Featured Cara Mencari Judul Lagu Tanpa Mengetahui Liriknya

Cara Mencari Judul Lagu Tanpa Mengetahui Liriknya

Hal ini dapat terjadi dimana saja dan dialami oleh siapa saja. Yaitu ketika Anda sedang duduk di restoran bersama teman atau sedang mengemudi menuju kantor kemudian ada beberapa musik yang bagus diputar di radio.

Tentunya Anda akan membeli musik tersebut atau sekedar mendownload nya, namun masalahnya adalah Anda tidak tahu atau hafal lirik lagunya sehingga bagaimana Anda dapat mengetahui judul lagu tersebut?

Cara Mencari Judul Lagu Tanpa Mengetahui Liriknya

Cara Mencari Judul Lagu Tanpa Mengetahui Liriknya

Maka dari itu kali ini kami akan menuliskan artikel mengenai cara mengetahui judul lagu tanpa mengetahui liriknya.

Cara Mencari Judul Lagu Tanpa Mengetahui Liriknya

Mesin pencari seperti Google atau Bing tidak akan banyak membantu kecuali jika Anda tahu beberapa kata dari lirik lagu atau memiliki petunjuk tentang nama artis atau band lagu tersebut. Lantas bagaimana Anda mengidentifikasi judul lagu yang indah itu?

Nah, berikut adalah beberapa layanan pengenalan musik terbaik yang dapat membantu Anda menemukan nama lagu tanpa harus mengetahui liriknya. Anda dapat menggunakannya untuk mengidentifikasi musik yang diputar dari radio, TV, Internet atau dari CD yang diputar.


Baca juga:


Cara Mencari Judul Lagu Dengan Ponsel Anda

Shazam

Shazam adalah aplikasi seluler yang dapat Anda gunakan untuk mencari judul lagu dari iPhone, BlackBerry, Windows Mobile, Android atau ponsel Nokia S60. Anda juga dapat menggunakan Shazam pada iPod Touch asalkan Anda memiliki mikrofon eksternal.

Cukup instal aplikasi Shazam, arahkan ponsel Anda ke sumber suara dan tekan tombol Tag untuk membiarkan Shazam mengidentifikasi musik yang sedang diputar. Shazam hanya dapat bekerja dengan musik rekaman, tidak melalui pertunjukan live.

Shazam versi gratis akan membantu Anda mengidentifikasi hingga 5 trek yang berbeda per bulan sementara versi berbayar, yaitu Shazam Encore, menawarkan pelacakan tak terbatas dengan harga $4,99. Namun jika lagu tidak dapat dikenali, tidak ada biaya yang harus dikeluarkan.

MusicID

Pegang iPhone Anda ke sumber musik dan MusicID akan memberitahu Anda lagu apa yang sedang diputar. Ini adalah Aplikasi iPhone seharga $3 yang tersedia di seluruh dunia.

Seperti Shazam, MusicID hanya berfungsi dengan musik yang sudah direkam.

Aplikasi keluaran dari Gravity Mobile inc ini menawarkan kemudahan bagi anda saat Anda lupa dengan judul lagu yang anda nyanyikan, bahkan saat Anda tidak hafal satupun lirik lagunya.

Tertarik? download aplikasinya disini.

Cara Mencari Judul Lagu Menggunakan Suara Anda Sendiri

Midomi

Jika Anda mempunyai nada lagu yang terngiang-ngiang dalam pikiran, cukup ambil mikrofon, senandungkan nada tersebut dan Midomi akan dapat memberitahu apa judul lagu tersebut.

Midomi adalah sebuah website besutan SoundHold. Tidak seperti Shazam yang merupakan aplikasi seluler, Midomi menawarkan antarmuka web dimana Anda dapat bersenandung atau bernyanyi selama sekitar 10 detik dan kemudian layanan akan menampilkan daftar lagu yang cocok. Untuk hasil terbaik, pertahankan bilah volume tetap hijau dan hindari kebisingan pada latar belakang.

Midomi gratis untuk digunakan secara online, namun juga menawarkan aplikasi seluler untuk iPhone, Android, dan ponsel Windows Mobile. Anda dapat mengidentifikasi lagu dengan memegang ponsel Anda ke speaker atau dengan menyanyikan/menyenandungkan melodi pada ponsel Anda.

Jika Anda tertarik, Anda dapat mengunjungi websitenya pada tautan ini.

Rekam Lagu Pendek Untuk Mengidentifikasi Musik

AudioTag

Jika Anda memiliki rekaman lagu pendek di laptop atau ponsel, Anda dapat menggunakan layanan pengenalan musik online dari AudioTag untuk mengetahui judul pasti lagu tersebut.

Anda dapat mengunggah cuplikan lagu pendek (atau full semua lagu) kemudian AudioTag akan mencoba mengidentifikasi judul lagu dengan membandingkan potongan lagu tersebut dengan basis data musik miliknya. Untuk hasil yang terbaik, Anda harus mengambil potongan dari tengah lagu atau mengunggah seluruh lagu dan mesin pengenalan akan memilih potongan secara acak dengan sendirinya.

Akan sangat berguna jika Anda dapat merekam sebagian lagu pada perangkat seluler, kemudian memeriksa informasi lagu tersebut setiap kali Anda online.

Kunjungi website nya disini.

Cara Mencari Judul Lagu/Mengidentifikasi Musik Dengan Bantuan Manusia

WatZatSong

Ketika komputer gagal mengidentifikasi judul lagu yang Anda cari, Anda dapat menggunakan bantuan manusia yang mungkin mengetahui tentang lagu tersebut.

WatZatSong Adalah situs jejaring sosial tempat Anda dapat mengunggah rekaman singkat MP3 dari sebuah lagu (atau merekam sendiri dengan cara bersenandung) dan anggota lainnya dapat membantu Anda untuk menebak judul lagu yang benar.

Jawaban tidak akan datang secara instan, namun Anda dapat membuat tugas mereka sedikit lebih mudah dengan menyertakan rincian lebih lanjut tentang lagu tersebut, seperti bahasa atau aliran musik yang digunakan.

Anda juga dapat memposting permintaan WatZatSong yang sama ke situs jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain. Sehingga lebih banyak yang dapat membantu Anda dalam pencarian.

Name My Tune

Nyanyikan atau dengarkan klip pendek dari lagu yang Anda ingin cari judul nya. Setelah Anda selesai merekam dan memasuki Genre yang menurut Anda lagu tersebut paling cocok, mereka akan mengirimi Anda email ketika orang lain di situs itu dapat mengenali nada Anda.

Menggunakan Keyboard Virtual Untuk Menemukan Judul Lagu

Musipedia

Dengan Musipedia, Anda dapat mencari judul lagu dengan memainkannya di keyboard virtual piano atau dengan cara bersiul ke komputer menggunakan mikrofon.

Musipedia bekerja lebih baik untuk menemukan musik klasik. Tidak seperti Shazam yang hanya akan menemukan lagu yang persis sesuai dengan rekaman, Musipedia dapat mengidentifikasi semua musik yang berisi melodi tertentu yang baru saja Anda rekam dengan bersenandung atau melalui keyboard komputer.

MelodyCatcher

Jika Anda dapat memainkan nada pada keyboard virtual, MelodyCatcher dapat membantu Anda menemukan judul lagu yang Anda cari.

Dengan onscreen keyboard berbasis Java, cukup gunakan mouse untuk memainkan melodi, klik pencarian, kemudian MelodyCatcher akan menampilkan daftar lagu yang cocok dari berbagai macam web. Anda tidak perlu memasukkan melodi lengkap: 5-7 nada pertama biasanya cukup untuk mengidentifikasi sebuah lagu.

Nah, diatas adalah cara mengetahui judul lagu tanpa mengetahui liriknya, anda dapat mencobanya pada laptop atau ponsel android untuk mengetahui judul lagu yang ingin anda cari.

Jika anda memiliki cara lainnya untuk mencari judul lagu tanpa mengetahui liriknya, anda dapat menuliskannya pada kolom komentar dibawah ini. Selamat mencoba.

5/5 (1)

Please rate this

No Responses

Write a response