Inilah 5 Tips Terbaik Untuk Menjaga Anak Anda Tetap Aman Saat Online

Kita kembali sejenak ke tahun 80-an dan 90-an, dimana anak-anak umumnya bermain di luar dan kadang-kadang mereka sesekali menonton televisi untuk hiburan. Namun saat ini, anak-anak bermain dengan handphone, tablet, dan laptop mereka, menelusuri web dan terhubung dengan teman-teman melalui Facebook dan Instagram, bermain game pada iPhone dan Nintendo, dan bermain game multiplayer pada Xbox atau Playstation. Singkatnya, anak-anak sekarang mungkin kasarnya malah sudah jenuh dalam hal teknologi.
Sementara disisi lain, peningkatan dalam dunia teknologi memiliki banyak keuntungan, seperti akses ke informasi dan kemampuan untuk bermain game yang dirancang untuk membuat belajar menjadi lebih menyenangkan, ini juga memiliki risiko yang salah satunya adalah keselamatan anak-anak di internet.
Jika Anda ingin belajar bagaimana untuk melindungi anak Anda dalam era digital ini, silahkan pelajari lima tips ini untuk membantu membuat anak Anda tetap aman saat online.

Inilah 5 Tips Terbaik Untuk Menjaga Anak Anda Tetap Aman Saat Online

Bagaimana Menjaga Anak Anda Tetap Aman Saat Online

Menetapkan Batasan Pada Penggunaan

Anak-anak sekarang adalah digital native, yang berarti mereka dibesarkan di dunia di mana teknologi berlimpah, Google adalah raja, dan Facebook adalah cara utama untuk menghubungkan dengan satu dan yang lain.
Hal ini penting, untuk kemudian kita harus menetapkan batas-batas untuk penggunaan internet supaya anak Anda tahu konten atau perilaku bagaimana yang tepat dan pantas dan mana yang tidak boleh.
Bekerjalah sebagai satu tim untuk memutuskan mana yang bagus dan boleh dan mana yang tidak dibolehkan ketika Anak Anda membuka ke sebuah website untuk dikunjungi, ruang chat dan forum mana yang boleh untuk dikunjungi, dan hal-hal lain yang anak-anak Anda dapat menemukannya secara online.
Dengan cara ini, mereka akan merasa seolah-olah mereka telah memainkan peran aktif dalam menentukan bagaimana mereka menggunakan internet, dan memahami apa yang diharapkan dari mereka.

Bagaimana Menjaga Anak Anda Tetap Aman Saat Online

Orang-orang Di Internet Adalah Orang Asing

Facebook, Instagram, Twitter, Blog, dan bahkan game multiplayer adalah tempat yang mudah untuk berhubungan dengan orang lain.
Namun, penting untuk dilakukan, yaitu untuk selalu dan sering dan tak bosan-bosannya mengingatkan anak Anda bahwa tidak peduli berapa lama mereka telah chatting dengan “teman” mereka dan telah seringnya bertemu secara online, tanamkan pada Anak-anak Anda bahwa mereka adalah tetap orang asing, dan selalu ingatkan dan tekankan untuk selalu waspada terhadap orang asing, apalagi yang baru mereka kenal.

Membantu Untuk Membuat Sandi/Password Yang Kuat

Anak-anak mungkin tidak mengerti manfaat memiliki sandi atau password yang kuat, dampingilah mereka dan berikan  ide-ide dan pedoman tentang pengaturan password, seperti:
  • Password harus selalu setidaknya 8 huruf
  • Harus menyertakan kedua huruf dan angka
  • Harus menyertakan huruf kapital
  • Tidak boleh mengandung informasi pribadi pengguna atau mudah ditebak
Tentu saja, juga penting untuk mengingatkan pada mereka agar tidak berbagi password dengan orang lain baik itu secara online ataupun offline.

Untuk Remaja: Informasi di Seputaran Kejahatan Cyber dan Spyware

Terkadang, untuk anak-anak yang sudah memasuki remaja atau ABG, akan sedikit lebih sulit untuk kita arahkan atau kita atur, namun mereka malah memiliki kapasitas yang lebih tinggi untuk memahami beragam situasi. Oleh karena itu, ini mungkin adalah salah satu cara yang terbaik yaitu untuk berbicara dari hati ke hati dengan anak Anda tentang keselamatan dan keamanan berinternet.
Berbicara dengan anak Anda yang sudah memasuki remaja tentang berbagai bahaya yang bisa saja menimpa mereka secara online, seperti pencurian identitas, penipuan, dan malware, dan memberikan mereka dengan solusi bagaimana untuk menjaga mereka tetap aman, misalnya, selalu memeriksa bahwa URL yang akan mereka kunjungi tersebut benar-benar aman sebelum mereka memasukan informasi yang sensitif, dan waspada terhadap email yang dikirim dari sumber yang tidak dikenal.
Semakin mereka mengetahuinya, mereka akan melindungi diri mereka sendiri dan melindungi informasi pribadi mereka sendiri secara online.

Menggunakan Perangkat Lunak Keamanan/ Security Software

Tentu saja, Anda tidak dapat memastikan bahwa anak Anda tetap akan aman saat online tanpa pengawasan maksimal! Salah satu cara yang terbaik untuk melindungi anak Anda adalah untuk memastikan bahwa komputer Anda terlindung dari ancaman yang potensial, dan salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah untuk menginstal perangkat lunak antivirus dan security software.
Perangkat lunak antivirus, misalnya, menawarkan perlindungan dari virus, hacker, phishing dan malware, dan bonusnya hal itu juga akan menyaring konten yang tidak pantas. Untuk keamanan tambahan bagi keluarga Anda, perangkat lunak keamanan seperti McAfee Family Protection akan memastikan anak-anak Anda tetap aman saat browsing web di internet.
Demikian yang dapat kami tuliskan menganai Tips Terbaik Untuk Menjaga Anak Anda Tetap Aman Saat Online di Internet. Semoga dapat menjadi manfaat untuk Anda dan menjadi pahala bagi yang berbagi informasi. Pastikan Anda selalu berkunjung ke blog ini untuk mendapatkan informasi-informasi menarik lainya. Salam.
Selamat beraktifitas.

Pencarian Masuk:

  • mcafee family protection android cara aktif gunakan buka

Leave a Reply

0 Shares
+1
Share
Tweet
Pin
Stumble