Ghost Touch, Layar Smartphone yang Bergerak Sendiri! Begini Cara Mengatasinya!

Cara Mengatasi Ghost Touch, Layar Sentuh Bergerak Sendiri di Android – Masalah layar sentuh pada smartphone dapat menjadi hal yang sangat menjengkelkan, tentu saja karena layar adalah komponen utama untuk mengoperasikan sebuah smartphone terutama pada ponsel touchscreen.

Dan Ghost Touch adalah salah satu permasalahan yang sering terjadi, baik itu smartphone kelas Low-end maupun pada High-end.

Gambar Cara Mengatasi Ghost Touch, Layar Sentuh Bergerak Sendiri di Android

Cara Mengatasi Ghost Touch, Layar Sentuh Bergerak Sendiri di Android

Namun jangan khawatir, karena kami telah menyusun beberapa solusi tentang cara mengatasi ghost touch yaitu bagaimana cara untuk memperbaiki masalah layar pada smartphone atau yang sering disebut dengan Ghost Touch. Penasaran? simak informasi selanjutnya dibawah ini.

Ghost touch ini terjadi tidak hanya di smartphone android merek-merek local yang kurang terkenal tetapi terjadi juga di beberapa merek terkenalClick To Tweet

Apa Yang Dimaksud Dengan Ghost Touch?

Ghost touch merupakan istilah yang digunakan ketika layar smartphone bergerak dan beroperasi sendiri, terkadang juga dapat membuka aplikasi tanpa ada yang menjalankan ataupun menyentuhnya, juga ketika ada bagian dari layar smartphone yang tidak responsif terhadap sentuhan Anda.

Permasalahan Ghost Touch ini biasanya bervariasi antara perangkat yang satu dengan yang lainnya. Jika Anda mengalami masalah Ghost Touch, masalah tersebut bukanlah berasal dari perangkat lunak namun lebih pada sisi hardware smartphone anda.

Dalam kasus yang lebih parah, hal tersebut terjadi karena masalah dari salah satu hardware dengan layar yang bertempat di dalam casis dari smartphone Anda.

Jika Anda seorang yang ahli dan senang dalam elektronika dan juga memiliki semua alat khusus yang diperlukan, beberapa orang telah melaporkan keberhasilannya hanya dengan melepaskan layar dari konektor data. Atau jika Anda ragu Anda dapat menghubungi tukang service untuk memperbaikinya.

Tidak ada suatu penyebab ataupun cara yang pasti untuk mengatasi ghost touch atau layar sentuh yang bergerak sendiri di Android ini, jadi Anda harus menggunakan metode trial dan error jika smartphone anda telah habis dari masa garansi.

Untuk beberapa perangkat, menggunakan aplikasi pengujian layar dapat menampilkan “deadspot” atau touchscreen yang mati sebagian dengan beberapa saran di bawah ini yang mungkin dapat membantu.

Saran Artikel:

Cara Mengatasi Ghost Touch

Untuk cara mengatasi ghost touch, layar sentuh yang bergerak sendiri. Mari kita mulai dengan yang paling mudah, solusi dari yang paling sederhana dan dapat diaplikasikan untuk masalah layar yang bergerak sendiri atau ghost touch.

1. Bersihkan Pelindung Layar

Jika Anda beruntung, air atau mungkin kotoran yang berada di bawah pelindung layar yang telah menyebabkan terjadinya Ghost Touch. Maka hal yang dapat dilakukan untuk cara mengatasi ghost touch ini adalah dengan melepaskannya, kemudian membersihkan layar smartphone secara menyeluruh dan mengganti pelindung layar dengan yang baru.

2. Periksa Charger Smartphone

Saat Anda sedang mengisi daya smartphone, kemudian melihat layar beroperasi sendiri, maka kemungkinan terjadi kerusakan pada charger yang sedang anda gunakan. Segera cek keadaan charger agar tidak merusak smartphone jika terus menerus digunakan.

Dan jika anda hendak membeli charger yang baru, usahakanlah untuk membeli charger yang asli atau original karena pasti akan sesuai dengan kebutuhan smartphone anda.

3. Kerusakan pada Baterai atau dalam Kondisi Kehabisan Daya

Biasanya, Ghost Touch dapat terjadi di saat baterai pada smartphone akan habis. Dan cara untuk mengatasinya, segeralah untuk mengisi daya atau mengecas baterai smartphone Anda. Dan jika Ghost Touch masih tetap terjadi, maka periksa keadaan baterai.

Jika Anda menemukan baterai telah menggelembung, maka segeralah ganti baterai smartphone Anda supaya kerusakan tidak merembet pada komponen lainnya.

4. Layar dalam Keadaan Panas

Gambar tentang Cara Mengatasi Ghost Touch, Layar Sentuh Bergerak Sendiri di Android

Layar dalam Keadaan Panas, (Cara Mengatasi Ghost Touch)

Jika menemukan layar smartphone panas, hal ini juga dapat mengakibatkan terjadinya Ghost Touch pada layar smartphone.

Cara mengatasinya adalah dengan menghentikan sejenak pemakaian agar suhu pada smartphone khususnya layar kembali dalam keadaan normal. Anda juga dapat memasang bahan dari tembaga pada bagian dalam casing smartphone untuk meredam panas.

Kondisi smartphone yang panas juga dapat disebabkan karena CPU yang bekerja secara terus menerus atau berlebihan, yang juga dapat menyebabkan terjadinya Ghost Touch. Cara untuk mengatasi ghost touch adalah dengan mengurangi penggunaan secara multitasking yaitu membuka aplikasi secara berlebihan.

5. Atur Ulang Kalibrasi Layar (Cara Mengatasi Ghost Touch)

Cara mengatasi ghost touch berikutnya yang dapat Anda coba lakukan jika layar smartphone masih “bandel” atau tetap bergerak-gerak dan beroperasi sendiri tanpa disentuh, Anda dapat melakukan kalibrasi pada layar sentuh smartphone (Android) Anda.

Untuk melakukannya, Masuk pada display settings (Lokasi pengaturan pada setiap smartphone berbeda-beda). Lalu kemudian atur ulang pada menu kalibrasi yang tersedia. Sebagai alternatif, jangan mengaktifkan fitur Auto Rotation.

Jika pengaturan kalibrasi pada smartphone Anda tidak ada di bagian display settings, Maka instal-lah aplikasi SwiftKey Keyboard, dalam aplikasi tersebut terdapat pengaturan yang bernama Touch Input, disitu Anda dapat mengatur ulang kalibrasi layar smartphone Anda.

Alternatif lainnya untuk cara mengatasi ghost touch, Anda dapat menggunakan aplikasi sederhana dari PlayStore yaitu “Kalibrasi Layar Sentuh”. Untuk menggunakan aplikasi tersebut sangatlah mudah, cukup dengan sekali klik. Dalam proses kalibrasi akan ditampilkan nilai akurasi dari kalibrasi. Tetapi aplikasi tersebut dapat menjalankan fungsinya dengan lebih baik jika smartphone sudah dalam keadaan root.

6. Lakukanlah Factory Reset (Cara Mengatasi Ghost Touch)

Pilihan akhir namun bukanlah yang terakhir untuk cara mengatasi ghost touch, lakukanlah Factory Reset apabila langkah demi langkah di atas belum menunjukkan kata berhasil. Namun harus Anda catat, jika Anda melakukan hal tersebut maka tampilan smartphone Anda akan kembali seperti pertama kali Anda membelinya alias baru.

Jadi semua data dan aplikasi yang telah Anda pasang sebelumnya akan hilang, maka persiapkan dahulu untuk membackup atau memindahkan data-data penting Anda ke ponsel lainnya atau ke laptop.

7. Tukar Smartphone dengan yang Baru (Garansi)

Kali ini adalah pilihan terakhir yang mungkin memang benar-benar menjadi opsi terakhir untuk cara mengatasi ghost touch jika smartphone Anda masih dalam masa garansi.

Klaim Garansi smartphone merupakan layanan yang diberikan dari pihak vendor pada konsumen mereka, supaya jika memang terjadi kerusakan dimana kesalahan yang terjadi bukan disebabkan oleh kesalahan pengguna, maka bisa dilakukan perbaikan dengan gratis atau bahkan penggantian unit yang baru.

Melakukan klaim garansi atas smartphone yang cacat atau rusak memang perlu anda lakukan bila memang masa berlaku garansi smartphone Anda masih aktif, karena hal ini adalah tanggung jawab dari para vendor penyedia smartphone dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan bila produk mereka mengalami cacat pabrik atau kerusakan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan dalam artikel ini tentang Cara Mengatasi Ghost Touch, Layar Sentuh Bergerak Sendiri di Android. Semoga bermanfaat dan menjadi informasi yang berguna untuk anda yang sedang mengalami permasalahan tersebut diatas.

Salam… 🙂

Pencarian Masuk:

  • cara mengatasi ghost touch
  • mengatasi ghost touch
  • cara memperbaiki ghost touch
  • cara ngebom di whatsapp
  • cara menghilangkan ghost touch
  • penyebab ghost touch
  • apa ghost touch
  • cara atasi ghost touch
  • ghost touch adalah
  • cara mengatasi ghost touch android
  • ghost touch disebabkan charger
  • cara mudah mengatasi ghost touch
  • cara mengatasi ghost touching android
  • memperbaiki ghost touch android
  • apa itu ghost touch

Leave a Reply

4 Shares
+1
Share4
Tweet
Pin
Stumble