Cara Menggunakan Google Translate Camera Android untuk Menerjemahkan Bahasa Secara Instan

Jika Anda mungkin sedang berlibur keluar negeri, dan dikelilingi oleh papan-papan dengan tulisan dalam bahasa yang Anda tidak mengerti, tentunya Anda tidak akan secara tiba-tiba akan dapat membacanya atau mengerti. Namun dengan fitur pintar di aplikasi Google Translate, smartphone Anda dapat membantu Anda menerjemahkan tulisan-tulisan pada papan-papan tersebut.

Aplikasi ini dimulai dan dikenal dengan Word Lens, sebuah proyek augmented reality (AR) oleh Quest Digital yang gratis untuk dicoba, namun pada prakteknya diperlukan pembelian paket bahasa sebesar $5 untuk setiap penggunaan. Google kemudian mengakuisisi Word Lens dan sekarang teknologi tersebut telah menjadi bagian dari aplikasi Google Translate pada iPhone, Android, dan Google Glass, dan sekarang fitur tersebut benar-benar gratis untuk digunakan.

Bagaimana Hal Tersebut Bekerja

Ketika saya pertama kali mendengar tentang proyek Word Lens pada sekitar tahun 2010-an yang lalu, saya  waktu itu berfikir bahwa mungkin hal tersebut hanyalah wacana, dan tidak percaya apakah mungkin hal tersebut dapat terjadi. Anda hanya akan membuka sebuah aplikasi, kemudian memilih bahasa yang ingin Anda terjemahkan (dari dan ke), dan kemudian hanya cukup arahkan kamera ke teks yang ingin diterjemahkan untuk melihat terjemahannya. WOW… dan sekarang hal tersebut benar-benar sudah ada….

Sementara kata “instan” disini mungkin berarti bahwa deskripsi atau terjemahan tidak akan bersifat akurat secara teknis, proses penerjemahan pada aplikasi terjadi begitu cepat. Dokumen dan bahkan simbol dengan cepat berubah di depan mata Anda, sehingga saat ini begitu mudah untuk memahami dunia di sekitar Anda bahkan ketika Anda tidak dapat berbicara bahasa setempat.

Google translate: Cara Menggunakan Kamera Smartphone Anda untuk Menerjemahkan Bahasa Secara Instan 
Untuk memberikan pusaran, jalankan aplikasi pada ponsel Anda dan tekan ikon kamera di kiri bawah, yang ditunjukkan pada gambar di atas. Bahasa default terjemahan bahasa Indonesia-Inggris , jadi jika Anda ingin memilih bahasa yang lain, Anda tinggal ketuk bahasa di bagian atas untuk mengubahnya.
Google translate 
Ketika Anda mengetuk kamera dan setelah kamera terbuka, Anda akan melihat layar seperti di atas yang akan memperlihatkan kepada Anda apa yang kamera Anda lihat. Arahkan ke beberapa kata dan lihatlah perubahan yang akan terjadi langsung di depan mata Anda, cukup dengan Anda menekan tombol kamera berwarna merah seperti pada gambar diatas. Dan jika Anda ingin menerjemahkan dengan gambar yang sudah tersimpan pada galeri smartphone Anda, tekan tombol di kiri bawah disamping gambar kamera merah seperti dapat dilihat pada gambar diatas untuk mengambil foto dari galeri. cukup mudah bukan?
Bahkan Aplikasi tersebut dapat digunakan secara offline atau tidak memerlukan koneksi internet untuk dapat berfungsi! Google menempatkan file terjemahan secara lokal pada ponsel Anda sehingga Anda dapat melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa perlu mendaftarkan paket internet, anda hanya cukup untuk mendownload file terjemahan sekali setelah Anda menginstal aplikasi tersebut. 

Kelemahan

Mungkin proyek Word Lens memang tidak dapat dibilang sempurna. Walaupun Google telah berhasil meningkatkan dan memperbaiki satu demi satu kelemahan utama sejak awal Word Lens diakuisisi, namun masih dengan masalah yang sama pada semua aplikasi terjemahan yang telah ada: bahwa sebuah aplikasi penerjemah tidak mungkin 100% akan akurat.
Google translate: Menggunakan Kamera Smartphone untuk Menerjemahkan Bahasa Secara Instan 

Lihatlah gambar di atas. Jika Anda mengerti bahasa Inggris, Anda mungkin tahu apa yang salah. Anda mungkin melihat terjemahan yang tidak sempurna, terutama pada tata bahasa atau grammar.
Meskipun ada terjadi sedikit atau banyak kesalahan, aplikasi ini tetap akan membantu Anda untuk dapat memperoleh pemahaman umum mengenai apa yang Anda baca. Anda hanya perlu menggunakan nalar dan kekuatan untuk memperhitungkan dan jangan berharap terlalu banyak. Dan Anda seharusnya juga tidak menggunakan fitur terjemahan langsung ini pada sebuah artikel yang panjang. Aplikasi ini cukup berguna dan bekerja dengan tanda-tanda dan blok teks singkat yang mungkin akan Anda temui apabila Anda sedang berjalan-jalan keluar negeri.
Selebihnya, live translation atau terjemahan instan dengan penggantian kata adalah tugas yang cukup kompleks untuk sebuah ponsel. Google Translate mungkin akan sering terlihat hiperaktif ketika menukar kata-kata karena Anda tidak akan pernah bisa memegang ponsel Anda dengan benar-benar stabil saat Anda memotret. Di mana ada gerakan, akan ada fluktuasi teks. Hanya hal yang tidak stabil yang menjadi masalah dalam “Live Mode”, Anda hanya cukup menjepret gambar dan Anda tidak perlu khawatir tentang hal-hal tersebut.
Secara keseluruhan, kelemahan ini ternyata sebanding dengan manfaat luar biasa yang didapat dari aplikasi ini. Sebagai teknologi yang masih berkembang, pada akhirnya pasti kita akan mendapatkan dengan terjemahan yang lebih akurat. Untuk saat ini, meskipun terdapat kelemahan-kelemahan tersebut, Aplikasi tersebut masih dapat dibilang cukup luar biasa.

Dimana Cara Mendapatkannya

Google Translate adalah aplikasi gratis yang tersedia untuk di-download pada iPhone, Android, dan Google Glass. Anda dapat mengklik link tersebut untuk melihat halaman download, atau anda dapat menelusuri dan mencarinya pada App Store pada iPhone atau Playstore pada Android untuk mendapatkannya langsung dari perangkat Anda.
Semoga bermanfaat.

Pencarian Masuk:

  • cara membuat terjemah instan menggunakan camera offline
  • aplikasi kamera bahasa inggris
  • terjemahan insatan camera file download offline
  • prosedur menggunakan aplikasi camera di handphone dalam bahasa inggris
  • hp ku ga ada kamera depannya dalam bahasa inggris
  • cara menggunakan translet foto secara ofline
  • cara menggunakan kamera secara singkat dalam bentuk bahasa inggris
  • cara menggunakan kamera di hp dalam bahasa inggris
  • cara gunakan app kamera penterjemah
  • bagaimana cara menggunakan kamera translator
  • aplikasi penerjemah dengan kamera
  • aplikasi penerjemah bahasa ip address
  • aplikasi kamera terjemahan
  • tidak bisa menggunakan kamera saat menterjemahkan di google translete

Leave a Reply

0 Shares
+1
Share
Tweet
Pin
Stumble