8 Istilah Baru Dalam Internet, Apakah Anda Tahu Apa Artinya?

Istilah Baru Dalam Internet — Seperti hal nya bahasa inggris, bahasa Indonesia adalah bahasa yang cukup fleksibel. Dalam bahasa kita dapat muncul istilah-istilah baru khususnya dalam dunia internet yang berasal dari bahasa inggris.

Istilah Baru Dalam Internet

Istilah Baru Dalam Internet, Apakah Anda Tahu Apa Artinya?

Hal ini berubah seiring berjalannya waktu. Istilah-istilah baru muncul dan istilah-istilah lama menghilang menjadi tidak jelas. Kekuatan dan jangkauan internet telah mempercepat proses pembuatan dan penyebaran istilah-istilah baru (dan istilah-istilah lama dengan makna yang baru) yang jauh dan luas di seluruh dunia.

8 Istilah Baru Dalam Internet, Apakah Anda Tahu Apa Artinya?

Berikut adalah beberapa kata favorit kita yang dipopulerkan oleh internet dan perkembangan teknologi. Asal-muasalnya kadang-kadang tidak jelas darimana, namun Istilah-istilah tersebut benar-benar menyimpulkan suatu kreativitas seseorang secara online dan suatu istilah baru akan mudah menyebar di dunia yang terhubung melalui internet.

Internet

Mari kita mulai dari awal. Kata “internet” berasal dari awal tahun 1970-an. Ini menggambarkan jaringan komputer, situs web, dan teknologi yang luas yang sekarang memungkinkan kita dapat mengirimkan tweet, membeli barang secara online, dan menghabiskan banyak waktu di Facebook.

Woot

Pada tahun 2011, Concise Oxford Dictionary, mengakui “woot” sebagai sebuah kata. “Woot” biasanya digunakan sebagai luapan hal yang menyenangkan, atau seruan antusiasme. Asal kata itu pertama kali muncul di tahun 1990-an. Salah satu situs yang populer bahkan menggunakan kata tersebut untuk namanya. Woot.com kemudian dibeli oleh Amazon.

Noob

Kata “noob” masuki Concise Oxford Dictionary di tahun yang sama dengan “woot.” Dan ini mengacu pada orang baru yang tidak tahu apa yang sedang dia lakukan. Seringkali muncul dalam referensi untuk bermain game atau untuk kegiatan komputasi. Kata itu berasal dari istilah newbie dan kadang-kadang dieja sebagai “newb” atau “n00b” dengan dua angka nol, terutama di dunia game.

Selfie

Suka ataupun tidak suka, istilah selfie sepertinya akan tetap berada dalam istilah di internet. Kata itu menjadi sangat populer sehingga Kamus Bahasa Inggris Oxford menyatakannya pada tahun 2013. Definisi selfie dari Oxford adalah “Sebuah foto yang diambil seseorang, biasanya yang diambil dengan smartphone atau webcam dan dibagikan melalui media sosial.” Beberapa orang menganggap selfies adalah suatu narsisme, sementara yang lain melihat hel tersebut sebagai wahana ekspresi diri.

Hashtag

Simbol hashtag (#) telah ada sejak lama, tapi lebih dikenal sebagai tanda pound atau tanda nomor. Menurut Kamus Oxford, istilah “hash” kemungkinan muncul sebagai alterasi ‘hatch’, yang aslinya disebut ‘hatch mark’. Hal tersebut sudah digunakan dalam konteks komputasi sejak 1961. “Hashtag” mengacu pada Tanda hash itu dengan penambahan kata atau frasa (tidak dipisahkan spasi) yang digunakan untuk menyoroti pokok bahasan tertentu. Ini sangat populer di situs media sosial Twitter dimana #hashtags digunakan sampai saat ini.

Menarik Dibaca:

Spam

Spam bukanlah nama suatu produk makanan, ini adalah istilah populer untuk email yang tidak diinginkan. Istilah ini pertama kali terhubung dengan teknologi di tahun 1980-an, namun benar-benar berkembang sebagai istilah internet saat dikaitkan dengan sebuah email berisi iklan yang tidak diinginkan. Ini adalah istilah yang jauh lebih enak daripada “junk mail”.

OMG

Jika menurut Anda istilah singkatan “OMG” (Oh My God) adalah penemuan baru, maka Anda mungkin tidak tahu jika istilah tersebut sebenarnya telah digunakan sejak tahun 1917. Dan itu jauh sebelum era internet, namun penggunaannya dipopulerkan seririg dengan berkembangnya pesan teks atau SMS. Masalah pada pesan teks atau SMS adalah Anda terkadang perlu menyampaikan banyak informasi namun terbatas hanya dengan beberapa karakter. Kemudian istilah “OMG” (Oh My God) disingkat agar tidak memakan banyak kata di SMS.

Phablet

Kembali pada masa sebelum tablet dan smartphone, tidak ada kebutuhan untuk istilah seperti “phablet”, yang merujuk pada ponsel dengan layar besar yang hampir berukuran seperti komputer kecil. Kata itu adalah kombinasi sederhana antara “ponsel” dan “tablet” dan menjadi sangat populer dengan diperkenalkannya ponsel besar seperti Samsung Galaxy Note pada tahun 2011. Istilah “Phablet” mungkin akan kian memudar. Ponsel besar tidak lagi dipandang sebagai hal yang luar biasa saat ini. Dan ini akan menarik untuk disimak apakah kata tersebut memiliki daya tahan dalam jangka panjang.

Leave a Reply

1 Shares
+1
Share
Tweet
Pin
Stumble1