terlihat jelek karena ada yang menonjol dari bagian atas ponsel Anda, Anda harus rela mengeluarkan lebih banyak uang.

Salah satu pilihannya adalah Logitech Harmony Smart Control. Alat ini akan membuat Anda harus mengluarkan kocek sekitar $89,99 di Amazon, namun ini adalah solusi yang jauh lebih elegan.

Hadir dengan hub yang terhubung ke TV Anda, dan aplikasi smartphone yang berkomunikasi dengan hub. Dari aplikasi, Anda dapat mengontrol layanan streaming, volume, dan video streaming seperti Netflix.

Menurut Logitech, alat ini telah mendukung lebih dari 270.000 perangkat.

Apakah Anda Menggunakan Smarphone Android Anda untuk Remote TV?

Menurut Anda, apakah smartphone merupakan sebuah solusi untuk dapat digunakan sebagai remote TV? Apakah remote tradisional akan masuk ke dalam ketidakjelasan dan ditinggalkan? Atau bahkan sebaliknya? Apakah menggunakan smartphone android Anda sebagai remote TV adalah hal yang sudah ketinggalan jaman?

Saya sangat penasaran untuk tahu apa yang Anda telah Anda pelajari dan praktekkan. Jika Anda telah menggunakan salah satu aplikasi atau gadget di artikel ini, atau Anda telah menemukan trik baru yang lebih bagus dan belum pernah kami bahas, beri tahu kami di bagian kolom komentar di bawah ini.

Demikian artikel tentang “Cara Membuat Android Menjadi Remote TV” semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi pengunjung setia istanakecilku.com, terima kasih dan selamat beraktifitas.

Pencarian Masuk:

  • aplikasi aroma installer with (zip) untuk membuka hp terkunci
  • cara membuka pattern lock
  • cara merubah vpn di mozilla
  • mrmbuat sms center di server

Leave a Reply

8 Shares
+1
Share2
Tweet
Pin5
Stumble1